You are on page 1of 4

Cara Meningkatkan Komunikasi

Ada begitu banyak pengetahuan tentang percakapan yang ada, bahkan aku, pernah bisa
mewujudkan. Walaupun anda bisa pergi menonton talk show, program radio, klub publik yang
didedikasikan untuk berbicara; percakapan biasa; peraturan tertentu masih berlaku ketika
berinteraksi melalui kata-kata. Suara mungkin membosankan, aku tahu itu, tetapi walaupun dari
mulut Anda yang melakukan pekerjaan, otak anda bekerja keras untuk dua kali lipat dari yang
telah Anda ketahui. Jadi ada cara yang lebih baik untuk memulai belajar berkomunikasi yang
efektif adalah mengetahuinya dari orang terdekat kamu sendiri.
Berikut 10 cara untuk meningkatkannya:
1. Apa yang anda ketahui.
Pendidikan hanya mempelajari dasar-dasarnya, tetapi menjadi pembicara yang efektif adalah
dengan praktek apa yang telah Anda pelajari. Tugas aku sebagai tamu di setiap pemimpin rapat,
aku diajarkan bahwa kita semua memiliki keterbatasan, tetapi tidak berarti kami tidak dapat
belajar untuk menjaga dan berbagi apa yang kita tahu.
2. Mendengarkan.
Ini hanya sama pentingnya dengan bertanya. Kadang-kadang mendengarkan suara kita sendiri
dapat mengajar kita untuk menjadi sedikit yakin dengan diri kita sendiri dan mengatakan hal-hal
yang kami percaya dengan keyakinan.
3. Kerendahan hati.
Kita semua membuat kesalahan, dan kadang-kadang kita cenderung meremehkan kata-kata kita,
gagap, dan mungkin salah mengucapkan kata-kata tertentu walaupun kita tahu apa artinya, tetapi
jarang menggunakannya hanya untuk kesan pendengar. Jadi dalam kelompok, jangan takut untuk
bertanya jika Anda berkata-kata yang tepat dan benar, jika mereka tidak yakin tentang hal ini
kemudian Anda bisa membuat sedikit gurauan. Aku janji Anda akan membuat semua orang
tertawa dan Anda dapat pergi dengan itu juga.
4. Kontak mata.
Banyak yang dapat di katakan ketika datang untuk mengarahkan perhatian Anda ke khalayak
dengan tatapan mata. Yang terpenting Anda tetap fokus saat berbicara dalam kelompok besar
pertemuan atau perkumpulan, meskipun ia mungkin orang-orang yang lebih hebat dari Anda.
5. Humor.
Sedikit humor dapat melakukan keajaiban dari ketegangan, kebosanan atau lebih buruk ketika
melakukan pembicaraan. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan perhatian yang besar dari
keramaian dan mereka akan merasa bahwa Anda hanya sebagai orang mudah didekati sebagai
manusia dan orang-orang yang mendengarkan.
6. Seperti mereka.
Interaksi adalah semua tentang berbaur dengan orang lain. Anda akan mendapatkan banyak ide,
serta mengetahui apa yang membuat mereka sebagai orang-orang seperti mereka.

and I. 8. Persiapan. serta Anda berbicara di depan cermin dapat membantu memperbaiki stress bidang pola nada Anda. silahkan saja). Dengan komunikasi Anda yang baik. Belajar Komunikasi Efektif . Sambil tersenyum. Harus ada minimal satu atau dua orang dalam hidup Anda yang telah Anda dengarkan saat mereka sedang berkumpul di publik. Tersenyum akan memberi pengaruh yang sama seperti kontak mata. Beberapa orang ingin menulis sesuatu di bawah kartu daftar kata-kata. tetapi mereka juga mengambil catatan tentang bagaimana mereka menekankan dengan apa yang mereka katakan dapat membantu Anda ketika Anda mengambil tahap intinya. Akui ini. 10. Serta memudahkan Anda untuk memperoleh apa yang Anda impi-impikan dalam bisnis yang sedang Anda kerjakan saat ini. I know I do! Mendengarkan suara anda sendiri sambil praktek.7. Saran ini agak kurang baik dalam sisi ke depannya. 9. Tidak ada tingkah seperti meringis atau cemberut dalam pertemuan atau perkumpulan. sedangkan yang lainnya memakai sedikit lebih lucu karena mereka melihat catatan tertulis di telapak tangan dari tangan mereka (untuk yang tidak berkeringat di tangan. setiap kali Anda bernyanyi untuk diri sendiri dalam hujan. Peranan Model. Menjadikan yang terbaik dari persiapan Anda bukan hanya asal-asalan dan seringkali terburuburu karena panik. Hanya menyamankan dengan apa yang Anda ketahui sejak Anda menikmati pekerjaan Anda. Mereka yakin mereka membaca aturannya. tetapi aku telah belajar banyak untuk meningkatkan diri ketika datang ke publik dan tidak pernah takut untuk bersama-sama dengan masyarakat dan mendengarkan bagaimana mereka melakukan percakapan dan pertemuan yang jauh lebih menyenangkan. Anda bisa lebih menyatakan apa yang Anda katakan bila Anda tersenyum. tentunya akan meningkatkan kualitas kerja Anda dalam berbisnis. Me. Myself.

. Menyalahkan 3. Tak ada satupun orang yang mau disalahkan. Kemudian mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang saling memiliki keterkaitan dan mengarah pada suatu solusi atau ketenangan untuk masingmasing pihak. inilah konsep dasar dari komunikasi efektif.Komunikasi adalah sebuah kegiatan mentransfer sebuah informasi baik secara lisan maupun tulisan. Menganalisa 2. komunikasi yang dua arah. Menasehati 5. Menghakimi 4. seseorang harus mampu mendengarkan dan memahaminya dengan baik. Sehingga tujuan utama dalam komunikasi yang efektif adalah sebuah win-win solution. Terkadang ada orang yang mampu menyampaikan semua informasi secara lisan tetapi tidak secara tulisan ataupun sebaliknya. komunikasi yang efektif. Namun. Menginterogasi Keterampilan yang harus dimiliki dalam melakukan komunikasi efektif adalah keterampilan mendengarkan dan bertanya. tidak semua orang mampu melakukan komunikasi dengan baik. sehingga target informasi yang harus disampaikan ataupun diserap sesuai dengan harapan ? Keterampilan dalam berkomunikasi secara efektif dapat dipelajari dan dikuasai dengan latihan rutin dan berkesinambungan secara terus menerus. Bagaimanakah caranya agar kita mampu melakukan komunikasi yang baik. Untuk dapat melakukan komunikasi efektif ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan yaitu : 1. Dalam proses berkomunikasi.

Melatih orang berkomunikasi secara efektif bisa dilakukan dengan langsung pada prakteknya. Komunikasi efektif dapat dilakukan oleh setiap orang. hal ini dapat membantu setiap individu untuk mencapai sebuah kesuksesan baik di dalam kehidupan pribadinya maupun dalam kehidupan karirnya. Jika ada yang merasa tidak mampu. . Sehingga tujuan yang ingin diraih dapat dilakukan secara bersama-sama. Walaupun sepintas sepele. lakukanlah dengan efektif. perlu dilakukan untuk dapat membangun sebuah kesamaan keinginan dari sebuah informasi yang disajikan. Dalam kondisi apapun disarankan agar anda selalu dapat melakukan komunikasi secara efektif. Dengan berkomunikasi efektif kita dapat menunjukan kepribadian yang berkarakter positif dan membuka diri untuk selalu tumbuh dan berkembang menuju kesuksesan secara bersama-sama. hal ini lebih Karen masalah pembiasaan saja. Ketika anda ingin berkomunikasi dengan orang lain.Komunikasi efektif atau dalam bahasa lain sering pula disebut diplomasi.