You are on page 1of 10

HUKUM TAJWID

Disusun Oleh:
Nama : Ilma Nurpitri
NPM : 113114052

PROGRAM STUDI S1 KESEHATAN MASYARAKAT
SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN JENDERAL A.YANI
CIMAHI 2014/2015
TAJWID

Dalam ilmu Qiraah. ‫ي‬. Contoh : ‫ماء مهين‬ ‫من يعمل‬ ‫هدى وبشرى‬ ‫من نصرين‬ 3.ahkamul huruf (hubungan antar huruf). yaitu ‫ها‬. Pengertian lain dari ilmu tajwid ialah menyampaikan dengan sebaik-baiknya dan sempurna dari tiap-tiap bacaan ayat al-Quran. Para ulama menyatakan bahwa hukum bagi mempelajari tajwid itu adalah fardhu kifayah tetapi mengamalkan tajwid ketika membaca al-Quran adalah fardhu ain atau wajib kepada lelaki dan perempuan yang mukallaf atau dewasa. ‫ م‬. Idhgham Bighunnah Idhgham Bighunnah adalah apabila ada nun mati/tanwin bertemu dengan salah satu dari empat huruf.Tajwīd (‫ )تجويد‬secara harfiah bermakna melakukan sesuatu dengan elok dan indah atau bagus dan membaguskan. ‫ ب‬. tidak mendengung. ‫ خ‬. Contoh : ‫عذاب عظيم‬ ‫ان هو‬ ‫درة خيرا‬‫من علق‬ ‫سلم هي‬ ‫ان انتم‬ 2. dan tidak samar-samar. ‫ غ‬. Jadi ilmu tajwid adalah suatu ilmu yang mempelajari bagaimana cara membunyikan atau mengucapkan huruf-huruf yang terdapat dalam kitab suci al-Quran maupun bukan. Adapun cara membacanya suara nun mati/tanwin dimasukkan kedalam suara huruf tersebut dengan mendengung. Idhgham Bilaghunnah . tajwid berarti mengeluarkan huruf dari tempatnya dengan memberikan sifat-sifat yang dimilikinya. 1. Huruf halqi ada enam. yaitu ‫ و‬. Adapun masalah-masalah yang dikemukakan dalam ilmu ini adalah makharijul huruf (tempat keluar-masuk huruf) [2]. ‫ ع‬. shifatul huruf (cara pengucapan huruf). ‫ ا‬cara membacanya harus jelas. ahkamul waqaf wal ibtida’ (memulai dan menghentikan bacaan) dan al-Khat al-Utsmani. ‫ ح‬. Macam-macam Hukum Ilmu Tajwid A. ahkamul maddi wal qasr (panjang dan pendek ucapan). Hukum Bacaan Nun Mati/Tanwin Idzhar halqi Idzhar halqi adalah apabila ada nun mati/tanwin bertemu huruf halqi. tajwid berasal dari kata Jawwada (-‫د‬-‫يجوو‬-‫د‬-‫جوو‬ ‫ )تجويدا‬dalam bahasa Arab.

‫ز‬. ‫ ط‬yang bisa disingkat dengan ‫قطب جد‬ 2. ‫ص‬. Jumlah huruf qalqalah ada 5. ‫ض‬. ‫ط‬. Qalqalah Kubra Qalqalah kubra berarti salah satu huruf qalqalah berharakat mati/sukun tidak asli yang disebabkan adanya waqaf. Cara membacanya suara nun mati/tanwin dimasukkan kedalam huruf tersebut tanpa mendengung. yaitu . Pengertian Qalqalah Qalqalah secara bahasa berarti getaran suara.Idhgham Bilaghunnah adalah apabils ada nun mati/tanwin bertemu dengan salah satu dari huruf dua. Cara membacanya yaitu suara nun mati/tanwin diganti dengan suara mim mati ( ‫)م‬ dengan merapatkan bibir dan mendengung. Iqlab Iqlab adalah apabila ada nun mati/tanwin bertemu dengan ba’ (‫)ب‬. yaitu ‫ ل‬dan ‫ر‬. ‫د‬‫ ج‬. Contoh : ‫بالقسط‬ ‫اليه مريب‬ ‫ملح اجاج‬ ‫بخلق جديد‬ ‫عذاب الحريق‬ b. yaitu . ‫ش‬. ‫ث‬. ‫ ت‬cara membacanya suara nun mati/tanwin dibaca samar-samar dengan sengau dihidung. Adapun secara istilah qalqalah berarti menyembunyikan huruf yang bertanda sukun (mati) dengan suara yang lebih ditekan lagi dari makhraj hurufnya. ‫س‬. ‫د‬-. ‫ج‬. ‫ف‬. ‫ ق‬. ‫ذ‬. Macam-macam Qalqalah a. ‫ظ‬. ‫ق‬. Contoh : ‫ضلل بعيدا‬ ‫لينبذ ن‬ ‫سميع بصير‬ ‫من بعيد‬ 5. Ikhfa’ Ikhfa’ adalah apabila ada nun mati/tanwin bertemu dengan salah satu dari 15 huruf. Cara membacanya harus lebih jelas dan memantul. Hukum Bacaan Qalqalah 1. Qalqalah Sughra .‫ك‬. Contoh : ‫شيء شهيدا‬ ‫من قبلك‬ ‫نارا تلظى‬ ‫فا نصب‬ ‫لتول فصل‬ ‫عنده‬ B. Contoh : ‫خير لك‬ ‫من لدنه‬ ‫شيطان رجيم‬ ‫من رهيق‬ 4. ‫ ب‬.

kha' (‫)خ‬. 2. Contoh : ‫من قبل‬ ‫ول تقرب‬ ‫ويجعلون‬ ‫من نطفه‬ ‫كاتب بالعدل‬ C. atau harus dikasarkan dan ditipiskan. cara membaca alif lam ini tidak dibacakan melainkan dileburkan kepada huruf setelahnya. halus atau tipis. dal (‫)د‬. Hukum Baca’an Lam Alif lam ma'rifah adalah dua huruf yang ditambah pada pangkal/awal dari kata yang bermakna nama atau isim . Bacaan ra' harus tebal apabila:  Setiap ra' yang berharakat atas atau fathah. kaf (‫)ك‬. 'ain (‫)ع‬.Terdapat dua jenis alif lam ma'rifah yaitu qamariah dan syamsiah. mim (‫)م‬. cara membaca alif lam ini adalah dibacakan secara jelas tanpa meleburkan bacaannya. Terdapat tiga cara yaitu kasar atau tebal. Alif lam syamsiah ialah lam yang diikuti oleh 14 huruf hijaiah seperti: ta' (‫)ت‬. dhod (‫)ض‬. dzal (‫)ذ‬. Contoh: ‫ﻨواﻨﻻﺭرض‬ . ha' (‫ )ﮬ‬dan ya' (‫)ي‬. Contoh: ‫ﻨرﱢﺑﱢﻨﻨا‬  Setiap ra' yang berbaris mati atau berharakat sukun dan huruf sebelumnya berbaris atas atau fathah. Hukum Baca’an Ra’ Hukum ra' adalah hukum bagaimana membunyikan huruf ra' dalam bacaan. Cara membacanya juga harus jelas dan memantul. syin (‫)ش‬. ba' (‫)ب‬. Nama asy-syamsiah diambil dari bahasa Arab (‫ )اﻟﺸﻤﺴﻴﻪ‬yang artinya adalah matahari. sod (‫)ص‬. 1.Qalqalah sughra berarti apabila salah satu huruf qalqalah berharakat sukun (mati) asli bukan karena waqaf. zai (‫)ز‬. ra' (‫)ر‬. sin (‫)س‬. tho (‫)ط‬. D. Maka dari itu. zho (‫)ظ‬. ghain (‫)غ‬. ha' (‫)ح‬. lam (‫ )ل‬dan nun (‫)ن‬. Hukum alif lam qamariah diambil dari bahasa arab yaitu al-qamar (‫ )اﻟﻘﻤﺮ‬yang artinya adalah bulan. Alif lam qamariah ialah lam yang diikuti oleh 14 huruf hijaiah. qaf ( ‫)ق‬. Maka dari itu. tha' (‫)ث‬. jim (‫)ج‬. fa' (‫)ف‬. wau (‫)و‬. seperti: alif/hamzah(‫)ء‬.

manakala dari sudut istilah tajwid ialah menghentikan bacaan sejenak dengan memutuskan suara di akhir perkataan untuk bernapas dengan niat ingin menyambungkan kembali bacaan.waqaf memadai . Contoh: ‫ﺟﻣﺭﺮﻨﺻاﺪ‬ Bacaan ra' yang ditipiskan adalah apabila:  Setiap ra' yang berbaris bawah atau kasrah. dan tidak memengaruhi arti dan makna dari bacaan karena tidak memiliki kaitan dengan bacaan atau ayat yang sebelumnya maupun yang sesudahnya.  ‫( ﻛاف‬kaaf) . Contoh: ‫ﺟﻓﺭﺮﻨﻋﻮﻨﻦ‬ Bacaan ra' yang harus ditebalkan dan ditipiskan adalah apabila setiap ra' yang berbaris mati yang huruf sebelumnya berbaris bawah dan kemudian berjumpa dengan salah satu huruf isti'la'. tidak memutuskan di tengahtengah ayat atau bacaan. Terdapat empat jenis waqaf yaitu:  ‫( ﺗﺂﻡم‬taamm) .yaitu mewaqafkan atau memberhentikan pada suatu bacaan yang dibaca secara sempurna. Contoh: ‫ٱﺭرﺟﺟﻌﺭﻮا‬  Ra' berbaris mati dan sebelumnya huruf yang berbaris bawah atau kasrah tetapi ra' tadi berjumpa dengan huruf isti'la'. tidak memutuskan di tengah-tengah ayat atau bacaan. . namun ayat tersebut masih berkaitan makna dan arti dari ayat sesudahnya.waqaf sempurna .yaitu mewaqafkan atau memberhentikan pada suatu bacaan secara sempurna. Contoh: ‫ﺟرﻨﺟاﻝل‬  Setiap ra' yang sebelumnya terdapat mad lain Contoh: ‫ﻨﺧﺭﻴﻝﺮ‬  Ra' mati yang sebelumnya juga huruf berbaris bawah atau kasrah tetapi tidak berjumpa dengan huruf isti'la'. Contoh: ‫ﺟﻓﺭﺮق‬ Waqaf (‫)وقف‬ Waqaf dari sudut bahasa ialah berhenti atau menahan. Ra' berbaris mati yang huruf sebelumnya berbaris bawah atau kasrah.

Panjang bacaaanya yaitu 3 alif (6 harakat). Sedangkan menurut istilah. E. Mad Jaiz Munfashil Mad jaiz munfashil adalah bacaan mad thabi’i yang bertemu dengan huruf hamzah tetapi tidak dalam satu kata.‫ وي‬.‫ ما‬.‫ نا‬. ‫ سوء‬. ‫( ﺣﺴﻦ‬Hasan) .‫ نو‬. karena bersumber dari mad thabi’i maka disebut mad far’i yang mempunyai arti mad cabang. 2. Disebut mad Thabi’i apabila terdapat hal-hal berikut : 1. Jika ada ‫ ي‬jatuh sesudah harakat kasrah. ‫ وجيء‬. Mad Wajib Muttashil Mad wajib muttashil adalah bacaan mad thabi’i yang bertemu dengan huruf hamzah dalam satu kata. Mad Thabi’i Mad thabi’i adalah bacaan huruf hijaiyah yang dipanjangkan secara biasa. Jika ada ‫ و‬jatuh sesudah harakat dommah.‫ ني‬. Cara membacanya yaitu dipanjangkan satu alif (2 harakat). atau sering disebut mad pokok (mad asli).  ‫( قﺒﻴﺢ‬Qabiih) . Jika ada ‫ ا‬jatuh sesudah harakat fathah.‫سا‬ 2. Contoh : ‫ حا‬. Contoh : ‫ حي‬. Contoh : ‫ حو‬.‫ مي‬.‫ وو‬. namun bacaan tersebut masih berkaitan dengan bacaan sesudahnya.‫ مو‬.waqaf baik . Contoh : ‫ حنفاء‬.waqaf buruk .yaitu mewaqafkan bacaan atau ayat tanpa memengaruhi makna atau arti.‫ وا‬. Contoh : ‫من خذف‬ ‫لريب‬ . Hukum Bacan Mad 1. Pengertian mad Kata mad berasal dari bahasa arab ‫ مد – يمد – مدا‬yang berarti memanjangkan. Contoh : ‫انا اعطينا ك‬ ‫دراك‬-‫وما ا‬ ‫يايها الذين‬ 3. mad berarti memanjangkan bacaan huruf hijaiyah sesuai dengan sifat dan syaratnya masing-masing.yaitu mewaqafkan atau memberhentikan bacaan secara tidak sempurna atau memberhentikan bacaan di tengah-tengah ayat. Adapun mad far’i ini ada 13 macam : 1.‫سي‬ b. wakaf ini harus dihindari karena bacaan yang diwaqafkan masih berkaitan lafaz dan maknanya dengan bacaan yang lain. ‫والسماء‬ 2. Macam-macam Mad a. Mad Far’i Mad far’i adalah semua mad selain mad thabi’i. Mad Layyin Mad layyin adalah apabila ada salah satu huruf hijaiyyah yang berharakat fathah sebelum wawu sukun atau ya’ sukun. Adapun panjang bacaanya yaitu 2½ alif (5 harakat).‫سو‬ 3.

‫ ك‬.‫ ع‬. Panjang bacaanya yaitu 3 alif (6 harakat). Mad ‘Iwad Mad ‘iwadl adalah apabila ada huruf hijaiyah yang berharakat fathah tanwin yang dibaca waqaf diakhir kalimat. Contoh : ‫الم‬ ‫ن ق‬ ‫ص‬ . maka hamzah yang ke-2 diganti dengan : ‫ ا‬jika hamzah yang pertama berharakat fathah ‫ و‬jika hamzah yang pertama berharakat kasrah ‫ ي‬jika hamzah yang pertama berharakat dlommah Adapun panjang bacaanya yaitu 1 alif (2 harakat) Contoh : ‫دم‬-‫ﺄﺄ‬ menjadi ‫دم‬-‫ا‬ ‫ائمان‬ menjadi ‫ايمان‬ 7. Panjang bacaanya yaitu 3 alif (6 harakat). Mad Badal Mad badal adalah apabila ada 2 buah huruf hamzah dan huruf hamzah yang pertama berharakat sedangakan huruf hamzah yang ke-2 disukun (mati).‫ ص‬.‫ ن‬yang bisa disingkat dengan lafal ‫نقص عليكم‬. Contoh : ‫ غفورا رحيما‬dibaca ‫غفورا رحيما‬ ‫سميعا بصيرا‬ dibaca ‫سميعا بصيرا‬ 6.‫ ي‬. Contoh : ‫آلن‬ 9. Contoh : ‫ولالضالين‬ ‫الصاخه‬ ‫الطامة‬ 8. Mad ‘Aridl Lis Sukun Mad ‘Aridl Lis Sukun adalah jika ada bacaan mad thabi’i bertemu dengan huruf hijaiyah hidup yang dibaca mati/tanda waqaf. Mad ini juga bisa disebut dengan ( ‫) مد لزم حرفي مشبع‬.‫ ق‬. Mad Lazim Mutsaqqal Kilmi Mad Lazim Mutsaqqal Kilmi adalah apabila ada mad thabi’i bertemu dengan huruf hijaiyah yang bertasydid dalam satu kata. Panjang bacaanya yaitu : 1 alif (2 harakat) atau 2 alif (4 harakat) atau 3 alif (6 harakat).‫ ل‬. Contoh : ‫ينصرون‬ ‫نستعين‬ ‫الرحيم‬ ‫من فوش‬ 5. Adapun panjang bacaanya yaitu 3 alif (6 harakat). Panjang bacaanya 1 alif (2 harakat).‫اليوم‬ ‫ليل‬ 4. Mad Lazim Mukhaffaf Kilmi Mad Lazim Mukhaffaf Kilmi adalah apabila ada mad thabi’i bertemu dengan huruf hijaiyah yang bersukun. Mad Lazim Mutsaqqal Harfi Mad Lazim Mutsaqqal Harfi adalah permulaan surat dalam Al-Qur’an yang terdapat salah satu/lebih dari huruf : ‫ م‬.

Contoh : ‫من النبيين‬ ‫عليين‬ ‫حييتم‬ 13.‫د‬. ‫ ي‬.‫ ح‬. Ikhfa’ Syafawi Ikhfa’ syafawi yaitu apabila ada mim sukun (mati) bertemu dengan huruf ba’ ( ‫) ب‬.‫ ذ‬. Hukum Bacaan Mim Sukun 1.‫ ش‬. Contoh : ‫الذكرين حرم ام النثيين‬ ‫قل ال اذن لكم‬ F. Idzhar Syafawi Idzhar syafawi yaitu apabila ada mim sukun (mati) bertemu dengan huruf hijaiyah yang selain ‫ ب‬dan ‫م‬. Contoh : ‫عليهم ول‬ ‫لهم فيها‬ ‫انهم الى ربهم‬ ‫عليهم غير‬ ‫انعمت‬ ‫وهم راجعون‬ .‫ ن‬.10. Mad shilah Mad Shilah Qashirah adalah apabila ada kata ganti (ha’ dlomir) yang didahului dengan huruf yang berharakat ( ̶ )/ ( ̶ ).‫ ه‬.‫ خ‬. Contoh : ‫له ما في السموات‬ ‫انه كان‬ Mad Shilah Thawilah Mad Shilah Thawilah adalah apabila ada mad shilah qashirah yang bertemu dengan hamzah. ‫ ح‬.‫ س‬. Contoh : ‫الر‬ ‫يس حم‬ ‫طه‬ 11.‫ ل‬.‫ ر‬.‫ ق‬. Mad Thamkin Mad thamkin adalah apabila ada huruf yang bertasydid dan berharakat kasrah bertemu dengan sukun.‫ي‬ ‫ ء‬.‫ ك‬. yaitu : .‫ غ‬.‫ز‬. Mad Lazim Mukhaffaf Harfi Mad Lazim Mukhaffaf Harfi adalah permulaan surat dalam Al-Qur’an yang terdapat satu/lebih dari huruf :‫ حي طهر‬yaitu ‫ ر‬. Panjang bacaanya yaitu 1 alif (2 harakat) dan penempatan bacaanya pada tasydid serta mad thabi’inya. Adapun cara membacanya yaitu harus jelas.‫ و‬.‫ ظ‬. Adapun panjang bacaanya yaitu 1 alif (2 harakat).‫ ض‬. Mad Farqi Mad farqi adalah bacaan panjang yang membedakan antara pertanyaan atau bukan. Contoh : ‫ام به‬ ‫اعتصم بال‬ 2.‫ ط‬.‫ ج‬.‫ ث‬. tidak mendengung dan juga tidak samar-samar..‫ ع‬.‫ ف‬. Adapun panjang bacaanya yaitu 2½ alif (5 harakat). ‫ ط‬. Contoh : ‫له ال بماشاء‬ ‫ماله أخلده‬ 12. ‫ ه‬.‫ ت‬.‫ ص‬. Cara membacanya yaitu merapatkan bibir dan mendengung. Adapun panjang bacaanya yaitu 1 alif (2 harakat).

tanda sad-lam ( ‫ ) ﺼﻞ‬merupakan singkatan dari "Qad yuushalu" yang bermakna "kadang kala boleh diwasalkan". tanda qaf ( ‫ ) ق‬merupakan singkatan dari "Qiila alayhil waqf" yang bermakna "telah dinyatakan boleh berhenti pada wakaf sebelumnya". tanda jim ( ‫ ) ج‬adalah Waqaf Jaiz. 8. dalam kata lain lebih diperbolehkan berhenti pada waqaf sad. memiliki kemiripan dengan tanda tajwid iqlab. Wakaf Lazim disebut juga Wakaf Taamm (sempurna) karena wakaf terjadi setelah kalimat sempurna dan tidak ada kaitan lagi dengan kalimat sesudahnya. Perbedaan antara hukum tanda zha dan sad adalah pada fungsinya. maka dari itu lebih baik berhenti walau kadang kala boleh diwasalkan. tanda tho ( ‫ ) ط‬adalah tanda Waqaf Mutlaq dan haruslah berhenti. Contoh : ‫كم من‬ Tanda-tanda waqaf 1. menunjukkan bahwa lebih baik untuk tidak berhentinamun diperbolehkan berhenti saat darurat tanpa mengubah makna. tanda zha ( ‫ ) ﻇ‬bermaksud lebih baik tidak berhenti. . Tanda tersebut biasanya muncul pada kalimat yang biasanya pembaca akan meneruskannya tanpa berhenti. tanda sad ( ‫ ) ص‬disebut juga dengan Waqaf Murakhkhas. Tanda mim ( ‫ ) ﻣـ‬disebut juga dengan Waqaf Lazim. tanda Qif ( ‫ ) قﻴف‬bermaksud berhenti! yakni lebih diutamakan untuk berhenti.3. Cara membacanya yaitu dengan cara merapatkan bibir dan mendengung. namun sangat jauh berbeda dengan fungsi dan maksudnya. Tanda mim ( ‫) م‬. 2. 9. Idhghom Mimi Idhghom mimi yaitu apabila ada mim mati bertemu dengan huruf mim (‫)م‬. 7. yaitu berhenti di akhir kalimat sempurna. maka dari itu lebih baik meneruskan bacaan walaupun boleh diwaqafkan. tanda sad-lam-ya' ( ‫ ) ﺻﻠﮯ‬merupakan singkatan dari "Al-washl Awlaa" yang bermakna "wasal atau meneruskan bacaan adalah lebih baik". 6. 5. maka dari itu meneruskan bacaan tanpa mewaqafkannya adalah lebih baik. 4. 3. Lebih baik berhenti seketika di sini walaupun diperbolehkan juga untuk tidak berhenti.

Waqaf ini akan muncul sebanyak dua kali di mana-mana saja dan cara membacanya adalah harus berhenti di salah satu tandatersebut. tanda kaf ( ‫ ) ك‬merupakan singkatan dari "Kadzaalik" yang bermakna "serupa".. 11. pembaca tersebut boleh berhenti atau tidak.. maka tidak dibenarkan untuk berhenti dan jika berada di penghujung ayat. namun 12. tanda sin ( ‫ ) س‬atau tanda Saktah ( ‫ ) ﺳﮑﺘﻪ‬menandakan berhenti seketika tanpa mengambil napas. makna dari waqaf ini serupa dengan waqaf yang sebelumnya muncul. tidak perlu berhenti pada tanda kedua dan sebaliknya. Jika sudah berhenti pada tanda pertama. tanda Waqfah ( ‫ ) وقﻔﻪ‬bermaksud sama seperti waqaf saktah ( harus berhenti lebih lama tanpa mengambil napas.10. Dengan kata lain. . Tanda ini muncul kadang-kala pada penghujung mahupun pertengahan ayat. 14..) yang disebut sebagai Waqaf Muraqabah atau Waqaf Ta'anuq (Terikat). 13.. Dengan kata lain. ‫ﺳﮑﺘﻪ‬ ). tanda Laa ( ‫ ) ﻻ‬bermaksud "Jangan berhenti!". Jika ia muncul di pertengahan ayat. pembaca haruslah berhenti seketika tanpa mengambil napas baru untuk meneruskan bacaan. . tanda bertitik tiga ( .