You are on page 1of 5

ULANGAN HARIAN 1 BAHASA INDONESIA

KELAS VIII (DELAPAN)/I (SATU)
MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH SULIT AIR
Pilihlah satu jawaban yang paling benar dengan menyilangkan salah satu huruf A, B, C,
atau D!

Bacalah teks laporan perjalanan
berikut!
Rumah-rumah rakit berjejer di
pinggir aliran sungai. Bentuknya ada
yang sederhana dan tua, ada pula
yang dimiliki sebagai rumah istirahat.
Pemiliknya bertempat tinggal di kota
Palembang serta kota lain. Rumah
hanya ditempati pada hari Minggu atau
libur bersama keluarga.
1. Pernyataan yang sesuai dengan
laporan di atas adalah...

A

Pokok
Laporan
Apa

B

Kapan

C

Mengapa

D

Dimana

Isi Laporan
Pemiliknya
bertempat tinggal
di kota Palembang
Pada hari Minggu
dan libur keluarga
Bentuknya
sederhana
dan
tua
Berjejer
sepanjang aliran
sungai

2. Lokasi rumah rakit di daerah...
A. Aliran sungai C. Perkotaan
B. Pantai
D. Pedesaan
3. Kutipan
laporan
di
atas
menggunakan pola urutan...
A. Waktu
C. Ruang
B. Akibat
D. Peristiwa
Perhatikan laporan berikut!
Dengan
perahu
karet
kami
menyusuri kampung-kampung yang
masih terendam air setinggi dua meter.
Kami menjemput warga yang masih
tinggal di atap-atap rumah untuk

mengungsi ke tempat yang lebih
aman. Namun banyak menolak untuk
dievakuasi dengan alasan menjaga
barang-barang miliknya.
4.` Tanggapan yang tepat terhadap isi
laporan
tersebut adalah...
A. Sebaiknya warga yang masih
tinggal di atap-atap rumah
segera mengungsi ke tempat
yang aman
B. Sebaiknya kita kirim bantuan
berupa air bersih kepada warga
yang masih tinggal di wilayah
banjir.
C. Kita biarkan saja para
pengungsi karena mereka lebih
senang tinggal di atap-atap
rumah
D. Warga yang tidak mau
mengungsi sebaiknya dipaksa
oleh petugas
5. Tanggapan tersebut tergolong ke
dalam bentuk...
A. Saran
C. Pertanyaan
B. Pendapat
D. Kritikan
Perhatikan kalimat laporan
berikut!
(1) Pendaftaran peserta
(2) Menyiapkan perlengkapan
lomba
(3) Mengelompokkan peserta
(4) Mulai lomba
6. Kalimat tersebut akan menjadi
laporan
yang
sistematis
bila
disusun dengan urutan...
A. 1 – 2 – 3 – 4
C.
2 – 1 –
3–4
B. 1 – 3 – 2 – 4
D.
2 – 4 –
1–3
Panorama
Ngarai
Sianok
Bukittinggi merupakan tempat wisata
alam yang indah. Oleh karena itu,

.. belum ada obatnya...... Barangkali Kakak tidak keberatan untuk menjelaskan apa resep menjadi siswa berprestasi? B. Pertanyaan yang santun untuk disampaikan kepada Narasumber adalah. Saya ingin tahu kejujuran Anda. Apa kiat-kiat Bapak sebagai kepala sekolah seingga lingkungan sekolah bersih dan indah? 11. Uraian B. Isi D. Dokter spesialis B.... 8. Kalimat tanya yang tepat untuk mewawancarai kepala sekolah adalah.......... karena kalian tertarik dengan lingkungan sekolah yang bersih dan indah. Maaf. . Andaikan kalian berwawancara dengan Kepala Sekolah. Saudara tahu atau tidak bagaimana keadaan penduduk di desa ini setelah musibah banjir kemarin? C. Apakah Bapak bisa menjelaskan akibat buruk yang ditimbulkan oleh maraknya remaja yang mengonsumsi narkoba? C... Pak......... .... A....... maka Tante terpanggil untuk menjadi aktifis AIDS.. Bapak harus menjelaskan akibat penyalahgunaan narkoba bagi remaja secara detail B.. penderitanya masih didiskriminasikan. ....... Penutup 1.. Penjual obat D.. apa persiapan yang Anda lakukan untuk mengikuti olimpiade matematika ini? D.. Masih banyak orang belum peduli kepada penderita AIDS.... Siapakah yang membuat lingkungan sekolah bersih dan indah? D. Mengapa lingkungan sekolah bersih dan indah? C.... 2.. Kakak harus jelaskan kepada kami bagaimana cara yang baik untuk menggunakan eskalator supaya tidak terjatuh seperti yang saya alami Perhatikan kerangka berikut! Berkunjung ke Kebun Bukittinggi I II III Pendahuluan 1.. Apakah Bapak sebagai kepala sekolah? B.. Pekerjaan narasumber pada wawancara tersebut adalah. Haruskah Bapak menjelaskan dampak penyalahgunaan narkoba bagi remaja di sekolah ini? 10. tetap 7. Pernyataan tersebut merupakan kutipan laporan terdapat pada bagian. ... Penutup Perhatikan kutipan wawancara berikut! Yunior : Sejak kapan Tante aktif sebagai pekerja sosial? Nurul : Sejak tahun 1997 Yunior : Apa yang membuat Tante tertarik terjun di bidang kegiatan sosial? Nurul : Karena kalau berbicara AIDS itu adalah penyakit yang membahayakan.... .... 2.. Isi Laporan 1..... laporan Binatang ..... A... Bagaimana pendapat Bapak mengenai maraknya penyalahgunaan narkoba bagi para remaja? D... Pendahuluan C. Pertanyaan yang menggunakan bahasa yang santun untuk melakukan wawancara adalah....... .disarankan agar pemerintah memeliharanya dengan baik..... A... A... Pekerja sosial C. A............ 2.. Pedagang jamu 9........

Narasumber berasal dari Universitas Gajah Mada Yogyakarta. (2). Kesimpulan dan saran D. Laporan pengamatan C. api unggun dan seni. Menikmati kesenian jalanan C. A. Waktu dan tempat B..00 WIB dan berakhir Minggu. (3). Anda dapat menikmati beragam aktivitas yang digelar warga kota.. (2). Joy menduduki juara Indonesia Idol karena suaranya bagus C. Isi/Hasil kegiatan D. A. Dalam kerangka laporan tersebut pada bagian penutup dapat dimuat. (4) Perkemahan dimulai hari Sabtu.. Cuplikan laporan merupakan bagian dari. Lampiran B. Kalimat laporan yang sesuai ilustrasi tersebut adalah. 14. salat berjama’ah. Kegiatan dimulai 08.. Kegiatan berjalan dengan lancar. A. Penutup C. Objek dan tujuan C.00 Wib s. pukul 20. kita harus mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan untuk acara pelantikan. 5. (1) B. sampai di tempat tujuan dan kembali pulang (1) Pada tahap ini.. serta baris-baris.. surat undangan telah dibuat dan disebarkan. A. Laporan kegiatan D. (4). Di tengah-tengah kegiatan berlangsung C.. Pemberangkatan di perjalanan. (3) Tempat yang akan dipergunakan pun dibersihkan. (3) D. (2) Sejauh-jauh hari.d. Pokok laporan perjalanan pada kutipan tersebut adalah. Urutan yang tepat untuk laporan kegiatan tersebut adalah. ketua penyelenggara melaporkan kepada ketua RW sebagai berikut: (1) Secara keseluruhan kegiatan didanai dari iuran peserta (2) Jumlah peserta 50 orang (3) Kegiatan yang dilakukan adalah kerjasama mendirikan tenda. Di tempat itu. Joy sudah menjadi Indonesia Idol dan menang pantas D. Kemenangan itu diraih berdasarkan 4 juta sms dan telepon pemirsa yang dikirim kepada panitia.... 17. Joy betul-betul sesuai menjadi juara pertama Indonesia Idol 15. (3) C. (1). Kemudian Anda pun dapat menikmati kesenian jalanan yang terdapat di situ. Sebelum kegiatan berlangsung Seminar dihadiri oleh peserta sebanyak 230 orang. pukul 10. (2). (1).00 WIB... (3). A. dari puku 16. (4). A. hingga menyantap beragam hidangan khas. (4) Meja-meja diatur dengan baik 13. Setelah kegiatan berlangsung B.. A.. (2). Laporan diskusi tersebut Joy dinobatkan sebagai pemenang pertama Indonesian Idol. memasak sarapan sendiri. (4). 18. Menjamah ruang-ruang publik . Di awal kegiatan berlangsung D. Laporan kegiatan seharusnya disusun. Uraian laporan di atas terdapat pada bagian. Laporan penelitian B.12. (4).30 WIB. Joy meraih juara pertama Indonesia Idol dengan 4 juta sms B. Mengunjungi Yogyakarta B. (1) Bacalah berikut! laporan perjalanan Mengunjungi Yogyakarta tentu tidak lengkap apabia tidak menjamah ruang-ruang publik yang selama bertahun-tahun dimanfaatkan sebagai tempat berkumpul dan menjalin keakraban.. Pendahuluan Perhatikan berikut! laporan kegiatan Setelah kegiatan perkemahan Sabtu dan Minggu (Persami) selesai.

B. melambangkan jumlah rakaat dalam shalat. Waktu tempuh menuju Kampung Wisata yang ada di Desa Cinangneng. 22. Ruang D. ada pintu berjumlah 5 buah.. Tidak terlalu sulit untuk menemukan tempat wisata yang ada di Jawa Barat. Menemukan vaksin antirabies untuk menyelamatkan manusia D. Dengan menyusuri pantai. Jika akan berwisata tidak perlu mencari tempat yang terlalu jauh. D. melambangkan rukun islam. Berbagai turis mancanegara tampak asyik berjetski. yaitu. Ciampe. 20. jika Anda menginginkan perjalanan yang lebih cepat. Ciampea. Bogor. Waktu Bacalah kutipan laporan berikut! Louis Pasteur lahir di Perancis 27 Desember 1822. Berdasaran ilustrasi tersebut laporan yang tepat adalah. Penemunya itu telah menyelamatkan Joseph Mesiter.. kami melihat makanan burung. B. Menyantap beragam hidangan khas 19. termasuk objek wisata Kampung Wisata Cinangneng. Di sebelah barat. Ia menemukan vaksin antirabies. Ciampea. C. Laporan berikut yang menggunakan pola urutan waktu adalah.. Hari kedua... Penemuan Pasteur sangat bermanfaat bagi kita semua khususnya pasteurisasi 21. A. Cukup dua jam saja. A. Percobaan pada binatang untuk diterapkan pada manusia C. Bacalah kutipan laporan berikut! . Salah satu tempat yang menarik dikunjungi adalah boulevard Universitas Gadjah Mada (UGM) yang terletak di bagian depan universitas tersebut. Vaksin antirabies Pasteur diambil dari tulang belakang seekor kelinci yang terkena rabies.. dua jam perjalanan dari Jakarta. Terlihat bahwa makanan yang diberikan oleh petugas sangat sesuai dengan makanan burung secara alami. Kampung ini merupakan wisata alam yang bisa dijadikan wisata alternatif. Kampung Wisata merupakan tempat wisata yang terletak di Desa Cinangneng. Lumayan jauh perjalalanan menuju tempat tersebut. Penemuan Pasteur memberikan petunjuk kepada dunia penelitian. Peristiwa B. bisa melalui jalan tikus C. seorang anak yang digigit anjing gila. Sebab akibat C. Bangunan masjid tersebut terdiri atas tiang teras berjumlah 17 buah. Bogor. Untuk mencapai tempat tersebut perlu ditempuh perjalanan dari Jakarta ke Desa Cinangneng selama kurang lebih dua jam. D. Akan tetapi.. Cermatilah ilustrasi berikut! Dudung baru saja melakukan perjalanan wisata ke Kampung Wisata yang terletak di Desa Cinangneng. Setiap burung mempunyai makanan sendiri-sendiri. Bogor tidak terlalu lama. teman-teman dapat menjumpai jendela berjumlah 6 yang menggambarkan rukun iman. A. kami melewati taman dengan jajara pohon palem menuju arena permainan. Di sebelah timur. Cari saja objek wisata yang dapat ditempuh dalam waktu yang tidak lebih dari dua jam perjalanan.D. Adanya penyakit rabies pada anjing gila B. A. Laporan di atas menggunakan pola urutan..

6 Oktober 2013. Manajer. dapat terjawab dengan gemilang oleh penjelasan Bu Gilang.30 WIB. Bahasa laporan C. lamanya waktu kungjungan lebih banyak di tujuan akhir daripada di perjalanannya.. Pasti kita akan sangat puas apabila berkunjung ke tempat itu. Pertanyaan D. Alif lebih banyak melaporkan keadaan selama ia di perjalanan. (1) C. Kita akan mendapatkan ilmu tentang cara kerja penyiaran.. (4) Wawasan Bu Gilang tentang dunia radio layak diacungi jempol. (3) Rasa penasaran kami tentang berbagai jenis dan kegunaan peralatan yang ada di sana... Tanggapan tersebut tergolong ke dalam bentuk. 25. Pada waktu dua minggu yang lalu saya juga pergi ke Stasiun Radio Remaja FM dengan kakak saya D. Tanggapan laporan berkenaan dengan . (4) 27. (3) B (2) D. sampai ke dapur dalam pengertian yang sesungguhnya. Manajer. yakni dari stadio. tepatnya hari Minggu. dua hari yang lalu. yaitu. Tujuan kunjungan itu adalah untuk mengetahui seluk-beluk dan cara kerja penyiaran radio. Pada laporan di atas terdapat kesalahan dalam penulisan huruf kapital. kami berkunjung ke Stasiun Radio Remaja FM. dapur rekaman.. 24. Selain itu. Isi laporan B. pantaslah B. kami diajak Bu Gilang untuk mengunjungi divisi dan ruangan yang ada di stasiun radio tersebut. 23. A. Wawasan D. pukul 8. Bu Gilang.. A. Bacalah tanggapan di bawah ini! Tadi. saya minta Alif menyampaikan cerita yang lebih terperinci karena saya penasaran. A. Oleh karena itu. Penyampaian laporan tersebut Bacalah kutipan laporan berikut! (1) Pada kegiatan kedua. Sebaiknya kunjungan ke sana jangan hari Minggu B. Di tempat itu tentu kita bertemu dengan kakak-kakak penyiar yang baik hati C. akan lebih baik jika pada laporan tersebut diberikan pengantar sebagai ilustrasi untuk menyampaikan perihal Candi Boko. khususnya di Radio Remaja FM. Wawasan C.. Pendapat B... keadaan di tempat tujuan akhir hanya selintas saja. A. Kritikan Bacalah laporan kutipan berikut! Laporan terebut sudah dapat memberikan gambaran terhadap suasana Candi Boko pada saat tertentu. 26. Saran C. Namun demikian. pantaslah . Tanggapan yang tepat terhadap isi kutipan laporan tersebut adalah. (2) Pantaslah Bu Gilang menduduki posisi sebagai Manager di sana. A.. Padahal. Bu Gilang. Susunan laporan D. Sementara itu. akan lebih terasa lengkap apabila dalam laporan tersebut disertakan informasi-informasi yang lebih detail.Teman-teman. Kalimat sumbang pada kutipan laporan tersebut adalah kalimat nomor.