PROPOSAL

BANTUAN PERMODALANTERNAK DOMBA

KELOMPOK TANI

“GEMBALA RUKUN”
DUSUN KARANGPAWITAN DESA BOJONG
KECAMATAN LANGKAPLANCAR KABUPATEN CIAMIS
2011
Alamat : Dusun Karangpawitan RT 07/RW 01 Desa Bojong Langkaplancar 46391

KELOMPOK TANI TERNAK DOMBA
“MEKAR SARI”
DESA BOJONG KECAMATAN LANGKAPLANCAR
Alamat: Dusun Karangpawitan RT 07/RW 01 Desa Bojong Kec.Langkaplancar 46391

Bojong, 24 Oktober 2011
Kepada :
Nomor
Lampiran
Perihal

: 01/Klp-MS
: 1 (satu) bundel proposal
: Permohonan Bantuan Dana
Pembibitan Ternak Domba

Yth.

Bapak Gubernur Jawa Barat
di
Ciamis

Dipermaklumkan dengan hormat, sehubungan kondisi permodalan di Kelompok
tani ternak domba Ternak “MEKAR SARI ” Desa Bojong Kecamatan Langkaplancar
Kabupaten Ciamis sampai sa’at ini kurang oftimal sedangkan aktifitas kelompok berjalan
sesuai dengan program peternakan saat ini.
Sehubungan hal tersebut diatas Kelompok tani ternak domba Ternak “MEKAR
SARI ” merencanakan pengembangan dan meningkatkan usahanya dibidang jual beli
ternak domba, pula perlu kami sampaikan bahwa perputaran modal saat ini adalah
kurang begitu cukup dalam usaha budidaya pembibitan ternak domba.
Maka Kelompok tani ternak domba Ternak “MEKAR SARI” Desa Bojong
memohon tambahan Modal Usaha sebesar Rp. 90.000.000,- (Sembilan Puluh juta
rupiah), serta mudah-mudahan dengan tambahan modal diatas kami dapat mencukupi
kebutuhan sarana pembibitan ternak domba di kelompok.
Sebagai bahan pertimbangan bersama ini kami kami lampirkan RAB (Rencana
Anggaran Biaya).
Demikian permohonan ini kami sampaikan dengan hormat untuk dapat
dijadikan sebagai bahan pertimbangan, atas perhatian serta terkabulkannya permohonan
ini kami ucapkan terima kasih.
Ketua

Sekretrais

KALMAD

MAHRIDIN
Mengetahui :
Kepala Desa Bojong

E. ZAENUDIN

. Kelompok Ternak “MEKAR SARI ” dibentuk berdasarkan domisili sehingga lahan usaha tani yang dimiliki oleh anggota kelompok tidak semuanya terakumulasi di dalam kelompok inti. ada yang berada di luar hamparan kelompok inti. temperatur rata-rata Desa Bojong berkisar antara 27 º C sampai dengan 35 º C. sedangkan permintaan dari luar Desa cukup banyak tetapi tidak terpenuhi karena faktor modal yang sangat terbatas. Pada dasarnya kelompok kami bergerak dalam usaha ternak memenuhi permintaan bibit ternak hanya mampu melayani permintaan dari dalam Desa Bojong saja. . dengan curah hujan rata-rata sebasar 1. 15.843. maka kelompok tani ternak domba Ternak “MEKAR SARI ” beritikad memohon bantuan tambahan modal untuk meningkatkan pelayanan terhadap permintaan dari petani ternak lainnya guna mendukung program peternakan dan meningkatkan ekonomi dan daya beli.000. Sampai saat ini modal yang dikembangkan di kelompok Ternak “MEKAR SARI ” Rp.KELOMPOK TANI TERNAK DOMBA “MEKAR SARI ” DUSUN KARANGPAWITAN DESA BOJONG KECAMATAN LANGKAPLANCAR KABUPATEN CIAMIS LATAR BELAKANG Kelompok tani ternak domba Ternak “MEKAR SARI” secara administratif terletak di wilayah Desa Bojong yang berada pada ketinggian 420 m dari permukaan air laut. Luas lahan usaha tani yang diusahakan oleh kelompok tani ternak domba Ternak “MEKAR SARI ” seluas 900 m2 yang terdiri dari sebagian kawasan yang berada diluar kawasan inti.700 mm. Berdasarkan pertimbangan diatas.(Lima belas juta delapan ratus empat puluh tiga rupiah) yang dikelola oleh anggota sebanyak 10 orang anggota.

SUSUNAN PENGURUS KELOMPOK TANI TERNAK DOMBA . karena tingkat konsumsi semakin hari semakin besar. Maka untuk menjawab tantangan dan peluang usaha tersebut kiranya usaha ternak pembibitan domba dan pengembangan ternak domba cukup memberikan angin segar untuk dikembangkan secara lebih serius. Untuk memenuhi kebutuhan pasar lokalpun rupanya masih belum maksimal. SASARAN Dalam kegiatan ini yang menjadi sasaran ialah anggota gelompok tani ternak domba yang berjumlah 10 anggota dan apabila program ini dapat berjalan dengan baik maka pengembangan kelompok baru di sekitar Desa Bojong dapat terwujud dan tercukupinya program swasembada daging di Jawa Barat sesuai visi dan misi Dinas Peteranakan Jawa Barat. belum lagi permintaan dari wilayah luar Ciamis. JANGKA WAKTU DAN TARGET KINERJA Pada prinsipnya kelompok kami yang bergerak dalam bidang usaha pengembangan pembibitan ternak domba mepunyai target kinerja dan jangka waktu yang relative singkat sesuai dengan siklus produksi pada ternak domba selama 6 (enam) bulan. misalnya Tasikmalaya. Perlu diketahui pula target kinerja dan jangka waktu tersebut diatas bias ditempuh apabila program tersebut mengacu dan menerapkan program IB (Inseminasi Buatan) atau Kawini Suntik pada ternak domba di saat birahi.MAKSUD DAN TUJUAN Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa kebutuhan masyarakat akan ternak tidak akan pernah selesai karena hanya sebagian masyarakat saja yang secara mandiri mengembangkan ternaknya dalam skala besar. Bandung dan wilayah sekitarnya.

7. 4. 5. KOSIM KOSIM 7. HADMAN HADMAN Bojong. 6. AMUNG AMUNG 6. WAWAN WAWAN 4. 24 Oktober 2011 Ketua Sekretaris KALMAD MAHRIDIN . 3. POPON POPON 5.“MEKAR SARI ” DESA BOJONG KECAMATAN LANGKAPLANCAR KABUPATEN CIAMIS KETUA KETUA :: KALMAD KALMAD SEKERTARIS SEKERTARIS MAHRIDIN MAHRIDIN BENDAHARA BENDAHARA UJANG UJANG RUSYADI RUSYADI ANGGOTA ANGGOTA SAHONO SAHONO SURYANA SURYANA 3.

Sebagian dari proses penyadaran yang dimaksud kiranya akan sangat tepat apabila keterlibatan masyarakat khsusnya generasi muda dalam segala bidang misalnya dalam peningkatan mutu hidup secara ekonomis dengan pola pemberdayaan yang bersifat partisipatif secara langsung. mereka belum sampai berfikir untuk penghasilan secara murni dari usaha itu dengan kata lain usaha ternak domba itu dijadikan lading usaha yang menghasilkan uang. Dalam analisis kehidupan sosial masyarakat saat ini cenderung masyarakat menginginkan segala sesuatu itu dengan cara yang instant. walaupun kita menyadari dipedesaan hampir 50 % masyarakat mempunyai lahan ternak domba.PERMASALAHAN YANG DIHADAPI Perkembangan pola hidup masyarakat semakin meningkat seiring dengan tuntutan moderenisasi dan arus industri ekonomi. Pola hidup masyarakat itu harus kita imbangi dengan pola-pola peningkatan ekonomi yang cukup. maka dari itu kami generasi muda sebagai bagian masyarakat turut ambil bagian dalam proses penyadaran itu dengan membentuk kelompok atau generasi dari. akan tetapi itu hanya bagi kepentingan keluarga saja. oleh dan untuk masyarakat dalam pengembangan potensi peternakan di wilayah kabupaten ciamis. Berdasarkan pengamatan kami dilapangan termasuk dipasar secara umum. . kebutuhan akan protein dari ternak tidak akan pernah habis.

semoga menjadi bahan pertimbangan Bapak untuk dapat merealisasikan permohonan bantuan ini.PENUTUP Demikian Proposal ini kami buat. ZAENUDIN . Ketua Sekretaris KALMAD MAHRIDIN Mengetahui/Menyetujui : Kepala Desa Bojong E. Kami sangat mengharapkan bantuan tanbahan Modal usaha untuk kelompok tani ternak domba Ternak Domba khususnya kelompok tani ternak domba MEKAR SARI . karena dengan adanya usaha tersebut dapat menunjang perekonomian masyarakat Desa Bojong Kecamatan Langkaplancar Kabupaten Ciamis menjadi lebih meningkat. Akhirnya dengan segala kerendahan hati mohon kiranya Bapak dapat mengabulkan permohonan ini.

000.000.000.000.250. Induk Domba Garut siap IB 2.000.000.6. Upah Kerja 7.000.250.000.200.000. terdapat penghasilan Rp.000.15.100. Jumlah Rencana Kebutuhan/Modal Rp.5. 800.-/ekor anak domba garut umur 6 bulan.000.- Diasumsikan apabila pemeliharaan selama 1 (satu) tahun dari 50 ekor Induk domba garut dapat melahirkan 1 ekor anak.000.000.000.5.000. Dedak 8.000.16.000. Vitamin 5.620.3..000. Obat-obatan 4.100.000.3. Biaya Inseminasi Buatan (IB) 3.dengan tidak mengurangi modal awal Maka kenutungan yang didapat dari ternak domba periode pembibitan 1 (satu) periode sebesar Rp.000. Ember 9.- PERHITUNGAN MODAL DAN KEUNTUNGAN 1.000.160.000. Jumlah Pendapatan Rp. 16.750. 16.000.5.40.000. Biaya Cadangan JUMLAH PERKIRAAN PENDAPATAN o SATUAN VOL HARGA (Rp) JUMLAH (Rp) Ekor Paket Paket Paket M3 Hok Kg Buah Paket 50 20 5 5 10 50 500 50 1 1.2.250.000.000.000.000.000.000.2.- 60.000. maka akan terdapat 50 ekor anak domba garut. Pemeliharaan Kandang/Kayu 6..000. 16.(Enam belas juta rupiah) .000.RENCANA ANGGARAN BIAYA ANALISA USAHA PENGEMBANGAN DAN PEMBIBITAN TERNAK DOMBA NO URAIAN A RENCANA KEBUTUHAN/MODAL B 1.000. 90.000. o Diasumsikan harga pasar pada tingkat stabil ada pada harga Rp.000.

000. Nama Kelompok : MEKAR SARI Alamat Kelompok : Dusun Karangpawitan RT 01/ RW 02 Desa Bojong Kecamatan Langkaplancar Kabupaten Ciamis.PROPOSAL Nama Kegiatan : Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat melalui Budidaya Pembibitan Ternak Domba Garut.- Ketua Sekretaris KALMAD MAHRIDIN Mengetahui/Menyetujui : Kepala Desa Bojong E. 90.000. ZAENUDIN . Nama Ketua Kelompok : KALMAD Sumber Dana : Bantuan Pemerintah Jumlah Dana yang diajukan: Rp.

2008 Alamat : Dusun Karangpawitan RT 07 / RW 01 Desa Bojong Kecamatan Langkaplancar Kab. menerangkan dengan sebenarnya bahwa : Nama : KELOMPOK TANI TERNAK DOMBA “MEKAR SARI ” Tgl Berdiri : 26 .Ciamis. ZAENUDIN . Kelompok tani ternak domba MEKAR SARI berdomisili di alamat tersebut diatas yang tersebut adalah betul-betul hingga saat ini berjalan dan Kepengurusannya Aktif.PEMERINTAH KABUPATEN CIAMIS KECAMATAN LANGKAPLANCAR KEPALA DESA BOJONG Jalan Raya Bojong No. Kepala Desa Bojong Kecamatan Langkaplancar Kabupaten Ciamis. 085302840074 Kode Pos 46391 SURAT KETERANGAN DOMISILI KELOMPOK Nomor : 250/76/DS Yang bertanda tangan dibawah ini. 24 Oktober 2011 Kepala Desa Bojong E.01 Tlp. Bojong. Demikian surat keterangan ini dibuat dengan sebenarnya untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.02 .

01-04-1963 Jenis Kelamis : Laki – laki Pekerjaan : Tani Alamat : Dusun Karangpawitan RT 07 RW 01 Desa Bojong Kecamatan Langkaplancar Kabupaten Ciamis Orang tersebut diatas betul-betul adalah warga Desa kami Nama. tempat dan tanggal lahir serta alamat adalah sama sesuai dengan KTP dan KK yang dimiliki.PEMERINTAH KABUPATEN CIAMIS KECAMATAN LANGKAPLANCAR KEPALA DESA BOJONG Jalan Raya Bojong No. Bojong. ZAENUDIN . Demikian surat keterangan ini dibuat dengan sebenarnya untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya. menerangkan dengan sebenarnya bahwa : Nama : KALMAD Tempat/Tgl Lahir : Ciamis.01 Tlp. 085302840074 Kode Pos 46391 SURAT KETERANGAN DOMISILI Nomor : 250/76/DS Yang bertanda tangan dibawah ini. Kepala Desa Bojong Kecamatan Langkaplancar Kabupaten Ciamis. 24 Oktober 2011 Kepala Desa Bojong E.

PROPOSAL PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MELALUI USAHA PEMBIBITAN TERNAK DOMBA KELOMPOK TANI TERNAK DOMBA “MEKAR SARI ” DUSUN KARANGPAWITAN DESA BOJONG KECAMATAN LANGKAPLANCAR KABUPATEN CIAMIS 2011 Alamat : Dusun Karangpawitan RT 07/RW 01 Desa Bojong Langkaplancar 46391 .

2. Nomor 01/01/Kel/2011 tanggal 26 September 2008 perihal permohonan pAMUNGrian Kelompok tani ternak domba Ternak ‘’MEKAR SARI ’’ tersebut diatas. . tentang Pedoman Umum Penyebaran dan Pengembangan Ternak.25/SK-KT/14/2008 TENTANG PERSETUJUAN PAMUNGRIAN KELOMPOK TANI TERNAK DOMBA ‘’MEKAR SARI ’’ DUSUN KARANGPAWITAN DESA BOJONG KECAMATAN LANGKAPLANCAR KABUPATEN CIAMIS KEPALA DESA BOJONG KECAMATAN LANGKAPLANCAR KABUPATEN CIAMIS Membaca : Surat Ketua Kelompok tani ternak domba ‘’MEKAR SARI ’’ Dusun Karangpawitan Desa Bojong.PEMERINTAH KABUPATEN CIAMIS KECAMATAN LANGKAPLANCAR KEPALA DESA BOJONG Jalan Raya Bojong No. tentang Pengukuhan Kewenangan Daerah. Keputusan Menteri Pertanian Nomor 417/Kpts/OT. b. Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1967. dipandang perlu untuk memberikan persetujuan terhadap Kelompok tani ternak domba Ternak Domba di wilayah Dusun Karangpawitan. : 1.01 Tlp. Peraturan Daerah Kabupaten Ciamis Nomor 14 Tahun 2002.210/7/2001. 4. MEMUTUSKAN Menetapkan : Pertama : Memberikan persetujuan atas pAMUNGrian Kelompok tani ternak domba Ternak Domba ‘’MEKAR SARI ’’ yang tercantum dalam lampiran surat keputusan ini. Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2004. a. 085302840074 Kode Pos 46391 SURAT KEPUTUSAN KEPALA DESA BOJONG KECAMATAN LANGKAPLANCAR KABUPATEN CIAMIS NOMOR : 141. tentang Ketentuan-ketentuan Pokok Peternakan dan Kesehatan Hewan. dalam rangka pengembangan kawasan peternakan secara terencana di seluruh wilayah kabupaten Ciamis. Bahwa Pengembangan ternak adalah salah satu upaya yang dilakukan baik oleh Pemerintah. tentang Perimbangan Keuangan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. 3. Mengingat Bahwa dalam rangka pengembangan ternak di masyarakat.

untuk dipergunakan sebagaimana mestinya. ZAENUDIN Tembusan : 1. DITETAPKAN DI : BOJONG PADA TANGGAL : 27 SEPTEMBER 2008 KEPALA DESA BOJONG E. Kepala BP3K Kecamatan Langkaplancar . Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Ciamis 2. maka keputusan ini akan ditinjau kembali sebagaimana mestinya. Keempat : Surat Keputusan ini diberikan kepada Kelompok tani ternak domba Ternak Domba ‘’MEKAR SARI ’’.Kedua : Apabila penyelenggaraan dan aktifitas kelompok tidak sesuai dengan persyaratan yang ditentukan dan tidak mematuhi ketentuan UndangUndang dan peraturan yang berkaitan dengannya. Ketiga : Segala sesuatu akan diubah dan ditinjau kembali sebagaimana mestinya jika ternyata dikemudian hari terdapat kekeliruan dalam penetapan ini. Yth. Yth.

SUSUNAN PENGURUS KELOMPOK TANI TERNAK DOMBA “MEKAR SARI ” DESA BOJONG KECAMATAN LANGKAPLANCAR KABUPATEN CIAMIS KETUA : KALMAD SEKRETARIS : MAHRIDIN BENDAHARA : UJANG RUSYADI ANGGOTA : SAHONO SURYANA WAWAN POPON AMUNG KOSIM HADMAN Bendahara Sekretaris UJANG RUSYADI MAHRIDIN Ketua. KALMAD .

DAFTAR NAMA KELOMPOK PENERIMA HIBAH KELOMPOK TANI TERNAK DOMBA “MEKAR SARI” NO NAMA JABATAN ALAMAT TANDA TANGAN Ketua Dsn Karangpawitan RT 07/01 1 KALMAD 2 MAHRIDIN Sekretaris Dsn Karangpawitan RT 07/01 3 UJANG RUSYADI Bendahara Dsn Karangpawitan RT 07/01 4 SAHONO Anggota Dsn Karangpawitan RT 07/01 5 SURYANA Anggota Dsn Karangpawitan RT 07/01 6 WAWAN Anggota Dsn Karangpawitan RT 07/01 7 POPON Anggota Dsn Karangpawitan RT 07/01 8 AMUNG Anggota Dsn Karangpawitan RT 07/01 9 KOSIM Anggota Dsn Karangpawitan RT 07/01 10 HADMAN Anggota Dsn Karangpawitan RT 07/01 1 2 3 4 5 6 7 8 9 Ketua Sekretaris KALMAD MAHRIDIN Mengetahui Kepala Desa Bojong E. ZAENUDIN 10 .

sehat jasmani dan rohani tanpa ada unsur penekanan dari pihak lain. Demikian pernyataan saya ini dibuat dengan sebenarnya dalam keadaan sadar.SURAT PERNYATAAN BELUM PERNAH MENERIMA BANTUAN Yang bertanda tangan dibawah ini : Nama : KALMAD Jabatan : Ketua Kelompok tani ternak domba MEKAR SARI Alamat : Dusun Karangpawitan RT 07/RW 01 Desa Bojong Kecamatan Langkaplancar Kabupaten Ciamis. dan apabila pernyataan ini palsu saya bersedia untuk diproses sesuai dengan hukum yang berlaku. Bojong. Menyatakan dengan sesungguhnya bahwa Ketua Kelompok tani ternak domba MEKAR SARI sampai saat ini belum pernah menerima bantuan yang sumber dananya dari pemerintah. 24 Oktober 2011 Yang membuat pernyataan Ketua. KALMAD SUMBER DANA .

(Sepuluh Juta Rupiah) Sebagaimana terurai dibawah ini : NO 1 2 3 4 5 6 7 8 9 URAIAN Induk Domba Garut siap IB Biaya Inseminasi Buatan (IB) Obat-obatan Vitamin Pemeliharaan Kandang/Kayu Upah Kerja Dedak Ember Biaya Cadangan JUMLAH PEMERINTAH (Rp) 60.000.- 10.000.000.000.750.250.Sumber pembiayaan pelaksanaan pengembangan pembibitan ternak domba terdiri atas :  Pemerintah : Rp.000.2.000.- SWADAYA (Rp) 90.000.000.000.000.3.000.5.000.000.5.000.5.000.(Sembilan puluh juta rupiah)  Swadaya kelompok : Rp.000.000..5. - DAFTAR SARANA DAN PRASARANA KELOMPOK TANI TERNAK DOMBA “MEKAR SARI ” DUSUN KARANGPAWITAN DESA BOJONG KECAMATAN LANGKAPLANCAR .000.000.000.- JUMLAH (Rp) 60.3.000.2.100.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.3.000.5.000.000.000.- 1.15.000. 90.3.750.5.250.000.000.000.000. 10.000.000..16.

NO URAIAN JUMLAH SATUAN KONDISI 1 Kandang 10 lokal Sedang 2 Bibit domba produktif 10 ekor Baik 3 Ember 10 buah Sedang 4 Tambang 48 meter Sedang 5 Gunting 1 buah Sedang 6 Sabit 6 buah Sedang 7 Karung 10 buah Sedang 8 Cangkul 3 buah Sedang Ketua Sekretaris KALMAD MAHRIDIN .

LOKASI KELOM POK TANI TERNA K DOMBA MEKAR SARI .

POTO LOKASI USAHA KELOMPOK TANI TERNAK DOMBA “MEKAR SARI” .