You are on page 1of 10

SAP (Satuan Acara Penyuluhan

)
Pokok Bahasan/Topik

: Demam Berdarah Dengue (DBD)

Sub Pokok Bahasan

: Cara Mencegah Demam Berdarah Dengue (DBD)

Sasaran

: Pasien anak yang menderita DBD di ruangan perawatan anak

Hari /Tanggal

: Jum’at / 1 April 2016

Waktu /Tempat

: Jam 10.00 Wib, Di ruangan bansal perawatan anak RSUD Prof

.

Dr Anwar Makkatutu

Penyuluh/penyaji
,

: Mahasiswa program Ners Stikes Tanawali Persada mitra .
Bantaeng

Kelompok

: II ( Dua )

Nama Mahasiswa

: 1.NINIEK AHRIANI SYAM S.Kep
2.JUMRIANI.S.Kep
3.RAMLAH.S.Kep
4.INDRA.S.Kep

A. Latar Belakang
Berdasarkan data yang diperoleh, diketahui bahwa penyakit yang sekarang banyak d
rawat di ruangan perawatan anak adalah Demam Berdarah Dengue yang ditularkan melalui
gigitan nyamuk Aegypti.
B. Tujuan
1) Tujuan Umum
Setelah dilakukan penyuluhan diharapkan pasien dan keluarga dapat mengerti dan memahami
tentang penyakit DBD pencegahan dan menangani demam berdarah dengue
2) Tujuan Khusus
Setelah diberikan penyuluhan pasien dan keluarga mampu:
a.

Mengetahui apa demam berdarah dengue

b.

Mengetahui penyebab demam berdarah dengue

c.

Mengetahui tanda dan gejala demam berdarah dengue

d.

Melakukan pencegahan penyakit demam berdarah dengue

Kep Fasilitator : 8) Strategi Pelaksana : No 1 Kegiatan Pembukaan Penyuluhan Peserta Waktu Salam dan Pasien dan 5 menit penjelasan keluarga tujuan 2 Penyampaian penyuluhan DBD dan Pasien dan 15 menit 3 materi Tanya jawab pencegahannya keluarga Klien bertanya Pasien dan 10 menit dan petugas keluarga menjawab 4 Penutup pertanyaan Salam dan Pasien dan memberikan keluarga kesimpulan D.S. Padang 6) Materi (Terlampir) : 4 Lembar 7) Pelaksana Moderator : RAMLAH.C.INDRA.Kep Notulis : NINIEK AHRIANI SYAM S. leaflet 5) Waktu dan Tempat : Jam 08.Kep Penyaji : .30 WIB/ Di Puskesmas Ulak Karang. 2) Sasaran : Pasien yang menderita penyakit DBD d ruangan bansal perawatan anak 3) Metode : Ceramah. dan Tanya Jawab 4) Media dan Alat : picture.S. Pelaksanann Kegiatan 1) Topik : Demam Berdarah Dengue (DBD) dan Pencegahannya. Daftar Pustaka 5 menit .

Membasmi Jentik Nyamuk. b) Gubler DJ. h) World Health Organization (2009) "Dengue and Dengue Haemorrhagic Fever".php ppid=245&fname=hal3a. e) National Institute of Allergy and Infectious Diseases.depkes.e-dukasi. Jilid 1 dan 2.213. 1999. Demam Berdarah Dengue.bratachem.id/maskes/052004/demamberdarah1.com/abate/siklus. k) http://118. 2007.a) Centres for Disease Control and Prevention (2010) "Dengue Epidemiology". d) Mansjoer. 277:3-16.html.htm. Novartis Found Symp. Isminah. L (2010) "Dengue hemorrhagic fever" MedlinePlus. Wulandari L (2004) "Demam Berdarah Dengue" Litbang Depkes http://www.22/aridata_web/e-dukasi/pp_full. 2004. 2008. Edisi 3. 2008. Dengue Fever Symptomps. Dengue/dengue haemorrhagic fever: history and current status.go. 2006. dkk. Mencegah Demam Berdarah. National Institute of Allergy and Infectious Diseases.net/mapok/mp_files/mp_308/materi2. Dengue Fever Treatments. j) http://www. Jakarta: Media Aesculapius. Arif. f) National Institute of Allergy and Infectious Diseases (NIAID) (2006) "Dengue Fever" National Institute of Allergy and Infectious Diseases g) Vorvick. c) Kristina.litbang. Kapita Selekta Kedokteran. .htm.98. Demam Berdarah Dengue. i) http://www.htm.

Ciri-ciri nyamuk tersebut adalah : 1. DBD adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. 2.LAMPIRAN MATERI DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) A. Berkembangbiak pada air bersih dan jernih yang tidak mengalir . Pengertian DBD Demam Berdarah Dengue merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang dapat menyerang pada anak dan dewasa dengan gejala utama demam. nyeri otot dan sendi yang biasanya memburuk setelah dua hari pertama. B. Meskipun dapat juga ditularkan oleh Aedes Albopictus yang biasanya hidup di kebun-kebun. Tubuhnya belang hitam putih. Penularan DBD umumya melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Menggigit pada siang hari 3. Penyebab DBD Penyakit DBD disebabkan oleh virus dengue dan ditularkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti pada pembuluh darah. Meskipun dapat juga ditularkan oleh Aedes Albopictus yang biasanya hidup di kebun-kebun. Penularan DBD umumya melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti.

2) Pendarahan dibawah kulit berupa : Bintik-bintik merah pada kulit . kulit dingin . basah dan tidak sadar. Dengan tanda syok yaitu lemah. kurang nafsu makan. 3) Nyeri perut ( ulu hati ) tapi tidak ada gejala kuning. mimisan.1) Demam tinggi 2 – 7 hari disertai menggigil. 4) Mual dan muntah. nyeri pada persendiaan. gusi berdarah . muntah darah dan BAB berdarah. serta sakit kepala. HATI-HATI !! . 5) Terjadi syok atau pingsan pada hari ke 3 — 7 secara berulang—ulang.

E. Perdarahan gusi b. dengan cara : 4 M PLUS . Denyut nadi tidak teraba Segara periksakan diri ke RS atau sarana pelayanan kesehatan terdekat. 2) Melakukan pemberantasan sarang nyamuk. D. bibir pucat dan denyut nadi lemah. teh. kaki dan tangan dingin. Perawatan dan Pengobatan Di Rumah : 1) Beri penderita minum air yang banyak (air masak. susu atau minuman lainnya) 2) Cepat bawa kedokter. Cara Pencegahan 1) Memelihara lingkungan tetap bersih dan cukup sinar matahari. Penderita tidak sadar d. Muntah darah c. puskesmas atau langsung ke rumah sakit apabila penderita tampak gelisah. lemah.TANDA BAHAYA DBD : a.

1.Wadah air yang terdapat di dalam bangunan seperti bakmandi. dan tidur menggunakan kelambu. Lakukan pengasapan c. Menyemprot nyamuk dengan zat kimia b. . membubuhkan larvasida. MEMANTAU Semua wadah air yang berpotensi sebagai tempat pembiakan nyamuk aedes. Memberikan ikan capung pada tempat penampungan air. Dengan jangan menggantung baju. agar tidak menjadi tempat bersarangnya nyamuk. MENUTUP Menutup rapat semua wadah air agar nyamuk aedes tidak dapat masuk dan bertelur. MENGUBUR Semua barang bekas yang ada disekitar rumah yang dapat menampung air hujan seperti ban bekas. 3. tempat penampung air kulkas agar telur dan jentik aedes mati. embervas bunga. kaleng bekas dll. MENGURAS . Menaburkan serbuk ABATE d. LAKUKAN 4 M PLUS SECARA RUTIN SEMINGGU SEKALI BERANTAS NYAMUK AEDES AEGYPTI a. 4. 2.

.

SATUAN ACARA PENYULUHAN PENYAKIT DBD DI RUANGAN BANSAL PERAWATAN ANAK RSUD Prof Dr.ANWAR MAKKATUTU BANTAENG .

Kep 4. INDRA.Kep 2. JUMRIANI.KELOMPOK : II 1.S.S.Kep PRAKTEK PROFESI NERS KEPERAWATAN ANAK STIKES TANAWALI PERSADA MITRA BANTAENG . NINIEK AHRIANI SYAM S. RAMLAH.Kep 3.S.