A.

Dermatitis Kontak Iritan
Definisi
Dermatitis kontak iritan adalah efek sitotosik lokal langsung dari bahan iritan baik
fisika maupun kimia, yang bersifat tidak spesifik, pada sel-sel epidermis dengan respon
peradangan pada dermis dalam waktu dan konsentrasi yang cukup.
Predisposisi

Dermatitis kontak iritan (DKI) dapat diderita oleh semua orang dari berbagai
golongan umur, ras dan jenis kelamin. Jumlah penderita DKI diperkirakan cukup
banyak terutama yang berhubungan dengan pekerjaan (DKI akibat kerja), namun
dikatakan angkanya secara tepat sulit diketahui. Hal ini disebabkan antara lain oleh
banyaknya penderita dengan kelainan ringan tidak datang berobat, atau bahkan tidak
mengeluh.
Etiologi
Penyebab munculnya DKI adalah bahan yang bersifat iritan, misalnya bahan
pelarut, deterjen, minyak pelumas, asam alkali, serbuk kayu, bahan abrasif, enzim,
minyak, larutan garam konsentrat, plastik berat molekul rendah atau bahan kimia
higroskopik. Kelainan kulit yang muncul bergantung pada beberapa faktor, meliputi
faktor dari iritan itu sendiri, faktor lingkungan dan faktor individu penderita.
Iritan adalah substansi yang akan menginduksi dermatitis pada setiap orang
jika terpapar pada kulit dalam konsentrasi yang cukup, pada waktu yang sufisien
dengan frekuensi yang sufisien. Masing-masing individu memiliki predisposisi yang
berbeda terhadap berbagai iritan, tetapi jumlah yang rendah dari iritan menurunkan
dan secara bertahap mencegah kecenderungan untuk menginduksi dermatitis. Fungsi
pertahanan dari kulit akan rusak baik dengan peningkatan hidrasi dari stratum
korneum (suhu dan kelembaban tinggi, bilasan air yang sering dan lama) dan
penurunan hidrasi (suhu dan kelembaban rendah). Efek dari iritan merupakan
concentration-dependent, sehingga hanya mengenai tempat primer kontak.
Pada orang dewasa, DKI sering terjadi akibat paparan terhadap bahan yang
bersifat iritan, misalnya bahan pelarut, detergen, minyak pelumas, asam, alkali, dan
serbuk kayu. Kelainan kulit yang terjadi selain ditentukan oleh ukuran molekul, daya

Kontak yang berulang-ulang dengan zat iritan sepanjang hari akan menimbulkan fissura pada kulit (chapping reaction). Faktor lingkungan juga berpengaruh pada dermatitis kontak iritan. demikian pula gesekan dan trauma fisis. dan mungkin bisa terjadi oleh karena kerjasama berbagai macam faktor. misalnya dermatitis atopik. Kekuatan reaksi tergantung dari kerentanan individunya dan pada konsentrasi serta ciri kimiawi kontaktan. kekerapan (terus-menerus atau berselang). serta suhu bahan iritan tersebut juga dipengaruhi oleh faktor lain. Suhu dan kelembaban lingkungan juga berperan. adanya oklusi dan lamanya serta frekuensi kontak. jenis kelamin (insidensi dermatitis kontak alergi lebih tinggi pada wanita). penyakit kulit yang pernah atau sedang dialami (ambang rangsang terhadap bahan iritan turun). namun hilnganya dapat terjadi spontan kalau penyebabnya ditiadakan. Faktor yang dimaksud yaitu lama kontak. tetapi bila bergabung dengan faktor lain baru mampu. vehikulum. Rasa gatal dapat pula menyertai keadaan ini.larut. Bisa jadi suatu bahan secara sendiri tidak cukup kuat menyebabkan dermatitis iritan. konsentrasi. ras (kulit hitam lebih tahan daripada kulit putih). berminggu-minggu atau bulan. usia (anak dibawah umur 8 tahun lebih muda teriritasi). Kelainan baru nyata setelah berhari-hari. Sehingga waktu dan rentetan kontak merupakan faktor paling penting. adanya oklusi menyebabkan kulit lebih permeabel. akan menghilang dalam beberapa hari setelah pengobatan dengan suatu pelembab. . tetapi yang lebih sering dikeluhkan pasien adalah rasa nyeri pada bagian yang mengalami fissura.  Dermatitis Kontak Iritan Kronis DKI kronis disebabkan oleh kontak dengan iritan lemah yang berulang-ulang. misalnya perbedaan ketebalan kulit di berbagai tempat menyebabkan perbedaan permeabilitas. bahkan bisa bertahun-tahun kemudian. Gejala Klinis  Dermatitis Kontak Iritan Akut Reaksi ini bisa beraneka ragam dari nekrosis (korosi) hingga keadaan yang tidak lebih daripada sedikit dehidrasi (kering) dan kemerahan. Meskipun efek kumulatif diperlukan untuk menimbulkan reaksi iritan. yaitu berupa kekeringan dan kemerahan pada kulit.

Toxicodendron mengandung urushiol yaitu suatu campuran dari highly antigenic 3. Sembilan puluh persen dari populasi mengalami sensitisasi terhadap tanaman dari genus Toxicodendron. derajat pajanan. bahan kimia fotografi). mercaptobenzotiazol (karet). batas kelainan tidak tegas. yang juga disebut bahan kimia sederhana. sehingga diabaikan oleh penderita. Penyebab utama kontak alergen di Amerika Serikat yaitu dari tumbuhtumbuhan. Dermatitis yang timbul dipengaruhi oleh potensi sensitisasi alergen. potassium dichromat (semen. jumlah penderita dermatitis kontak alergik lebih sedikit. Dermatitis Kontak Alergi Definisi Dermatitis kontak alergi adalah dermatitis yang disebabkan oleh reaksi hipersensitivitas tipe lambat terhadap bahan-bahan kimia yang kontak dengan kulit dan dapat mengaktivasi reaksi alergi. .Gejala klasik berupa kulit kering. pembersih alat -alat rumah tangga). Setelah kelainan dirasakan mengganggu. lambat laun kulit tebal dan terjadi likenifikasi. Namun sedikit sekali informasi mengenai prevalensi dermatitis ini di masyarakat. Etiologi Penyebab dermatitis kontak alergik adalah alergen. baru mendapat perhatian B. misalnya poison ivy. etilendiamin (cat rambut. Bila kontak terus berlangsung maka dapat menimbulkan retak kulit yang disebut fisura. dan luasnya penetrasi di kulit. skuama. obat-obatan). tiuram (fungisida) dan parafenilendiamin (cat rambut. paling sering berupa bahan kimia dengan berat molekul kurang dari 500-1000 Da.enta decyl cathecols. poison oak dan poison sumac. karena hanya mengenai orang yang kulitnya sangat peka (hipersensitif). Adakalanya kelainan hanya berupa kulit kering dan skuama tanpa eritema. eritema. formaldehid. Bahan lainnya adalah nikel sulfat (bahan-bahan logam). Predisposisi Bila dibandingkan dengan dermatitis kontak iritan.

berbatas tegas. Kemungkinan suatu varian dermatitis atopik dibantah. Sifat alergen dapat menentukan gambaran klinisnya. likenifikasi dan mungkin juga fisur. Bahan kimia karet tertentu (phenyl-isopropyl-p-phenylenediamine) bisa menyebabkan dermatitis purpura. papul. dan derivatnya dapat megakibatkan dermatitis granulomatosa. Dermatitis numularis tidak biasa ditemukan pada anak. Kelainan kulit bergantung pada keparahan dermatitis. Kelainan ini sulit dibedakan dengan dermatitis kontak iritan kronis. Diduga . mungkin penyebabnya juga campuran. dengan efloresensi atau lesi awal berupa papul disertai vesikel (papulovesikel). Predisposisi Dermatitis numularis biasanya terjadi pada orang dewasa.Dermatitis Numular Definisi Dermatitis numularis atau yang biasa disebut ekzem numular atau ekzem discoid merupakan suatu peradangan berupa lesi berbentuk mata uang (coin) atau agak lonjong. pada wanita usia puncak terjadi juga pada usia 15 sampai 25 tahun. kemudian diikuti edema. Pada yang kronis terlihat kulit kering. papulovesikel. Vesikel atau bula dapat pecah menimbulkan erosi dan eksudasi (basah). batasnya tidak jelas.Gejala Klinis Penderita pada umumnya mengeluh gatal. C. lebih sering pada pria dibandingkan paada wanita. biasanya mudah pecah sehingga basah (oozing) dan biasanya menyerang daerah ekstremitas. berskuama. Dermatitis pigmentosa dapat disebabkan oleh parfum dan kosmetik. umumnya kejadian meningkat seiring dengan meningkatnya usia. bila ada timbulnya jarang pada usia sebelum satu tahun. Pada yang akut dimulai dengan bercak eritema berbatas jelas. karena kadar IgE masih dalam batas normal. Etiologi Penyebabnya sampai saat ini belum diketahui. Usia puncak awitan pada kedua jenis kelamin antara 55 dan 65 tahun. vesikel atau bula.

Timbulnya dermatitis numularis apakah melalui mekanisme hipersensitifitas terhadap bakteri atau karena infeksi bakteri tersebut. bilateral atau simetris dengan ukuran bervariasi dari miliar sampai numular. kemudian mengering menjadi krusta kekuningan. belum diketahui dengan jelas. Kemungkinan suatu varian dermatitis atopik dibantah. Dermatitis pada orang dewasa tidak berhubungan dengan gangguan atopi. jumlah lesi dapat hanya satu. Eksaserbasi terjadi bila koloni bakteri meningkat di atas 10 juta kuman/cm2.3 1. Eksaserbasi terjadi bila koloni bakteri meningkat di atas 10 juta kuman/cm2. Trauma fisis dan kimiawi mungkin juga berperan. Pada anak. bahkan plakat. dan berbatas tegas. Pada sejumlah kasus. belum diketahui dengan jelas. Dermatitis kontak mungkin ikut memegang peranan pada berbagai kasus dermatitis numularis. misalnya alergi terhadap nikel.infeksi ikut berperan pada dermatitis numularis dengan ditemukannya peningkatan koloni Staphylococcus dan Micrococcus di tempat kelainan walaupun secara klinis tidak ditemukan tanda infeksi. dapat pula pada bekas cedera lama atau jaringan parut. Lambat laun vesikel pecah terjadi eksudasi. karena kadar IgE masih dalam batas normal.0 cm). Lesi akut berupa vesikel dan papulovesikel (0. Penyebabnya sampai saat ini belum diketahui. Gejala Klinis Keluhan penderita dermatitis numularis dapat berupa gatal yang kadang sangat hebat. sedikit edematosa. membentuk satu lesi karakteristik seperti uang logam (coin). Timbulnya dermatitis numularis apakah melalui mekanisme hipersensitifitas terhadap bakteri atau karena infeksi bakteri tersebut. dapat pula banyak dan tersebar. stres emosional dan minuman yang mengandung alkohol dapat menyebabkan timbulnya eksaserbasi. kemudian membesar dengan cara berkonfluensi atau meluas ke samping. eritematosa. Ukuran lesi bisa mencapai garis tengah 5 cm atau lebih. demikian pula iritasi dengan wol dan sabun. Diduga infeksi ikut berperan pada dermatitis numularis dengan ditemukannya peningkatan koloni Staphylococcus dan Micrococcus di tempat kelainan walaupun secara klinis tidak ditemukan tanda infeksi. terutama bila terjadi di tangan. kobal. krom. lesi numularis terjadi pada dermatitis atopik. sehingga dapat mengganggu. Tempat . Lingkungan dengan kelembaban rendah dapat pula memicu kekambuhan.

Kulit kering. Jaringan parut (keloid). Panas. f. D. 2) Psoriasis. psoriasis dan kondisi kulit yang serupa. Faktor penyebabnya harus diketahui. 3) Kecemasan. lengan termasuk punggung tangan. fungsi seksual. Dapat juga disebabkan oleh : a.Neurodermatitis Definisi Neurodermatitis (Dermatitis Garukan Terlokalisir. b. agar penderita dapat menghindari dan mencegah neurodermatitis menjadi semakin parah. Dapat timbul akibat dari iritasi menahun dan garukan yang berulang-ulang meningkatkan terjadinya neurodermatitis. Etiologi Penyebab neurodermatitis masih belum diketahui secara pasti. Predisposisi Neurodermatitis sering terjadi pada rentang umur 30 dan 50 tahun. dan kualitas hidup penderitanya. Mengenakan pakaian dengan ketat dan berasal dari sintetis atau woll. badan. e. d. Lebih berkembang jika dalam keluarga terdapat riwayat eczema. namun rasa gatalnya bisa menyebabkan terganggunya jam tidur. Neurodermatitis Sirkumskripta) adalah suatu peradangan menahun pada lapisan kulit paling atas yang menimbulkan rasa gatal. Gigitan serangga. Stress. depresi ataupun penyakit psikis lainnya. Disertai gejala garis kulit tampak menonjol (likenifikasi). bersisik dan berwarna lebih gelap. Liken Simpleks Kronis. Penyakit ini biasanya berhubungan dengan : 1) Dermatitis Atopik. Wanita lebih sering terkena dari pada laki-laki. Paparan terus-menerus alergen dan bahan iritan. c. .predileksi biasanya terdapat di tungkai bawah. akibat garukan atau gosokan berulang karena berbagai rangsangan pruritogenik Penyakit kulit ini tidak berbahaya dan juga tidak menular. Penyakit ini menyebabkan bercak penebalan kulit yang kering. dengan bentuk lonjong dan tidak beraturan. g.

pergelangan tangan. . Gejala klinis neurodermatitis yang muncul adalah : kulit yang gatal pada daerah tertentu. lengan bawah. muncul tunggal didaerah leher. kulit yang bersisik akibat garukan atau penggosokan dan sudah terjadi bertahun-tahun. Rasa gatal sering hilang timbul. Rasa gatal yang digaruk akan menambah berat rasa gatal tersebut. akan berkurang saat beraktifitas. kadang muncul alat kelamin. paha atau mata kaki. terjadi perubahan warna kulit.Gejala Klinis Gejala primer neurodermatitis adalah kulit yang sangat gatal. Sering timbul pada saat santai atau sedang tidur.