You are on page 1of 23

Halaman 1

700
The Journal of Practice keluarga | Desember 2013 | Vol 62, no 12
Leanne Zakrzewski, MD;
Daniel T. Lee, MD
Kaiser Permanente, Culver
Marina Kantor Medis,
Los Angeles, California
(Dr. Zakrzewski); Keluarga
Divisi obat, David
Geffen School of Medicine
di University of California,
Los Angeles, California (Dr. Lee)
Leanne.m.zakrzewski @
kp.org
Para penulis melaporkan tidak ada
potensi konflik kepentingan
relevan dengan artikel ini.
Sebuah pendekatan algoritmik untuk
otitis media dengan efusi
Bagaimana Anda melanjutkan akan tergantung pada risiko atau kehadiran
pidato terkait, bahasa, dan penundaan belajar dan
keparahan gangguan pendengaran.
KASUS u ibu membawa anaknya 3 tahun untuk biasa
memeriksa. hanya keprihatinannya adalah bahwa selama 2 minggu terakhir, dia
belum tidur sepanjang malam. Dia menunjukkan bahwa

masalah tidur dimulai setelah ia didiagnosis dengan dan
dirawat karena infeksi telinga. untungnya, ini tidak mempengaruhi nya
kegiatan sehari-hari atau energi, katanya.
Nafsu makan anak yang baik dan ia berbicara dengan jelas, di 5-kata
kalimat. ia bertemu tahap perkembangan, dan
muncul baik-duduk di pangkuan ibunya dan bermain dengan dia
smartphone. kepala, mata, telinga, hidung, dan ujian tenggorokannya hanya
muncul cairan di belakang membran timpani kirinya, yang tidak
merah atau menggembung. Membran yang tepat muncul normal, dan dia
tidak memiliki limfadenopati servikal. Sisa ujian nya ataumal. bagaimana Anda akan mengelola pasien seperti ini?
"Lem telinga" sering tanpa gejala
Otitis media dengan efusi (OME) didefinisikan sebagai telinga tengah effusi (MEE) dengan tidak adanya tanda-tanda infeksi akut. Dalam anak
anak, OME-juga disebut sebagai "lem telinga" -sebagian sering muncul
setelah otitis media akut (AOM). Pada orang dewasa, itu sering terjadi di association dengan disfungsi tuba eustachius, meskipun OME adalah
diagnosis terpisah. (Untuk mempelajari lebih lanjut, lihat "Bagaimana OME di
orang dewasa? "
1,2
di sebelah kanan.)
Para ahli telah menemukan sulit untuk menentukan di- tepat
cidence dari OME karena sering tanpa gejala. sebagai tambahan,
banyak kasus cepat menyelesaikan sendiri, sehingga menantang
untuk mendiagnosa. Sebuah studi prospektif 2-tahun 2 sampai 6 pra-tahun
sekolah dasar mengungkapkan bahwa MEE, didiagnosis melalui otoscopy bulanan

terjadi setidaknya sekali dalam 53% dari anak anak pada tahun pertama dan di 61% dari anak-anak di kedua tahun. Praktek Rekomendasi > Lakukan tes pendengaran ketika otitis media dengan effusion hadir selama 3 bulan atau lebih. atau gangguan pendengaran yang signifikan. atau setiap kali Anda menduga penundaan bahasa. masalah belajar.dan timpanometri. C > Gunakan hasil Tes pendengaran untuk membimbing manusiakeputusan pengelolaan. 4 Dalam 25% dari anak-anak ditemukan memiliki MEE gigih. para peneliti mencatat pemulihan spontan setelah rata-rata 2 bulan. C Kekuatan rekomendasi (Sor) Baik kualitas pasien berorientasi . 3 Studi kedua diikuti 7-year-olds bulanan selama satu tahun andfounda31% incidenceofMEEusingtympanometry.

bukti Berkualitas terbatas tidak konsisten atau Bukti pasien berorientasi Konsensus. susu botol. penyakit-berorientasi bukti. pendapat. 6 Etiologi tetap sulit dipahami Faktor risiko untuk anak-anak termasuk keluarga sejarah OME. praktek yang biasa. Hal ini lebih prevalent di musim dingin daripada musim panas. tetapi prevalensi OME bervariasi dengan usia dan waktu tahun. no 12 | Desember 2013 | The Journal of Practice keluarga Kami percaya bahwa hampir semua anak memiliki mengalami satu episode OME oleh usia 3 tahun. 5 OME lebih sering terjadi pada anak-anak Kaukasia dari pada anak-anak Afrika Amerika atau Asia. serangkaian kasus SEBUAH B C Halaman 2 701 JfPonline. penitipan di- .com Vol 62.

dan sejarah pribadi alergi. Kontribusi alergi terhadap Ome di anak tetap agak kontroversial. . dan 24%. namun. Streptococcus pneumoniae.tendance. 7. Eksudat inflamasi atau infiltrasi neutrofil tion jarang dalam cairan. dan Moraxella catarrhalis. 10-12 Patogen yang umum ditemukan termasuk non typeable Haemophilus influenza. dan bahwa efusi steril. studi terbaru telah menunjukkan bahwa biofilm terbentuk oleh otopathogens bakteri dalam efusi. misalnya. masing-masing. paparan asap tembakau. setelah AOM. asma.8 Satu studi dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa mewarisi kelainan struktur telinga tengah dan tuba eustachius mungkin memainkan peran juga. 9 Beberapa telah menyarankan bahwa efusi dari OME pada anak-anak hasil dari peradangan kronis tion. dan eksim di 89%. 36%. Namun. SEBUAH retrospektif dari king Inggris dom dari 209 anak-anak dengan OME menemukan history rhinitis alergi.

Orangtua juga cenderung melaporkan bahwa anak mengalami tidur gangguan. 14. Sementara bayi tidak dapat mengungkapkan gangguan pendengaran. Gastroesophageal reflux mungkin juga terkait dengan OME pada anak-anak. Jika pasien memiliki tanda-tanda klinis dari penyakit akut. 16 z Vertigo dapat terjadi dengan Ome. termasuk demam dan gota timpani eritematosa brane.13 Namun.15 Carilah tanda-tanda dan gejala-gejala ini OME sering tanpa gejala. Studi mengukur konsentrasi peptida dosa dan pepsinogen dalam cairan telinga tengah memiliki memberikan hasil yang bertentangan. Penelitian ini dilakukan di sebuah klinik alergi. penting untuk mengevaluasi lain menyebabkan. Namun. orang tua dapat mendeteksi ketika mengamati dan interacting dengan anak. dan adalah mungkin bahwa data dari klinik populasi pasien khusus tidak generalizable. OME dapat hadir dengan gangguan pendengaran atau rasa penuh di telinga. .

atau . namun ome juga terlihat dalam hubungan dengan alergi. Diagnosis bergantung pada otoscopy pneumatik Pada pemeriksaan fisik. Pemeriksaan otoscopic mengungkapkan cairan di belakang timpani normal atau ditarik membran. infeksi saluran pernapasan atas pendahuluan. kemungkinan terjadi pada sebagian kecil dari orang dewasa setiap tahun. meskipun ada kekurangan data tentang otitis media onset dewasa dengan efusi (Ome). Sebuah subkomite terdiri dari gota bers dari American Academy of Pediatrics. disfungsi tuba eustachius adalah considered faktor predisposisi. Cairan ini sering jelas atau kuning ish dalam warna. tetapi dokter juga perlu mempertimbangkan diagnosis pada orang dewasa pasien. American Academy of Family Physicians. Anak yang lebih tua atau orang dewasa dengan vertigo mungkin mengatakan bahwa rasanya seperti ruangan adalah berputar. pada populasi pasien ini.almeskipun tidak sering. dan American Academy of OtolaryngologyBedah Kepala dan Leher (AAP / AAFP / Bagaimana OME pada orang dewasa? itu orang tua jarang yang tidak harus mengatasi telinga anak infeksi. Mungkin memanifestasikan dirinya jika anak tersandung atau jatuh. pasien mungkin akan dinyatakan pir juga.

pasien sehingga sebagian dewasa tanpa gejala sisa dapat diamati selama periode waktu tanpa intervensi yang signifikan. 1 merujuk orang dewasa mengeluh telinga penuh dengan gangguan pendengaran dan / atau membran timpani buram pada ujian untuk timpanometri dengan hadirin pengujian ometry. jika gangguan pendengaran sensorineural dicatat pada audiometri pengujian. perjalanan terakhir pesawat. meskipun ada kekurangan Data menunjukkan khasiat. Halaman 3 702 The Journal of Practice keluarga | Desember 2013 | Vol 62. 2 tambahan.barotrauma (misalnya. antihistamin. no 12 AAOHNS) menerbitkan praktek klinis . Mayoritas kasus ome dewasa akan diri mengatasi selama sekitar 12 minggu. Sejak disfungsi tuba eustachius sering menyebabkan Ome. ome persisten (> 3 bulan durasi) dalam waran dewasa rujukan untuk evaluasi patologi nasofaring. bertujuan pengobatan di saat diperlukan. dekongestan lisan. atau eksaserbasi gejala alergi. perjalanan pesawat). rujukan segera ke otolaryngologist dijamin mengevaluasi lesi retrocochlear. dan / atau steroid nasal dapat digunakan. meminta pasien dewasa tentang recurepisode sewa media akut otitis.

yang membran panik (hasil cairan di belakang membran). yang Ibu bertanya apakah ia membutuhkan antibiotik atau referendum yang RAL ke spesialis untuk mengobati ome nya. yang dapat mengungkapkan menurun atau gerakan absen dari tym. neneknya merokok di luar rumah ketika ia tinggaling dengan dia. setelah meninjau faktor-faktor risiko dengan ibu (termasuk pentingnya berhenti merokok untuk nenek). terutama ketika kehadiran MEE sulit untuk menentukan menggunakan pneumatik otoscopy. Tympanometry dan reflektometri akustik Etry juga dapat digunakan untuk membuat diagno. .pedoman pada tahun 2004 yang menggambarkan skr yang menyewa diagnosis dan pengelolaan anak antara 2 bulan dan 12 tahun dengan OME. KASUS u pada diskusi lebih lanjut dengan-pasien yang Ibu rawat. adalah utama diagnostik Metode yang direkomendasikan oleh pedoman. 17 Otoscopy pneumatik. Anda belajar bahwa anak itu pergi untuk penitipan 3 hari seminggu dan tetap dengan nya Nenek 2 hari seminggu.yang sis.

yang telah menunjukkan beberapa pendek manfaat jangka. Itu kebanyakan komplikasi signifikan dari OME adalah peryang permanen gangguan pendengaran konduktif. . namun tinnitus. OME sembuh tanpa intervensi medis. dijelaskan dalam "Jika Anda merekomendasikan autoinflation? " 17-19 di sebelah kiri. obat-obatan.) Tujuan dari manajemen untuk menyelesaikan efusi.Cara terbaik untuk pendekatan pengobatan Ada beberapa pilihan manajemen untuk memilih dari. (Pilihan lain. Sementara AAP / AAFP / AAOHNS pedoman merekomendasikan terhadap antibiotik rutin untuk OME. Pada kebanyakan pasien. dan / atau pembedahan. mengembalikan pendengaran normal (jika diminished sekunder untuk efusi). dan mencegah episode masa depan atau gejala sisa. autoinflation. kolesteatoma. Jika tindakan tambahan diperlukan. namun. termasuk menunggu waspada. z Obat. pilihan berikut mungkin dieksplorasi. atau mungkin juga timpanosklerosis terjadi.

22 Antihistamin. 20 Jika Anda menggunakan antibiotik. 95% CI.14 hari Tentu saja lebih disukai. -0. orang-orang untuk siapa rujukan spesialis atau operasi sedang dianggap).03-0. dan lisan . tapi kambuh efusi yang umum.17 itu tidak catatan bahwa kursus singkat dapat memberikan pendek Manfaat jangka panjang untuk beberapa pasien (misalnya.16. dan tidak ada manfaat yang signifikan tercatat melewati pertama bulan (RD = 0.06. tetapi tidak ada telah jelas terbukti memiliki signifikan keuntungan lebih dari yang lain.03 untuk 0.14 di 8 penelitian). 21. dekongestan. 0. amoxicillin-klavulanat dan seftibuten telah dievaluasi dalam uji klinis terpisah. 10. 17 Amoksisilin. Kepercayaan 95% internasional val [CI]. Sebuah meta-analisis terpisah menemukan bahwa antibiotics meningkatkan clearance efusi dalam bulan pertama setelah pengobatan (tingkat Perbedaan [RD] = 0.29 di 12 studi dianalisis).

bila dibandingkan dengan plasebo pada 2 minggu (Jumlah yang diperlukan untuk mengobati = 2. 1.01). Para peneliti melaporkan statistik peningkatan yang signifikan dalam hasil timpanometri pada anak-anak melakukan autoinflation. ulasan 2013 cochrane dari 8 studi dibandingkan bentuk autoinflation tanpa autoinflation pada orang dewasa dan anak-anak dengan ome dan menemukan peningkatan pasien tympanogram atau audiometri Hasil yang berlangsung lebih dari satu bulan (risiko relatif baikan ment = 1. proses membuka tuba eustachius oleh penggalangan ing tekanan intranasal (misalnya. tetapi tidak pada 3 bulan. 95% confidence interval [ci]. dengan pernafasan dipaksa dengan mulut tertutup dan hidung. P <. 17 Sebuah tinjauan Cochrane termasuk 16 studi menemukan bahwa anak-anak yang menerima anti histamines dan dekongestan tidak mungkin untuk melihat gejala mereka meningkat secara signifikan.50) 18 a.22-2. . percobaan plasebo-terkontrol acak dari anak-anak dengan Ome juga mengevaluasi efek autoinflation oleh bantuan mekanis pada tympanometry lebih dari 3 bulan. atau dengan Valsava dengan mulut tertutup dan hidung) mungkin bermanfaat dalam jangka pendek untuk otitis media dengan efusi (Ome).74. Jika Anda merekomendasikan autoinflation? autoinflation.dan kortikosteroid intranasal memiliki sedikit effect pada OME pada anak-anak dan tidak-rekomendasi diperbaiki.

merugikan fects dari obat 23 (Jumlah yang diperlukan untuk menyakiti = 9). Sebuah acak. P = . Anak-anak di amoksisilin + prednisolon lengan yang signifikan cantly lebih mungkin untuk membersihkan efusi mereka pada 2 minggu (jumlah yang diperlukan untuk mengobati = 6.03). Pada 4 bulan follow-up. double-blind trial pelibatannya ing 144 anak <9 tahun dengan OME selama minimal 2 bulan dievaluasi 4 rejimen melibatkan amoksisilin sendiri atau dalam combibangsa dengan prednisolon.19 Dengan demikian.merugikan yang signifikan fects. 17 Mengingat bahwa manuver ini gratis dan tanpa ef. tetapi tidak universal direkomendasikan di AAP / AAFP / aaohnS 2004 pedoman.12). mungkin layak dipertimbangkan dan dapat membantu beberapa pasien. ini teknik dapat membantu untuk anak-anak dengan ome dalam jangka pendek. . no 12 dan banyak pasien mengalami ef. tetapi tidak pada 4 minggu (P = . Halaman 4 704 The Journal of Practice keluarga | Desember 2013 | Vol 62.

ada intervensi di rumah dan di sekolah yang dapat membantu. berdasarkan tingkat sidang mencatat untuk dengar pendapat yang lebih baik ing telinga. bahasa. Anda dapat mengatur anak-anak dengan pendengaran kerugian ≤20 dB dan tanpa bicara. Hasil tes pendengaran dapat membantu menentukan bagaimana melanjutkan.sebuah gangguan pendengaran nifikan diduga pada anak dengan OME.2% dari mereka yang menerima amoksisilin + prednisolon dan mereka amoksisilin menerima saja. atau jika sewaktu-waktu keterlambatan bahasa. Ini termasuk speaking dekat anak.4% dan 69. Anak-anak dengan gangguan pendengaran dari 21 ke 39 dB dapat dikelola dengan menunggu waspada atau disebut untuk operasi. Jika menunggu waspada adalah dikejar. menghadapi anak ketika . ulang spectively (P = 0. atau masalah perkembangan dengan waspada menunggu.94). masalah belajar. 24 z Operasi-atau tidak? AAP / AAFP / AAOHNS pedoman merekomendasikan dokter melakukan pengujian pendengaran ketika OME adalah tekanan ent selama 3 bulan atau lebih.efusi telah terulang di 68. atau sig.

berbicara. Ketika gangguan pendengaran adalah ≥40 dB. atau total durasi setiap tingkat OME ≥12 bulan. unilateral OME ≥6 bulan. . 17 Indikasi lain untuk rujukan ke kelangsungan sebuah Geon untuk evaluasi tabung tympanostomy Penempatan termasuk situasi di mana ada aku s: • kerusakan struktural pada gota timpani brane atau telinga tengah (referral prompt direkomendasikan) • OME durasi ≥4 bulan dengan persisten tenda gangguan pendengaran (≥40 dB) atau tanda-tanda lain atau gejala yang berhubungan dengan efusi • OME bilateral untuk ≥3 bulan. Pertimbangkan pemeriksaan ulang dan pendengaran ulangi tes setiap 3 sampai 6 bulan sampai efusi telah diselesaikan atau anak mengembangkan gejala menunjukkan rujukan bedah. AAP / AAFP / AAOHNS pedoman merekomendasikan bahwa Anda membuat rujukan untuk evaluasi bedah ( Algoritma ). dan memberikan akomodasi di sekolah sehingga anak duduk dekat dengan guru.

17 Perlu diingat bahwa bukti abadi Manfaat (> 12 bulan) terbatas untuk operasi di kebanyakan pasien. 25 ) Tonsilektomi juga tidak muncul untuk mempengaruhi hasil dan tidak disarankan.kronis nusitis atau sumbatan hidung).17 Setiap keputusan mengenai operasi harus melibatkan otolaryngologist. . Si. Itu AAP / AAFP / AAOHNS pedoman merekomendasikan terhadap adenoidectomy pada anak-anak dengan persisten OME tanpa indikasi untuk prosedur selain OME (misalnya. perawatan primer penyedia.bedah dan risiko ic harus dipertimbangkan sebelum pindah maju. dan anesthet. dan pasien dan / atau keluarga. 17 z Ketika referral selalu dibutuhkan. 17 (Untuk lebih lanjut tentang bukti regarding operasi. lihat "Cochrane beratnya di atas tymtabung panostomy "di atas.

keterlambatan perkembangan. mendukung tabung penempatan. di samping itu. atau pembelajaran masalah ing (termasuk orang-orang dengan autisme gangguan spektrum.37 dB). Sementara anak-anak yang menerima tabung tympanostomy menghabiskan sedikit waktu dengan efusi selama tahun pertama pasca operasi. atau gangguan kraniofasial seperti sumbing) ke dokter spesialis. . didiagnosis pidato Down atau lan delay gauge.41dB.54 dB untuk 2. bahasa. 17 KASUS u Anda memberitahu ibu pasien muda Anda yang menunggu waspada sesuai ini titik.Terlepas dari status pendengaran. dan ome nya mungkin dimulai setelah Cochrane beratnya pada tabung tympanostomy 25 tahun 2010 Cochrane ulasan meneliti penggunaan tabung tympanostomy untuk gangguan pendengaran terkait dengan ome pada anak-anak. tidak ada yang signifikan efek pada 6 sampai 9 bulan tindak lanjut terlihat pada komprehensif atau perkembangan bahasa ekspresif pada anak-anak yang sehat. -1. keuntungan yang terlihat di pendengaran berkurang lebih dari 12 bulan (n = 147. 95% ci. segera merujuk anak-anak dengan berulang atau persisten OME yang beresiko pidato. berarti perbedaan = 0. karena otitis media akut nya hanya 2 minggu yang lalu. Sindrom.

Anda mengatakan padanya bahwa dia tidak perlu rujukan saat ini. md. tapi dia harus membawanya kembali 4 minggu untuk penilaian ulang. atau setiap pidato atau bahasa delay? Menunggu waspada. jika gangguan pendengaran berlanjut. Kaiser Permanente.org Algoritma Manajemen otitis media anak dengan efusi 17 Kerusakan struktural membran timpani atau telinga tengah. leanne. menilai kembali dalam 1-3 bulan onset ome Lakukan audiometri.m.Halaman 5 Otitis media dengan efusi 705 JfPonline. ca 90066.zakrzewski@kp. Mengingat bahwa pidatonya jelas dan dia dinyatakan memenuhi tonggak nya. no 12 | Desember 2013 | The Journal of Practice keluarga infeksi akut. 12001 West Washington Blvd. efusi nya telah diselesaikan.com Vol 62. JFP Korespondensi leanne Zakrzewski. culver marina kantor medis. di depan kunjungi. pertimbangkan THT rujukan . dan ibunya laporan ia tidur nyenyak sepanjang malam lagi. los angeles.

telinga. * Antibiotik. ome hadir untuk ≥3 bulan? * Rujukan Spesialis (THT) Lakukan audiometri gangguan pendengaran 21-39 dB gangguan pendengaran ≤20 dB Menunggu waspada. dan kortikosteroid tidak rutin dianjurkan pada anak-anak. THT. dekongestan. menilai kembali dalam 3 bulan ome berlanjut gangguan pendengaran ≥40 dB Rujukan Spesialis (THT) Menunggu waspada. dB. pertimbangkan rujukan. ome. jika gangguan pendengaran terus di kunjungan berikutnya.vs ulang dalam waktu 3 bulan. desibel. dan tenggorokan. otitis media dengan efusi. hidung. menilai kembali dalam 3 bulan iya nih iya nih tidak atau atau terus-menerus tidak Halaman 6 706 . antihistamin.

Ed-5. Lund VJ. Otitis media dengan efusi pada anak-anak prasekolah Laryngoscope 1985. dan petrosis. mastoiditis. Sørensen CH. Brostoff LM. Swank PR. anak-anak berusia Int J Pediatr Otorhinolaryngol 1981. no 12 referensi 1. 1993. Faktor yang mempengaruhi hasil pengobatan non operasi otitis media sekretorik pada orang dewasa. 428-436. 1981. 2: 324-327. Chole RA. et al. et al. 2003: 30: 7-14. J Pediatr. et al. Casselbrant ML. Gultekin E. Vezina RM. MO. Int J Pediatr Otorhinolaryngol 2004. Lesinskas E.The Journal of Practice keluarga | Desember 2013 | Vol 62. et al. Hubungan pemberian makan bayi praktek. Tos M. 68:. 95:. paparan asap rokok. Prevalensi dan risiko-faktor . Lous J. 8. 303-317. HH Sudhoff. Yener M. 3:. 795-804. Auris nasus Laring. 7. Am J Otol. 6. eds Cum-. Haughey BH.etnis / ikatan dalam diagnosis otitis media pada masa bayi. Mings THT: Bedah Kepala dan Leher. Cantekin EI. Develio˘gu ON. 4. Perubahan prevalensi otitis yang keluar dari musim panas ke musim dingin pada anak empat tahun. Owen MJ. Mosby. Fiellau-Nikolajsen M. dan perawatan anak kelompok ke onset dan durasi otitis media dengan efusi dalam dua yang pertama tahun kehidupan. 3. Holm-Jensen S. Dalam: Flint PW. 5. Vernacchio L. et al. Ras dispari. Maryland Heights. 2. Lesko SM. Epidemiologi telinga tengah effusion dan disfungsi tuba: studi prospektif satu tahun comprizing timpanometri bulanan di 387 non-dipilih tujuh tahun . Otitis media kronis. 123: 702-711. 2010: chap 139.. Baldwin CD.

Prevalensi disor. Depreux FF. 133: 357-361. 123: 1049-1054. 13. Alles R. Kualitas hidup anak-anak dengan otitis media yang. et al. 15. et al. 2006. . et al. Goldsmith AJ. Conner DA. 11. 14. 296: 202-211. Lindstrom DR. 16. Peran extraesophageal refluks di otitis media pada bayi dan anak-anak Laryngoscope 2008. Uppaluri R. 9. 2001. GIESEKE A. Yocum P.atopik ders pada anak-anak dengan otitis media kronis dengan efusi.. et al. Pengganti JE. O'Reilly RC.. 69:. Turki. korelasi dengan usia dan lamanya efusi Ann Otol Rhinol Laryngol. et al. Edmiston CE.. 118:. 37: 145-149. Pediatr Alergi Immunol 2001. 102-106. Auris nasus Laring.. Muthappan PG. Elang L. 118 (7 bagian 2. 12. Parikh A. Bloedon E. Balai-Stoodley L. Mikrobiologi dari serous otitis sayadia pada anak-anak. Darrow K. et al. JAMA. 10. Poetker DM. Int J Pediatr Otorhinolaryngol 2005. Rosenfeld RM. Arch Otolaryngol Kepala Leher Surg. 651-658. Brook saya. 110: 87-90. K Shah. Deteksi langsung dari bakteriofag biofilm rial pada mukosa telinga tengah anak-anak dengan kronis otitis media. 799-804. Tetlus L. Mikrobiologi dari efusi telinga tengah dari 292 pasien yang menjalani tympanostomy penempatan tabung untuk penyakit telinga tengah. 12:. Tikus Eya4-kekurangan yang model untuk otitis media diwariskan J Clin Invest 2008. suppl 116): S1-S9. Dia Z. Asosiasi refluks dengan otitis media pada anak-anak Otolaryngol Kepala Leher Surg 2005.. 1997. 2010. Hu FZ.torsforpersistentotitismediawitheffusioninprimaryschoolchilanak di Istanbul. et al.

Sebuah meta-analisis usaha untuk mengatasi brou. 24. 1996. 149-152. et al Autoinflation untuk dengar pendapat ing kerugian terkait dengan otitis media dengan efusi. Autoinflation sebagai memperlakukan sebuah ment otitis media sekretori. Otitis Media dengan efusi Pediatrics 2004.yang . 18. Mandel EM. 118:. Arch Otolaryngol Kepala Leher Surg 1988. Sederberg-Olsen J. Flynn CA. 1344-1351.17. Williams RL. 23. 1412-1429.. Penggunaan antibiotik dalam mencegah otitis media akut berulang dan dalam mengobati otitis Media dengan efusi. Stange KC. 19. Cochrane DA tabase Syst Rev 2013. et al. et al. Balle V. Antihistamin dan / atau dekongestan untuk otitis media dengan efusi (OME) pada anak-anak. Chan KH. Sebuah perbandingan Studi amoksisilin-klavulanat dan amoksisilin. Kurs-Lasky M. Cochrane database Syst Rev 2011. 21. Mandel EM. American Academy of Pediatrics Sub-komite Otitis Media Efusi Dengan. Sebuah studi terkontrol secara acak. Heneghan CJ. Mandel EM. American Academy of Otolaryngology-Head and Neck Surgery. 270:. Glasziou PP. Steroid sistemik . Arch Otolaryngol Kepala Leher Surg 1992. Perera R. Casselbrant ML. Chalmers TC. CD006285. Casselbrant ML. Pengobatan otitis media dengan efusi.. Stangerup SE. (9): CD003423. 5:. 20. 15. 114: 142-146.: 409-414. et al. Rockette HE. Khasiat seftibuten dibandingkan dengan amoksisilin untuk otitis media dengan effusi pada bayi dan anak-anak Pediatr Infect Dis J. Rockette HE. 22. 113:. Griffin G. haha JAMA 1993. et al. American Academy of Family Physicians.

.untuk otitis media kronis dengan efusi pada anak-anak Pediatrics 2002. (10): CD001801.. 25.. ˘ . Williamson saya. et al. 110: 1071-1080. Browning GG. Rovers MM. Grommet (ventabung tilation) untuk gangguan pendengaran yang berhubungan dengan otitis media dengan efusi pada anak Cochrane Database Syst Rev 2010.