You are on page 1of 7

BAB II

TINJAUAN PUSTAKA
2.1 Umum
Pengertian Sumber Daya Alam adalah semua kekayaan bumi, baik biotik maupun abiotik yang
dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia dan kesejahteraan manusia, misalnya:
tumbuhan, hewan, udara, air, tanah, bahan tambang, angin, cahaya matahari, dan mikroba (jasad
renik). pada dasarnya Alam mempunyai sifat yang beraneka ragam, namun serasi dan seimbang.
Oleh karena itu, perlindungan dan pengawetan alam harus terus dilakukan untuk
mempertahankan keserasian dan keseimbangan tersebut. Semua kekayaan yang ada di bumi ini,
baik biotik maupun abiotik, yang dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan manusia merupakan
sumber daya alam. Sumber Daya Alam dapat dibedakan berdasarkan sifat, potensi, dan jenisnya.
Menurut sifat sumber daya alam dibagi menjadi :
1. Sumber Daya Alam Kekal/Tidak Akan Habis
Adalah sumber daya yang selalu tersedia dan tidak akan habis meskipun digunakan terusmenerus, seperti matahari, ombak, angin, air terjun dan arus alut.

Matahari
Sinar matahari sangat mudah ditemukan di permukaan bumi sehingga energi matahari

merupakan suatu hal yang sangat menjanjikan. Energi matahari (energi surya) sangat ramah
lingkungan dan merupakan energi yang terbarukan sehingga energi ini dapat digunakan sebagai
alternatif dari bahan bakar fosil. Namun, dengan biaya pembangkitan dari tenaga surya yang
membutuhkan biaya lebih mahal dari biaya untuk pembangkitan tenaga fosil membuat
pembangkitan dari tenaga surya ini kurang diminati. Perangkat untuk mengkonversi energi
matahari menjadi energi listrik, yang disebut dengan fotovoltaik, masih didatangkan dari luar
negeri sehingga membutuhkan biaya yang mahal. Indonesia telah memanfaatkan energi surya di
beberapa provinsi di Indonesia terutama wilayah terpencil yang sulit dijangkau jaringan PLN.
Pada tahun 2002, total kapasitas PLTS di seluruh wilayah Indonesia hampir mencapai 3 MW p.
Pembangkit Tenaga Surya ini dipasang di wilayah-wilayah terpencil khususnya kawasan timur
Indonesia. Namun sebagian PLTS yang terpasang telah rusak dan belum diperbaiki karena
terkendali masalah ekonomi karena tingginya biaya perawatan.

Namun penggunaan angin sebagai sumber energi listrik hanya sekitar 1% di seluruh dunia.8 kWh/m2 per hari. gas alam. Sumber daya alam jenis ini akan habis apabila . Hidroelektrik menyumbang sekitar 19% dari kebutuhan listrik dunia. Tenaga angin sangat murah dibandingkan dengan tenaga-tenaga yang lainnya. Tenaga angin juga merupakan tenaga yang bersih dan bebas dari efek rumah kaca. Amerika Serikat. dan barang-barang tambang lainnya. dan India. Pada dasarnya. Ia merupakan tenaga yang tidak akan habis dan ada terus menerus (terbarukan) dan dijumpai di banyak tempat di dunia. contohnya adalah aliran sungai. Dengan berlimpahnya sumber energi surya ini seharusnya dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk memenuhi kebutuhan energi listrik di Indonesia. 2.  Air Air merupakan senyawa yang menutupi hampir 71% permukaan bumi dan terdapat sekitar 1. Sumber daya alam jenis ini misalnya minyak bumi. gelombang pasang surut. Jerman. Spanyol. Energi listrik dengan tenaga air ini biasanya didapatkan dari sungai-sungai yang dibendung kemudian dibuat saluran-saluran untuk mengalirkan air ke turbin.Indonesia merupakan negara yang terletak di khatulistiwa. Denmark.  Angin Di dunia ada ribuan turbin yang beroperasi dan menghasilkan sekitar 58. Jerman merupakan produsen tenaga angin terbesar di dunia dengan 32% dari kapasitas seluruh dunia. Aliran-aliran air tersebut dapat dimanfaatkan sebagai pemutar turbin yang menggerakkan generator listrik untuk menghasilkan energi listrik.982 MW dan 69% di antaranya berada di wilayah Eropa.4 triliun km3 air di bumi yang sebagian besar berada di laut. arus laut. Intensitas radiasi matahari di seluruh wilayah Indonesia rata-rata 4. air di seluruh permukaan bumi ini mengalir. Sumber Daya Alam Tidak Dapat Diperbarui (nonrenewable) Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang sangat sulit dihasilkan kembali setelah digunakan. Berbagai negara telah membuat investasi listrik tenaga angin yang sangat besar di antaranya. Contoh - Kincir Air Energi listrik yang berasal dari aliran air ini disebut dengan hidroelektrik (hydoelectric). dan sebagainya. ombak. sehingga Indonesia memiliki sumber energi surya yang sangat berlimpah.

pebentuk batuan beku. obat-obatan. digunakan untuk membuat magnet. digunakan dalam peralatan optis. Belerang. digunakan sebagai garam halus. h) Augit. digunakan sebagai bahan pembuat isi pensil dan minyak pelumas. semen. digunakan untuk menghasilkan dempul kering. b) Khlorit. Mineral-mineral dengan kilapan non-logam dan berwarna muda : a) Talk. f) Magnetit. dan kapur. digunakan dalam peralatn optis. sebagai sumber besi. Dolomit. Manusia tidak dapat memperbanyak lagi. radio. Kalsit. digunakan pada produksi asam belerang. d) Pirit. jam. Muskovit. dan seni pahat. berikut ini akan disajikan berbagai jenis mineral dan kegunaanya. pembentuk batuan beku.  Mineral Mineral adalah unsur atau senyawa anorganik yang terjadi secara alami dengan struktur internal karakteristik ditentukan oleh susunan atom-atom atau ion-ion yang teratur didalamnya. merupakan mineral membentuk batuan. Halit. Sumber daya alam ini jumlahnya sangat terbatas. Barang tambang tidak dapat diperbarui sehingga harus dimanfaatkan sebaik-baiknya.  Batubara.dipakai terus menerus. digunakan dalam beton. dinding kering pada c) d) e) f) g) h) i) j) k) kontruksi bangunan. b) Galena. merupakan bijih besar yang paling penting. 1. Contoh kelompok sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui misalnya :  Mineral. g) Herenblenda. sumber aluminium. 3. peralatan elektronik. c) Bauksit. digunakan dalam peralatan optis. d) Biotit. Mineral-mineral bermanfaat karena sifatnya. digunakan untuk bahan pelumas. digunakan untuk bedak talk. b) Gibsum. merupakan bijih timbal yang paling penting. digunakan pada pembuatan keramik.  Minyak bumi & gas alam. e) Hematit. merupakan bijih seng yang penting. merupakan sumber belerang dan digunakan sebagai bahan pembuatan asam belerang. f) Limonit. Kuarsa. sebagai mineral sekunder. Kaolinit. Fluorit. Mineral-mineral dengan kilapan non-logam dan berwarna tua : a) Hematit. . vulkanisasi karet. merupakan bijih tembaga yang paling penting. 2. kerajinan kaca. digunakan untuk bahan minyak pelumas. e) Sfalerit. Mineral-mineral dengan kilapan logam dan berwarna muda : a) Grafit. berbagai permata. Fledspar. digunakan untuk isolator peralatan listrik. c) Calkopirit.

bauksit adalah bijih untuk memperoleh aluminium. kelentukan. Permaa digunakan sebagai perhiasan. sering digunakan untuk dekorasi. Bijih adalah sumber daya mineral yang ditambang untuk mendapatkan keuntungan. Mineral digunakan untuk membuat barang-barang. bernilai. Permata yang paling jarang dan paling bernilai disebut permata mulia. dan unsur-unsur lainnya. Mineral logam adalah logam atau bijih logam emas. logam adalah unsur yang mempunyai kilapan metalik. Sebagai contoh. digunakan sebagai permata. bauksit dan hematif adalah mineral-mineral logam. mulai dari bola lampu sampai bahan baja. Banyak logam yang kuat. jamrud. ketertempaan. Oleh karena itu. seperi khrom. Sifat lain dari banyak logam adalah kelentukan. jarang. ketertempaan adalah kemampuan dipukuli tanpa pecah. Titanium. Beberapa mineral yang paling bernilai didapatkan dalam bijih. Sisa-sisa dari berbagai bentuk tumbuhan dan binatang laut yang hidup jutaan tahun yang lalu tertimbun dalam lumpur dan pasir dibawah air laut. magnesium. besi. sebagai batu delima. Semua logam mempunyai kilapan logam yang berkilau. j) Kurondum. Logam adalah penting. Peralatan listrik dan mesin listrik membutuhkan logam untuk menghantarkan arus listrik. Berdasarkan uraian diatas. dengan sejumlah kecil belerang. dan yang menghantarkan listrik serta panas. Sifat itu membuat jenis logam tersebut digunakan sebagai pembuatan pesawat terbang. dan aluminium adalah contoh logam. Permata adalah mineral yang indah.i) Olivin. minyak dan gas bumi diduga secara tidak langsung berasal dari sisa-sisa organisme hidup.  Minyak Bumi Dan Gas Alam Minyak dan gas alam adalah campuran senyawa hidrokarbon. Salah satu adalah ketertempaan. kelentukan adalah kemampuan ditarik dan direntangkan tanpa petah. dan aluminium adalah logam-logam yang kuat tetapi ringan. Hidrogen ini tidak mirip dengan hirokarbon dalam tumbuhan dan tanaman laut atau darat. Beberapa contohnya adalah intan. Sifat ini memungkinkan logam ditarik menadi kawat. dan bertahan lama. Logam-logam yang berkilau. Besi diperoleh dan hematif. yang tersusun dari sebagian besar karbon dan hidrogen. dan nilam. Semua logam mengahantarkan listrik dan panas. Semuanya tidak hanya membantu terbentuknya batuan sedimen. Mineral adalah bahan mentah. nitrogen. delima. Namun banyak molekul yang akan dihasilkan jika molekul-molekul organik (misalnya khlorofil) yang terpecah menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. tetapi juga membantu terbentuknya endapan minyak bumi dan gas . karena banyak sifat-sifat yang bermanfaat. Mineral-mineral nonlogam yang indah adalah permata.

Minyak tersimpan dalam ruang pori-pori antara butiran-butiran pasir dalam batuan batu pasir. yaitu suatu endapan lunak mirip bunga karang yang berwarna kecoklatan dengan struktur tumbuhan yang dapat dikenal dengan mudah. minyak bumi akan bergerakkebagian atas lapisan batuan berair. Bilamana air laut tidak lagi menyelubungi endapan-endapan tersebut. sumber daya alam dibagi menjadi : . batuan diatas merintangi minyak dan gas agar tidak bergerak ke atas. dan tanah. Proses pembentukan batubara mulai dengan kumpulan sisa-sisa tumbuhan dalam suatu rawa. Sumber daya ini dikatakan dapat diperbaharui karena dapat melakukan reproduksi dan memiliki daya regenerasi (pulih kembali). adalah urutan pertama. 3.alam saat ini. materi organik tersebut berubah secara perlahan menjadi batubara. Selama proses ini persentase karbon bertambah selama hidrokarbon yang mudah menguap dan air yang dipaksa keluar dari endapan itu. Kumpulan ini dikenal sebagai gambut. dengan jumlah karbon yang paling sedikit. Tekanan besar dan kerja bakteri membantu proses pembentukan endapan minyak bumi dan gas alam dari sisa-sisa tumbuhan dan binatang tersebut. minyakm bumi dan gas tetap menggenangi batas-batas batuan dibawah permukaan bumi. dan akhirnya antrasit atau batubara keras. Minyak bumi cenderung naik ke atas jika tercampur dengan air. tumbuhan. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui (renewable). melainkan tersusun dari bahan yang dapat terbakar dan berasal dari bahan yang dapat tebakar dan berasal dari pembusukan bagian dari tumbuh-tumbuhan. kemudian menjadi lignit atau batubara coklat. Unsur-unsur utama cebakan minyak bumi adalah batuan berpori dan parmeabel yang mengandung hidrokarbon. Antrasit merupakan batubara yang mengandung persentase karbon yang paling tinggi. Bilamana batuan pasir berisi air. air.  Batubara Batubara tidak tersusun dari mineral-mineral seperti batuan sedimen lainya. Suatu tempat berkumpulnya minyak bumi di bawah tanah disebut cebakan minyak bumi. Menurut potensi. Gerakan minyak bumi ke atas ini berlanjut sampai minyak bumi tercebak dan mulai terkumpul genangan minyak bumi. dan susunan geometrisnya membentuk tempat yang cekung ke bawah. misalnya hewan. Batubar diurutkan menurut persentase karbon yang dikandung. bituminus atau batubara lunak. mikroba. Gambut. Dalam perjalan waktu dan karena tekanan yang dihasilkan oleh penimbunan serta kadang-kadang oleh gerakan tanah.

Sumber daya alam non hayati (abiotik) yaitu sumber daya alam yang berupa benda-benda mati. ruang. batu. minyak bumi. besi. baik dalam keterbatasan tentang ketersediaan menurut kuantitas. tanah. Sumber daya alam ruang. merupakan sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan energinya. Misalnya : barang tambang. emas. Untuk mengelola sumber daya alam. Selain itu juga sumber daya alam terdapat sumber daya alam reusable dan sumber daya alam nonreusable. dan waktu. dan sebagainya. Misalnya batu bara. gas bumi. Manusia dalam memenuhi kebutuhannya memerlukan sumber daya alam baik sumber daya alam yang dapat diperbaharui maupun tidak diperbaharui. Sumber daya alam reusable yaitu sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. diperlukan tanaga. merupakan sumber daya alam yang berupa ruang atau tempat hidup. Sumber daya alam nonreusable merupakan sumber daya yang tidak dapat diperbaharui dan tidak dapat digunakan kembali. 2. Contohnya : alat elektronik yang sudah tidak terpakai. Sumber daya alam hayati (biotik) merupakan sumber daya alam yang berupa makhluk hidup. Manusia membutuhkan sumber daya alam untuk diolah dan dimanfaatkan dalam mempertahankan kehidupannya. Sumber daya alam materi. keahlian. merupakan sumber daya alam yang dimanfaatkan dalam bentuk fisiknya. udara. 2. misalnya area tanah (daratan). maupun pertanian. mikroba. Contoh : batu bara. maupun mineral. sumber daya alam dibagi dua sebagai berikut : 1. tumbuhan. air. air. 2. kualitas. Misalnya : hewan. Harus disadari bahwa sumber daya alam yang diperlukan mempunyai keterbatasan dalam banyak hal. industri. hal ini dapat terlihat dari aktivitas yang dilakukan . kayu. serta teknologi pengelolaan yang berkelanjutan. namun sumber dayanya dapat digunakan kembali.1. Pengelolaan Sumber Daya Alam terjadi interaksi antara sumber daya alam dengan sumber daya manusia (masyarakat) dan bentuk tersebut antara lain dalam bidang ekonomi. kaps. Menurut jenisnya. Sumber daya alam energi. Misalnya. 3. perlu diolah dan dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kesejahteraan masyarakat. dan manusia. sehingga kelestarian lingkungan hidup terjaga. Manusia dan alam mempunyai keterkaitan yang sangat erat.2 Sosial Sumber daya alam yang ada baik berupa tanah. Dalam mengelola sumber daya alam diperlukan tindakan yang bijaksana yang berkelanjutan.

. manusia perlu berdasar pada prinsip ekoefisiensi. Maka prioritas utama pengelolaan sumber daya alam adalah upaya pelestarian lingkungan. Artinya tidak merusak ekosistem. pengambilan secara efisien dalam memikirkan keberlangsungan hidup manusia. Manusia tidak bisa hidup tanpa sumber daya alam. Ada hubungan interaksi diantara sumber daya alam dan sumber daya manusia dalam pemanfaatan dan pengelolaannya. Pembangunan yang berkelanjutan bertujuan pada terwujudnya keberadaan sumber daya alam untuk mendukung kesejahteraan manusia. Dalam memanfaatkan sumber daya alam. namun ada pula aktivitas manusia yang merugikan dan mempengaruhi sumber daya dan lingkungan.manusia ditentukan oleh keadaan lingkungan disekitarnya.