LEMBAGA PENDIDIKAN MA’ARIF NU CABANG KABUPATEN BANYUMAS

AKTE NOTARIS JOENOES E. MAOGIMON SH. NO. 103/1986

SMK MA’ARIF NU 1 AJIBARANG

Jl. Raya Ajibarang Km 1 , Ajibarang, Banyumas, 53163, Jawa Tengah, Indonesia
Telp./Faks. (0281) 571284 E-Mail : SMKManusa_Ajibarang@yahoo.co.id Website
http://www.smkmanusa-ajb.com

ULANGAN TENGAH SEMESTER (UTS) GANJIL
JURUSAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Kompetensi
: Sistem Operasi Jaringan
2016
Kelas/Prog. Keahlian : XII (Duabelas) / TKJ
… s/d ….…..

Hari/Tanggal

: …..… / …..

Waktu

: …...

Jawaban Pertanyaan dibawah ini dengan benar !

1. Jelaskan yang dimaksud dengan sharing resource!
2. Sebukan hal-hal yang harus diperhatikan dalam melakukan sharing
resource!
3. Apa tujuan dari sharing resource?
4. Jelaskan langkah konfigurasi sharing file dalam jaringan!
5. Sebutkan resource (sumber daya) yang biasa di sharing dalam jaringan!
6. Jelaskan yang dimaksud dengan keamanan jaringan!
7. Sebukan dua elemen utama pembentuk keamanan sistem operasi
jaringan!
8. Jelaskan gangguan yang sering terjadi pada keamanan system operasi
jaringan!
9. Jelaskan jenis keamanan jaringan berdasarkan kondisi fisik jaringan!
10. Sebutkan macam-macam algoritma keamanan pada system operasi
jaringan!

Protokol sharing file dan printer sudah terinstall c./Faks. Raya Ajibarang Km 1 . Hal-hal yang harus diperhatikan dalam melakukan sharing resource a. 4. peralatan atau peripheral lainnya dapat di manfaatkan oleh setiap orang yang ada pada jaringan tanpa terpengaruh oleh lokasi maupun pengaruh dari pemakai. Jawa Tengah.============== Selamat ================= mengerjakan semoga sukses LEMBAGA PENDIDIKAN MA’ARIF NU CABANG KABUPATEN BANYUMAS AKTE NOTARIS JOENOES E. Banyumas. Jaringan sudah tekoneksi dengan baik b.com ULANGAN TENGAH SEMESTER (UTS) GANJIL JURUSAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017 KUNCI JAWABAN 1. Ajibarang. (0281) 571284 E-Mail : SMKManusa_Ajibarang@yahoo. Indonesia Telp. 2. 53163.co.id Website http://www.smkmanusa-ajb. Setting Sharing dengan dengan benar. 3. Langkah konfigurasi jaringan . MAOGIMON SH. Sharing resource adalah adalah suatu fasilitas yang digunakan untuk membagi suatu file. Sharing resource bertujuan agar seluruh program . NO. perangkat dan koneksi internet untuk digunakan secara bersama-sama dengan tujuan untuk menghemat biaya dan perangkat. 103/1986 SMK MA’ARIF NU 1 AJIBARANG Jl.

Menguji hasil resource dalam jaringan Untuk mengakses data yang di sharing.168. scanner). pada komputer yang ingin mengakses lakukan langkah. Ada dua elemen utama pembentuk keamanan jaringan : .2. Sumber / Resource adalah segala hal yang dapat digunakan bersama dalam jaringan komputer yaitu meliputi hardware (contoh : disk. Atau anda juga bisa browse data melalui My Network Places.lalu OK - Pilih dan tandai check atau centang pada share this folder on the network…. 7.langkah di bawah ini: a. atau bisa dengan CTRL + R b. 6. juga software (berkas. obyek data). Ketikan \alamat IP yang dituju contoh: \192. Keamanan jaringan adalah suatu cara atau suatu system yang digunakan untuk memberikan proteksi atau perlindungan pada suatu jaringan agar terhindar dari berbagai ancaman luar yang mampu merusak jaringan.untuk share name digunakan untuk memberi nama share yang akan muncul pada network. Klik START kemudian Run.101 c. Membuat FOLDER SHARING dengan langkah sebagai berikut - Pilih Drive/Folder/printer yang akan disharing - Klik kanan pada folder yang dipilih - Pilih sharing and security - Pilih pada if you understand Click here --->Ini Muncul apabila komputer belum pernah di setting untuk sharing. basis data. printer. Tekan enter d.. - Pilih just enable file sharing -.Berikut ini adalah langkah konfigurasi sharing data pada jaringan: 1. - Pilih Apply - Pilih OK 2. 5.

untuk menjaga agar sistem tidak bisa ditembus dari luar. peripheral.  Rencana pengamanan. yang akan diimplementasikan bersama dengan user lainnya. dan media yang digunakan. Jenis keamanan berdasarkan kondisi fisik Suatu kemanan yang meliputi seluruh sistem beserta peralatan. 9. d. Modification Suatu pihak yang tidak berwenang dapat melakukan perubahan terhadap suatu aset. baik secara fisik maupun maya. Macam-macam algoritma system keamanan system operasi jaringan  Algoritma genetika  Algoritma greedy . Biasanya seorang penyerang akan melakukan segala macam cara untuk masuk pada sistem tersebut. atau sistem yang lain. c. 10. yang ditaruh diantara piranti dan layanan jaringan yang digunakan dan orang-orang yang akan berbuat jahat. Fabrication Suatu pihak yang tidak berwenang menyisipkan objek palsu ke dalam sistem. 8. b. Interception Suatu pihak yang tidak berwenang mendapatkan akses pada suatu aset. program. Interruption Suatu aset dari suatu sistem diserang sehingga menjadi tidak tersedia atau tidak dapat dipakai oleh yang berwenang. Pihak yang dimaksud bisa berupa orang. Serangan (gangguan) terhadap keamanan dapat dikategorikan dalam empat kategori utama : a. Tembok pengamanan.

 Algoritma Dijkstra  Algoritma Kriptografi  Algoritma Random .

Jumlah soal 10 item) Bobot penilaian : 100 / 10 soal = 10 Bobot penilaian 1 soal = 10 .PEDOMAN PEMBERIAN SKOR DAN NILAI Essay (bobot 100%.