You are on page 1of 6

TUGAS ENERGI TERBARUKAN

INOVASI ENERGI LISTRIK DAN AIR PANAS DENGAN MEMANNFAATKAN GAS
BUANG AIR CONDITIONER (AC)

Disusun oleh :
I DEWA GEDE BAYU WIRANATHA
1304405106

JURUSAN TEKNIK ELEKTRO DAN KOMPUTER
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS UDAYANA
BUKIT, JIMBARAN
2016

panas bumi . Kebanyakan teknologi pengkoversi energi alam saat ini hanya memiliki efisiensi yang kurang dari 10% (sepuluh persen ). Hal ini menjaadikan energi terbarukan kurang effisien dalam proses perubahan energy alam menjadi listrik sehingga di butuhkan unit yang banyak serta tanah yang luas untuk mengembangkan unit pembangkit terbarukan ini sehingga dari segi pembangunanya pun sudah terbilang mahal dan akan berdampak pada tariff dasar listrik yang akan tinggi pula. hal ini mendorong para ilmuwan untuk terus mendorong perkembangan energy terbarukan yang lebih efisieen . angina . Pendahuluan Dewasa ini seiring dengan terus d butuhknya enegri alternative (non fossil) di tengah makin tingginya tingakat energi listrik masyarakat secara global akibat makin pesatya arus pertumbuhan ekonomi yang tentu tidak mungkin di bendung . Serta mirip dengan pembangkiat gas ataupun uap enrgi konvensional jika di lihat dari bagaimana cara memutar rotor pada generator . pasang surut dan banyak lagi jenis-jenis energy “gratis” yang tentunya dapat mengurangi ketergantungan kita akan energy konvensional . energy-energi alam patutnya dapat menjadi solusi yang baik dan dapat memenuhi tujuan energy baru dan terbarukan karna dengan energy.1.energy alternative seperti cahaya. Namun salah satu unit pembangkit energy terbarukan yang tidak memerlukan tempat yang terlalu luas adalah “Ocean Thermal Energi Coversion” atau di singkat OTEC proses kerjanya dapat di bilang mirip dengan pendingin ruangan ataupun kulkas. murah dan tentunya ramah lingkungan mengigat kerusakan alam di Bumi yang terjadi di akibatkan sisa pembakaran bahan bakar fossil ke udara yang menjadi gas rumah kaca dan mengakibatkan pemanasan global Dari tahun ke tahun riset di bidang energy terbarukan ini sangat gencar di lakukan mengingat tuntuan masyarakat dan jumlah bahan bakar fossil yang lama kelamaan akan habis . namun besarnya uang yang di butuhkan dalam pengembangan energy terbarukan sering sekali menjadi penghalang dalam majunya energy “modern” atau energi di mana sebagai mana yang kita tau murahnya sumber harga sumber daya fossil saat ini makin menjauhkan mata masyarakat dari enrgi terbarukan ini karna tentu harganya akan jauh lebih mahal.

R-22 dan R-502. disebut juga Freons): R-11. Jenis-jenis refrigeran yang digunakan dalam sistim kompresi uap Terdapat berbagai jenis refrigeran yang digunakan dalam sistim kompresi uap. Sistem OTEC ( Ocean Thermal Energi Conversion) . R-12. Refrigeran yang umum digunakan adalah yang termasuk kedalam keluarga chlorinated fluorocarbons (CFCs. Sifatsifat bahan-refrigeran tersebut diberikan dalam Tabel dibawah: 3. R-21. Suhu refrigerasi yang dibutuhkan sangat menentukan dalam pemilihan fluida.2.

Inovasi Sistem OTEC dengan pemanasan air menggunakan udara panas outdoor AC (Air Conditioner) Dengan menggunakan sistem yang sama pembangkiat listrik dengan sekala kecil dapat di bangun dengan piranti-piranti yang terpasang pada rumah kita sendiri cara kerjanya dapat di jelaskan diagramnya seperti berikut .Prinsip dasar dari OTEC adalah perbedaan suhu antara suhu lautan dalam dengan suhu di permukaan laut. perbedaan suhu ini akan di lewatkan pada evapurator yang di lewati dengan air dari permukaan laut sehingga zat refrigant akan berubah wujud menjadi gas bertekanan tinggi setelah gas bertekanan tinggi ini di alirkan ke generator dan memutar prime over zat refrigant yang berwujud gas ini akan di dinginkan pada condensator yang di aliri dengan air yang berada di laut bersuhu dingin sehingga berwujud zat cair lagi dan melepaskan kalor demikian perputaran zat refregrant pada sistem tertutup 4.

3. Uap bertekanan tinggi yang melewati evaporator akan di alirkan ke turbin untuk memutar turbin sehingga dapat memutar rotor pada generator dan menghasilkan listrik seperti pada PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap).Penjelasan Diagram : 1. 4. Uap yang telah di gunakan untuk memutar turbin generator akan di alirkan ke condenser untuk di rubah menjadi zat cair kembali (mengalami pelepasan kalor). 6. Motor pendorong fluida akan mendorong ammonia zat cair dengan tekanan rendah menuju evaporator untuk di uapkan 2. Pada Evaporator air yang sudah di panaskan tadi akan mengalir di evaporator dan memanaskan zat ammonia yang memiliki titik didih rendah hingga menjadi uap bertekanan tinggi. Air panas yang telah di gunakan tadi akan di alirkan ke penampungan air panas untuk di gunakan untuk mandi 5. . Air dari sumber akan menuju ke unit outdoor AC (Air Conditioner) untuk di panaskan dengan menggunakan udara pembungan dari AC.

proses ini akan terus berulang . Pada Condensor air dingin akan mengalir masuk melewati pipa zat ammonia yang berwujud gas sehingga zat ammonia akan berubah bentuk menjadi bentuk cair kembali atau mengalami proses pendinginan dan air yang di gunakan akan di alirkan kembali ke sumber air 8. Amonia yang berwujud cair akan kembali ke motor pendorong untuk di alirkan kembali .7.