You are on page 1of 7

Seiring dengan adanya globalisasi disegala bidang maka perindustrian di

Indonesia mengalami perubahan yang besar. Perubahan ini di tandai dengan
bertambah majunya teknologi yang digunakan dalam menjalan proses sehingga
dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja. Namun, perubahan dalam
proses ini juga bisa menimbulkan resiko terjadinya kecelakaan terhadap tenaga
kerja atau kecelakaan kerja.
Adapun menurut Suma’mur (1981), 80-85 % kecelakaan disebabkan oleh
kelalaian (unsafe human acts) dan kesalahan manusia (human error). Kecelakaan
dan kesalahan manusia tersebut meliputi factor usia, jenis kelamin, pengalaman
kerja dan pendidikan. Pheasant (1988) berpendapat bahwa kemungkinan
kesalahan akan meningkat ketika pekerja mengalami stress pada beban
pekerjaan yang tidak normal atau ketika kapasitas kerja menurun akibat
kelelahan.

A.

Definisi Kecelakaan Kerja

Definisi / Arti Kecelakaan Kerja adalah kejadian yang tidak terduga dan tidak
diharapkan akibat dari kerja. Kecelakaan menurut M. Sulaksmono (1997) adalah
suatu kejadian tidak diduga dan tidak dikehendaki yang mengacaukan proses
suatu aktivitas yang telah diatur. Kecelakaan akibat kerja adalah berhubungan
dengan hubungan kerja pada perusahaan. Hubungan kerja disini dapat berarti
bahwa kecelakaan terjadi dikarenakan pekerjaan atau pada waktu pekerjaan
berlangsung.
Pengertian Kecelakaan Kerja menurut Sumakmur (1989) adalah suatu
kecelakaan yang berkaitan dengan hubungan kerja dengan perusahaan.
Hubungan kerja disini berarti bahwa kecelakaan terjadi karena akibat dari
pekerjaan atau pada waktu melaksanakan pekerjaan.
Menurut Per 03/Men/1994 mengenai Program JAMSOSTEK, pengertian kecelakaan
kerjaadalah kecelakaan berhubung dengan hubungan kerja , termasuk penyakit

B. lantai yang kotor dan licin. Sambaran Petir c. Klasifiksi. cara menyimpan bahan baku dan alat kerja tidak pada tempatnya. Kurang sehat fisik dan mental seperti adanya cacat. Study Kasus . Faktor Alam Untuk faktor alam adalah kecelakaan kerja yang terjadi karena diakibatkan oleh bencana alam. 2. yaitu: 1. alat-alat kerja yang telah rusak. dan Pencegahan Kecelakaan Kerja Faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya kecelakaan kerja dibedakan atas 3 macam. alat pelindung tidak pakai. dan kurang sabar. Penyebab. kemampuan pekerja (usia. Faktor-faktor keadaan lingkungan kerja yang penting dalam kecelakaan kerja terdiri dari pemeliharaan rumah tangga (house keeping). ketidak cocokan fisik dan mental. Lingkungan kerja berpengaruh besar terhadap moral pekerja. tidak mau bekerja sama. keadaan lembab yang tinggi sehingga orang merasa tidak enak kerja. Gempa Bumi e. kurangnya kecakapan dan lambatnya mengambil keputusan). masa kerja/pengalaman.( Bab I pasal 1 butir 7 ). Ventilasi yang tidak sempurna sehingga ruangan kerja terdapat debu. Faktor mekanik dan lingkungan. Longsor d. kesalahan disini terletak pada rencana tempat kerja. terdapat kesilauan dan tidak ada pencahayaan setempat. perbuatan-perbuatan yang mendatangkan kecelakaan. Banjir b. disiplin kerja. Faktor Manusia Faktor manusia meliputi aturan kerja. Pencahayaan yang tidak sempurna misalnya ruangan gelap. Kesalahan-kesalahan yang disebabkan oleh pekerja dan karena sikap yang tidak wajar seperti terlalu berani. 3. Faktor Mekanik dan lingkungan. tidak mengindahkan instruksi. sembrono. Kecelakaan kerja yang terjadi karena factor alam merupakan hal yang tidak bisa diprediksi seperti contohnya : a. letak mesin. Kekurangan kecakapan untuk mengerjakan sesuatu karena tidak mendapat pelajaran mengenai pekerjaan. kelelahan dan penyakit. kelalaian. melamun. Dan lain-lain C.yang timbul karena hubungan kerja demikian pula kecelakaan yang terjadi dalam perjalanan berangkat dari rumah menuju tempat kerja dan pulang ke rumah melalui jalan biasa atau wajar dilalui. tidak dilengkapi dengan alat pelindung.

Jawa Tengah. Apalagi pada pertambangan-pertambangan tradisional. Kasus kecelakaan kerja di pertambangan batubara itu hampir sama dengan musibah yang kerap terjadi di China." terang Kasat. di pertambangan emas pun kecelakaan kerja pernah terjadi. lalu menghantam tubuh korban." jelas Kasat Reskrim Polres Tuban AKP Wahyu Hidayat kepada wartawan. Kami menyesalkan adanya peristiwa ini.Hingga kemarin jumlah korban meninggal dunia sudah puluhan orang dan beberapa buruh tambang lainnya diperkirakan masih berada di dalam lubang tambang yang meledak." pungasnya. Kecelakaan seperti itu juga pernah terjadi di beberapa daerah di Indonesia. b. "Anggota masih di lokasi untuk olah TKP (Tempat Lejadian Perkara)." sambungnya saat ditemui detikcom di Mapolres Tuban. Kami juga akan beri santunan kepada keluarga korban. di tambang batubara di Provinsi Sumatera Barat. Faiq mengatakan jika korban adalah tenaga outsourcing dari anak perusahaan PT SI yakni PT UTSG. Masyarakat . tiba-tiba ada truk di tanjakan tergelincir ke belakang. tetapi juga pekerja yang berada di luar. Tuban. Warga Desa Sambonggede." ujar Faiq. Kecamatan Merakurak itu tewas terjepit alat berat ketika sedang bekerja mengganti oli quarry drill.1. "Itu (penyebab tergelincir) yang masih kita dalami. Tidak saja tambang batubara yang merenggut nyawa para petambangnya. akibat semburan material dan hawa panas dari api yang keluar dari lubang. Jumat (20/9/2013). Namun belum diketahui secara pasti penyebab bagaimana truk tergelincir sehingga mengakibatkan tewasnya korban. "Korban sedang mengganti oli mesin bor. Dampak ledakan itu tidak saja menimpa para pekerja tambang di dalam lubang. hari Selasa (16/6). "Kasus ini kami tangani dengan baik. Kasus kecelakaan kerja di pertambangan di Sumatera Barat dapat dipastikan bukan yang pertama-kali terjadi. "Korban tergencet diantara truk dan alat berat sehingga tewas di lokasi kejadian dengan luka parah pada bagian kepala. Pihak kepolisian juga dipastikan menyiapkan diri untuk melakukan penyelidikan dan penyidikan kenapa tambang barubara itu meledak.Upaya pertolongan terhadap para korban yang masih berada di pertambangan itu terus dilakukan oleh aparat gabungan. Kecelakaan terjadi akibat adanya suatu ledakan di lubang tambang batubara. Dalam Negeri a. Truk yang menjadi penyebab utama diketahui sedang dikendarai oleh Salahudin. Hingga kini polisi masih mendalami penyebab utama kecelakaan kerja tersebut. Kecelakaan kerja kembali merenggut nyawa para buruh tambang tradisional. Faiq Niyazi membenarkan adanya kejadian itu. warga Lasem.Kecelakaan kerja terjadi di area tambang batu kapur PT Semen Indonesia (Persero) Tbk di Desa Karang Lo. Kecamatan Merakurak. Kepala Seksi (Kasi) Hubungan Internal dan Media PT SI M. Tuban . Seorang operator alat pengebor batu kapur (quarry drill) bernama Vicky Baktia Hermawan (21) tewas. Apakah saat itu posisi truk direm atau sedang diganjal batu.

Karena itulah. selain kerusakan alam yang ditimbulkan. Korban merupakan pekerja outsourcing di CV Baharu Utama yang ditempatkan di PT Semen Tonasa. kasus tersebut sedang didalami dan belum ada kesimpulan perihal penyebab mengapa insiden itu terjadi. Humas PT Semen Tonasa.” ujar dia kemarin. seperti biasanya. kejadian tersebut murni kecelakaan kerja. Namun kemungkinan korban tidak mengindahkan SOP tersebut sehingga kecelakaan terjadi. sampai kini-pun asuransi kecelakaan kerja di Indonesia belum menjadi sesuatu yang memasyarakat. Padahal pada daerah-daerah pertambangan. Pihak Polres Pangkep langsung turun ke tempat kejadian perkara (TKP) setelah mendapat laporan dari pihak perusahaan. penyebab kecelakaan sedang dalam penyelidikan Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Pangkep bersama Biro K3 PT Semen Tonasa. Kepedihan itu agak bisa terobati jika para korban musibah dijamin oleh asuransi kecelakaan kerja. Saat kejadian. Bahkan batu kapur pun mereka keruk. kegiatan itu dibiarkan tanpa suatu pengawasan sedikit pun. Jangan karena bisa menambah pundi-pundi kas daerah. Proses investigasi dipimpin Kepala Seksi Pengawasan Dinosnaker Pangkep bekerjasama dengan Biro K3 PT Semen Tonasa yang dipimpin Syamsie A Latif. . Apalagi jika korban yang meninggal dunia tersebut merupakan tulang punggung bagi keluarga. Peristiwa naas ini terjadi di area hopperring canalmill412 raw mill Tonasa IV. sudah saatnya pemerintah melakukan pengawasan ketat terhadap pertambangan-pertambangan tradisional. SOP pekerjaan sudah disampaikan oleh petugas Tender Mill. maut sewaktu-waktu mengancam jiwa masyarakat. PANGKEP–Kecelakaan maut menimpa seorang petugas kebersihan dan pemeliharaan pabrik PT Semen Tonasa IV. Kecelakaan kerja yang terjadi dipastikan hanya menyisakan kepedihan bagi keluarga yang ditinggalkan. Kabupaten Pangkep. Di beberapa daerah masyarakat tak terkendali berbondong-bondong datang untuk mengadu nasib dan berharap memperoleh bahan tambang tersebut. 23. korban bertugas bersama lima rekannya. c. Meski demikian. tewas mengenaskan saat tubuhnya tersedot masuk ke dalam mesin pemecah batu kerikil. kata Fajar. Sudarmin. “Almarhum ditugaskan untuk membersihkan area hopper ring canal mill bersama pekerja lainnya. Terkadang mereka melalaikan keselamatan diri sendiri dan orang lain. Fajar mengatakan. Sebab.selalu antusias ketika mendengar adanya kandungan bahan tambang seperti batubara atau emas. masalah-masalah itu mengemuka setelah terjadi kecelakaan kerja. Rabu (13/3) malam sekitar pukul 23. Kapolres Pangkep AKBP Deni Hermana menuturkan. sehingga kerusakan lingkungan dapat direm sekaligus kecelakaan kerja dapat dihindari. warga Kecamatan Tondong Tallasa. Korban tewas seketika saat tubuhnya tersedot ke dalam mesin penggiling batu yang tiba-tiba menyala.30 Wita. Tapi bukan suatu rahasia.

2. meledak. Provinsi Xinjiang. Abdul Latif. Musibah terjadi di ibu kota Urumqi pada Jumat malam. Pertambangan di Tiongkok merupakan tambang yang paling mematikan di dunia karena kurangnya penegakan atas standar keamanan akibat ketergesa-gesaan untuk memenuhi permintaan dari ekonomi yang kuat. Luar Negeri Kecelakaan di daerah pertambangan penulis sebagian besar mengambil dari Negeri Tiongkok. Kecelakaan ini menunjukkan buruknya standar keamanan di negara penghasil batu bara terbesar di dunia itu. Kecamatan Bungoro. seperti dikuti Reuters. kebanyakan kecelakaan dinegara Tiongkok karena terlalu terburu-buru untuk memenuhi permintaan dari konsumen karena untuk memenuhi dan mendukung pertumbuhan ekonomi di Tiongkok. kata laporan itu mengutip penjelasan pejabat setempat. Ledakan penampungan di Silo 9 setinggi 75 meter saat itu melukai tiga karyawan pabrik. Korban luka tersebut terdiri atas dua sopir dan satu operator. 25 Oktober 2014 16:20 WIB | Shanghai (ANTARA News) . Pada Kamis (28/2) lalu. . 35. Laporan tersebut. Sementara penyebab ambruknya tambang sedang dalam penyelidikan.tiba silo setinggi 75 meter meledak. kata dia. Sebanyak 11 pekerja tambang mengalami cedera. pihak perusahaan melalui Sekretaris Perusahaan dan Kepala Biro Komunikasi mewakili Manajemen PT Semen Tonasa telah berkunjung ke rumah duka untuk memberikan bantuan kepada keluarga korban.” kata dia kemarin. mengatakan.Sebanyak 16 orang pekerja tambang meninggal dunia saat tambang batu bara runtuh di timur jauh Tiongkok. kantor berita pemerintah. Sabtu. penampungan semen curah di Pelabuhan Biringkassi. Kasus kecelakaan kerja ini untuk kedua kalinya terjadi dalam sebulan terakhir di pabrik pembuat semen ini. “Tapi kami tetap akan melakukan penyelidikan lebih lanjut. Salah seorang korban yang bekerja sebagai sopir. a. Sebanyak 22 pekerja tambang meninggal dalam kecelakaan tambang batu bara yang terjadi di barat daya negeri itu pada Juni. Sebagai bentuk pertanggung jawaban. enam lainnya berhasil lolos. kejadian berlangsung saat dia memasang selang dari kapsul ke silo namun tiba. menimpa 33 pekerja yang sedang bertugas di bawah tanah. Xinhua melaporkan. Faktor penyebab lainnya adalah tidak patuhnya perusahaan dalam mematuhi peraturan standar keamanan dari pemerintah Tiongkok.Dari pemeriksaan saksi. Kecelakaan tambang batu bara di Tiongkok tewaskan16 orang Sabtu. Desa Bulu Cindea. Ketiga korban nyaris tewas karena sempat tersembur semen panas yang tertumpah. tidak menyebutkan nama tambang batu bara. kesimpulan sementara kasus tersebut murni karena kecelakaan kerja.

16 diantaranya mengalami luka-luka. Dalam peristiwa itu petugas penyelamat berhasil mengeluarkan 81 orang pekerja tambang. China telah mengalami penurunan dramatis dalam kematian akibat kecelakaan di pertambangan-pertambangan yang berbahaya.000 tambang dalam skala kecil sampai dengan tahun 2015. seorang pejabat pemerintah kota Datong. Xinhua mengatakan ledakan itu persisnya terjadi di tambang Taozigou. dekat kota Datong. Sumber : http://www. kota Luzhou. Demikian keterangan Meng. Sekitar 247 penambang berada di bawah tanah ketika air masuk dan 223 orang berhasil selamat naik ke permukaan tanah.voaindonesia. dekat kota Datong berada di bawah tanah ketika air masuk dan 223 orang berhasil selamat naik ke permukaan tanah. Ini sebagian adalah hasil dari langkah-langkah keamanan yang ditingkatkan. demikian dikatakan seorang pejabat hari Kamis.com/berita/460693/kecelakaan-tambang-batubara-di-tiongkok-tewaskan16-orang b.Peristiwa ledakan di tambang batubara yang terjadi hari Sabtu kemarin merupakan peristiwa ledakan yang kedua di Cina dalam 24 jam terakhir. Kantor Berita Cina. yang tewas ketika lokasi tempat mereka menggali jadi penuh air. 21 Tewas Sekitar 247 penambang batubara di pertambangan Jiangjiawan. Setelah usaha penyelamatan berhari-hari menyusul kecelakaan hari Minggu itu.Dalam upaya untuk menghapuskan kapasitas tambang yang tua dan meningkatkan keamanan kerja.com/content/kecelakaan-tambang-batubaradi-china-utara-21-tewas/2731316. Tiongkok merencanakan penutupan lebih dari 2. jumlah korban yang tewas dikukuhkan 21 orang.html C. menyebabkan berkurangnya pesanan. Tambang meledak tewaskan 27 orang Ledakan yang terjadi di sebuah tambang batubara di barat daya Provinsi Sichuan. Kecelakaan Tambang Batubara di China Utara. Seorang pejabat pemerintah setempat mengatakan ledakan terjadi pada hari Sabtu sore (11/05) saat lebih dari 100 penambang tengah bekerja di areal pertambangan bawah tanah. Tim SAR telah menemukan jasad 21 penambang batubara di pertambangan China. Cina telah mengakibatkan setidaknya 27 orang tewas. selain juga karena merosotnya tingkat produksi batubara karena perkembangan ekonomi yang lamban.antaranews. Lebih dari 600 petugas SAR berupaya memompa air keluar dari pertambangan Jiangjiawan. Sumber : http://www. untuk kemudian dirawat di rumah sakit. .

Sementara itu data yang dikeluarkan pada tahun 2012 lalu menyebutkan ada 1300 orang yang tewas akibat kecelakaan tambang di Cina.Tidak patuhnya perusahaan dalam mengikuti standar keamanan yang memadai kerap dituding sebagai penyebab terjadinya kecelakaan yang menyebabkan puluhan pekerja tewas atau luka .Standar keamanan Sebelumnya pada hari Jumat (10/05) peristiwa serupa juga terjadi di tambang batubara bernama Dashan yang berada di Provinsi Guizhou. Tambang batubara di Cina memang terkenal berbahaya meskipun pemerintah setempat berupaya untuk meningkatkan standar keamanan dalam operasi tambang seperti ini. Laporan pada bulan April lalu juga menyebutkan ledakan fatal di tambang batubara pernah terjadi di Provinisi Jilin dan menewaskan 18 penambang.Ledakan yang terjadi di lokasi itu telah mengakibatkan 12 orang tewas.