You are on page 1of 7

Estetika

Baha'i House of
Worship alias Lotus
Temple, India
Istilah Estetika baru muncul pada tahun 1750 oleh seorang filsuf minor yang bernama
Alexander G. Baumgarten (1714-1762). Istilah itu dipungut dari bahasa Yunani kuno, 'aisthetika',
yang berarti kemampuan melihat lewat penginderaan.

Pernyataan ( tesis )
estetika dan arsitektur merupakan merupakan dua hal yang saling berdampingan Dalam
arsitektur, estetika adalah sebuah bahasa visual, yang tidak sama dengan beberapa bahasa
estetika yang tidak visual, seperti bahasa itu sendiri. Estetika dalam arsitektur memiliki banyak
sangkut paut dengan segala yang visual seperti permukaan, volume, massa, elemen garis,dan
sebagainya, termasuk berbagai order harmoni, seperti komposisi.
Berbagai pernyataan secara umum tentang estetika dalam arsitektur misalnya
- Estetika adalah suati ilmu yang mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan keindahan,
mempelajari semua aspek yang disebut keindahan (A. A. Djelantik, Estetika Suatu Pengantar,
1999).
- Estetika adalah fisafat yang membahas esensi dari totalitas kehidupan estetik dan artisrtik yang
sejalan dengnan zaman (Agus Sachari, Estetika Terapan, 1989).
- Menurut plato estetika ialah Bentuk-bentuk menjadi
indah dalam proporsiproporsi dimana unsur-unsurnya disatukan secara harmonis ditujukan
kepada bentuk ideal

Plato

1

finishing dan collocation. yaitu bagaimana menempatkan suatu komponen untuk membentuk keindahan secara keseluruhan. yang indah dalam dirinya sendiri. Hal ini dapat dilihat pada kolom-kolom Yunani yang berbentuk mengecil ke atas. Kant menyatakan adanya dua jenis keindahan yaitu keindahan natural dan keindahan dependen. 1991) seperti jumlah komponen (number) misalnya jumlah kolom. Immanuel Kant dalam The Critique of Judgement (1790) yang dikutip oleh Porphyrios (1991) menyatakan bahwa suatu ide estetik adalah representasi dari imajinasi yang digabungkan dengan konsep-konsep tertentu. dalam hal ini bukan hanya alam secara fisik.Argumentasi keindahan dependen (Burj Khalifa Dubai ) Pengertian estetika dari suatu masa ke masa yang lain selalu mengalami perubahan. tetapi juga hukum-hukum alam. pelubangan dan sebagainya yang dinyatakan harus meniru alam. Keindahan natural adalah keindahan alam. Bangunan pada masa yunani 2 . Alberti yang hidup pada masa Renaissance. dalam Ten Books on Architecture menyatakan bahwa keindahan suatu bangunan ditentukan oleh beberapa faktor (Porphyrios. congruity. Beberapa pendapat tentang estetika menurut para ahli. sementara keindahan dependen merupakan keindahan dari objek-objek ciptaan manusia yang dinilai berdasarkan konsep atau kegunaan tertentu. Pada intinya Alberti menyatakan sesuatu disebut indah karena meniru alam. yang dianggap sesuai dengan hukum alam.

Contoh penerapan dari aspek bentuk adalah : Seasidea dalah komunitas yang direncanakan dengan cara tak berhubungan diwilayah Florida di Walton County. Seaside. Dalam perkembangannya terbentuknya suatu bentuk yang berestetika dipengaruhi oleh alam. Faktor arsitektur modern memicu timbulnya bentuk yang beragam. massa. Dalam arsitektur bentuk sangat mempengaruhi dalam estetika.S easide dibangun oleh arsitek Anders Duany dan Elizabeth Plater-Zyberk.terletak di antaraPanama CityBeach danDestin. Florida UAS 3 . perkembangan budaya dan wawasan serta gaya hidup penghuninya. kotatelah berkembang dan dikunjungioleh para profesiona ldesaindari seluruh Amerika Serikat. Seaside Menjadi salah satu kota pertama di Amerikayang dirancang pada prinsip-prinsip Urbanisme Baru. (modern dan kuno) dan klien. gaya arsitektur modern dengan penyesuain terhadap bahan bangunan dengan teknologi terkini.Resolusi Kritis Esplanade Unsur-unsur yang mempengaruhi estetika dalam arsitektur : Bentuk Bentuk merupakan Obyek dalam persepsi kita memiliki wujud/ujud (sha ).

Bruno Zevi (1957) mengatakan: “Untuk mengerti. contoh bangunan arsitektur yang menggunkan konsep memory Pasific Tower menggunakan konsep bentuk eparuh bulan . Spanyol. Basque Country. inilah salah satu kunci utama untuk mengerti dan memahami suatu bangunan”.terinspirasi dari Chu Mon yaitu gerbang simbolik dari pintu masuk ruang minum teh di Jepang Ruang arsitektur adalah bagian utamadan paling depan dari ruang. Dan ruang ditampilkan secara dramatis oleh beberapa ahli arsitektur modern salah satu contoh penerapan ruang dalam arsitektur dalam memperhatikan estetika yaitu museum Guggenheim Spanyol Guggenheim Museum merupakan museum dan seni modern kontemporer.London Bridge Tower. bukan bentuk dan fungsi. bagaimana kita melihat dan mengetahuinya. dibangun oleh Ferrovial dan terletak di Bilbao.Museum ini dirancang oleh arsitek Kanada-Amerika yaitu Frank Gehry. Pemandangan paling spektakuler adalah didalam atrium setinggi 55 m yang tersusun dari kepingan.kepingan dinding masif dan transparan yang 4 .

5 . elemen penutup yang menyelimuti hampir seluruh bangunan ternyata bukan dari pelat besi atau aluminium seperti pada karya-karya Gehry sebelumnya. Dari atrium ini kita juga bisa menuju ruang luar yang menghadap sungai dan kota tua Bilbao sengan bukaan kaca berukuran besar yang dilengkapi kanopi berkolom tunggal dan menjorok kearah sungai. Klain juga ingin bangunan yang dirancang menjadi unik. Contoh dari penerapan aspek Meaning dalam arsitektur: Gedung Seagrama dalah gedung pencakar langit .Museum Guggenheim Spanyol meliuk-liuk dan menciptakan ruang yang yang sangat plastis dan sculptural. diantara 52 rd Street dan 53 rd street New York City. melainkan terdiri dari lapisan bahan metal yang sangat kuat dan tahan ratusan tahun. Ini memberikan kebebasan terhadap arsitek yang memberikan kontribusi besar. dan selesaipada tahun 1958. Amerika Serikat. Ini dianggap sebaga isalah satu contoh terbaik dari estetika fungsionalis dan karya modernisme di dalam peerusahaan. Museum Guggenheim juga terdapat di New York. yaitu titanium. Bangunan ini memiliki tinggi 515 meter dengan 38lantai. Interior dari Museum Guggenheim Maksud Banyak klain hanya ingin sebuah bangunan yang tapaknya telah dirancang dan dibangun dengan hati-hati. yang biasanya digunakan untuk membuat pesawat terbang.Dirancang oleh Ludwig. Yang mencolok dari bangunan ini adalah. yang terletak di375Park Avenue. Selain itu. yang bekerja sama dengan Philip Johnson.

India Milan Catherdal di Milan 6 . As Contoh bagunan-bangunan yang berestetika Sadney Opera House.Gedung Seagram. Australia Taj Mahal. New york City.

staff.gunadarma.html 7 . bagaimana ia bisa terbentuk dan bagaimana seseorang bisa merasakannya.Secara umum Estetika adalah ilmu yang membahas keindahan. Daftar Pustaka http://liliks.id/Downloads/files/37795/13%5B1%5D.com/ppt-download/page2ofmakalahestetika-130113215407phpapp01. dan Keindahan dalam arsitektur mempunyai hubungan erat dengan kemampuan manusia menilai karya arsitektur yang bersangkutan untuk menghargai keindahannya.Estetika+dalam+Arsitektu r.ppt http://s3.amazonaws.ac.docx?response-contentdisposition=attachment&Signature=3sGYzXrA0WP78Md8zdef82f9hO8%3D&Expires=14501498 99&AWSAccessKeyId=AKIAJ6D6SEMXSASXHDAQ file:///C:/Users/HP/Downloads/tugas%20teori/Permasalahan%20Estetika%20Dalam %20Arsitektur%20-%20Documents.