You are on page 1of 20

Tugas 1

Topologi Star

Menyambung semua pc ke switches dan switches ke pc server dengan kabel

Pemberian Alamat IP
kita berikan alamat IP kepada server terlebih dahulu agar mudah dalam pengerjaanya. saya berikan
IP Server ( 192.168.101.10)

lalu kita berikan Ip client saya memberikan Ip komputer 1 ( 192.168.14 ) .20.20.10 hingga komputer ke 5 ( 192.168.

Melakukan Ping .

minimal penggunaan switch harus dua.Topologi Tree Pilih Icon Hub dan pilih Hub-PT. Pilih End Devices dan pilih PC-PT seperti gambar di bawah ini : . Pilih Icon Switches dan pilih switch tipe 2950-24 ( jika ingin membuat topologi tree.

.) Sambungkan PC-PT dan Switch menggunakan Copper Straight-Through. klik Copper Cross Over.sambungkan Hub dengan Switch menggunakan Copper Cross-Over (Klik Connection.

168.Set semua PC IP Address Menggunakan kode 192.***.) .*** (“ * “ berarti jumlah maksimal digit dan digit bebas untuk dimasukkan angka apapun namun jangan sampai sama.

.

.

) . Command Prompt. Desktop.ika Semua PC udah di Set IP Addressnya untuk mengecek tersambung atau tidaknya PC ke Switch. gunakan Command Prompt (Klik PC.

Topologi Ring pilih switc dan komputer lalu tata dengan bentuk sedemikian rupa .

beri kabel automatically choose connection type .

saya memberikan ip ( 192. langkah selanjutnya adalah mengecek apakah komputer sudah terhubung satu sama lain.168. langkah selanjutnya adalah membuat IP di masing-masing komputer.15 ika sudah selesai mengisikan ip.20. dengan cara mengeping ip satu per satu menggunakan command prompt yang sudah di sediakan di cisco . isikan ip komputer mana yang akan anda beri ip pertama.10 ) 192.20.168.Setelah selesai mendesain.

. tata komputer secara selang seling agar mudah seprti gambar dibawah ini. Pilih end Devices dan pilih generic.Topologi Bus pilih switch dan tata sedemikian rupa agar terlihat rapi dan mempermuda kita dalam mengerkjakannya.

.Lalu beri beri kabel pada switch dan komputer. menggunakan kabel yang sama.

168.14 menurut kmputer .20.Maka akan muncul sebuah kotak dialog seperti di bawah ini. Setelah itu settiing ip dengan cara membuka ip configuration nah saya mengunakan Ip saya 192.168.20.Untuk Pemberian IP pada komputer silahkan ikuti langkah-langkah berikut.Pilih Dasktop lalu IP Configuration.Silahkan klik komputer mana yang akan diberi IP pertama kali.10 sampai dengan 192.

10 .Setelah itu kita ping alamat yan kita tuju misalkan saya ping 192.20.168.

Topologi Mesh tata computer Seperti gambar dibawah .

Penyambungan Kabel Pemberian IP Masing masing PC .

Kita lakukan ping ke host .