You are on page 1of 4

N

O

DIAGNOSA KEPERAWATAN

1. NYERI BERHUBUNGAN DENGAN TERPUTUSNYA KONTINUITAS JARINGAN
2. GANGGUAN MOBILITAS FISIK BERHUBUNGAN DENGAN KERUSAKAN RANGKA
NEUROMUSKULER
3. ANSIETAS BERHUBUNGAN DENGAN KURANGNYA PENGETAHUAN TENTANG
PENYAKITNYA

Menghilangkan rasa nyeri yang dirasakan . Ajarkan tehnik relaksasi -pasien mengatakan nyerinya bersifat menusuk-nusuk 3.pasien tampak meringis 4. 4. Untuk mengurangi rasa nyeri yang dirasakan 3. Menurunkan nyeri melalui mekanisme penghambatan rangsangan nyeri baik secara sentral maupun perifer 2. Nyeri berhubungan dengan terputusnya kontinuitas jaringan tulang. INTERVENSI 1. Do:. Ds:-pasien mengeluh nyeri pada daerah fraktur . Kolaborasi untuk pemberian terapi analgetik - - Pasien tampak lemah Observasi ttv Td:110/80mmh g N:80x/i S:37c P:24x/i Skala nyeri 5 (nyeri sedang) RASIONAL 1. Kaji karakteristik nyeri. gunakan pendekatanPQRST TD:110/80mmhg N:80x/i S:37c P:24x/i 2. Batasi aktifitas yang meningkatkan intensitas nyeri. Menghindari dari infeksi dan nyeri yang dirasakan agar tidak terlalu dirasakan tiap saat.N O DIAGNOSA 1.

Anjurkan pasien/keluarga untuk berpartisifasi dalam melakukan aktivitas sesuai kemampuan. Untuk mengetahui apakah ada tendom terputus 3.N O DIAGNOSA 2. DO: -pasien di bantu keluarganya - Pasien tampak meminta bantuan saat ingin melakukan sesuatu INTERVENSI 1. Mengetahui lebih jelas dari penyakit yang di derita . Lakukan konsultasi/kolabo rasi dengan ahli fisiologi RASIONAL 1. 5. Mengetahui perkembangan fungsi motorik 2. Kaji/pantu secara teratur fungsi motorik 2. Meninggikan ekstremitas bawah beberapa saat 3. Menghindari dari iritasi kulit pada tubuh pasien. 4. Merubah atau mengganti posisi pasien secara periodic 5. Keluarga memberikan bantuan dan dukungan 4. Gangguan mobilitas fisik berhubungan dengan kerusakan rangka neuromuskuler DS: pasien mengatakan sulit menggerakkan kakinya.

Motivasi orang terdekat/keluarga untuk menyatakan perhatian / perilaku perhatian. Berikan obat sesuai indikasi. 3. Ds: pasien selalu menanyakan penyakitnya 2. Ansietas berhubungan dengan kurangnya pengetahuan tentang penyakitnya 1. . Bantu pasien belajar mekanisme koping baru. - Keluarga selalu menanyakan kondisi pasien Do : keluarga pasien tampak cemas dan ketakutan INTERVENSI 3.N O DIAGNOSA 3. Mengurangi tingkat kecemasan. Menghilangkan / mengurangi rasa sakit yang di derita. RASIONAL 1. Mengurangi rasa kecemasan dan ketakutan pasien dan keluarga atas penyakitnya saat ini 2.