Pythagoras

Pythagoras (570 SM – 495 SM, bahasa Yunani: Πυθαγόρας) adalah seorang matematikawan dan
filsuf Yunani yang paling dikenal melalui teoremanya.
Dikenal sebagai "Bapak Bilangan", dia memberikan sumbangan yang penting terhadap filsafat
dan ajaran keagamaan pada akhir abad ke-6 SM. Kehidupan dan ajarannya tidak begitu jelas
akibat banyaknya legenda dan kisah-kisah buatan mengenai dirinya.
Salah satu peninggalan Pythagoras yang terkenal adalah teorema Pythagoras, yang menyatakan
bahwa kuadrat hipotenusa dari suatu segitiga siku-siku adalah sama dengan jumlah kuadrat dari
kaki-kakinya (sisi-sisi siku-sikunya). Walaupun fakta di dalam teorema ini telah banyak
diketahui sebelum lahirnya Pythagoras, namun teorema ini dikreditkan kepada Pythagoras
karena ia yang pertama kali membuktikan pengamatan ini secara matematis.
Pythagoras dan murid-muridnya percaya bahwa segala sesuatu di dunia ini berhubungan dengan
matematika, dan merasa bahwa segalanya dapat diprediksikan dan diukur dalam siklus beritme.
Ia percaya keindahan matematika disebabkan segala fenomena alam dapat dinyatakan dalam
bilangan-bilangan atau perbandingan bilangan. Terdapat legenda yang menyatakan bahwa ketika
muridnya Hippasus menemukan bahwa

, hipotenusa dari segitiga siku-siku sama kaki dengan

sisi siku-siku masing-masing 1, adalah bilangan irasional, murid-murid Pythagoras lainnya
memutuskan untuk membunuhnya karena tidak dapat membantah bukti yang diajukan Hippasus.

.

memengaruhi banyak sarjana sesudahnya termasuk Ptolemaeus. Francesco Maurolico. dan hiperbola. Adalah Apollonius yang memberi nama elips. dan René Descartes. dipertautkan pada namanya.Apollonius Apollonius dari Perga (bahasa Yunani: Ἀπολλώνιος) (sekitar 262 SM–sekitar 190 SM) adalah seorang ahli geometri dan astronom Yunani yang dikenal karena karyanya mengenai irisan kerucut. Kawah Apollonius di Bulan dinamai untuk menghormati jasanya.1. khususnya dalam bidang kerucut. Hipotesis mengenai eksentrisitas orbit. seperti yang kita kenal sekarang. . Metodologi dan terminologinya yang inovatif. untuk menjelaskan pergerakan teramati dari planet-planet dan perubahan kecepatan Bulan. parabola. atau deferent dan epicycle. Teorema Apollonius mendemonstrasikan bahwa dua model tersebut adalah ekuivalen di bawah parameter-parameter yang sesuai. Isaac Newton. Ptolemaeus menggambarkan teori ini dalam Almagest XII.

Pada awal kariernya. meski Carl Sagan juga memanggilnya sebagai ahli astrologi ilmiah terakhir. Johannes Kepler menjadi matematikawan kekaisaran untuk Kaisar Romawi Suci. beserta ahli astrologi kerajaan Jendral Wallenstein. seorang tokoh penting dalam revolusi ilmiah. meski perawakannya kecil. Kepler juga seorang profesor matematika di Universitas Graz. Karier Kepler juga bersamaan dengan karier Galileo Galilei. Ia menjadi sangat terkenal di bidang optik dan astronomi. memiliki kecerdasan yang memukau dan juga kepribadian yang gigih. sekalipun di bawah tekanan hebat. Dia kadang dirujuk sebagai "astrofisikawan teoretikal pertama". Kepler sangat dihargai bukan hanya dalam bidang matematika. Kepler adalah asisten Tycho Brahe. Kepler. Dia paling dikenal melalui hukum gerakan planetnya. Ia didiskriminasi sewaktu tidak mau pindah agama ke Katolik Roma. . Pada usia 29 tahun. matematikawan dan astrolog. adalah seorang astronom Jerman. suatu jabatan yang ia pegang hingga akhir hayatnya.Johannes Kepler Johannes Kepler (27 Desember 1571 – 15 November 1630).

Toscana. Pemikirannya tentang bumi adalah bulat dan matahari sebagai pusat tata surya bertentangan dengan ajaran Aristoteles maupun keyakinan gereja bahwa bumi adalah bulat dan pusat alam semesta. Baru pada tahun 1992 Paus Yohanes Paulus II menyatakan secara resmi bahwa keputusan penghukuman itu adalah salah. dan dalam pidato 21 Desember 2008 Paus Benediktus XVI menyatakan bahwa Gereja Katolik Roma merehabilitasi namanya sebagai ilmuwan. 15 Februari 1564 – meninggal di Arcetri. 8 Januari 1642 pada umur 77 tahun) adalah seorang astronom. Ia juga sering disebut-sebut sebagai "bapak astronomi modern". filsuf. dan fisikawan Italia yang memiliki peran besar dalam revolusi ilmiah. Selain itu.Galileo Galilei Galileo Galilei (lahir di Pisa. Menurut Stephen Hawking. Galileo juga dikenal sebagai seorang pendukung Copernicus mengenai peredaran bumi adalah bulat mengelilingi matahari dan matahari sebagai sistem tatasurya. "bapak .berbagai pengamatan astronomi. Ia dihukum dengan pengucilan (tahanan rumah) sampai meninggalnya. Sumbangannya dalam keilmuan antara lain adalah penyempurnaan teleskop. Toscana. dan hukum gerak pertama dan kedua (dinamika). Akibat pandangannya yang disebut itu ia dianggap merusak iman dan diajukan ke pengadilan gereja Italia tanggal 22 Juni 1633. Galileo dapat dianggap sebagai penyumbang terbesar bagi dunia sains modern.

dan "bapak sains". Belanda. lahir di Den Haag. 8 Juli 1695 pada umur 66 tahun) merupakan matematikawan dan fisikawan Belanda. Christiaan umumnya menerima penghargaan minor atas perannya dalam perkembangan kalkulus modern. Lahir di Den Haag sebagai anak dari Constantijn Huygens.fisika modern". . 14 April 1629 – meninggal di Belanda. Hasil usahanya bisa dikatakan sebagai terobosan besar dari Aristoteles. Tahun 1655. bahasa Belanda Templat:IPA-link. Ahli sejarah umumnya mengaitkan Huygens dengan revolusi ilmiah. Titan. Konfliknya dengan Gereja Katolik Roma (Peristiwa Galileo) adalah sebuah contoh awal konflik antara otoritas agama dengan kebebasan berpikir (terutama dalam sains) pada masyarakat Barat. Christiaan Huygens Christiaan Huygens (pengucapan bahasa Inggris: [haɪɡənz]. Ia juga mendapatkan peringatan atas argumennya bahwa cahaya terdiri dari gelombang. ia menemukan bulan Saturnus. dia juga seorang ilmuwan yang paling berjaya pada masanya.