You are on page 1of 9

SATUAN ACARA PENYULUHAN

Pokok Bahasan

: Cara cuci tangan 6 langkah

Sasaran

: Keluarga

Tempat

: Ruang 16 RSUD Dr. Saiful Anwar Malang

Hari, Tanggal

: Rabu, 19 September 2016

Jam

: Pukul 13.00-13.45 WIB

Alokasi Waktu

: 45 Menit

Pemateri

: Mahasiswa PSIK UB

1.1 Tujuan Intruksional Umum
Setelah mendapatkan penjelasan atau penyuluhan mengenai cuci tangan selama 45
menit, pasien di ruang 16 mengerti dan dapat mempraktekkan materi yang
disampaikan.
1.2 Tujuan Instruksional Khusus
Setelah mendapatkan penjelasan mengenai cara cuci tangan 6 langkah, pasien
mampu :
1.
2.
3.
4.
5.

Mengerti tentang pengertian cuci tangan
Mengerti tentang tujuan cuci tangan
Mengerti manfaat cuci tangan
Mengerti tentang waktu penting cuci tangan
Mengerti tentang 6 langkah cuci tangan

1.3 Sub Pokok Bahasan
a. Pengertian cuci tangan
b. Tujuan cuci tangan
c. Manfaat cuci tangan
d. Waktu penting cuci tangan
e. 6 langkah cuci tangan
e.1 Media
Leafleat
e.2 Metode
Ceramah dan tanya jawab
e.3 Materi
Terlampir
e.4 Kegiatan Penyuluhan
No.

Tahap

Kegiatan Penyuluhan

1

Pembukaan

1.

Salam pembuka

2.

Perkenalan

3.

Menyampaikan
maksud dan tujuan

2

Penyajian Materi

Respon Pasien dan
Keluarga
Menjawab salam
Memperhatikan
Memperhatikan

Waktu
5 Menit

Memperhatikan

4.
Kontrak waktu
Menjelaskan materi yang

Menyimak

akan diberikan :

mengerjakan soal

dan

30 Menit

b. Manfaat cuci tangan d. Penyuluh telah membuat janji dan menginformasikan waktu pelaksanaan 1. Tingkat partisipasi dan keaktifan sasaran dalam kegiatan tinggi mencapai 70%. d. Pengetahuan sasaran tentang pokok bahasan meningkat dibuktikan dengan kemampuan sasaran dalam menjawab pertanyaan sebesar 70%. Diharapkan sasaran aktif bertanya jika ada hal yang tidak dimengerti saat 1. b. c. 6 langkah cuci tangan 3 Penutup 1. . Memberikan leaflet 2.8 Evaluasi 1.3 dijelaskan c. Diharapkan penyuluh mampu menjawab pertanyaan yang disampaikan oleh sasaran Sasaran : a. b. Menyimpulkan Bertanya Menerima Memperhatikan 10 Menit Menjawab salam materi 3. Diharapkan penyuluh mampu menjelaskan materi secara komunikatif dan jelas b. Media yang diperlukan untuk penyuluhan sudah tersedia sebelum hari H. Diharapkan sasaran mampu menjawab pertanyaan dari penyuluh. Diharapkan sasaran memperhatikan dengan cermat pada saat berlangsungnya penyuluhan.1 Evaluasi Struktur a.8.a. Evaluasi Hasil a.8.2 penyuluhan kepada setiap pihak yang terlibat.8. Salam penutup 1. Waktu penting cuci tangan e. Tujuan cuci tangan c. Diharapkan penyuluh mampu mengajak sasaran untuk memperhatikan dan mendengarkan penyuluh saat menjelaskan c. Evaluasi Proses Penyuluh : a. Materi dan media yang akan dibawakan pada saat penyuluhan telah dikonsultasikan terlebih dahulu oleh pembimbing klinik dan telah mendapat persetujuan. Semua pasien yang di rawat inap di ruang 16 mengikuti kegiatan penyuluhan. Pengertian cuci Mendengarkan dan tangan memperhatikan b.

tangan. dan lengan ( Schaffer. Menurut DEPKES 2007. Kegagalan untuk melakukan kebersihan dan kesehatan tangan yang tepat dianggap sebagai sebab utama infeksi nosokomial yang menular di pelayanan kesehatan. 2000) Mencuci tangan adalah menggosok air dengan sabun secara bersama-sama seluruh kulit permukaan tangan dengan kuat dan ringkas kemudian dibilas dibawah aliran air (Larsan. penyebaran mikroorganisme multiresisten dan telah diakui sebagai kontributor yang penting terhadap timbulnya wabah .mencuci tangan adalah proses yang secara mekanis dan debris dari kulit tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir. Pengertian Cuci Tangan 6 Langkah Mencuci tangan adalah membasahi tangan dengan air mengalir untuk menghindari penyakit agar kuman yang menempel pada tangan benar-benar hilang.TINJAUAN TEORI 1. Mencuci tangan juga mempengaruhi pemindahan mikroba dan menghambat pertumbuhan mikroorganisme yang berada pada kuku. 1995).

Telapak pada telapak dengan jari-jari saling menjalin d. d. penyakit kulit. Hal ini dilakukan untuk mewujudkan Indonesia Sehat 2010. b. Supaya tangan bersih Membebaskan tangan dari kuman dan mikroorganisme Menghindari masuknya kuman kedalam tubuh Mencegah infeksi silang/infeksi nosokomial di RS Menurunkan penyebab diare dan ISPA. kecacingan. Kuman dapat terdapat di kulit jari. disentri. Kulit tangan banyak kontak dengan berbagai aktivitas. Sebelum dan sesudah dari rumah sakit b. e. Infeksi Saluran Pernafasan Akut. Punggung jari-jari pada telapak tangan berlawanan dengan jari-jari saling mengunci . c. Mencegah penularan penyakit seperti diare. Dimana tindakan ini dilakukan dengan tujuan: a. kolera. Telapak kanan di atas punggung tangan kiri dengan jari-jari saling menjalin dan sebaliknya c. Setelah dari kamar mandi e. Kontak mulut dan tangan saat makan / minum. f. thypus. Waktu penting cuci tangan bagi pengunjung a. Langkah-langkah Cuci tangan a. mata. Sebelum dan sesudah makan 5. kulit telapak tangan. Gosok tangan dengan posisi telapak tangan pada telapak tangan b. Flu burung dll 4. benda dan lingkungan. sela kuku. Mencuci tangan menjadi penting jika ditinjau dari: a. Dapat mencegah infeksi kulit. Dapat menimbulkan penyakit saluran cerna. dan Flu burung 3. cacing yang tinggal didalam usus. Manfaat Cuci tangan Menurut Iswara (2007). Tujuan Mencuci tangan merupakan satu tehnik yang paling mendasar untuk menghindari masuknya kuman kedalam tubuh. Setelah menyentuh lingkungan pasien d. c. Sebelum dan sesudah menyentuh pasien c. d.2. e. b. mencuci tangan dalam upaya peningkatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sangatlah penting dan mudah dilakukan.

g. Buku Saku Praktikum Kebutuhan Dasar Manusia. Alimul Aziz. 6. 2006. Jakarta: EGC Potter & Perry. kearah belakang dan kearah depan dengan jari-jari tangan kanan mengunci pada telapak tangan kiri dan sebaliknya. 2006. Kebutuhan Dasar Manusia dan Proses Keperawatan. Buku Ajar Fundamental Keperawatan Vol 1. Mencuci tangan tiap langkahnya 20-30 detik DAFTAR PUSTAKA Hidayat.Gosok memutar.e. 2004. Tarwoto. Jakarta: EGC Wartonah. Gosok memutar dengan ibu jari tangan kanan mengunci pada telapak kiri dan sebaliknya f. Jakarta: Salemba Medika .

SATUAN ACARA PENYULUHAN CUCI TANGAN 6 LANGKAH DI RUANG 16 RSSA .

DISUSUN OLEH : MAHASISWA PROFESI NERS UNIVERSITAS BRAWIJAYA TIARA DEA ANANDA DINNI NURUL KURNIA ILAHI SOFY LAILATUL FITRI PEMERINTAH PROVINSI JAWA TIMUR RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. SAIFUL ANWAR MALANG 2016 .

SATUAN ACARA PENYULUHAN CUCI TANGAN DI RUANGAN 16 RSSA DISUSUN OLEH : TIM PKRS RUANG 16 RSSA IRNA II .

SAIFUL ANWAR MALANG AGUSTUS 2016 .PEMERINTAHAN PROVINSI JAWA TIMUR RUMAH SAKIT UMUM DAERAH dr.