You are on page 1of 6

KASUS THE WALLACE GRUP

Sinopsis Kasus The Wallace Group
Harold Wallace, pendiri The Wallace Group, menjabat sebagai Ketua Komisaris
dan Direktur Utama Grup Wallace. Awalnya, Harold Wallace menjalankan
perusahaan di bidang elektronik. Namun, dia menetapkan untuk melakukan
diversifikasi produknya, dan melakukan integrasi vertical untuk mengurangi biayabiaya produksi dengan cara mengakuisisi perusahaan supplier untuk materialmaterial tertentu. Perusahaan yang diakuisisi adalah perusahaan plastik dan kimia.
Sekarang ia memiliki 45% kepemilikan saham dari Wallace group, 5% dimiliki
mantan pemilik perusahaan kimianya, dan 50% lagi dimiliki publik. Akhirnya grup
tersebut berdiri sebagai 3 kelompok bisnis yaitu elektronik, plastik, dan kimia yang
secara total menghasilkan penjualan sebesar $70 juta. Mr. Wallace melakukan
pengendalian langsung operasional atas bisnis elektronik. Jumlah dari penjualan
perusahaan plastik dan kimia setara dengan penjualan perusahaan elektronik.
Mulanya setiap kelompok bisnis dijalankan dibawah kendali langsung dari Mr.
Wallace. Namun karena konsepsi Wallace Group, Inc. Mr. Wallace mempekerjakan
Jason Matthews menjabat sebagai VP dari kelompok elektronik, Martin Hemptor
menjabat sebagai VG dari grup plastik, dan Jerome Luskics menjabat sebagai VP
dari grup kimia.
Beberapa tahun yang lalu, Wallace dan Dewan Direksi memulai strategi
diversifikasi ke dalam plastic dan bahan kimia dalam rangka mengurangi
ketergantungan perusahaan pada supliernya.
Baru-baru ini, Hal Wallace, telah menyadari kebutuhan untuk pertumbuhan
yaitu dengan mengisi posisi-posisi khusus seperti keuangan, sekretaris, hukum,
pemasaran, dan hubungan industrial. Sebelumnya fungsi-fungsi ini dilakukan di
dalam masing-masing kelompok bisnis itu. Dan, baru-baru ini posisi itu telah
menyebabkan masalah antar tanggung jawab dan hubungan dalam kelompok dan
posisi perubahan.
Saat ini, semangat dalam The Wallace Group telah memburuk ke titik
dimana beberapa pemegang saham karyawan berupaya untuk memaksa
pengunduran diri Wallace. Sebagai akibat dari krisis ini, Wallace telah
mempekerjakan Frances Rampar, seorang konsultan manajemen, untuk melakukan
survei manajemen ke dalam masalah yang dihadapi The Wallace Group. Tugasnya
adalah untuk mengembangkan serangkaian prioritas pertimbangan terhadap
Wallace Group.

Grup Plastik menguntungkan dan menghasilkan produk yang bagus. dan strategi dalam Wallace Group.Identifikasi Masalah Masalah yang paling penting yang dihadapi Wallace Group. Ada banyak masalah yang terkait dengan Wallace Group. Karena masing-masing kelompok usaha bekerja secara independen. sasaran. sehingga meningkatkan biaya untuk kelompoknya dan membuat mereka kurang kompetitif. tapi yang paling penting kelihatannya adalah inefisiensi dan kurangnya utilisasi manajemen strategis. tetapi juga memerlukan dukungan dari masing-masing grupnya dalam hal kontrak tertentu. Saat ini Mr Wallace telah menemukan dirinya menghadapi fenomena yang dikenal sebagai punctuated equilibrium. Sepertinya Grup Plastik juga terkunci dalam menggunakan Grup Kimia dan dihadapkan pada situasi yang sama. maka Mr Wallace ini harus dapat berkomunikasi dengan setiap tim dan karyawan dalam perusahaan. Mr Wallace sekarang perlu meninjau kembali kebutuhan perusaahaan dalam rangka untuk bergerak maju dalam / sejalan dengan perkembangan dunia Kelompok-kelompok yang beroperasi secara independen satu sama lain. b. Strategi akuisisi telah memindahkan Grup Wallace menjauh dari wilayahnya dan memiliki kompetensi dari elektronika ke dalam bidang-bidang dimana ia tidak memiliki kompetensi khusus. Kelompok Plastik memiliki kemampuan untuk memperluas dan merebut pasar. Hal ini juga berkontribusi terhadap berkurangnya moral di pihak karyawan karena perusahaan tidak memiliki misi yang jelas. maka focus dan arah tidak didefinisikan dengan baik di dalam Wallace Group. Masalah yang dihadapi oleh Wallace Group antara lain: a. Grup Elektronik sangat tergantung pada kontrak-kontrak pemerintah dan saat ini sedang mengerjakan proyek untuk Angkatan Laut dan Angkatan Udara untuk kontrak jangka panjang. Dalam sebuah perusahaan kecil seperti Grup Wallace. Inc. tujuan. Mr Wallace belum mengkomunikasikan dengan jelas misinya. Agar semua karyawan memahami dan bekerja sama dalam misi yang sama. Hal ini . Strategi akuisisi telah mengunci Electronic Group untuk menggunakan Grup Plastik sebagai pemasok utama. hal ini telah mengakibatkan kecenderungan tidak secara efektif memanfaatkan tenaga teknis yang langka. tujuan. dan strategi. mencakup berbagai wilayah dibidang manajemen strategic. Kelompok ini yang terlibat kinerjanya dalam satu tahun terakhir tidak menunjukkan prestasi yang bagus sehingga tidak sesuai dengan harapan grup Wallace dan sangat membutuhkan reformasi. sasaran.

Menurut Wheelem & Hunger. Yang sejauh ini Mr. tetapi dipaksa untuk membeli dari sumber-sumber internal pada harga yang jauh lebih tinggi. Ini dikarenakan Mr. Hal ini dapat jelas terlihat dari awal Harold Wallace menjalankan ketiga bisnis.merupakan efek samping dari strategi Vertikal Growth yang menghasilkan Vertikal Integration. Wallace pernah berkomentar. Analisis ini didasarkan pada pemeriksaan bagan organisasi d. kantor pusat muncul “staff sibuk” untuk sebuh perusahaan kecil. Solusi Masalah 1. . Internal Environment (Lingkungan Internal) a. Wallace tampaknya hanya ingin berusaha mengendalikan seluruh perusahaan. Kelompok ini berfungsi sebagai organisasi “tidak” belajar.Wallace kurang menjelaskan strategi. Perusahaan ini sangat membutuhkan pendekatan yang terorganisasi tentang perencanaan strategis yang melibatkan komitmen Mr Wallace dan keterlibatan karyawan kunci dalam perusahaan. “Organisasi yang belajar adalah kompeten penting daya saing dalam lingkungan yang dinamis”. dalam kasus ini adalah Backward Integration (mengambil alih fungsi supplier) c. Adanya ketidakpuasan antara manajemen dengan karyawan. Grup Wallace berasal dari modus kewirausahaan ke modus adaptif (Manajemen Profesional) dalam hal pengambilan keputusan. bereaksi terhadap permasalahan yang ada saat mereka muncul. rencana jangka panjang. Di samping itu. Mr. Tidak ada rencana yang ditetapkan perusahaan untuk bergerak maju dan kelompok bekerja lebih mandiri daripada yang mereka lakukan sebagai “kelompok” sedemikian rupa sehingga satu grup dapat melakukan pembelian bahan baku yang benar-benar lebih murah dari luar. Wallace Group juga tidak memiliki visi strategis dan berpikiran maju. Grup Wallace bersaing dipasar yang sangat dinamis terhadap grup elektronik mereka dimana tindakan mereka saat ini sangat tidak menguntungkan f. Tapi kita harus berurusan dengan kebutuhan sekarang pada hari ini”. saat peristiwa lebih baru yang belum terselesaikannya penyelesaian sengketa antara perusahaan dan anak perusahaannya e. dan sasaran grup. MIS (Manajemen Information System) yang kompleks telah dibangun oleh kantor pusat untuk mengumpulkan data dari tiga kelompok operasional yang sangat berbeda. “Kita akan mengorganisasikannya besok.

3. Analisa Masalah a. Karena adanya kontrak dengan pemerintah yang dapat diandalkan menyebabkan reputasi tercipta dan potensi peningkatan penjualan karena adanya komitmen yang kuat dengan urusan teknologi terbaru bidang militer. 2. Kinerja yang solid dari grup plastik dan elektronik pada masa lampau menyebabkan track record yang baik dalam mengembangkan dan memanufaktur bidang teknologi militer. Timbulnya kekurangan semangat kerja. dikarenakan pengarahan yang jelas dari manajemen tingkat atas. Tren dari industri otomotif beserta kenaikan volume penjualan dapat mencerminkan tren penjualan masa depan yang baik. Karena bisa berakibat kerugian di sektor lain d. c. tidak adanya Eksternal Environment (Lingkungan Eksternal) a. Perusahaan mampu memasok banyak komponen secara mandiri karena sudah terintegrasi secara vertikal.b. Kurang rancangan organisasi menciptakan masalah tentang kendali dan kurangnya hasil operasional. Enterprenuer Management harus diubah ke Professional Management . b. b. Ketergantungan besar pada kontrak-kontrak pemerintah dapat menetapkan perusahaan dalam kesulitan keuangan. Tanggung jawab pekerjaan tertentu perlu dipertegas di tingkat manajemen c. Strengths a. Penarikan penanam modal atau hutang jangka panjang dapat tercapai dengan mudah karena perusahaan bersifat publik. Kebijakan perusahaan tentang transfer pricing perlu ditangani dalam hal biaya produk dan profit margin (laba operasi). Mendapatkan privilege dari posisi niche market dalam pasar elektronik. jika penjualan diverifikasi tidak dapat ditemukan b.

e. ia harus secara serius mempertimbangkan beberapa perubahan besar dalam rangka realitas baru. Pastikan bahwa semua manajer memahami bahwa ini adalah usaha tim. Mr Wallace perlu berhenti berusaha untuk memimpin perusahaan sendiri b. Kebijakan ini perlu dipertimbangkan dalam hal profitabilitas keseluruhan korporsi dan tidak untuk masing-masing departemen. Mr Wallace harus membiarkan manajemen mengelola. Pada saat yang sama ia harus mengembangkan strategi jangka panjang dan tujuan yang akan membantu pertumbuhan perusahaan d. Restrukturisasi (perubahan struktur organisasi) perusahaan dan mengatur kembali staff manajemen perusahaan 3. 2. Profitabilitas keseluruhan korporasi adalah apa yang penting. Mengembangkan struktur organisasi baru dalam menjelaskan tanggung jawab pekerjaan. Mengubah gaya manjemen. Jika perusahaan sudah berkembang maka Planning Mode harus diterapkan agar segala sesuatu dapat diatasi. Cari dan pilih alternative kontrak untuk tiga kelompok sub bisnisnya sehingga memaksimalkan pertumbuhan dan keuntungan sehingga tidak terpaku kepada lingkungan internal saja . Kesimpulan dan Saran 1. Grup kimia yang tidak menguntungkan perlu manajemen baru atau dianalisis untuk dijual ke orang lain. Rekomendasi untuk Mr Wallace: a. Menjelaskan kebijakan harga transfer. Perlunya merubah Entreprenuerial mode yang hanya berfokus pada peluang dan tidak pada masalah-masalah yang ada dan juga hanya mementingkan keuntungan semata dan organisasi kedua. Sehingga perlu dilakukan pembenahan Rekomendasi di bawah ini jika Mr Wallace benar-benar menginginkan Wallace Group untuk bergerak dan bertumbuh. Perubahan manajemen grup kimia atau menjualnya berdasarkan analisa biaya atau manfaat untuk perusahaan c.

Memanfaatkan jasa perusahaan konsultan untuk menganalisis masing-masing bisnis unit untuk mengidentifikasi kelemahan internal maupun eksternal teurtama grup kimia 5.4. Sumber daya manusia harus merubah upaya mereka untuk menarik dan mempekerjakan tenaga kerja yang diperlukan 7. Memaksimalkan interaksi dalam kelompok untuk memfasilitasi kesatuan dari tiga kelompok individu (manajemen dan beban kerja). karena komunikasi sangat penting dalam terciptanya integrasi perusahaan. Komunikasi dalam organisasi harus dioptimalkan 6. Menerapkan sell-out strategy jika grup kimia dinilai tidak mampu bersaing lagi di industrinya dan juga mengoptimalkan Corporate Parenting di Wallace Group .