You are on page 1of 5

3.

Jelaskan pengertian menggambar ilustrasi dan proses
menggambar ilustrasi?
Jawab:
Pengertian: gambar ilustrasi adalah gambar yang digunakan untuk
memperjelas,meperindah,memperkuat dan mempertegas suatu cerita atau
narasi.gambar ini banyak terdapat dibuku pelajaran,donggeng dll.
Proses: Beberapa tahapan dalam menggambar ilustrasi adalah sebagai
berikut:
1.Menentukan tema gambar berdasarkan cerita atau narasi.
2.Menentukan
jenis
gambar
ilustrasi
yang
akan
dibuat.
3. Menentukan irama, komposisi, proporsi, keseimbangan, dan kesatuan
pada
objek
gambar.
4. Menggambar sketsa global yang disesuaikan dengan cerita atau narasi.
5. Memberikan arsiran atau warna pada objek gambar sesuai karakter
cerita.
2.Sebutkan dan jelaskan alat dan bahan:
A.Menggambar model
B.Menggambar ilustrasi
Jawab:
A.Menggambar model
Alat

Gambar

1.Pena
Pena adalah alat untuk menggambar yang memiliki efek visual tertentu,
seperti tebal, tipis. Pena sering digunakan dalam membuat tulisan kaligrafi.
Garis yang dibuat dengan pena akan tampak lebih kuat dan tegas, jika
dibandingkan dengan pensil. Bermacam-macam pena yang ada di toko,
namun
begitu
pena
dapat
dibuat
sendiri.
Pena
Bambu
Pena ini jarang dijual di toko, bahkan kemungkinan tidak ada toko yang

6B. 6H. 8H. namun begitu diharapkan bagi perupa pemula untuk selalu mencoba menggunakan berbagai jenis pensil. Jika ingin menghasilkan garis yang tebal . Untuk keperluan menggambar dianjurkan menggunakan pensil hitam yang lunak. 4H. Jenis pensil berdasarkan kekerasaannya dapat di bagi menjadi . Pena Kayu seperti halnya pena bambu pena kayu pun dapat dibuat dengan mudah. Jenis kayu yang baik untuk digunkan sebagai bahan pena adalah kayu yang bertekstur lunak. maka pena pun dibuat tebal begitu pula sebaliknya. pensil ini biasanya berseri 2 B. 4B. H. dengan tanda B. Dengan mencoba akan didapat pengetahuan bagaiama ketepatan penggunaan pensil untuk keperluan berbagai jenis gambar. 7H. 9H H HB artinya Hard atau keras Halfblack . Pena bulu Pena bulu yang baik apabila bulu itu memang sudah lepas dari binatangnya. 7B. akan nampak jelas dan indah. Pena Logam Pena ini jelas sering kita jumpai di toko toko alat tulis. Pensil mulai berkembang pada abad ke 26 ketika ditemukan bahan grafit. HB. Kemudian ujungnya dibuat runcing atau pipih tergantung untuk apa pena tersebut digunakan. Jenis pena bulu ini jika digunakan untuk menarik garis. Cari batang atau ranting bambu lalu potong dengan ukuran 20 cm atau sesuai keinginan. Pada dasarnya pena ini digunakan untuk menulis indah. 5H. angsa. kita dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan. 5B. bebek. 3B. 2H. merak. Seperti kayu albasia. Pensil Pensil merupakan alat sederhana dalam karya seni rupa.Pensil Lunak. 2. namun tidak ada halangan dicoba untuk menggambar. Cara membuat pena dari bambu cukup simpel.menjualnya. Bulu binatang yang paling oke untuk dibuat pena antara lain bulu ayam. F. . 3H Pensil Keras berupa. Banyak model dan variasi dari pena logam.Pensil Sedang dengan tanda B.

B. yang dapat menguap jika terpapar udara terus menerus. Spidol biasanya dijual dengan beragam warna yang jika dioleskan ke kertas memiliki kecemerlangan yang tinggi 4. Spidol memiliki ujung yang lunak. 5B. Bolpoint Bolpoin adalah perkembangan dari pena. Istilah Inggris disebut dengan Marker. 8B dan jenis EB. 3B. Istilah spidol untuk merujuk kepada pena yang berujung tebal nampaknya hanya dipakai oleh orang Indonesia saja. Teknik kering . B dan 2B biasanya digunakan untuk membuat perencanaan dan sketsa.Menggambar ilustrasi 1. 7B. Rapido Rapido adalah pena yang berujung runcing berukuran sangat kecil sering dipakai untuk gambar-gambar teknik. 7B.B F artinya artinya black firm Pensil berdasarkan kehitamannya Pensil biasanya diberi tanda kode dengan huruf B (Blackness) untuk menyatakan kehitamannya. Pensil jenis H. B. dan 8B diperuntukan untuk menggambar berbagai karakter tertentu seperti kaca. air. 4B. pensil H merupakan pensil dengan kehitaman paling rendah dan jenis pensil EB memiliki intensitas kehitaman paling tinggi. 2B. bahkan orang Malaysia dan Singapura tidak menggunakan istilah spidol. 5. 4B. 6B. pensil 3B. Spidol memiliki tinta khusus yang disimpan dalam busa. Namun memiliki ujung yang membulat seperti bola yang berguna untuk mengatur pengeluaran tinta. 5B digunakan untuk outline dan arsiran Pensil 6B. dan lain sebagainya. Semakin besar angka pada huruf B maka semakin tinggi intensitas kehitamnnya. Spidol Spidol sering juga digunakan untuk menggambar. Dari jenis pensil H. 3.

Ilustrasi dibuat dengan cara membuat sketsa pada bidang gambar dua dimensi berupa kertas atau kanvas kemudian diberi warna sesuai dengan media basah yang sudah ditentukan.Jelaskan perbedaan bernyanyi secara yunisolo dan paduan suara Jawab: unisono adalah penyajian musik vokal satu suara yang dilakukan beberapa orang scr bersama2 paduan suara adalah penyajian musik vokal yg terdiri dari 15 orang/lebih yg memadukan berbagai warna suara menjadi satu kesatuan yg utuh dan dapat menempatkan jiwa lagu yg dibawakan 1. cat air. E. Teknik Basah Media yang digunakan untuk teknik basah antara lain seperti. Menggambar dengan arang akan meninggalkan debu pada kertas.Pulpen digunakan sebagai untuk menggambar ilustrasi dengan karakter tegas pada garis gambarnya. cat minyak.Pensil yang digunakan dalam menggambar ukuran pensil 2B – 6B. tinta. Charcoal memiliki warna tajan/jelas. C.A.Krayon atau pastel colour banyak ragam variasi warnanya.Charcoal berbentuk seperti pensil warna dengan lapisan kertas sebagai pembukungnya.Arang yang digunakan untuk menggambar Ilustrasi adalah yang terbuat dari bahandasar kayu. B. digunakan dalammenggambar ilustrasi yang menginginkan variasi pewarnaan. D. 2.Jelaskan pengertian menggambar model dan menggambar prosedur menggambar model . atau media lain yang memerlukan air atau minyak sebagai pengencer. 4.

dan kumpuln benda benda yang disusun sesuai dengan Komposisi. Model alam benda yang terkena sinar akan menghasilkan bayangan dengan intensitas cahaya yang berbeda-beda. keseimbangan. Struktur bentuk dan bidang memiliki kesan yang tidak sama apabila terkena sinar. dan irama yang baik sehingga gabar memiliki kesatuan yang utuh. Efek bayangan yang ditimbulkan dari pencahayaan memberikan kesan ruan pada model sehingga gambar tampak seperti gambar tiga dimensi. proporsi. Objek model gambar dapat berupa hewan.Jawab: Prosedur menggambar model adalah langkah langkah atau cara dalam menggambar atau melukis diri seseorang dengan menirukan gambar atau poster. . manusia. Prosedur Menggmbar Model      Menggambar model merupkan kegiatan yang diawai dengan meentukan objek model yang akan digambr. tumbuhtumbuhan.