Metode pemeliharaan Produk Pada PT EXPRO INDONESIA, Balikpapan

,
Kalimantan Timur
Oleh:
Muhammd Iqbal Ramadhani (113120021); Romadona Yoga P (113120026)
PT. Expro dibentuk tahun 1973 dan memiliki kantor pusat di UK, Aberdeen
dan kantor pusat regional di Aberdeen, Accra (Ghanan), Dubai, Hosuton, Kuala
Lumpur dan Rio de Janeiro. PT. Expro Indonesia termasuk di dalam regional Asia,
terdiri dari tiga kota yakni Jakarta, Balikpapan dan Batam. Kantor pusat berlokasi
di Jakarta sedangkan Balikpapan dan Batam merupakan cabang dari PT. Expro
Indonesia.
Expro Balikpapan menyediakan jasa berupa Well Intervention, Sub-sea,
Sampling, & Well-Testing. Memeliki beberapa klien seperti Chevron, Total dan
ENI sehingga menuntut Expro untuk memberikan pelayanan terbaik mereka agar
mendapat kepercayaan lebih dari perusahaan-perusahaan besar tersebut.
Program maintenance yang baik sangat dibutuhkan agar alat-alat yang mereka
gunakan bisa optimal pada saat digunakan. Bagaimana cara Expro Balikpapan
menangani hal tersebut akan dibahas dalam paper hasil kerja praktek ini.
I. Pendahuluan

cabang dari PT. Expro Indonesia.

PT. Expro dibentuk tahun 1973

Seiring

dengan

perkembangan

dan memiliki kantor pusat di UK,

perusahaan yang cukup pesat, saat ini

Aberdeen dan kantor pusat regional

PT. Expro memiliki 5000 karyawan

di Aberdeen, Accra (Ghanan), Dubai,

yang

Hosuton, Kuala Lumpur dan Rio de
Janeiro.

PT.

Expro

Indonesia

beroperasi

di

50

negara

termasuk

Indonesia.

PT.

Expro

Indonesia

merupakan

perusahaan

termasuk di dalam regional Asia,

yang bergerak di bidang industri

terdiri dari tiga kota yakni Jakarta,

minyak dan gas yang berpedoman

Balikpapan dan Batam. Kantor pusat

pada

berlokasi

perusahaan

di

Jakarta

sedangkan

Balikpapan dan Batam merupakan

ISO

9001,

memfasilitasi

minyak

dalam

mengeksplorasi kandungan minyak

bersama-sama dengan para Line. . Kemudian setelah jangka waktu III. tanki alat-alat cara seperti bergelombang. Sub-sea. 47. agar tetap berproduksi dengan baik. TUJUAN (pengeboran minyak). Jasa perawatan sumur oleh perusahaan cabang balikpapan minyak dan gas bumi dengan sistim ini adalah dan serta penyewaan / rentaling pemeliharaan perusahaan lain. serta perminyakan baik di darat maupun di Sampling yang dilakukan oleh Expro laut Indonesia. Well-Testing. PT [Balikpapan Tujuan utama dari Slickline Branch] memiliki warehouse atau Services adalah untuk mengelola dan gudang penyimpanan yang terletak di merawat sumur minyak dan gas bumi Jl. alat kepada dengan yang sangat peralatan peralatan terlatih Slickline yang dan maupun Wireline merupakan pekerjaan paling sederhana di bidang Oil & Gas Services apabila dibandingkan dengan pekerjaan Drilling. Mulawarman RT. Kegiatan yang dilakukan kompeten. Snubbing. 05 No. Perusahaan Untuk tersebut memfasilitasi perusahaan mempelajari memahami metode dan atau minyak dan gas dengan menyewakan pemeliharaan barang-barang alat-alat Slickline. serta ahli Sampling. Well Intervention (Slickline) Expro Indonesia. Well-Testing. PT [Balikpapan menyewakan dengan klien telah Branch] memiliki sejumlah produk habis maka barang-barang maupun yang alat-alat tersebut di-servis kembali tersebut adalah : ditawarkan. produk-produk untuk kemudian sewakan kepada klien yang membutuhkan. Untuk cabang PT Expro Expro menawarkan berbagai layanan Indonesia di balikpapan terdapat Slickline beberapa divisi utama yaitu Slick inovatif.PRODUK yang disepakati antara pihak yang Expro Indonesia. Manggar. PT [Balikpapan Branch] seperti maupun separator. Sub-sea.yang berada di dasar laut bumi II. A. dan sebagainya (well test).

Drill Stem Test. Expro Balikpapan menyediakan jasa:  Basic completion intervention sampai advanced. Keuntungan:  Permeabilitas efektif  Redundancy philosophy in controls atau formasi untuk kemuadian hasilnya dianalisa secara tepat. fitur dan kemampuan suatu keunggulan sebagai berikut : lapisan Aplikasi: berproduksi. Well-Testing Tujuan utama dari suatu pengujian sumur hydrocarbon. Cementing.Well-Testing. C. EXPRO Indonesia cabang yang telah dikenal luas dengan Balikpapan juga memiliki divisi Sub- sebutan “Well-Testing” adalah untuk sea menentukan dengan aplikasi. Apabila pengujian ini  Sub-sea completions – horizontal atau vertical  Sub-sea completions  Exploration and appraisal systems  Control systems dirancang secara baik dan memadai.  Packer Setting. Fitur: B. maka akan banyak sekali informasi-informasi yang sangat berharga akan didapatkan seperti : .  Perforation. Sub-sea Sub-sea fasilities merupakan peralatan dan infrastruktur bersifat permanen di bawah  Modular design systems to suit tree design  Independent ball valve / sleeve functionality  Rapid response ESD/EQD  Suitability on all rigs from 1st – 6th generation  Optimisation on rig time during handling laut yang bertujuan untuk mendukung proses  Efficient coil cutting capability  Secondary and tertiary functionality  10 second ESD / 15 second EQD capability  API 17G compatibility  Single string assemblies  HP / HT High Debris systems produksi. Teknologi ini digunakan untuk membantu proses produksi minyak dan gas dari bumi yang berada di laut. atau PT.

tunggal lubang non-reaktif. tabung pengambilan sampel disampaikan kedalam bawah lubang. perubahan tekanan transient) akan lubang selama pengujian Fase Apabila perubahan samplers bor berlangsung. Ini dilakukan baik wireline. Ahli PVT bekerja sama Service yang ditawarkan Expro dengan tim pengambilan sampel Balikpapan adalah: untuk memastikan bahwa sampel  Production Well-Testing  Flarestack and pipeline Services D. suhu dan cairan disebarkan korosif yang bersifat ekstream yang keseluruhan reservoir dan ini diamati dihadapi pada sumur dalam yang setiap saat dengan mencatat tekanan bersifat asam. Sampling yang paling optimum lah yang diperoleh. Expro Prinsip sangat dasar pengujian ini yaitu kita sederhana memberikan suatu gangguan keseimbangan tekanan terhadap bertujuan untuk memenuhi kebutuhan Sampling dengan lengkap. penutupan sumur (buildup). Dengan adanya gangguan ini impuls wellhead dan Alat pengambilan sampel dan botol sampel dirancang untuk (pressure mengatasi tekanan. bawah operator tekanan tadi diplot dengan suatu sampel dan pengambilan sampel fungsi waktu. maka akan dianalisa permukaan pola aliran yang terjadi dan juga dirancang untuk memastikan bahwa besaran-besaran sampel dan karakteristik peralatan fluida reservoir tersebut dapat formasi yang telah disebutkan diatas. Untuk mengatasi beberapa tantangan yang dihadapi dalam teknik reservoir dan analisis PVT pada tuntutan industri. sumur yang diuji. diperoleh. Kerusakan atau perbaikan Sampling dilakukan dengan cara formasi disekeliling lubang bor menguji sample fluida yang diambil pada yang diuji  Tekanan reservoir  Bentuk radius pengurasan  Keheterogenan suatu lapisan sumur. dengan memproduksi dengan laju dikembangkan untuk tujuan analisis alir yang konstan (drawdown) atau yang berbeda. .

Kami ikut membantu dalam membongkar. dicuci Kompresor udara digunakan untuk proses akhir agar alat yang dibersihkan kering sempurna. yaitu: level I. Dengan melihat blueprint alat tersebut suku cadang yang rusak akan diganti. yang akan di- maintenance diambil dari lapangan masuk dan diletakkan dihalaman Expro untuk dilakukan pendataan. Pembongkaran dan penyusunan alat memakan waktu cukup lama terutama peralatan yang besar. Didalam wash bay akan ada pembagian alat yang dicuci. Setelah dimasukkan itu kedalam akan workshop untuk memulai peroses pengecekan dengan cara membongkar dan mengecek setiap bagian apakah ada yang rusak dan perlu diganti. Alat yang sudah bersih akan disusun kembali dan spare part yang rusak diganti pada saat penyusunan. Pembahasan beda Maintenance peralatan pada Expro Balikpapan dibagi menjadi 3 level. Peralatan yang sudah dibongkar dan tidak ada kerusakan akan masuk kedalam wash bay atau tempat pencucian sedangkan yang rusak akan langsung dibuang. level II akan masuk workshop setiap 3 tahun sekali dan level III akan masuk workshop setiap 5 tahun sekali. memasang. Alat-alat yang kami bersihkan dan perbaiki meliputi Sub-sea Xmast tree. alatnya kami membersihkan. sehingga dibutuhkan bagi tugas dalam pembongkaran dan perakitan. Untuk level I peralatan yang dimaintenance akan masuk workshop setahun sekali. untuk yang berbahan Peralatan akan pada Tube Sampling dan Hydrolic Pump Unit (HPU). memasang dan menguji alat-alat. Dengan logam dan body dari alat akan menggunakan khusus. menguji dan mencuci peralatan yang sedang dalam peroses maintenance. setiap membongkar. level II dan level III. sabun sedangkan berbahan untuk yang berbahan karet atau yang berfungsi untuk sealing menggunakan akan solar. Maintenance belum berakhir setelah penyusunan karena alat harus diuji .dibantu pembimbing yang berbedaIV.

Penaikan tekanan dilakukan tersebut. kami melakukan Pengujian tekanan dilakukan maintenance pada pembongkaran alat tersebut.apakah sudah normal seperti fungsinya sediakala. Fluida yang digunakan pengaman) yang harus diganti karena untuk melakukan pengujian tekanan sudah tidak memenuhi syarat pakai adalah air yang dipompa dengan dan agar lebih aman. Pemberian tag label emergency valve sehingga terjadi bahwa alat telah siap untuk dibawa kebocoran. pengujian hanya tekanan Setelah alat lulus pengujian akan ternyata ada yang tidak beres. . Mulai dari tekanan dibongkar rendah tekanan pengecekan pada bagian alat-alat tinggi. peralatan Sub-sea. pada waktu itu sedang ada pekerjaan yang harus diselesaikan dalam waktu Pengujian dilakuakan pada test 2 minggu dan diminta untuk area yang berupa bunker. boleh memasuki area bunker karena Peralatan potensi bahaya yang sangat besar kedalam workshop termasuk dalam jika ada kegagalan alat. dan dapat diindentifikasi secara bertahan dalam jangka waktu pada peralatan tersebut tidak ada yang telah ditentukan sesuai dengan kerusakan SOP untuk pengujian tekanan pada beberapa bagian dari seal (karet setiap alat. Pada kami sama saat melakukan sekali. kelapangan diberikan setelah cat kering. Terjadi masuk kedalam painting area untuk kegagalan fungsi dari penutupan dicat ulang. Pengujian kategori level III berupa Sub-sea X- yang mast Tree. Selama membantu. Alat dibongkar kembali kembali untuk mencari masalah yang terjadi. dilakukan biasanya adalah pengujian tekanan hingga puluhan Sub-sea yang datang Pada saat kami mencoba untuk ribu psi. setelah sebanyak 3 kali. Kami menghabiskan Ternyata ada bagian yang terbalik banyak waktu pada bagian Sub-sea karena dipasang sehingga sealing tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Tapi sebelumnya kami proses pengetesan tidak ada yang sempat masuk kebagian Sampling. Pemantauan alat hanya bisa melakukan dilakukan lewat CCTV. sampai dengan dengan bantuan HPU.

pencucian. apa saja perlu yang diganti. Dengan asumsi check valve yang rusak dan tidak bisa melakukan tugasnya mengganti dengan spare baik. Maintenance peralatan pada Expro Balikpapan dibagi menjadi 3 level. terakhir . PT Expro Indonesia di Balikpapan memiliki beberapa divisi utama yaitu Slick Line. yaitu: level I. 2. sehingga dibongkar lagi V. pengujian. pemindahan menuju area pada check valve ada yang workshop. part kami tersebut dengan yang baru. level II dan level III. Sub-sea. masalah yang terjadi adalah tekanan hasil Selebihnya pembimbing kami yang mengambil alih. Terjadi kebocoran pada badan pompa. Setelah dicuci dan dilakukan pengujian. dan pemberian label. Urutan maintenance dari untuk melihat masalah lain yang peralatan terjadi. Kesimpulan 1. pemompaan tidak bisa naik. rusak karena peroses pembongkaran pengecekan yang tidak sesuai SOP oleh petugas rusak terdahulu. Ternyata bagian dari sealing pendataan. atau pengecatan dimulai dengan pembongkaran.Sedangkan pada HPU. HPU menjadi lebih baik dari sebelumnya tetapi masih belum seperti yang diharapkan. serta Sampling. 3. Well-Testing. Pada bagian Sampling kami hanya membantu saat pemasangan tube dan pada saat pengujian.

Expro Balikpapan Gambar 3. Workshop Tampak Dalam Gambar 4.LAMPIRAN Gambar 1. Kantor & Workshop PT. Antrian Alat untuk Dicek . Halaman Workshop Tempat Penerimaan Peralatan Gambar 2.

Pengecekan Kualitas Fluida Kerja HPU Gambar 6.Gambar 5. Blue Print Subsea .

Peroses Pembongkaran Peralatan Subsea .Gambar 7. Peralatan Subsea yang Akan Dibongkar Gambar 8.

Gambar 9. Peroses Pemasangan Peralatan Subsea .

Peroses Pengujian Tekanan Gambar 12. Peroses Pengujian Tekanan .Gambar 11. Peralatan yang Siap untuk Dikirm Kelapangan Gambar 10.

Foto Bersama Manager PT.Gambar 13.Expro Balikpapan .