You are on page 1of 75

TUGAS AKHIR

PEMANFAATAN GPS UNTUK MEMBUAT RUTE
PELAYARAN NELAYAN DIPERAIRAN SELAT MELAKA

Sebagai Salah Satu Syarat untuk Menyelesaikan
Program Studi Diploma III Teknik Perkapalan
Politeknik Negeri Bengkalis

Oleh
MUHAMMAD RAHIM AZALI
NIM : 1103131038

PROGRAM STUDI DIPLOMA III TEKNIK PERKAPALAN
POLITEKNIK NEGERI BENGKALIS
2016

i

ii

iii .

iv .

AKU BERSYUKUR MENJADI BAGIAN DARI KALIAN. BERCUCURAN KERINGAT PADA TAHUN PERTAMA. KHIRIL..LEMBAR PERSEMBAHAN TIADA YANG MAHA PENGASIH DAN MAHA PENYAYANG SELAIN ENGKAU. FIRDAUS. HERMAN.. ADA YANG TIDAK SENANG DENGAN PERILAKU AKU.. CURAHAN AIRMATA SAAT SUKA DAN DUKA..INI ANAKMU.. TUGAS AKHIR INI KUPERSEMBAHKAN UNTUK: KEDUA ORANG TUAKU TERCINTA. CECEP. ENGKAU CURAHKAN KASIH-MU PADA MAHLUK-MU. AZMI. MOHON MAAF APABILA DALAM MELANGKAH. TERIMA KASIH UNTUK KALIAN SEMUA. TEMAN-TEMAN SEPERJUANGANKU DI KAMPUS. KUSADARI ITU.. IDA.. SANGAT KU SYUKURI DAN KUNIKMATI.MENCOBA MEMBERIKAN YANG TERBAIK UNTUKMU... SEMUA KARENA BANYAK ORANG YANG TERUS MENDUKUNGKU MENGGERAKKAN LANGKAH KAKI INI. ROSIDI.PAPA DAN MAMA. RIDHO DAN MASIH BANYAK YANG TIDAK BISA DISEBUTKAN SATU PER SATU..MOHON MAAF BILA ADA YANG TAK TERSEBUT NAMANYA. BETAPA DIRI INI INGIN MELIHAT KALIAN BANGGA PADAKU.BETAPA TAK TERNILAI KASIH SAYANG DAN PENGORBANAN KALIAN PADAKU. TERIMA KASIH!!! AKU SIAP MELANGKAH LEBIH TINGGI!! “ YOUR DREAMS TODAY. RINALDI.. DANI.... CAN BE YOUR FUTURE TOMORROW” MUHAMMAD RAHIM AZALI v . SURATMI.. UUL.... PAHIT MANIS PERJALANANKU DI KAMPUS INI. SAHABAT-SAHABATKU TERSAYANG. BAHTIAR.. NANDA. TERIMA KASIHKU KEPADA SELURUH PENGHUNI KAMPUS POLBENG. PENGORBANAN MORIL DAN MATERIL DI TAHUN TERAKHIR.BANGGA AKU MENJADI ANGKATAN 2016. AKU HANYALAH MANUSIA YANG TAKLUPUT DARI KEKHILAFAN... NOPREZI.. TAK MUDAH KURAIH INI SEMUA..

ST... Ibu Nurhasanah. 5. khususnya mama yang telah memberikan dukungan materil dan imateril semangat kasih sayang dan pengorbanan kepada penulis yang tak terhitung dan ternilai jumlahnya. Tak lupa pula shalawat dan salam penulis panjatkan kepada Nabi akhir zaman Muhammad S. 4.W. 3. 6. MT selaku Ketua Program Studi Teknik Perkapalan dan Dosen Pembimbing penulis menyelesaikan laporan Tugas Akhir ini. Seseorang yang menjadi impian penulis yang selalu mengingatkan menambahkan dukungan semangat dan kasih sayang.W. MT Selaku Penasehat dan Koordinator Tugas Akhir yang telah memberikan saran-saran perbaikan pengetahuan dan dorongan dalam penyelesaian Tugas Akhir Penulis.. Oleh karenanya. ST. pada kesempatan ini penulis ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada : 1. Bapak Pardi. Keluarga dan orang tua. Selain itu juga laporan ini sebagai syarat untuk pelaksanaan mata kuliah Tugas Akhir dalam menyelesaikan Program Diploma III Program Studi Teknik Perkapalan pada Jurusan Teknik Perkapalan. 7.KATA PENGANTAR Pertama-tama penulis panjatkan puji syukur atas kehadiran Allah S. Para Dosen penguji Tugas Akhir Bapak Edy Haryanto.T karena atas rahmat dan karunia-Nyalah akhirnya laporan Tugas Akhir ini dapat penulis selesaikan. vi .A. Adapun maksud penulisan Laporan Tugas Akhir ini adalah sebagai gambaran terhadap apa yang penulis kerjakan pada Tugas Akhir.. 2. ST. MT yang telah menguji Tugas Akhir penulis dan memberikan saran untuk perbaikan laporan Tugas Akhir penulis. Seluruh Dosen Program Studi Teknik Perkapalan terima kasih untuk bimbingan dan pengajarannya semoga ilmu yang penulis terima kelak bermanfaat untuk penulis. MT Bapak Budi Santoso. ST. Keluarga yang selalu mengasihi adik-adik bibi paman dan saudara lainnya yang tak bisa disebutkan satu-satu.

Penulis mendoakan untuk semua pihak yang telah membantu penulis mendapatkan imbalan yang setimpal dan senantiasa di berkahi rahmat berlimpah dari Allah S.8. 22 Agustus 2016 MUHAMMAD RAHIM AZALI NIM : 1103131038 vii . Penulis menyadari bahwa Tugas Akhir dan Laporan ini masih jauh dari kesempurnaan. Mengingat terbatasnya pengetahuan dan kemampuan penulis. Amin. Penulis.T. Semoga dengan terselesaikannya Tugas Akhir dan Laporannya ini dapat memberikan manfaat bagi penulis khususnya dan para pembaca pada umumnya.W. Oleh karenanya penulis memohon maaf dan selalu terbuka untuk menerima kritik dan saran dari pembaca. Teman-teman Teknik Perkapalan angkatan 2013 khususnya Aktifisaktifis himpunan periode 2013-2016 teman-teman alumni terima kasih atas motivasinya.

PEMANFAATAN GPS UNTUK MEMBUAT RUTE PELAYARAN NELAYAN DIPERAIRAN SELAT MELAKA Nama Mahasiswa : Muhammad Rahim Azali Nim : 1103131038 Dosen Pembimbing : Pardi. Setelah selesai perancangan rute tersebut maka kita bisa menginput Data Map Source yang kita buat ke Gps Map 60csx data siap diolah dalam Gps Map 60 Csx dan digunakan untuk Tracking viii .. penulis menggunakan metodologi pengumpulan data dan informasi dengan cara studi literatur dan survey kelapangan untuk pengambilan data. perancangan rute ini mengolah datadata waypoint yang telah kita dapatkan dari survey sebelumnya dengan menggunakan aplikasi My Gps Coordinat. ditugas akhir ini akan dikembangkan fungsi dari GPS selain sebagai penunjuk arah dan pencari posisi akan dibuat sebuah perancangan rute pelayaran nelayan diperairan selat Melaka dengan tujuan memudahkan nelayan dalam berlayar hanya mengikuti rute yang telah ditentukan terutama apabila terjadi kabut asap tebal melanda perairan selat melaka banyak nelayan mengalami jarak pandang yang pendek dan membahayakan dalam beroperasi berlayar. sehingga membuat para nelayan yang tidak mengetahui posisi dimana tempat penangkapan ikan sebelumnya dan juga meminimalisirkan biaya operasional dalam merancang rute pelayaran ini. ST. dari waypoint tersebut akan dijadikan Rute pelayaran dari tempat keberangkatan nelayan sampai tempat penangkapan ikan dengan Memanfaatkan Aplikasi MapSource. MT ABSTRAK Pada umumnya GPS (Global Positioning System) adalah suatu alat yang dapat menggantikan peran kompas yang berfungsi sebagai penunjuk arah kita berada serta dapat mengetahui letak suatu benda di seluruh permukaan bumi selama terdapat sinyal GPS di daerah itu..

Waypoint. ix . MapSource. Tracking.hasil dari perencanaan rute pelayaran nelayan ini adalah untuk meminimalisikan biaya operasional nelayan dengan rute yang ditawarkan. Kata kunci : Gps.

Once finished designing the route then we can enter Data Map Source that we make Gps to 60csx Map data is ready to be processed in a GPS Map 60 CSX and used for route planning Tracking the results of the fishing voyage is to minimize operational costs fishermen route offered. ST.. MT ABSTRACT In general. designing routes process data waypoint which we get from previous surveys by using the application My Gps Coordinat of the waypoint will be a shipping route from the departure of fishermen to fishing grounds by Utilizing application MapSource.GPS ROUTE TO MAKE USE OF FISHERMEN IN THE WATERS SHIPPING MALACCA STRAIT Student Name : Muhammad Rahim Azali Nim : 1103131038 Supervisor : Pardi. Waypoint. MapSource. Tracking.. x . GPS (Global Positioning System) is a tool that can replace the role of a compass that serves as a direction we are and be able to know the location of an object across the surface of the earth for there is a GPS signal in the area. ditugas this final will be developed functionality of GPS in addition to as a direction and search positions will be created a design of the cruise fishing waters of the straits of Melaka to facilitate a fisherman sailing just follow the predetermined route. the author uses the data collection methodology and information by way of literature study and survey of spaciousness for data retrieval. especially if there is a thick smog hit the waters of the strait melaka many fishermen experience low visibility and endangering the operation sail . Keywords : Gps. thus making the fishermen who do not know the position where the fishing grounds previously and also minimize operational costs in designing the cruise route.

..................................................... Kondisi Umum Perairan Pulau Bengkalis .................... Tujuan Perancangan...2......... 1 1..................................................2.2 Cara Kerja Global Positioning System (GPS) .............................. iv Lembar Persembahan...... iii Pernyataan Keaslian Tugas Akhir...........................2 Global Positioning System (GPS) ................................................................................ 8 2..............1..................... 3 BAB II LANDASAN TEORI DAN TINJAUAN PUSTAKA.................................... 2 1...................................................... 10 2.. 7 2... xi Daftar Tabel ................ 4 2............ Asumsi Dan Batasan Masalah..................................... 8 2.................................5................................................. 2 1........................ ii Halaman Pengesahan ......................4..................1 Pengertian Android . 5 2........2.......................................................... viii Abstract ....................3 Android .............. x Daftar Isi ........................................... xiv BAB I PENDAHULUAN................... Rumusan Masalah ..... i Lembar Pengesahan ..................................................................................... 4 2..3 Cara Satelit Menetukan Posisi Lokasi ................................. vi Abstrak .......................... 5 2.......................4 Manfaat GPS ................................ 3 1............ 10 xi ...................................................................................................................3....2...3......................DAFTAR ISI Lembar Pengesahan ...... xii Daftar Gambar ...............................1............................................................................................................. Latar Belakang .......................................... Manfaat Perancangan.................................................................................1 Lokasi ................................................................ 1 1...................................................................................... v Kata Pengantar ............................................... 5 2.............................1........1 Pengertian GPS ................................................................2....................................................

......4............ Tracking Dan Waypoint Menggunakan Gps Map 60Csx................................... 12 2.................................... 23 4.......................................................2................3........................3......... 17 3............ Pengumpulan Data Dan Informasi ..................2......1............................... 17 3..................................... 16 3.......1...........5.....................2 Kerugian Menggunakan Gps .....................................................6............................1 Keuntungan Menggunakan Gps .................4.2.... Kesimpulan ..... 24 4........................... 15 3..... 30 5............ Hasil Perancangan Rute Ketiga .....................1 Studi Literatur................. 17 BAB IV HASIL PERANCANGAN DAN ANALISA.....1................................. Hasil Perancangan Rute Kedua ..3...3 Versi Android ........................................ 30 5.................................................. 14 BAB III METODOLOGI PENELITIAN ................5................... 25 4.................................2......... 11 2..................................................3.......................................................3................................................................ 18 4........................................5...................2 Sistem Operasi Android .....2 Survey..................1................................ 22 4................ 13 2..4......2...........................4........5 Pengenalan Alat................................... Pengolahan Data.. 13 2............................ 21 4.... Hasil Perancangan Rute Pertama.......... 16 3.......................................2..... Kesimpulan Dan Saran ............ Saran ................................ Input Data Map Source ke Gps Map 60csx ............. 12 2............................................................ Identifikasi Masalah ..... 16 3............................ 16 3. 26 BAB V KESIMPULAN DAN SARAN .........................................................................2................ 18 4..... Perancangan Rute......... Perancangan Rute .4 Google Maps .........4.................................................................................... 16 3.. Lampiran ........ 31 Daftar Pustaka ........... Apakah Trial Berhasil Dilaksanakan ? ............... Hasil Perancangan Rute Nelayan ... xii .......

........... Perhitugan Rute III.... 25 Tabel 4. 26 Table 4........... Hasil Perencanaan Rute Nelayan Yang Ditawarkan.1... Perhitugan Rute II................5....................................3................................... 24 Tabel 4............................................................................. 30 Tabel 4.....4 Hasil Perancangan Rute ...................8........ Titik Koordinat Rute Kedua........... Titik Koordinat Rute Ketiga ............................... 28 Tabel 4......... 30 Tabel 4............ Perhitugan Rute I . 27 Tabel 4.....7.... Titik Koordinat Rute Pertama..............2..................................................DAFTAR TABEL Tabel 4..............6.... 31 xiii ...

............13 Rute III ....8.....9................................... 20 Gambar 4.2. Tampilan Send To Device................................... 19 Gambar 4................ Macam-macam GPS Reciever .... 4 Gambar 2..................................11 Rute I ....................3 Logo Android ................3...... 22 Gambar 4....... Rute Nelayan.. 18 Gambar 4................................................................................... 22 Gambar 4........ Tampilan Menu Utama ....... 18 Gambar 4............ Tampilan Menu Waypoint Tool ................ 23 Gambar Grafik 4............. 31 xiv ............................... 19 Gambar 4....................2........................................DAFTAR GAMBAR Gambar 2............................5............ 30 Gambar Grafik 4... 6 Gambar 2............................. Route ...................................................10.......1 Peta Pulau Bengkalis ................6...................................1 Diagram Alir ..............12 Rute II ....................................7...............................1 Waypoint ..................................................................... Tampilan Menu Waypoint ......................................................... 31 Gambar Grafik 4......4..... Tampilan titik koordinat..... 15 Gambar 4.... 10 Gambar 3........................ 20 Gambar 4...................................... Tampilan Map Source ................ 21 Gambar 4............ Tampilan Tracks......................................

A 2016 .BAB I PENDAHULUAN JURUSAN TEKNIK PERKAPALAN POLITEKNIK NEGERI BENGKALIS T.

Alat komunikasi kapal digunakan untuk berhubungan antara awak kapal yang berada pada satu kapal atau dapat di gunakan untuk komunikasi dengan kapal lain atau berkomunikasi dengan darat. Banyak nelayan yang mengalami jarak pandang terbatas tidak seperti biasanya.1 Latar Belakang Alat Navigasi kapal merupakan alat komunikasi yang sangat penting dalam menentukan arah kapal. Jika kita memandang bintang dan matahari pasti sulit menentukan arah tujuan kapal apa lagi bagi nelayan yang baru terjun kelapangan maksudnya masih pemula dalam berlayar belum memahami cara menggunakan alat navigasi seperti kompas dan Gps. Dengan alat tangkap jaring dan pancing. jika terjadi asap tebal bisa jadi tersesat dari jalur penagkapan dan menerobos batas jalur pelayaran antar Indonesia-Malaysia. tidak sebanding dengan penghasilan atau tangkapan ikan dalam 2 ( dua ) hari berlayar. Zaman dulu navigasi kapal atau arah tujuan kapal dilakukan dengan melihat posisi benda-benda langit seperti matahari dan bintang-bintang dilangit. Bisa saja mengunakan kompas dalam berlayar tetapi tanpa mengetahui halangan didepannya. ( Supriyono : 2000 ) Terutama apabila terjadi kabut asap tebal yang melanda perairan indonesia. Untuk menggunakan Gps. Bagi nelayan kabut asap ini merugikan dan membahayakan dalam berlayar. pada zaman dahulu untuk menentukan arah kapal berlayar tidak jauh dari benua atau daratan. membutuhkan uang yang cukup untuk membeli. takut tersesat arah dan menerobos jalur pelayaran Indonesia-Malaysia tanpa mengetahui arah yang jelas. Disini saya memberikan sebuah solusi untuk nelayan sebagai antisipasi terjadi asap tebal yang melanda perairan Indonesia supaya tidak menerobos jalur pelayaran dan ditahan karena diduga melanggar perbatasan Indonesia1 . Bahkan ada nelayan yang tinggal berminggu di lautan karena jarak pandang yang terbatas.BAB I PENDAHULUAN 1.

3 Asumsi dan Batasan Masalah Adapun asumsi dan batasan masalah dari perancangan Tugas Akhir ini adalah : 1) Kelancaran proses penerimaan sinyal lokasi tergantung kondisi lingkungan sekitar.Malaysia dengan membuat rute pelayaran sebagai jalur berlayar nelayan. 2) Aplikasi tidak Autostarting sehingga ketika handphone dinyalakan perlu diaktifkan terlebih dahulu. yaitu sebagai sistem navigasi. 2 . Dengan memanfaatkan teknologi GPS (Global Positioning System). Berdasarkan uraian permasalahan di atas maka penulis mengangkat topik tentang.? 3) Bagaimana cara membuat sebuah rute pelayaran yang akan ditawarkan kepada para nelayan agar lebih ekonomis ? 4) Bagaimana Menghitung presentase perbandingan BBM rute pertama dengan rute yang akan ditawarkan kepada para nelayan ? 1. Sebuah aplikasi yang memungkinkan pengguna bermain sekaligus bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya.2 Rumusan Masalah Dari uraian diatas maka penulis dapat merumuskan permasalahan dalam pembuataan tugas akhir ini sebagai berikut : 1) Bagaimana cara pengambilan titik koordinat pada smartphone Android dalam pembuatan sebuah rute pelayaran. 1.? 2) Bagaimana cara membuat sebuah rute pelayaran dari tempat keberangkatan sampai tempat penangkapan ikan. yang berguna nantinya untuk menentukan arah kapal dan juga berguna untuk jalur pelayaran nelayan. Pemanfaatan Gps Untuk Membuat Rute Pelayaran Nelayan Diperairan Selat Melaka.

2) Supaya para nelayan tidak menangkap ikan diluar perbatasan wilayah indonesia. 4) Menghitung presentase perbandingan BBM rute pertama dengan rute yang akan ditawarkan kepada para nelayan. 4) Untuk meminimalisirkan biaya operasional nelayan dalam berlayar menagkap ikan dengan rute yang ditawarkan dengan perbandingan jarak dan waktu berlayar. 3) Membuat sebuah rute pelayaran yang akan ditawarkan kepada para nelayan agar lebih ekonomis. 3) Sebagai jalur atau rute pelayaran dari tempat keberangkatan sampai tempat penangkapan ikan. 1. semangkin dekat jarak penangkapan ikan dengan titik penangkapan sebelumnya maka akan mengurangi biaya oprasional nelayan lebih ekonomis. 1.3) Perencanaan Rute disini hanya digunakan untuk nelayan yang menggunakan alat navigasi Gps (Global Positioning System). 3 .4 Tujuan Perancangan Adapun tujuan dari perancangan Tugas Akhir ini adalah : 1) Cara pengambilan titik koordinat pada smartphone Android dalam pembuatan sebuah rute pelayaran. 2) Membuat sebuah rute pelayaran dari tempat keberangkatan sampai tempat penangkapan ikan.5 Manfaat Perancangan Adapun manfaat dari perancangan Tugas Akhir ini adalah : 1) Memudahkan nelayan dalam berlayar hanya mengikuti rute yang telah ditentukan.

BAB II TINJAUAN PUSTAKA JURUSAN TEKNIK PERKAPALAN POLITEKNIK NEGERI BENGKALIS T.A 2016 .

1: Peta Pulau Bengkalis (Sumber: www.BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2. sehingga secara garis besar penduduk yang tinggal di pesisir pantai tersebut bermata pencaharian sebagai nelayan. Terlihat pada peta pulau Bengkalis yang mana di hampir semua pesisir pantainya terdapat pemukiman penduduk.1.bengkaliskab.355 Km. Pulau Bengkalis yang terdiri dari dua kecamatan yaitu Kecamatan Bantan dan Kecamatan Bengkalis merupakan daerah penghasil ikan terbesar di Kabupaten Bengkalis dibandingkan dengan kecamatan lainnya. Gambar 2.id) 4 .go. Berdasarkan data dari situs resmi Kabupaten Bengkalis. Kondisi Umum Perairan Pulau Bengkalis Kabupaten Bengkalis merupakan salah satu kabupaten yang memiliki potensi besar di bidang perikanan khususnya untuk dua kecamatan yang berada di pulau Bengkalis yaitu Kecamatan Bengkalis dan Kecamatan Bantan. tercatat bahwa Kabupaten Bengkalis adalah salah satu kabupaten dengan pantai terpanjang di propinsi Riau dengan panjang garis pantai 1.

Kelompok nelayan ini terletak di sebelah utara Pulau Bengkalis yang berbatasan langsung dengan Negara tetangga Malaysia yang dibatasi jalur lintas internasional Selat Malaka.2 Global Positioning System (GPS) Global Positioning System (GPS) merupakan sebuah alat atau sistem yang dapat digunakan untuk menginformasikan penggunanya dimana dia berada (secara global) dipermukaan bumi yang berbasis satelit. Secara umum semakin tinggi tingkat akurasi yang dihasilkan akan memerlukan infrastruktur yang canggih pula.1 Pengertian GPS GPS (Global Positioning System) merupakan sebuah sistem navigasi berbasis satelit yang terdiri dari jaringan 24 orbit satelit NAVSTAR yang mempunyai jarak 11 mil dan 6 orbit yang berbeda.466 jiwa berada di posisi :  Sebelah Utara Berbatasan dengan Selat Malaka  Sebelah Selatan Berbatasan dengan Kecamatan Bengkalis  Sebelah Barat berbatasan dengan Kecamatan Bengkalis dan Selat Melaka  Sebelah Timur Berbatasan dengan Selat Malaka Sedangkan letak wilayahnya adalah 1°15' Lintang Utara s/d 1°36'43" Lintang Utara dan 102°00' Bujur Timur s/d 102°30'29'' Bujur Timur. hingga 5 – 10 meter. 2.1 Lokasi Lokasi kelompok nelayan ini berada di Desa Teluk Papal yang terletak di Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis.2.2. (Billy : 2011) 5 . 2. Luas wilayah 424 Km² dengan jumlah desa 23 desa dan penduduk 39.1. Data dikirim dari satelit berupa sinyal radio dengan data digital. GPS menyediakan akurasi posisi antar 100 meter (95% dari waktu).

Untuk dapat mengetahui posisi seseorang maka diperlukan alat yang diberi
nama GPS reciever yang berfungsi untuk menerima sinyal yang dikirim dari
satelit GPS. Posisi di ubah menjadi titik yang dikenal dengan nama way-point
nantinya akan berupa titik-titik koordinat lintang dan bujur dari posisi
seseorang atau suatu lokasi kemudian di layar pada peta elektronik. Sejak
tahun 1980, layanan GPS yang dulunya hanya untuk leperluan militer mulai
terbuka untuk publik.
Uniknya, walau satelit-satelit tersebut berharga ratusan juta dolar, namun
setiap orang dapat menggunakannya dengan gratis. Satelit-satelit ini
mengorbit pada ketinggian sekitar 12.000 mil dari permukaan bumi. Posisi ini
sangat ideal karena satelit dapat menjangkau area coverage yang lebih luas.
Satelit-satelit ini akan selalu berada posisi yang bisa menjangkau semua area
di atas permukaan bumi sehingga dapat meminimalkan terjadinya blank spot
(area yang tidak terjangkau oleh satelit).
Setiap satelit mampu mengelilingi bumi hanya dalam GPS reciever sendiri
berisi beberapa integrated circuit (IC) sehingga murah dan teknologinya
mudah untuk di gunakan oleh semua orang. GPS dapat digunakan utnuk
berbagai kepentingan, misalnya mobil, kapal, pesawat terbang, pertanian dan
di integrasikan dengan komputer maupun laptop. (Andi : 2013)

Berikut beberapa contoh perangkat GPS reciever :

Gambar 2.2. Macam-macam GPS Reciever
(Sumber:Billy,2011)

6

2.2.2 Cara Kerja Global Positioning System (GPS)
Setiap daerah di atas permukaan bumi ini minimal terjangkau oleh 3-4
satelit. Pada prakteknya, setiap GPS terbaru bisa menerima sampai dengan 12
chanel satelit sekaligus. Kondisi langit yang cerah dan bebas dari halangan
membuat GPS dapat dengan mudah menangkap sinyal yang dikirimkan oleh
satelit. Semakin banyak satelit yang diterima oleh GPS, maka akurasi yang
diberikan juga akan semakin tinggi.

Cara kerja GPS secara sederhana ada 5 langkah, yaitu :
1. Memakai perhitungan “triangulation” dari satelit.
2. Untuk

perhitungan

“triangulation”,

GPS

mengukur

jarak

menggunakan travel time sinyal radio.
3. Untuk mengukur travel time, GPS memerlukan akurasi waktu yang
tinggi.
4. Untuk perhitungan jarak, kita harus tahu dengan pasti posisi satelit dan
ketingian pada orbitnya.
5. Terakhir harus menggoreksi delay sinyal waktu perjalanan di atmosfer
sampai diterima reciever.

Satelit GPS berputar mengelilingi bumi selama 12 jam di dalam orbit yang
akurat dia dan mengirimkan sinyal informasi ke bumi. GPS reciever
mengambil

informasi

itu

dan

dengan

menggunakan

perhitungan

“triangulation” menghitung lokasi user dengan tepat. GPS reciever
membandingkan waktu sinyal di kirim dengan waktu sinyal tersebut di terima.
Dari informasi itu didapat diketahui berapa jarak satelit. Dengan perhitungan
jarak GPS reciever dapat melakukan perhitungan dan menentukan posisi user
dan menampilkan dalam peta elektronik.

7

2.2.3 Cara Satelit Menetukan Posisi Lokasi
Sinyal yang dikirimkan oleh satelit ke GPS akan digunakan untuk
menghitung waktu perjalanan (travel time). Waktu perjalanan ini sering juga
disebut sebagai Time of Arrival (TOA). Sesuai dengan prinsip fisika, bahwa
untuk mengukur jarak dapat diperoleh dari waktu dikalikan dengan cepat
rambat sinyal. Maka, jarak antara satelit dengan GPS juga dapat diperoleh dari
prinsip fisika tersebut. Setiap sinyal yang dikirimkan oleh satelit akan juga
berisi informasi yang sangat detail, seperti orbit satelit, waktu, dan hambatan
di atmosfir. Satelit menggunakan jam atom yang merupakan satuan waktu
paling presisi.
Untuk dapat menentukan posisi dari sebuah GPS secara dua dimensi
(jarak), dibutuhkan minimal tiga buah satelit. Empat buah satelit akan
dibutuhkan agar didapatkan lokasi ketinggian (secara tiga dimensi). Setiap
satelit akan memancarkan sinyal yang akan diterima oleh GPS receiver.
Sinyal ini akan dibutuhkan untuk menghitung jarak dari masing-masing satelit
ke GPS. Dari jarak tersebut, akan diperoleh jari-jari lingkaran jangkauan
setiap satelit. Lewat perhitungan matematika yang cukup rumit, interseksi
(perpotongan) setiap lingkaran jangkauan satelit tadi akan dapat digunakan
untuk menentukan lokasi dari GPS di permukaan bumi. (Andi : 2013)

2.2.4 Manfaat GPS
Dengan menggunakan GPS, Anda dapat menandai semua lokasi yang
pernah Anda kunjungi. Misalnya, Hotel Mulia di waypoint sekian dan tempattempat lainnya. Sebenarnya, ada banyak manfaat yang bisa diambil jika Anda
mengetahui waypoint dari suatu tempat. Pertama, Anda dapat memperkirakan
jarak lokasi yang dituju dengan lokasi asal. GPS keluaran terakhir dapat
memperkirakan jarak ke tujuan, sampai estimasi lamanya perjalanan dengan
kecepatan aktual yang sedang ditempuh. Kedua, lokasi di daratan memang
cukup mudah untuk dikenali dan diidentifikasi. Namun, jika sulit menemui
tempat memancing yang sangat baik di tengah lautan ataupun tempat melihat
matahari terbenam yang baik di puncak gunung,bagaimana cara menandai
8

karena memakai jam atom yang jauh lebih presesi di banding dengan jam biasa. GPS membutuhkan area pandang yang bebas langsung ke langit. Di saat seperti inilah sebuah GPS akan menunjukkan manfaatnya. seperti kecepatan. 4. Lokasi Digunakan untuk menentukan dimana lokasi suatu titik dipermukaan bumi berada. dan untuk kemudahan. Selama GPS dapat menerima sinyal dari satelit secara langsung tanpa halangan.lokasi tersebut agar dapat kembali lagi ke lokasi itu di kemudian hari tanpa tersesat. gedung. Navigasi Membantu mencari lokasi suatu titik di bumi. petani. 2. memetakan posisi tertentu. jarak yang telah ditempuh. GPS juga memiliki feature tambahan yang mampu memberikan informasi selama di perjalanan. waktu. petualang. Dari beberapa pemakaian di atas dikategorikan menjadi : 1. olahragawan. dan masih banyak. pelaut. pengantar barang. maka GPS akan selalu memberikan informasi koordinat posisi . keamanan. Halanganhalangan seperti pohon. penebangpohon. pemadam kebakaran dan orang dengan berbagai kepentingan untuk meningkatkan produktivitas. Dengan teknologi GPS dapat digunakan untuk beberapa keperluan sesuai dengan tujuannya. GPS dapat digunakan oleh peneliti. Tracking Membantu untuk memonitoring pergerakan obyek. (Andi : 2013) 9 . lama perjalanan. dan perhitungan jaringan terdekat. bisa mengurangi akurasi sinyal yang diterima oleh GPS. Timming Dapat dijadikan dasar penentuan jam seluruh dunia. bahkan kaca filmV-Kool. pendaki. tentara. kurir. Bahkan GPS tidak bisa menerima sinyal sama sekali dari satelit. pilot. 3.

menggunakan Java Core Libraries.3 Android Android merupakan sistem operasi yang banyak digunakan saat ini. Android. Winarno : 2011) Gambar 2.2011) 2. California. Android dibuat berdasarkan kernel Linux yang dimodifikasi. yang sering dikenal dengan istilah “copyleft” lisensi di mana setiap perbaikan pihak ketiga harus terus jatuh di bawah terms. didirikan di Palo Alto. Android menyediakan platform yang terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka. Aplikasi Android ini ditulis menggunakan bahasa Java. middleware dan aplikasi.3 Logo Android (Sumber: Hadi. Sistem operasi yang mendasari Android dilisensikan dibawah GNU. Android merupakan generasi baru platform mobile. platform yang memberikan pengembang untuk melakukan pengembangan sesuai dengan yang diharapkannya. Komersialisasi pengembang (produsen handset khususnya) dapat memilih untuk meningkatkan platform tanpa harus memberikan perbaikan mereka ke masyarakat open source. (Edy. Inc. General Public Lisensi Versi 2 (GPLv2). INC. Google mengakuisisi perusahaan ini pada tahun 2005. pada bulan Oktober 10 . (Muhammad Ichwan : 2013) Android pertama kali dikembangkan oleh perusahaan bernama Android. Android didistribusikan di bawah Lisensi Apache Software (ASL/Apache2).2.1 Pengertian Android Android adalah sebuah sistem operasi untuk perangkat mobile berbasis Linux yang mencakup sistem operasi.3. sistem operasi yang digunakan untuk mobile device ini awalnya dikembangkan oleh Android Inc. yang memungkinkan untuk distribusi kedua dan seterusnya.

Tujuan awal pengembangan Android adalah untuk mengembangkan sebuah sistem operasi canggih yang diperuntukkan bagi kamera digital. dan Chris White (kepala desain dan pengembangan antarmuka WebTV) untuk mengembangkan "perangkat seluler pintar yang lebih sadar akan lokasi dan preferensi penggunanya". pengembang Android menawarkan kemampuan untuk membangun aplikasi yang sangat kaya dan inovatif. Dengan menyediakan sebuah platform pengembangan yang terbuka. browser. Serangkaian aplikasi inti Android antara lain klien email. Pengembang bebas untuk mengambil keuntungan dari perangkat keras. dan pengembangan Android lalu dialihkan bagi pasar telepon pintar untuk menyaingi Symbian dan Windows Mobile (iPhone Apple belum dirilis pada saat itu). kalender. Google dan beberapa perusahaan yang tergabung dalam Open Handst Alliance (Inte. peta. akses informasi lokasi.3. namun kemudian disadari bahwa pasar untuk perangkat tersebut tidak cukup besar.Texas Instrument) mengembangkan sistem Android dan resmi menjadi Open-Source. Inc. Android Inc. program SMS. Nvidia.Pada tahun 2007. Meskipun para pengembang Android adalah pakar-pakar teknologi yang berpengalaman.2 Sistem Operasi Android Android adalah software untuk perangkat mobile yang mencakup sistem operasi. middleware dan aplikasi kunci. menjalankan 11 . Pengembangan aplikasi pada platform Android menggunakan bahasa pemrograman Java. Nick Sears (mantan VP T-Mobile). hanya diungkapkan bahwa para pengembang sedang menciptakan sebuah perangkat lunak yang diperuntukkan bagi telepon seluler Pada tahun 2005. dan lain-lain. kontak. Google mengakuisisi perusahaan ini sehingga industri IT ketika itu beranggapan akan muncul istilah gPhone dengan langkah Google tersebut. (Muhammad Ichwan : 2013) 2. dioperasikan secara diam-diam. Rich Miner (pendiri Wildfire Communications.2003 oleh Andy Rubin (pendiri Danger).).

1 (Eclair) 5.6 untuk layanan sistem inti seperti keamanan.3 Versi Android Android adalah sistem operasi berbasis Linux yang mencakup sistem operasi.2 (Froyo) 6. (Sutan. tambahkan pemberitahuan ke status bar.0 Ice Cream Sandwich 9. Android v4. yang memberikan layanan pemetaan berbasis web. antara lain: 1. dan aplikasi.3 (Gingerbread) 7. Android Versi 1. Serta menyediakan platform terbuka bagi pengembang menciptakan aplikasi baru. (Nazrudddin Safaaat : 2011) Hingga saat ini. terdapat beberapa versi dari sistem operasi Android. Yopa : 2011) 2. Android Versi 2.6 (Donut) 4. Android Versi 1. Android bergantung pada versi Linux 2. Android Versi 2. Google Maps API adalah suatu library yang berbentuk javascript yang berguna untuk 12 .background services. dan model driver. dan banyak lagi. mengatur alarm. Google Maps bersifat server side.5 (Cupcake) 3.0/2.4 Google Maps Google Maps adalah layanan pemetaan berbasis web service yang disediakan oleh Google dan bersifat gratis. Android Versi 1. middleware. manajemen proses.3. manajemen memori.0 (Honeycomb) 8.1 2. yaitu peta yang tersimpan pada server Google dapat dimanfaatkan oleh pengguna. Kernel juga bertindak sebagai lapisan abstraksi antara hardware dan seluruh software stack. Android Versi 2. Android Versi 3. network stack. Android Jellybean (Alfa : 2013) 2.

5. Memiliki akurasi penghitungan yang tinggi. Untuk membangun aplikasi yang memanfaatkan Google Maps di desktop dan mobile device. dan lain-lain. Keuntungan Menggunakan GPS 1. karena sudah dilengkapi dengan beberapa tombol navigasi dan pilihan menu secara cepat. mengetahui peredaran bulan dan matahari. 2. mengetahui terbit dan terbenamnya matahari. Jenis GPS ini juga bisa digunakan untuk berbagai keperluan seperti untuk survey. Dapat melakukan pencarian suatu tempat dengan cepat. Dapat melakukan pemetaan pada daerah yang luas. peta tersebut dapat digunakan dalam aplikasi atau situs. 6. Memudahkan kita dalam bernavigasi di tempat yang terisolasi. maka akan digunakan Google Maps Javascript API v3 yang lebih cepat dari versi sebelumnya Google MAPS API adalah kumpulan layanan pembuatan peta dinamis ataupun statis yang dibuat oleh Google. memprediksi banyaknya ikan disuatu lokasi. 13 . 3. Pengenalan Alat Garmin GPSMAP 60 CSx merupakan suatu alat yang paling banyak dipakai di indonesia karena tingkat keakuratannya dalam menentukan posisi yakni dengan toleransi antara 5 sampai 15 meter (dengan asumsi mendapatkan lebih dari 3 sinyal satelit). 2.1.5.memodifikasi peta yang ada di Google Maps sesuai kebutuhan. 4. Penggunaan Garmin GPSMAP 60 CSx sangat mudah. Dapat beroperasi di malam hari. Dapat melakukan pemetaan dengan cepat sehingga sangat efektif dan efisien. ( Alfa : 2013 ). 2. 5.

Kesalahan ini dapat dieliminir salah satunya dengan menggunakan teknik differensing data. Tergantung pada satelit. 3. Tergantung pada sumber listrik.2.5. apabila sinyal yang ada kurang GPS bekerja kurang maksimal. 2. 14 .2 Kerugian Menggunakan GPS 1. Terdapat beberapa kesalahan komponen sistem yang akan mempengaruhi ketelitian hasil posisi yang diperoleh.

BAB III METODOLOGI PENELITIAN JURUSAN TEKNIK PERKAPALAN POLITEKNIK NEGERI BENGKALIS T.A 2016 .

Berikut adalah diagram alir dari perencanaan pembuatan rute pelayaran ini.BAB III METODOLOGI PENELITIAN Pada bab ini akan dijelaskan mengenai metodologi yang digunakan dalam pelaksanaan perencanaan ini. STAR IDENTIFIKASI MASALAH PENGUMPULAN DATA DAN INFORMASI STUDI LITERATUR SURVEY PENGOLAHAN DATA RANCANGAN RUTE APAKAH TRIAL BERHASIL DILAKSANAKAN ? YA KESIMPULAN DAN SARAN MENYUSUN LAPORAN SELESAI Gambar 3. dimana hasil akhirnya adalah berupa pemanfaatan Gps sebagai pembuatan rute pelayaran nelayan Diperairan selat melaka.1 Diagram Alir 15 TIDAK .

Dengan cara survey kelapangan langsung sehingga menemukan masalah yang akan dibahas. Atau memerinci masalah sehingga dapat diketahui dengan jelas.hal yang berhubungan dengan penelitian. 16 . Identifikasi Masalah Langkah pertama yang harus dilakukan dalam penelitian ini adalah merumuskan permasalahan yang ada sehingga hasilnya tidak keluar dari alur penelitian.3. 3.3. yang nantinya akan dijadikan sebagai pedoman untuk membuat laporan. maka penelitian dapat dilanjutkan tetapi jika data yang didapatkan tidak atau belum cukup.1 Studi Literatur Pada tahap ini akan dilakukan studi terhadap literatur-literatur yang berhubungan dengan cara pembuatan rute pelayaran. maka proses pengumpulan data harus dilakukan lagi.2. Dan juga informasi dari studi literatur. 3. Perumusan masalah ini dapat dilihat pada bab I. Pengolahan Data Pada tahap ini dilakukan pengolahan data yang bertujuan untuk melihat apakah data yang telah dikumpulkan sebelumnya sudah cukup atau belum.1. Bila ada yang didapat sudah cukup.2 Survey Pada tahap ini akan dilakukan survey kelapangan yaitu melakukan pembagian kuesioner kepada nelayan yang berisi pertanyaan . Pengumpulan Data Dan Informasi Langkah ini dimaksudkan untuk mengetahui hal-hal penting yang berhubungan dengan penelitian untuk dijadikan sebagai masukan.2. 3.pertanyaan mengenai hal . 3.2.

Perancangan Rute Tujuan dari perancangan rute ini adalah mengenai gambaran membuat rute nelayan dari titik atau tempat keberangkatan nelayan sampai titik atau tempat penangkapan ikan yang akan dibuat atau yang akan diaplikasikan di Map Source. 3.6. Pada tahap ini melakukan perancangan program dimana nantinya akan menentukan hasil akhir dari aplikasi yang telah dibuat. Kesimpulan Dan Saran Tahap akhir dari kesimpulan ini adalah menarik kesimpulan berdasarkan hasil pengolahan data dan analisisi serta saran saran sebagai usulan perbaikan terhadap pembuatan laporan. 3. hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah project yang dibuat dapat menjalankan fungsi-fungsinya sesuai dengan rancangan apakah tidak. Apakah Trial Berhasil Dilaksanakan ? Langkah berikutnya adalah menguji project yang telah dibuat dengan cara mengikuti nelayan berlayar dari tempat keberangkatan nelayan sampai tempat penangkapan ikan. 17 .4.5.3. serta membuat dokumentasi.

BAB IV HASIL PERANCANGAN DAN ANALISA JURUSAN TEKNIK PERKAPALAN POLITEKNIK NEGERI BENGKALIS T.A 2016 .

1. Gambar 4. Seperti yang dijelaskan pada gambar 4. Gambar 4. Tampilan Map Source 18 .1. Waypoint o Pertama kita lakukan yaitu membuka aplikasi Map Source pada computer. Bisa dilihat salah satu contoh waypoint pada gambar 4.1 Perancangan Rute Perancangan rute disini mengolah data-data waypoint pada komputer yang akhirnya akan dijadikan Rute pelayaran dari tempat keberangkatan nelayan sampai tempat penangkapan ikan.2.BAB IV HASIL PERANCANGAN DAN ANALISA 4.2.

4.3. Setelah titik koordinat dimasukkan klik show on map.o Selanjutnya klik Waypoint Tool untuk menampilkan menu Waypoint Properties untuk memasukan titik koordinat. Gambar 4. Seperti yang dijelaskan pada gambar 4.4. Seperti yang dijelaskan pada gambar 4. klik ok. Tampilan Menu Waypoint 19 .3. symbol dan juga position. Gambar 4. Tampilan Menu Waypoint Tool o Di waypoint properties ini bisa kita atur nama.

5.6.6. Gambar 4.5. Route 20 .o Tampilan titik koordinat dalam rute setelah dimasukkan titik position seperti dijelaskan pada gambar 4. Gambar 4. Tampilan titik koordinat o Selanjutnya hanya menggulangi dari proses pertama sampai akhir dengan memasukkan titik koordinat atau position yang lain seperti dijelaskan pada gambar 4.

Seperti dijelaskan pada gambar 4. Tampilan Send To Device o Data siap diolah dalam Gps Map 60 Csx dan digunakan untuk Tracking. Gambar 4. o Buka software mapsource pada computer/PC o Pilih menu – Send To Device o Tunggu respon dari computer/PC Setelah masuk program MapSource klik Send To Device > klik find device > tunggu beberapa saat > receive.4. 21 .2 Input Data Map Source ke Gps Map 60csx Mengolah atau menginput Data Map Source ke Gps Map 60csx pada komputer yang pertama kita lakukan yaitu membuka aplikasi Map Source pada computer .7.7. o Pasang perangkat / kabel data GPS pada socket USB computer dan socket kabel data pada GPS.

3. Gambar 4.8. Pilih ikon track tekan tombol “Enter”. Tekan tombol “Save” lalu klik “Yes”. Untuk memulai aktifkan track log “On”. Gambar 4. 5. Tekan tombol “Clear” untuk menghapus data track sebelumnya. Tampilan Menu Utama 2.4. 4. Tekan tombol “Menu” dua kali untuk membuka menu utama.9.3 Tracking Dan Waypoint Menggunakan Gps Map 60Csx 1. Tampilan Tracks 22 .

Untuk mengakhiri tracking. Gambar 4. Lebih efesiensi.10. dengan rute yang ditawarkan. non aktifkan Track Log menjadi Off. Tekan tombol “Map” secara otomatis GPS merekam pergerakan kita. 4. Untuk membuat waypoint tekan tombol “Mark” dan beri nama waypoint lalu tekan “Save”. 7. semangkin dekat jarak penangkapan ikan dengan titik penangkapan sebelumnya maka akan mengurangi biaya oprasional nelayan. Rute Nelayan 23 .6. dengan perbandingan jarak dan waktu berlayar. 8.4 Hasil Perancangan Rute Nelayan : Hasil Perancangan Rute Nelayan disini adalah untuk meminimalisirkan biaya operasional nelayan dalam berlayar menangkap ikan.

4.292467 102.292367 102.562233 1.294296 102.292403 102.297854 102.296217 102.292585 102.294162 102.4.293746 102.295449 102.1.292925 102. Titik Koordinat Rute Pertama No 1 Gambar Rute Pertama Titik Koordinat Garis Lintang Garis Bujur 1.565042 1.294786 102.580629 1.572348 1.291893 102.569797 1.292499 102.560839 1.583425 1.292982 102.574940 1.1.588254 1.582046 1.577595 1. Hasil Perancangan Rute Pertama Tabel 4.587436 1.298940 24 .568239 1.578550 1.298321 102.566502 1.292493 102.298874 102.586512 1.563623 1.551660 1.293232 102.588490 102.559875 1.292598 102.570919 1.

56381 1.57375 1.57301 1.2.291867 102.557963 1.291994 102.29223 102.29221 102.56371 1.55974 1.29213 102.4.553929 1.290945 102.553303 1.291856 102.290851 25 .290921 102.290915 102.29221 102.291891 102.2.56473 1.575206 1.576402 1.290978 102.553438 1.56782 1.29214 102. Hasil Perancangan Rute Kedua Tabel 4.575819 1.29211 102.291072 102.56889 1.291924 102.56692 1.574667 1.56994 1.291811 102.29203 102.554592 1.557096 1.29184 102.291873 102.29162 102.29129 102.292103 102.576824 102.552990 1.555901 1.292288 102.29223 102.29219 102.291811 102.56178 1.559057 1.57107 1.29228 102. Titik Koordinat Rute Kedua No 2 Gambar Rute Kedua Titik Koordinat Garis Lintang Garis Bujur 1.29218 102.56086 1.56276 1.29219 102.57217 1.4.556398 1.574213 1.555319 1.291861 102.

29179 102.55908 1.57498 1. Hasil Perancangan Rute Ketiga Tabel 4.4.57744 1.58850 102.3.57968 1.56190 1.29245 102.55259 1.55407 1. Titik Koordinat Rute Ketiga No 3 Gambar Rute Ketiga Titik Koordinat Garis Lintang Garis Bujur 1.55348 1.29331 102.29642 102.29230 102.55710 1.29418 102.29190 102.29197 102.55518 1.56963 1.29228 102.58618 1.58394 1.29181 102.29375 102.56566 1.4.29765 102.55182 1.29281 102.29217 102.58185 1.29186 102.29895 26 .29534 102.29245 102.3.57281 1.55630 1.29433 102.

Jarak Yang Ditempuh 1.28 Mile Laut = 4. Menghabiskan BBM Sekitar 0.24 Liter/Jam.31 Jam 1 Pertama V = S/T V = 4.64 Liter/Jam 1 Jam Menghabiskan 4 Liter Dengan Jarak 1.16 Jam 2 Kedua V= S/T V = 2.Table 4. Menghabiskan BBM Sekitar 1.16 Jam V = 16.24 Liter/Jam 1 Jam Menghabiskan 4 Liter Dengan Jarak 2.8 Km/Jam 0.31 Jam V = 13.44 Mile Laut = 2.31 Jam x 4 Liter = 1. 27 .64 Liter/Jam.22 Km 19 Menit / 60 Menit = 0.22 Km / 0.7 Km 10 Menit / 60 Menit = 0.6 Km/Jam 0.7 Km / 0.4 Hasil Perancangan Rute No Rute Hasil Jarak Yang Ditempuh Jarak Yang Ditempuh 2.16 Jam x 4 Liter = 0.44 Mile.28 Mile.

14 Km T = S/V T = 4.3 Jam V = 14 Km/Jam Ketiga 0.24 Mile.24 Mile = 4. Menghabiskan BBM Sekitar 1. Menghabiskan BBM Sekitar 1.3 Jam 3 V=S/T V = 4.27 Mile = 4.30 Jam x 4 Liter = 1.2 Liter/Jam 28 . Hasil Perencanaan Rute Nelayan Yang Ditawarkan No 1 Rute Pertama Hasil Jarak Yang Ditempuh Jarak Yang Ditempuh 2. Tabel 4.3 Jam x 4 Liter = 1.14 Km/ 13.2 Liter/Jam.20 Km/ 0.No Rute Hasil Jarak Yang Ditempuh Jarak Yang Ditempuh 2.5.2 Liter/Jam 1 Jam Menghabiskan 4 Liter Dengan Jarak 2.6 Km/Jam T = 0.2 Liter/Jam 1 Jam Menghabiskan 4 Liter Dengan Jarak 2.30 Jam 0.20 Km 18 Menit / 60 Menit = 0.27 Mile.

No Rute 2 Kedua Hasil Jarak Yang Ditempuh Jarak Yang Ditempuh 1.15 Jam x 4 Liter = 0.8 Km/Jam T = 0.12 Km T = S/V T = 4.6 Km T = S/V T = 2.15 Jam 0.23 Mile.4 Mile = 2. Menghabiskan Bbm Sekitar 1.6 Liter/Jam 3 Ketiga Jarak Yang Ditempuh 2.23 Mile = 4.29 Jam x 4 Liter = 1.29 Jam 0.12 Km / 14 Km/Jam T = 0.6 Km/ 16.4 Mile.16 Liter/Jam 29 .6 Liter/Jam 1 Jam Menghabiskan 4 Liter Dengan Jarak 1. Menghabiskan BBM Sekitar 0.16 Liter/Jam 1 Jam Menghabiskan 4 Liter Dengan Jarak 2.

24 Rute I Yang Ditawarkan 4.31 Liter 4 Liter/Jam 1.11 Rute I Tabel 4.6 0.6. Perhitugan Rute I No Rute Jarak Tempuh (S) Waktu (t) BBM dalam 1 jam Hasil Pemakaian Bbm ( t x bbm dalam 1 jam ) Satuan Rute I Km 4.2 Gambar Grafik 4.Tabel 4.7 Jam 0.22 Jam 0. Perhitugan Rute II No Rute Satuan Rute II Rute II Yang Ditawarkan Jarak Tempuh (S) Waktu (t) BBM dalam 1 jam Hasil Pemakaian Bbm ( t x bbm dalam 1 jam ) Km 2.16 Liter 4 Liter/Jam 0.7.30 4 1.64 2.6 30 .14 0.15 4 0.

3 BBM dalam 1 jam Liter 4 0.16 Gambar Grafik 4.20 4.8.Gambar Grafik 4.13 Rute III 31 .2 1.29 4 Waktu (t) Hasil Pemakaian Bbm ( t x bbm dalam 1 jam ) Liter/Jam 1.12 Rute II Tabel 4.12 Jam 0. Perhitugan Rute III No Rute Satuan Rute III Rute III Yang Ditawarkan Jarak Tempuh (S) Km 4.

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN JURUSAN TEKNIK PERKAPALAN POLITEKNIK NEGERI BENGKALIS T.A 2016 .

1. yang kita dapatkan pada survey lapangan dan juga untuk pemberian nama sebagai contoh kita beri nama “titik awal” serta symbol dari tampilan gambar titik koordinat tersebut selanjutnya hanya menggulangi dari proses pertama sampai akhir dengan memasukkan titik koordinat atau position yang lain dengan titik koordinat Garis Lintang Dan garis Bujur : (1.565042 N : 102.559875 N : 102.291893 E) (1.560839 N : 102.563623 N : 102.BAB V KESIMPULAN DAN SARAN 5.292367 E) (1.292499 E) (1.551660 N : 102. Berdasarkan percobaan survey kelapangan dalam pengambilan titik koordinat pada smartphone android ini menggunakan aplikasi My Gps Coordinat yaitu aplikasi untuk mendapatkan suatu titik koordinat suatu tempat dengan cara mengaktifkan layanan lokasi dismartphone selanjutnya kita buka aplikasi My Gps Coordinat dan tunggu beberapa detik untuk melihat titik koordinat tersebut salah satu hasil dari survey tersebut yaitu Garis Lintang : 1.291893. dari tempat keberangkatan sampai tempat penangkapan ikan maka dapat diambil kesimpulan : 1.566502 N : 102. dan garis Bujur : 102.291893 E.292493 E) (1.292585 E) 32 . 2.551660 dan garis Bujur : 102.292467 E) (1.551660 N.292403 E) (1. Dari hasil perancangan Rute pelayaran nelayan dari tempat keberangkatan kapal sampai penangkapan ikan ini menggunakan Program Map Source yang lebih mudah untuk memahami cara perancangan rute pelayaran kita buka terlebih dahulu program Map Source selanjutnya klik Waypoint Tool untuk menampilkan menu Waypoint Properties yang berfungsi untuk memasukan titik koordinat salah satu contoh Garis Lintang : 1.562233 N : 102. Kesimpulan Dari hasil pembahasan tentang Perancangan rute pelayaran nelayan diperairan selat Melaka.

292925 E) (1.569797 N : 102.577595 N : 102.294296 E) (1. Setelah mendapatkan waktu (0.583425 N : 102. Jadi untuk mencari T (waktu).297854 E) (1.298321 E) (1.6 Km/Jam. Dari hasil perancangan rute pelayaran yang ditawarkan kepada para nelayan agar lebih ekonomis dari titik keberangkatan sampai titik tujuan penangkapan ikan ini Menggunakan program MapSource dengan membuka rute pertama kedua dan rute ketiga bisa kita lihat pada penjelasan Gambar 4. Dari hasil perhitungan presentase perbandingan Bahan Bakar Minyak untuk rute pelayaran pertama menghabiskan Bahan Bakar Minyak sekitar 1.2 Liter/Jam.14 Km.568239 N : 102. 3.294162 E) (1.10. S 33 .588254 N : 102. Dapat hasilnya yaitu 0.298874 E) (1.588490 N : 102.24 Mile Laut = 4. 4.292598 E) (1.31Jam) maka dibagi dengan 4 Liter = 1. Jadi sudah kita ketahui semuanya maka rumus untuk mencari BBM yaitu : Lama waktu tempuh berlayar (Jam) dikalikan 4 Liter.295449 E) (1. Rute Nelayan selanjutnya dari titik keberangkatan rute pertama kedua dan rute ketiga diberikan garis lurus sampai titik tujuan penangkapan ikan tersebut. Untuk mencari dari 19 menit berapa jam.22 Km.582046 N : 102.6 Km/Jam.570919 N : 102.24 Liter/Jam.1.296217 E) (1.294786 E) (1.574940 N : 102. Untuk rute yang ditawarkan kepada para nelayan diketahui S (jarak) : 2.293746 E) (1. maka dibagi dengan 60 menit karena dalam 1 jam = 60 menit.31 jam.578550 N : 102. T (waktu) : 19 Menit.28 Mile Laut = 4.580629 N : 102. V (kecepatan) : 13.298940 E) Bisa kita lihat pada penjelasan tabel 4. Untuk mencari kecepatan S/T = 13. Dengan rute pertama diketahui S (jarak) : 2.586512 N : 102.587436 N : 102. Titik Koordinat Rute Pertama.292982 E) (1.293232 E) (1.572348 N : 102. Dengan keterangan dalam 1 Jam berlayar Menghabiskan 4 liter Bahan Bakar Minyak.24 Liter/Jam dan rute yang ditawarkan kepada para nelayan Menghabiskan Bahan Bakar Minyak sekitar 1.(1.

30 Jam) maka dikalikan 4 Liter = 1. setidaknya kita mencari nelayan yang mempunyai alat navigasi Gps. 5. 2.2 Liter/Jam.14 Km) / V (13.6 Km/Jam) = 0.2. Saran Untuk pengembangan lebih lanjut maka penulis memberikan saran .(4. Pada pengembangan lebih lanjut. untuk pengambilan data dari survey kelaut. 34 . Dalam perencanaan rute harus teliti dalam memasukan titik koordinat dari hasil data survey kelapangan agar tidak terjadi kesalahan rute.30 Jam. Jadi lebih memaksimalkan kita untuk pengambilan data survey. Setelah mendapatkan waktu tempuh (0. yaitu : 1.

2013. o Alfa. o Andi. H.wordpress. o Abidin. Jakarta. 2013. PT Paramita o Billy.go.wordpress.com/2013/07/05/makalah-sistem-operasi-padaandroid/ o Muhammad Ichwan.Z. Jakarta. Bandung o Sutan. PT Pradnya Paramita. Jakarta. Alat Navigasi Kapal.html o Https://www.bengkalis.Z.id/2011/10/alatnavigasi-kapal-dan-alat-komunikasi. Survei Dengan GPS.id o https://egapurnamasari. . PT Pradnya Paramita. INFORMATIKA. Sistem opeasi android. Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. H. Jakarta. Penentuan Posisi dengan GPS dan Aplikasinya. Bandung. o Edy Winarno. Bandung. 1995. Cara Satelit Menetukan Posisi Lokasi. Jakarta. o http://kumpulanartikelkelautandanperikanan. Sejarah pengembangan android. 2011. Informatika. o Nazruddin Safaat. 2007.co.com/2014/06/15/sejarah-gps/ o https://fzrusman. PT Pramita o Supriyono.DAFTAR PUSTAKA o Abidin. 2011. 2011. 2013 sistem operasi android.blogspot. H. Pengertian GPS (Global Positioning System) Jakarta. 2000. Pemograman aplikasi versi android. yopa. 2013. Jakarta.

LAMPIRAN JURUSAN TEKNIK PERKAPALAN POLITEKNIK NEGERI BENGKALIS T.A 2016 .

.

.

.

LAMPIRAN TITIK KOORDINAT RUTE PERTAMA .

.

.

.

LAMPIRAN TITIK KOORDINAT RUTE KEDUA .

.

.

LAMPIRAN TITIK KOORDINAT RUTE KETIGA .

.

.

.

.

Gambar 4.10. Rute Nelayan .

Bengkalis Sumber : Google Map .Gambar. Lokasi Daerah Penangkapan Ikan Nelayan Kab.

Gambar. Lokasi Tempat Penagkapan Ikan ( Sumber : Dokumentasi ) .

dan pemakaian yang lama dan berkelanjutan.68 knot – 17.9 kw (8ps) @5000 r/m = 1 Cylinder – 2 Tak / Stroke (outboard) = External Fuel Tank – 24L = Bensin / Gasoline = 1 Carburetor = 4 litres per hour = r/m = Forward – Netral – Reverse = Estimated Speed = 10~15 mph or 8. sangat cocok digunakan sebagai sarana transportasi. Tenaga Max Prop Shaft Output Engine Type Fuel Tank Jenis Bahan Bakar Fuel/Induction System Fuel Consumption Full throttle rpm range Gear Shift Gear Ratio Propeller Pitch Size Compression Ratio Displacement Shaft Length Exhaust Operation Method Trim & Tilt Method Starting System Ignition System Spark Plug Lubrication Cooling System Propeller Material = 8 hp / pk = 5.Gambar : Mesin Tempel Perahu Yamaha E8DMHS / E8DMHL 2 Stroke Outboard Motors Keterangan Lengkap : Mesin Enduro – yang berarti bisa digunakan untuk penggunaan sehari-hari dalam kondisi yang ekstrem.36 knot = 7″ = 6.8 = 165 cc = Medium – 17″ = Above Prop = Tiller handle = Manual Tilt = Manual Choke = CDI = B7HS10 = Pre Mixing = Forced Water = Aluminum . operasional perusahaan sehari-hari. nelayan.