BAB I

PENDAHULUAN
A. Latar Belakang

Karbon (C) adalah unsur keenam paling berlimpah di alam semesta, Unsur ini diketahui
memiliki berbagai kegunaan dalam kehidupan sehari-hari. Karbon ada di alam sekitar kita. Udara
kita mengandung berbagai gas. Unsur karbon merupakan bahan yang inert, tidak larut dalam air,
asam encer, dan basa, serta merupakan pelarut organik. Pada suhu tinggi, karbon berikatan
dengan oksigen untuk membentuk karbon monoksida atau dioksida.
Hidrogen dapat diproduksi dalam berbagai cara, seperti elektrolisis air. Hidrogen juga
memiliki banyak kegunaan, termasuk digunakan sebagai pendingin, alternatif yang potensial
untuk bensin, dan sebagai pembawa energi untuk sistem biologi dan kimia.
Oksigen merupakan anggota dari kelompok 16 pada tabel periodik yang mempunyai
lambang O dan nomor atom 8, dan merupakan unsur non-logam yang sangat reaktif yang mudah
membentuk senyawa (terutama oksida) dengan hampir semua unsur lainnya. Oksigen sangat
reaktif dan akan membentuk oksida dengan semua elemen lain kecuali helium, neon, argon, dan
kripton. Kerak bumi terutama terdiri dari mineral silikon-oksigen, dan senyawa oksida lain.
Nitrogen adalah zat komponen penyusun utama atmosfer bumi. Nitrogen adalah gas yang
tidak berwarna, tidak berbau dan tidak berasa.

B. Tujuan
Dapat memahami sejarah, struktur, senyawa, sifat fisik, sifat kimia, pembuatan dan
penggunaan pada silikon dan karbon.

Karbon di alam dalam bentuk karbondioksida atau CO2 ternyata memiliki dampak buruk bagi kesehatan. CO2 dihasilkan bukan hanya oleh tumbuhan tapi juga berbagai kendaraan . Pada suhu tinggi. Untuk diketahui. hormon dan enzim mengandung karbon. Sebagai contoh. Kepadatan karbon juga bervariasi dari 2. Ini berarti karbon memainkan peran penting dalam fisiologi tubuh manusia.25 g/cm ³ untuk grafit dan 3. Semua kegiatan metabolisme yang berlangsung dalam tubuh melibatkan karbon sebagai komponen dasar. 6. Sekitar 18% tubuh manusia terdiri dari karbon. setiap bagian tubuh manusia terdiri dan memerlukan sejumlah besar unsur ini. karbon berikatan dengan oksigen untuk membentuk karbon monoksida atau dioksida. 2. Karbon dioksida yang kita keluarkan pada saat respirasi mengandung karbon. seperti asam nitrat dan kalium nitrat akan menghasilkan asam metilic C6(CO2H)6. Efek Karbon Bagi Kesehatan 1. Manfaat Karbon Berikut peran karbon dalam tubuh manusia: 1. Oleh karena itu. Karbon dalam tubuh berikatan dengan banyak atom lain sehingga membuat tubuh berfungsi serta membantu pertumbuhan. bromin. atau iodin. dan asam nukleat dalam tubuh manusia. asam encer.BAB II PEMBAHASAN Pengertian Karbon Karbon (C) adalah unsur keenam paling berlimpah di alam semesta. Arang aktif digunakan dalam pengobatan untuk menyerap berbagai racun atau gas yang diproduksi dalam tubuh manusia. lemak. Karbon ada di alam sekitar kita. Unsur ini merupakan dasar dari protein. Titik leleh grafit adalah 3500 ºC dengan titik didih adalah 4830 ºC. Unsur karbon merupakan bahan yang inert. Unsur ini diketahui memiliki berbagai kegunaan dalam kehidupan sehari-hari. Udara kita mengandung berbagai gas. tidak larut dalam air. penting untuk menjaga tingkat normal karbon dioksida dalam tubuh. Karbon bertindak sebagai makronutrien bagi tubuh dalam bentuk karbohidrat. 4. Karbon membentuk senyawa dengan halogen dan memiliki rumus umum CX4. Kadar tidak normal karbon dioksida dalam tubuh dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan. dan basa. dimana X adalah fluorin. Karbon berperan utama dalam banyak proses kehidupan yang kompleks dan penting. Reaksi karbon dengan oksidator panas. Sifat Karbon Sifat fisik dan kimia karbon tergantung pada struktur kristalnya. klorin. 3.51 g/cm ³ untuk berlian. 5. serta merupakan pelarut organik. Sejumlah logam dikombinasikan dengan karbon pada suhu tinggi untuk membentuk karbida. Di antara halogen hanya fluor yang bereaksi dengan unsur karbon.

Keberadaan Hidrogen di muka bumi ini secara alami memang sangat jarang. dan penting dalam banyak proses biologi. seperti elektrolisis air. Walaupun hydrogen sebagai unsur gas yang paling melimpah. 2. dan industri dan juga sangat reaktif.bermotor yang sering disebut sebagai polusi. Hidrogen dapat diproduksi dalam berbagai cara. massa atom dari hidrogen adalah yang terendah di antara gas-gas lainnya. termasuk digunakan sebagai pendingin. industri penghasil hidrogen menggunakan metana untuk pembentukan hidrogen selain juga dapat digunakan proses pemisahan air dengan hidrogen. Keracunan karbon yang paling ringan diderita oleh seseorang biasanya ditandai dengan rasa pusing. dering di telinga. mata menjadi terasa kesat dan merah.. dan sebagai pembawa energi untuk sistem biologi dan kimia. Karena hidrogen ini paling banyak ditemukan pada air. Pengertian Hidrogen Hidrogen adalah unsur alami paling ringan. muntah. mual. Polusi dapat membuat masalah kesehatan terutama dalam pernafasan. Pada umumnya. hal ini akan mempengaruhi sifat hydrogen tersebut. alternatif yang potensial untuk bensin. Gas CO2 yang bersifat racun dapat membuat metabolisme tubuh bereaksi dengan darah sehinggga menyebabkan penurunan kesadaran hingga serangan jantung. kimia. dan depresi. Hidrogen tidak memiliki warna. mengantuk. Saat tekanan maupun suhu di atas normal. yang merupakan molekul dengan dua atom. pingsan. Hidrogen ditemukan secara alami sebagai molekul diatomik. Hidrogen juga memilki manfaat yang sangat menguntungkan bagi kehidupan Efek Hidrogen Bagi Kesehatan Konsentrasi tinggi gas ini dapat memicu lingkungan menjadi kekurangan oksigen. Sifat Hidrogen Sifat dari hidrogen sendiri mudah terbakar karena memang klasifikasinya yang termasuk ke dalam gas diatomik. bau. mual. atau rasa. Kulit korban . hydrogen tidak dapat kita lihat atau rasakan keberadaannya. Individu yang berada dalam kondisi seperti itu mungkin mengalami gejala yang meliputi sakit kepala. Adanya hidrogen yang banyak dimanfaatkan adalah merupakan hidrogen buatan tangan manusia melalui rekayasa kimia sedemikian rupa sehingga menghasilkan gas hidrogen. Namun jika suhu dan tekanan berada pada level normal. Ini karena pada kondisi yang normal tersebut hydrogen tidak bersifat reaktif sehingga tidak menghasilkan bau ataupun warna-warna tertentu yang dapat dikenali oleh indera manusia. Hidrogen juga memiliki banyak kegunaan. Manfaat Hidrogen Manfaat hidrogen bagi kehidupan manusia tentu sangat beragam. pusing.

Oksigen di atmosfer bumi berasal dari fotosintesis tanaman yang telah terakumulasi selama jutaan tahun Oksigen cukup mudah larut dalam air sehingga membuat kehidupan di air menjadi dimungkinkan. O3. Oksigen adalah bagian dari sekelompok kecil gas paramagnetik. dan kripton. kematian dapat terjadi. Gas oksigen merupakan penyusun seperlima atmosfer dengan massa lebih dari satu juta miliar ton. bila tidak ada oksigen manusia menuju kepunahan dan kehidupan menuju kehancuran. dengan hampir seperlima (dalam volume) komposisi udara adalah oksigen. neon. Gas oksigen biasanya terdapat dalam bentuk molekul diatomik. Diperlukan dalam sistem pernafasan Oksigen diperlukan dalam proses pernafasan pada manusia. kecil harapan untuk hidup. Manfaat Oksigen 1. O2. 2. Dalam kasus parah. laut. oksigen merupakan gas tidak berbau. Oksigen cair juga sedikit paramagnetik. Hampir semua unsur kimia.mungkin menjadi berwarna biru karena kekurangan oksigen. Sifat Oksigen Oksigen merupakan unsur yang menarik karena merupakan elemen penting dalam proses pernapasan sebagian besar sel-sel hidup serta berperan dalam proses pembakaran. Oksigen sangat reaktif dan akan membentuk oksida dengan semua elemen lain kecuali helium. hidrogen diperkirakan menyebabkan mutagenisitas. Oksigen merupakan unsur paling melimpah di kerak bumi. Pengertian Oksigen Oksigen merupakan anggota dari kelompok 16 pada tabel periodik yang mempunyai lambang O dan nomor atom 8. tetapi ada juga dalam bentuk triatomik. Dalam kondisi normal. udara. tidak berwarna. dikarenakan oksigen memiliki peran sebagai pemenuhan kebutuhan metabolisme tubuh. Oksigen diperlukan oleh semua makhluk hidup. embryotoxicity. dan tidak berasa. dan faktanya bahkan yang paling paramagnetik. Kerak bumi terutama terdiri dari mineral silikon-oksigen. dan senyawa oksida lain. dan merupakan unsur non-logam yang sangat reaktif yang mudah membentuk senyawa (terutama oksida) dengan hampir semua unsur lainnya. oksigen merupakan unsur kimia paling melimpah di biosfer. serta teratogenik atau toksisitas reproduksi. Bila manusia tidak lagi ada oksigen. bernama ozon. selain gas mulia. dan tanah bumi. Menurut massanya. Membantu fungsi sel-sel tubuh manusia . Selain itu. berikatan dengan oksigen untuk membentuk berbagai senyawa. argon.

bila kekurangan kadar oksigen. Tubuh membutuhkan oksigen dengan nilai persentase 90 % keatas. Mencegah pertumbuhan sel anaerob Oksigen mencegah pertumbuhan sel anaerob pada tubuh. sehingga membantu regenerasi sel-sel pada kulit wajah seperti manfaat Vitamin E. sehingga metabolisme menjadi aktif untuk menghilangkan racun.Salah satunya adalah. Bakteri inilah yang bertanggung jawab terhadap terjadinya penguraian limbah yang dilakukan oleh bakteri aerob didalam usus. didalam tubuh manusia ada bakteri aerob yang hanya bisa hidup dikarenakan adanya oksigen yang masuk kedalam tubuh. 3. Khusus pada wanita yang memiliki sistem metabolisme tubuh yang dapat menyebabkan proses penuaan relatif lebih cepat dari pada yang dialami oleh pria. Mencegah kanker. Selain itu lakukan latihan otak seperti pada :  manfaat bermain catur  manfaat bermain gitar  manfaat berman piano 7. Air oksigen sendiri membantu pembentukan jaringan pernafasan pada kulit. Membantu sistem peredaran darah Sistem peredaran darah pada manusia dipengaruhi oleh adanya oksigen. Mengoptimalkan Daya Ingat Sirkulasi oksigen pada tubuh berpengaruh terhadap fungsi otak. maka perkembangannya akan meningkat. Oksigen menangkal radikal bebas. Dimana bakteri anaerob pada tubuh. 6. Karena ketika oksigen di dalam darah berkurang. 5. Air oksigen adalah solusinya. asma dan penyakit lainya . 4. bahkan terkadang banyak orang yang rela mengeluarkan banyak uang untuk mempercantik diri. Mempercantik kulit dan mencegah penuaan dini Kulit memang hal yang sangat sensitif. maka akan menyebabkan kesulitan bernafas (sesak nafas). Termasuk mencegah bahaya penuaan dini karena faktor umur. maka daya ingat serta kecerdasan otak menjadi meningkat. Jika oksigen masuk ke otak secara stabil. lingkungan yang tidak bersih. Sehingga limbah yang dihasilkan semakin berteumpuk dan membahayakan tubuh.

terlalu banyak oksigen justru malah merugikan kesehatan. penarikan nafas panjang ini berfungsi untuk membantu terbukanya paru-paru hingga bisa menyerap energi yang bisa memperbaiki sel-sel tubuh. Manusia dan hewan memerlukan pasokan konstan oksigen agar tetap bertahan hidup. menyebabkan sel-sel lebih leluasa untuk menyerang dengan pertumbuhan sel yang menjadi tidak terkendali. Menjaga kekebalan tubuh Tidak hanya mengkonsumsi manfaat buah-buahan dan sayuran saja yang mampu meningkatkan imunitas. bakteri dan bibit penyakit. menjadi berkurang bahkan hampir hilang. Pengertian Nitrogen . Tahukah anda bila strees dapat dihilangkan dengan oksigen? Ya. Efek Oksigen Bagi Kesehatan Oksigen sangat penting bagi semua kehidupan di bumi karena merupakan konstituen DNA dan hampir semua senyawa biologis penting lainnya. Namun. 8. Mengatasi Stress Kebanyakan dari kita mengalami stress serta gugup karena sesuatu. 9. Orang-orang yang bekerja dengan oksigen murni perlu secara teratur memeriksakan kesehatan untuk mengetahui kondisi paru-parunya. Bernapas pada 50-100% oksigen pada tekanan normal selama jangka waktu lama diketahui menyebabkan kerusakan paru-paru. Membantu degenerasi sel secara biologi Oksigen yang melimpah didalam tubuh membantu proses degenerasi sel secara biologi dengan maksimal. Tapi ketika ruang kosong tersebut terisi dengan oksigen. akan membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih stabil. Namun tubuh yang memiliki kadar oksigen cukup.Kadar oksigen yang tinggi didalam tubuh menyebabkan sel-sel penyakit seperti kanker menjadi tidak dapat tumbuh. sehingga pikiran menjadi lebih segar. Oksigen di paru-paru diangkut oleh hemoglobin dalam darah ke seluruh bagian tubuh yang membutuhkan. Hal ini akan membuat tubuh menjadi kebal terhadap serangan dari virus. makan pertumbuhan sel abnormal ini. 10. Ketika kita stress pikiran cenderung menjadi mumet dan terasa bosan. Pada saat sel tumbuh dengan lebih banyak ruang tanpa oksigen. Namun manfaat oksigen dengan cara mengambil nafas panjang.

dengan elektronegatifitas 3. embrio. Mempunyai 5 elektron di kulit terluarnya. tidak berbau dan tidak berasa. Efek Nitrogen Bagi Kesehatan 1. Membekukan dan menjaga darah. Karena sebenarnya mash banyak bahan yang lebih aman untuk membuat makanan menjadi beku dengan singkat. Nitrogen cair juga digunakan dalam bidang dermatologi. Nitrogen cair memang bukanlah sesuatu yang aman untuk dikonsumsi dan dijadikan bahan makanan.0. sel-sel sumsum tulang dan sampel jaringan hidup lainnya dalam periode yang cukup lama. Manfaat Nitrogen Nitrogen juga digunakan dalam dunia medis. Sifat Nitrogen Nitrogen adalah zat non logam. Nitrogen adalah gas yang tidak berwarna. Pemanfaatannya dalam dunia medis juga sangat banyak selain berbagai pemanfaatan yang disebutkan di atas. 2. Mengganggu kerja aliran darah Nitrogen cair yang dikonsumsi sebagai bahan makanan dapat mengganggu kerja aliran darah dalam tubuh kita. terutama di berbagai rumah sakit. Bila kerja aliran darah tidak sempurna. Dalam dunia medis. Oksigen timbul atas proses aliran darah dalam jantung juga otak kita. Nitrogen cair (-196 ° C) digunakan untuk 1. sperma. Kualitas oksigen dapat menurun Karena mampu membuat aliran darah terganggu otomatis Nitrogen cair juga memiliki dampak bahaya bagi kualitas oksigen. 2. dan membeku pada suhu 63K (-210oC). Nitrogen mengembun pada suhu 77K (-196 oC) pada tekanan atmosfer.Nitrogen adalah zat komponen penyusun utama atmosfer bumi. Ikatan rangkap tiga dalam molekul gas nitrogen (N2) adalah yang terkuat. maka kualitas oksigen juga ikut tidak sempurna. di mana penggunaannya adalah salah satu cara yang paling efektif untuk membakar kutil dan tumor kulit jinak kecil yang tetap menular. Jika anda pernah di rumah sakit tentu hampir tidak ada rumah sakit yang tidak memiliki nitrogen dalam persediaan gasnya. .

. sarung tangan. 4. Bila kelenjar ini tidak berfungsi dengan baik tentu sangat menganggu organ penti lain dalam tubuh. Maka dari itu bagi mereka ilmuwan ataupun koki yang memasak makanan dengan bantuan Nitrogen cair diwajibkan memakai pelindung tubuh di antaranya masker yang tebal. Membuat sesak nafas Menghirup Nitrogen cair baik dalam bentuk gas atau lainnya dapat membuat dada kita terasa sesak. Ini menjadi alasan kuat untuk menghindari Nitrogen cair sebagai bahan pembuat makanan. 5. Kelenjar tiroid tidak berfungsi dengan baik Kelenjar teroid berfungsi untuk mengubah asupan yang masuk ke dalam tubuh menjadi energi. nitrogen cair yang masuk ke tubuh dapat membentuk nitro amina yang mana merupaka pemicu munculnya juga menumbuhkan sel kanker dalam tubuh kita. Memicu kanker Seperti halnya bahaya narkoba dan bahaya merokok. juga penutup mata.3.

Hidrogen adalah unsur alami paling ringan.Diharapkan makalah ini mampu menambah literatur di perpustakaan untuk menambah pengetahuan pembaca khusunya mahasiswa. Karbon ada di alam sekitar kita. dan merupakan unsur non-logam yang sangat reaktif yang mudah membentuk senyawa (terutama oksida) dengan hampir semua unsur lainnya.Diharapkan kepada pembaca agar mampu memberikan saran yang memabangun untuk pembuatan makalah selanjutnya agar lebih baik dari yang telah ada sekarang. dan penting dalam banyak proses biologi. Udara kita mengandung berbagai gas. Nitrogen adalah zat komponen penyusun utama atmosfer bumi. Nitrogen adalah gas yang tidak berwarna. Saran Diharapkan dengan adanya makalah ini mampu membantu mahasisiwa untuk menjawab masalah-masalah dalam kimia khususnya yang menyamgkut hal yang berkaitan dengan unsur karbon. . kimia.BAB III PENUTUP Kesimpulan Karbon (C) adalah unsur keenam paling berlimpah di alam semesta. Oksigen merupakan anggota dari kelompok 16 pada tabel periodik yang mempunyai lambang O dan nomor atom 8. dan industri dan juga sangat reaktif. tidak berbau dan tidak berasa.

google. 1. 1939 volume.2006. 19 www. Semarang : UPT UNNES Press.com.DAFTAR PUSTAKA http://www. Kimia Anorganik I.org. Supadi.Kristian H.com/search/ Yost. 2004. Yogyakarta : JICA. . Kasmadi Imam.wikipedia. DM "Oksigen Fluorida" Sintesis Anorganik. Sugiayarto. Kimia Dasar II. http://www. halaman 109-111. chem-is-try.