You are on page 1of 10

NOTULENSI NM KAJIAN LAPUT SPEKTRUM 1,2,3

Moderator : Musyarrafah Jamil
Notulen

: Dita Ayu Pertiwi

Waktu

: 1. 11 Maret 2016 07.00 – 09.00
2. 12 Maret 2016 07.00 – 09.00
3. 13 Maret 2016 07.00 – 09.00

Tema

: Akreditasi Fakultas Kedokteran di Indonesia

Isi

:

akreditasi itu suatu penilaian terhadap suatu institusi
Tujuan dan manfaat akreditasi

1. Memberikan jaminan bahwa program studi yang terakreditasi telah
memenuhi standar mutu yang ditetapkan oleh BAN-PT dengan merujuk
pada standar nasional pendidikan yang termaktub dalam Peraturan
Pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan,
sehingga mampu memberikan perlindungan bagi masyarakat dari
penyelenggaraan program studi yang tidakmemenuhi standar yang
ditetapkan itu.
2. Mendorong program studi untuk terus menerus melakukan perbaikan
dan mempertahankan mutu yang tinggi
3. Hasil akreditasi dapat dimanfaatkan sebagai dasar pertimbangan dalam
transfer kredit perguruan tinggi, pemberian bantuan dan alokasi dana,
serta pengakuan dari badan atau instansi yang lain. (BAN-PT)

Q&A
Pertanyaan
1. Mau nanyaa kira kira efek nyatanya akreditasi ke mahasiswa fk apa
ya? (Dyah)
2. Mau nanya aja kalau di unlam dan undip sendiri itu yg memberi
penilaian akreditasi itu lam-ptkes. Jadi sebenernya itu lam-ptkes
atau masih ban-pt ? (Natasha)
3. Itu seriusan untuk akreditas C ip minimal 3.5 ? Afwan mau
menanyakan kepastiannya saja. Terus yang udah kadaluwarsa
akreditasnya itu bagaimana ya? (Dina)

terus kalau untuk pekerjaan kedepannya. cara biar bisa naik akreditasinya harus gimana ya kak? (Yogi) 7. PTN 5 tahun sekali. bagaimana penilaian akreditasi untuk PTS? apa itu ada bedanya atau tidak? (MJ) 8. atau gmn? "misalnya" (Restu) Jawaban 1. untuk pengakreditasian biasanya tiap PTN atau PTS punya standar wanktu tertentu ga. untuk fakultas yg terakreditasi ini jg nantinya akan banyak mendapat dukungan baik dr pemerintah.4. fk kita belum A. Nah jd mulai tahun ini yg ngurus akreditasi fk itu LAM PTKES atau BAN PT? (Dyah) 10. bgmna mekanisme untk mengajukan peng-upgrade-an akre ? Kapan pelaksanaannya? Bgmna alur n persyaratannya? (Tuti) 11. setahu saya akreditasi itu jg mempengaruhi kuota penerimaan mahasiswa baru bukan ya? Nah ada hubungannya ga sih kak kalau mahasiswanya melebihi atau kurang dari kuota yg seharusnya.. dengan penurunan atau kenaikan akreditasi? Terus kalau misalkan nih kak. Untk bbrpa FK yg belum memiliki akre A atau B. apakh usia dari fakultas juga mmpngrhi akre? (Dinda) 9. masy. Kondisi mahasiswa kedokteran di indonesia dengan akreditasi di masing2 kampus itu kan punya hubungan yang 'sangat' signifikan ya terutama dalam hal menghasilkan lulusan dokter yang kompeten. LAM-PTKES akan digantikan dgn assesor BAN PT. pasti memiliki keinginan untk meng-upgrade akrenya kan ya. Selain sbg univ or fakultas yg berkualitas. misal gini. Sehingga sangat berefek bagi pembelajaran mahasiswa nantinya (Yogi) .(Dyah) 5. Nah trs. dan untuk PTS apakah sama atau beda berapa waktu pengakreditasiannya ? misalnya pengakreditasiannya 3 tahun sekali. Apakah akreditasi berhubungan dengan fasilitas yang ada? Apakah akreditasi nanti mempengaruhi fasilitas atau fasilitas nantinya yang akan mempengaruhi penilaian akreditasi? (Ima) 6. akreditasi itu jg mempengaruhi kan? Pernah denger kalau lulusan dari univ yg akreditasinya bagus bs lbh mudah daftar jd dokter di suatu rumah sakit. akreditasi fk nya harus A dulu. maupun sektor swasta untuk hal tenaga dana dan profesionalisme. PTS 3 tahun sekali. misal 3 tahun sekali atau 5 tahun sekali. jd kalau mau buka program spesialis.

kemudian kalau mau mengambil spesialis lebih gampang .2. hingga keatifan pada pengabdiam dan penelitian.B. Bukan hnaya fasilitas tetapi tenaga pendidik dan mahasiswa pun menjadi tolak ukur yg tinggi (Farish) 8.50 (Natasha) 4. Teteapi syarat PPDS di tiap universitas berbeda beda (Dita) 5. akre berpengaruh ke kuota penerimaan mahasiswa baru. buat menjadi pns .beda akreditasi . itu beda beda juga nilai batas minimal ipknya . Lalu akreditasi juga menjadi tolak ukur untuk mendapatkan kesempatan yg tinggi untuk spesialis dan kesempatan utk bekerja di tempat yg bertaraf internasional.00. karena beberapa akreditasi juga ada yg diakui internasional. Akreditasi sangat berefek terutama nanti ketika sudah lulus menjadi dokter. Nah masalah akreditasi ini juga berkaitan. Kmrn sempet liat2 gitu program ppds di beberapa universitas negri. delagasi. Saling berkesinambungan. Banyak manfaat dari akreditasi Kalau misalkan akreditasi udh A itu fk univ tersebut bisa membuka program spesialis. (Farish) 6. Misal ada berapa rkb atau kondisi ruang kuliahnya sperti apa . Kriteria penilaian untuk akreditasi program studi terdiri atas: -Identitas -Izin penyelenggaraan program studi . terus kalau beda . C memang berbeda. trus fasilitas lain2 juga di nilai buat ke akreditasi (Natasha) 7. Setuju bgt jawabannya ka yogi sama ka afghan. Kalau C ipk min= >3.75 B = min 3. Karena pas sayabliat di syaratnya antara A. Sebenrnya mau sharing aja terkait program spesialis.untuk akreditasi prodi kesehatan sudah dipegang oleh LAM PT kes (Afghani) 3. jadi benar akreditasi yg tinggi akan lebih mudah untuk masuk kedalam rumah sakit karena kepercayaan. Tapi kalau kelebihan dan kekurangan nggak mempengaruhi akreditasi. Jadi benar fasilitas mempengaruhi akreditasi akan tetapi itu hanya 15-20% yg mempengaruhi akreditasi adalah track record tenaga pendidik dan keaktifan mahasiswa mulai dri akademik prestasi. Menanggapi pertanyan dyah. Misalnya A = min 2.00 C = min 3. untuk pertanyaan kedua fasilitas itu mempengaruh akreditasinya juga.Terus setahuku mulai pertengahan 2015 .

dan relevansi (25%). makaa agar dapat mencapai A. efisiensi (25%). brtjuan agar mhsiswa yg d trma d univ trsbt mmliki mtu yg bgus. Kn pningktn akre slh stuny jga d pngruhi sma prstsi mhsiswa. Klasifikasi penilaian untuk semua kriteria tersebut ditentukan oleh 3 aspek. Ada waktu penilaian akreditasi yang dilakukan. Baik akademik maupun non. yaitu mutu (bobot 50%). berdasarkan kriteria penilaian yang disebutkan sebelumnya harus dimaksimalkan pada saat penilaian akreditasi selanjutnya (Jan) 10.-Kesesuaian penyelenggaraan program studi dengan peraturan perundang-udangan -Relevansi penyelenggaraan program studi -Sarana dan prasarana -Efisiensi penyelenggaraan program studi -Produktivitas program studi -Mutu lulusan. (Dinda) 11. batasan kuota penerimaan mhsiswa bru itu. shngga d hrpkn dpt mningkatkn akre univnya dlm bntuk prstasi. (Ima) 9. Hasil Kajian MEP wilayah 3 (Natasha) . Jadi jika saat ini akreditasi fk yang belum A.

tetapi akreditasi dilihat dri keaktifan mahasiswa.dan seharusnya berakhir di tahun 2017.masa berlaku maksimal 5 tahun. Kebetulan di PTS juga. fasilitas dan dosen (Farish) 13. Jadi. akreditasi tahun 2012. kemungkinan besar penilaian akre untk PTS dgn PTN tidak ada bedanya (terutama di aspek standar akreditasi) (Tuti) 14. Hal .hal yg disiapkan sama kayak di picture yg dikirim Natasha yg bagian standar akreditasi. akreditasi PTS. sbenernya masalah umur fakultas bukan jdi masalah. Contohnya seperti kampus saya sendiri.tetapi pengajuan akreditasi dapat dilakukan kembali tanpa perlu menunggu habis masa berlaku akreditasi. untuk pengakreditasian tiap perguruan tinggi sama.untuk meningkatkan mutu supaya mencapai A itu ada borangnya sendiri dari lam pt kes dan itu bnyk bgt yg dinilai 12. tetapi kampus kami akan mengajukan lagi akreditasi di tahun 2016 ini (Afghani) . Jai mau sharing dari bulan desember 2015 smpai saat ini para dosen kami lgi hectic2nya mempersiapkan hal2 yg berkaitan untk mengajukan peng-upgradean akreditasi.

akreditasi turut membentuk Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) pendidikan tinggi.15. maka akreditasi pendidikan tinggi perlu memadukan sumber daya pemerintah. dapat dikatakanLAM PTKes adalah penyempurnanya BAN PT.07. Peraturan Perundang-undangan dan civil society dalam penjaminan mutu pendidikan tinggi sebagaimana terlihat pada Gambar di bawah.AHU-30. .org  LAM-PTKes merupakan badan hukum perkumpulan berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan HAM No. Mengingat bahwa pendidikan merupakan pelayanan publik. (Tuti)  Berdasarkan informasi dari website http://dev. Selain itu. Akreditasi dilakukan oleh lembaga akreditasi mandiri bentukan pemerintah atau lembaga mandiri bentukan masyarakat yang diakui oleh pemerintah atas rekomendasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Hal ini sejalan dengan salah satu butir kesepakatan pendirian LAM-PTKes Indonesia Tahun 2011 yang menyatakan bahwa akreditasi pada pendidikan tinggi kesehatan dilakukan oleh LAM-PTKes Indonesia atau Indonesian Accreditation Agency for Higher Education in Health (IAAHEH). dalam UU Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi disebutkan bahwa Program Studi diselenggarakan atas izin Menteri setelah memenuhi persyaratan minimum akreditasi sebagai bentuk akuntabilitas publik.AH.01. usaha/industri dan masyarakat sipil (civil society) untuk memberdayakan masyarakat Indonesia agar mampu menjawab tuntutan Globalisasi.  Latar belakang pendirian organisasi Sebagai bagian dari Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi (SPMPT).lamptkes. sebelumnya penilaian akreditasi oleh BAN-PT hanya untuk tahapan pendidikan sarjana kedokteran maka akreditasi LAM-PTKes ini juga mencakup penilaian tahapan pendidikan profesi. Jadi.

. termasuk pada industri pendidikan tinggi dan kesehatan tidak dapat dihindari oleh Indonesia sebagai anggota WTO yang telah meratifikasi semua perjanjian perdagangan dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1994 tentang Persetujuan Pembentukan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO). saat ini Indonesia baru menawarkan 4 (empat) pelayanan yaitu Hospital Services. Medical Specialist Clinic. 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik Pelayanan publik adalah kegiatan atau “rangkaian kegiatan” dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang. APEC.. dan ACFTA.. Globalisasi yang multiaspek. dan/atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik (Pasal 1.Gambar : Kemitraan dalam Akreditasi Pendidikan Tinggi Demikian pula Akreditasi Pendidikan Tinggi Kesehatan merupakan tanggapan terhadap 3 tuntutan utama tersebut. Jumlah penduduk yang lebih dari 240 juta menjadi pasar yang potensial bagi masyarakat dunia khususnya untuk liberalisasi/globalisasi pendidikan tinggi dan pelayanan kesehatan. Gelombang globalisasi industri pendidikan tinggi dan pelayanan kesehatan.. Dalam liberalisasi pelayanan kesehatan. Ruang lingkup pelayanan publik meliputi pendidikan. Ayat 1).. dan Nursing Services. sehingga harus mempersiapkan diri dalam menghadapi AFTA. Dental Specialist Clinic. yaitu : 1. Undang-Undang No. Peraturan perundang-undangan. 2. Indonesia juga harus mempersiapkan diri terhadap masuknya jasa-jasa pelayanan kesehatan asing termasuk tenaga dokter/dokter gigi Warga Negara Asing (WNA). jasa..

12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi Program Studi diselenggarakan atas izin Menteri setelah memenuhi persyaratan minimum akreditasi (Pasal 33. Selanjutnya. Ayat 6 menyatakan bahwa lembaga akreditasi mandiri sebagaimana dimaksud pada ayat (5) merupakan lembaga mandiri bentukan Pemerintah atau lembaga mandiri bentukan Masyarakat yang diakui oleh Pemerintah atas rekomendasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.... Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. . 87 Tahun 2014 tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi 3. Ayat 6 menyatakan bahwa Program Studi wajib diakreditasi ulang pada saat jangka waktu akreditasinya berakhir. organisasi keagamaan dan kelompok profesional). Jumlah penduduk negeri ini yang lebih dari 240 juta menjadi pasar yang sangat potensial bagi masyarakat dunia khususnya dalam liberalisasi/globalisasi pendidikan tinggi dan kesehatan.. Ayat 3). Perwujudan masyarakat sipil (civil society). 50 Tahun 2014 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi. Masyarakat Sipil dapat diartikan memiliki karakter kehidupan sosial yang terorganisasi.. Selanjutnya. Kesepakatan OP dan AIP dari 7 bidang ilmu kesehatan untuk mendirikan LAM-PTKes pada tanggal 22 Desember 2011 merupakan tonggak sejarah (milestone) .. Dari Visinya dapat dilihat bahwa LAM-PTKes sudah mengantisipasi bahwa globalisasi yang multiaspek. termasuk pada industri pendidikan tinggi dan kesehatan sudah tidak dapat dihindari.. umumnya bersifat swadaya dan tidak terkooptasi oleh pemerintah. Ayat 1 dan 2). tumbuh secara sukarela. Ayat 5). sektor swasta /industri (pelaku bisnis) dan sektor sukarela/voluntary (lembaga swadaya masyarakat. Akreditasi Program Studi sebagai bentuk akuntabilitas publik dilakukan oleh lembaga akreditasi mandiri (Pasal 55. dan sektor strategis lainnya (Pasal 5. dan No. Undang-Undang No.kesehatan.. 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.. jaminan sosial. Salah satu ide penting yang melekat dalam konsep Masyarakat Sipil adalah keinginan memperbaiki kualitas hubungan antara masyarakat dengan institusi sosial pada sektor publik (pemerintah).

lamptkes. Gizi  Visi LAM-PTKes "Terjaminnya mutu pendidikan tinggi kesehatan yang berstandar global"  Untuk instrument Program studi dapat dilihat http://dev.Kedokteran Dan Konsil Kedokteran Indonesia) dokumen selengkapnya dapat diunduh di http://dev.yang menunjukkan partisipasi aktif dari masyarakat sipil kesehatan dalam pembangunan nasional. yaitu: 1. untuk disesuaikan dengan tuntutan pelayanandan kebutuhan masyarakat saat ini yang dikaitkan dengan Sistem Kesehatan dan Sistem Jaminan Sosial Nasional. Farmasi 7. Kesehatan Masyarakat 6.  Anggota Pendiri LAM-PTKes saat ini terdiri atas Organisasi Profesi dan Asosiasi Institusi Pendidikan dari 7 bidang ilmu kesehatan.org/akreditasi/instrumen/kedokteran di  Setelah 5 (lima) tahun Standar Pendidikan Profesi Dokter Indonesia(SPPD) diterapkan. Kedokteran 2.lamptkes. Keperawatan 4. kelompok kerja AIPKI melakukan pengumpulan data dari berbagai para pemangku kepentingan melalui beberapa kali survai dan proses validasi bersama para pakar dalam bidang terkait serta para pemangku kepentingan lainnya termasuk para pimpinan institusi pendidikan (Standar Pendidikan Profesi Dokter . Untuk melaksanakan hal tersebut.org/akreditasi/standar/pendidikandokter . dengan membentuk Kelompok Kerja Standar Pendidikan Dokter Indonesia oleh Asosiasi Institusi Pendidikan Kedokteran Indonesia (AIPKI) yang dalam langkah awal untuk evaluasi dan revisi Standar Pendidikan Profesi Dokter Indonesia ini. maka perlu dilakukan evaluasi dan revisi. telah dilakukan perencanaan dan persiapan yang matang. Kebidanan 5. Kedokteran Gigi 3.

 Dasar hukum yang menguatkan ada pada Permendikbud No. http://dev.lamptkes.49 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.org/akreditasi/standar/snpt -Sekian- .