You are on page 1of 9

LAPORAN PRAKTIKUM

LABORATORIUM TEKNIK TENAGA LISTRIK
INSTALASI LISTRIK
ALAT ALAT INSTALASI LISTRIK DAN SAMBUNGAN MATA ITIK

Dosen Pembimbing:
Torib Hamzah, M.Pd
NIP 19670910 200604 1 001
Disusun oleh :
Aprilia Maharani
P27838016001

POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES SURABAYA
JURUSAN TEKNIK ELEKTROMEDIK
TAHUN AJARAN 2016/2017

4 Tujuan Adapun tujuan dari diadakan praktikum ini adalah : 1.5 Manfaat 1.2 Batasan Masalah Dapat memahami dan menganalisa tentang fasa dan nol. Mengapa tubuh tidak tersetrum saat diberi tegangan listrik? 3. 2.1 Latar Belakang Dalam kehidupan sehari hari kita takkan lepas dari listrik dan rangkaiannya. Banyak hal yang harus kita lakukan untuk memaksimalkan keperluan kita akan listrik. Mahasiswa mampu membandingkan tegangan fasa dan nol dengan menggunakan test pen.2 Manfaat Praktis Mahasiswa dapat membedakan serta membandingkan tegangan fasa dan nol dengan menggunakan test pen.5. Mahasiswa mampu menganalisa mengapa pada saat tubuh diberi tegangan listrik tidak dirasakan adanya setrum. 3. 1.5. 2. Mahasiswa mampu menerapkan dan mengetahui jenis-jenis isolator listrik. BAB II . serta dapat menjelaskan jenis-jenis dari isolator listrik.3 Rumusan Masalah 1.1 Manfaat Teoritis 1. Apa saja jenis isolator listrik ? 1. Mahasiswa dapat mempelajari Fase dan Nol dengan baik. Mahasiswa dapat menerapkan teorinya ke dalam percobaan 1. Apakah yang dimaksud dengan Fasa dan Nol ? 2. Namun ada beberapa hal yang kita takuti jika berhubungan dengan listrik salah satunya terkena setrum.BAB I PENDAHULUAN 1. 1. 1. Cara paling aman dalam menangani bidang kelistrikan adalah dengan memahami dan mempelajari penanganan dalam menghubungkan aliran litrik.

Apalagi jika pengguna listrik berada di daerah yang rawan petir. Aliran fasa ini juga yang bisa menyebabkan tersengat listrik dan akan berakibat fatal jika tersengat listrik di tempat lembab dengan tanpa alas kaki. jika kita test dengan sebuah test pen netral ini tidak akan menyalakan lampu testpen. kabel netral walaupun tersentuh kita tidak akan tersetrum karena sesuai namanya adalah netral atau tidak mengandung tegangan. netral dan ground padahal dengan mengetahui ketiga jenis aliran listrik ini bisa sangat membantu mencegah terjadinya kesalahan penggunaan yang bisa menyebabkan kejadian fatal seperti korsleting listrik. tersengat listrik atau kebakaran.1 Cek Fasa dan Ground Kabel Netral. Pada dasarnya kabel netral ini adalah kabel acuan / tegangan 0 dalam instalasi listrik. Gambar 3. jika dalam instalasi listrik sering menggunakan warna biru. Kabel Fasa/ Fase atau dikenal juga dengan phase adalah bagian dari instalasi listrik yang mengandung tegangan dan biasanya selalu dilambangkan dengan simbil sinusoida “~” dan sering menggunakan warna kuning/ merah/ hitam.1 Fasa dan Nol Seringkali pengguna listrik PLN bingung dengan istilah kelistrikan fasa / phase. jika di pembangkit listrik netral ini disambungkan ke tanah. Jika stop kontak / kabel yang merupakan fasa ini kita test dengan testpen maka indikator lampu testpen akan menyala. Terakhir adalah Kabel Ground biasanya menggunakan kabel dengan warna hijau-kuning yang hampir disetiap instalasi listrik rumahan sering dilupakan padahal memiliki fungsi yang vital.TINJAUAN PUSTAKA 3. Tentunya kita sering melihat pada steker listrik yang biasa digunakan terdapat seperti logam di sisi atas dan bawah seperti berikut ini : .

d. Test pen Sumber tegangan PLN (stop kontak) Tang kombinasi Kabel NYA . dengan catatan di rumah tersebut grounding nya sudah terinstall dengan baik ke tanah dengan kedalaman tertentu. Sebagai contoh jika di rumah anda terdapat kulkas yang sudah berumur tentunya terdapat sebagian cat yang sudah mengelupas dan jika secara tidak sengaja tersentuh maka akan terasa kejutan listrik. pastikan didampingi instalator yang berpengalaman. Atau bisa juga didapat dari instalasi dari PLN.1 Alat Dan Bahan a.Gambar 3. kabel netral didapat dari pembangkit listrik atau dengan kata lain ground pembangkit listrik. Selalu bedakan antara kabel Netral dengan Ground. b. BAB III METODE PENELITIAN 3. Kebocoran listrik dari bodi kulkas ini tidak akan terjadi jika menggunakan steker dengan ground.2 Steker Hampir semua jenis barang yang memerlukan listrik memiliki steker dengan ground dimana fungsi dasarnya adalah untuk menetralkan barang elektronik tersebut jika terdapat kebocoran listrik. itulah yang dimaksud dengan kebocoran listrik. c. sedangkan ground untuk di rumah pemakai bisa diperoleh dengan cara menghubungkan bodi perangkat listrik ke tanah dengan kedalaman tertentu tergantung kelembapan tanah tersebut.

Memasang ujung kabel NYA yang sudah dikupas pada bagian positif stop kontak.2 Pertanyaan 1. memegang kabel yang sudah dikupas. misalnya tangan atau kaki.3 Hasil Praktikum Sewaktu kita memegang sumber tegangan. 6. Seberapa penting sebuah isolator dalam sambungan kabel? Jelaskan Jawab : Isolator Dalam sebuah sambungan kabel sangat penting karena untuk mengisolasi penghantar dan agar tidak terjadi hubung singkat atau konslet pada sambungan. Mengapa saat test pen di hubungkan pada fasa PLN dan kita menyentuh tanah/ ground menyala sedangkan jika tidak menyentuh tanah tidak menyala? Jelaskan Jawab : Aliran listrik berjalan ke dalam tanah sama dengan tubuh kita.2 Langkah Percobaan 1. Menentukan fasa dan ground pada sumber tegangan dengan menggunakan testpen. Jika tespen menyala. sedangkan bagian yang dimasukkankan test pen namun tidak menyala maka 3. atau bersentuhan dengan orang lain. 2. maka fasa sudah dapat ditentukan. Menempelkan test pen pada bagian tubuh. . 3. 4. Bagaimana usaha kalian sebagai seorang teknisi instalasi listrik jika harus melakukan sambungan atau perbaikan instalasi listrik dalam keadaan terdapat tegangan? Jawab : Pertama tama kita harus menjga keselamatan diri kita dulu dengan memakai alat pengaman agar ketika kita akan melakukan pemasangan rangkaian listrik tidak terjadi kesalahan yang fatal. 2. Menyiapkan bahan isolator (kardus) sebagai alas bagi tubuh sebelum memulai 5. menempel tembok. 3. 3. Dan lagi sebagai pengaman jika masih terjangkau oleh kegiatan manusia. Menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan.3. Jangan sampai badan memegang lantai. bagian tersebut adalah ground. kita tidak merasakan tersetrum karena ada isolator yang dipasang di alas. jika pada saat dimasukkan pada salah satu lubang stop kontak test pen menyala maka bagian tersebut adalah fasa. Ini berguna untuk memutus aliran agar tidak menuju bumi yang juga bermuatan ground. Memegang ujung kabel NYA yang sudah dikupas serta sudah terhubung dengan stop kontak. Karena tubuh kita masih berhbungan dengan tanah atau ground yang akan menyebabkan aliran arus listrik menuju ke arah aliran tubuh.

1 Analisis Dalam praktikum tersebut diketahui bahwa pada rangkain seri. sedangkan beda potensial atau tegangan berbeda dan hasil penjumlahan tegangan tiap hambatannya sama dengan tegangan totalnya. kuat arus dalam tiap tiap hambatannya tetap dan besar kuat arus setiap hambatan sama dengan kuat arus totalnya.BAB IV ANALISIS DAN KESIMPULAN 4. Hambatan total pada rangkaian seri merupakan .

Kusumadaru. Sedangkan pada rangkaian paralel nilai kuat arus berbeda-beda tergantung besar hambatan yang terpasang.co. Pada rangkaian seri nilai kuat arus pada tiap hambatan adalah sama. 2014 “Rangkaian Resistor”. Darma. Rumus dan Bunyi Hukum Ohm”. Rumus dari pembagian tegangan itu sendiri adalah perbandingan antara hambatan yang menuju ground dengan hambatan seri total dikali dengan tegangan sumber. karena arus yang mengalir pada masing – masing komponen nilainya adalah tetap. dan besar tegangan yang melewati rangkaian paralel ialah sama tiap hambatannya. 4. Semarang: Gramedia http://teknikelektronika.hasil penjumlahan tiap-tiap hambatan serinya.com/pengertian-rumus-bunyi-hukum-ohm/ Diakses pada : 17 September 2016 [2]. Dickson. Sedangkan pada rangkaian paralel. sedangkan tegangan yang melalui tiap hambatannya berbedabeda tergantung besar kecilnya hambatan. Pembagian tegangan dapat dilakukan ketika rangkaian berbentuk seri. DAFTAR PUSTAKA [1]. Diakses pada : 17 September 2016 . http://kusumandarutp. 2014 “ Pengertian.blogspot.id/2014/12/rangkaian-resistor.html .2 Kesimpulan Dari penjelasan diatas dapat disumpulkan bahwa kuat arus berbanding lurus dengan beda potensial dan berbanding terbalik dengan nilai hambatannya. Seperhambatan paralel merupakan hasil penjumlahan sepertiap-tiap hambatan paralelnya. Kho. Beda potensial atau tegangan tiaptiap percabangan pada rangkaian paralel tetap dan besar tegangan setiap percabangan sama dengan tegangan totalnya. kuat arus dalam percabangannya berbeda-beda dan perbandingan kuat arus tiap-tiap percabangan berbanding terbalik dengan perbandingan hambatan tiap-tiap percabangannya serta hasil penjumlahan kuat arus tiap-tiap percabangannya sama dengan kuat arus totalnya.

Romadhon. Risky. Diakses pada : 17 September 2016 [5]. LAPORAN SEMENTARA . FOTO PRAKTIKUM 2.[3]. No name.html Diakses pada : 17 September 2016 [4]. 2014 “Pembagi Tegangan”. Abis. https://abisabrina.berpendidikan.com/2015/10/rumus-dan-bunyi-hukum-ohm-dan-hukum-kirchoff-1-dan2. Jakarta http://bebekjenius.wordpress.com/2010/08/13/hukum-ohm-dan-rangkaian-seri-paralel/ Diakses pada : 16 September 2016 LAMPIRAN 1.id/2014/06/pembagi-tegangan. 2015 “Rumus dan Bunyi Hukum Ohm”. http://www.html. “Hukum Ohm dan Rangkaian Seri Parale l”.co.blogspot. Sabrina.

FOTO PRAKTIKUM LAMPIRAN Gambar Praktikum Keterangan Saat melakukan pengukuran Kapasitor Saat melakukan uji coba kapasitor dan resistor .