You are on page 1of 10

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan
Kelas/ Semester
Mata Pelajaran
Materi Pokok
Sub Materi Pokok
Pertemuan ke
Alokasi

: SMK BINA POTENSI DARUL FIKRI
: X Sepuluh /1
: Sejarah Indonesia
: Menelusuri Peradaban Awal di Kepulauan Indonesia
: Terbentuknya Kepulauan Indonesia
:2
: 2 X 45 menit

A. Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
( gotong royong, kerjasama, toleran, damai ), santun, responsive dan pro aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social adan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, prosedural
dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, tehnologi,
seni, budaya, humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar dan mengkaji dalam ranah kongkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipaelajarinya disekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar
1.2 Menghayati keteladanan para pemimpin dalam toleransi antar umat beragama dan
mengamalkannya dalam Kehidupan sehari hari
2.3. Berlaku jujur dan bertanggung Jawab dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran
sejarah
3.2. MemahamicorakkehidupanmasyarakatpadazamanPraaksara.
4.2.Menyajikanhasilpenalaranmengenaicorakkehidupanmasyarakat pada zaman praaksara dalam
bentuk tulisan

C. Indikator Pencapaian kompetensi

:

1. Menjelaskan proses alam terjadinyaKepulauan Indonesia
2. Mengidentifikasijenis flora dan fauna di Kepulauan Indonesia
D. TujuanPembelajaran.
:
1. Denganmenelaah buku siswa dapat menjelaskan proses alam terbentuknyaKepulauan
Indonesia.
2. Denganmendengarkan penjelasan guru, peserta didik dapat menganalisis pembabakanwaktu
pa zamanPraaksara

Melalui download diinternet peserta didik dapat menemukan informasi tentang perkembangan Flora dan Fauna diZona Wallace. 3. Metode Pembelajaran 1. Proses terbentuknyaKepulauan Indonesia.tujuanpembelajaranserta criteria penilaian. Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Pendahuluan Inti Deskripsi     Guru mengajak peserta didik untuk berdoa Guru membuka pertemuan dengan salam Mengabsensi peserta didik Mereview kembali pembahasan pada pertemuan sebelumnya sebagai langkah awal untuk melanjutkan pembelajaran selanjutnya  Menjelaskan materi yang akan dibahas hari ini .masing kelompokmendiskusikan masalah yang ada dalam kartu soal  Guru membagi kartu soal: 1. Dengan mengamati Peta peserta didik dapat menunjukan di peta Indonesia tempat yang rawan terjadinyagempa serta tandai dg garismerah 4. 2. Letak kepualaun Indonesia yang rawan bencana ( Gunung Api/ gempa) 5. Hikmah Dan potensi bagi bangsa Indonesia yang hidup pada lingkungan geologis Indonesia 4. F. Rumusan tentang pembabakan waktu zaman Praksara 3. Keanekaragaman Flora dan Fauna dikepulauan Indonesia bagian Barat danTimur. MetodePembelajaran 3. DenganmengamatiPetaDuniapesertadidik dapatmenemukan potensi bangsa Indonesia karena berada di tempat sangatstrategispadaPeta Dunia 5. Pembabakan waktu Zaman Praaksara. Proses terbentuknyaKepulauan Indonesia. 2.menemukan serta potensi termasuk potensi sering terjadinya gempa bumi  Guru membagi Peserta didik dalam 6 kelompok yang beranggotakan 4 orangdan masing . Materi Ajar 1. diskusi. tanya jawab dan penugasan : Cooperativ learning: Jigsaw G. Mengidentifikasi jenis jenis Flora dan fauna di Indonesia Menanya  Langkah 1: Kelompokkelompok awal mendiskusikan masalah sesuai dengan no yang di dapat Alokasi Waktu 10 Menit 60 menit . Ceramah.3. Pendekatanpembelajaran 2. E.  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran Mengamati  Peserta didik memperhatikan petadunia untuk menemukan kepulauan Indonesia yang letaknyasangatstrategis. Strategipembelajaran : scientific learning : Observasi. Terjadinya Kepulauan Indonesia 4.

Instrumen Penilaian Tes Uraian : . Buku Panduan Guru Sejarah Indonesia kelas X. Teknik : tes dan non tes 2. Jakarta: Kemendikbud …. Sumber Belajar : Sardiman dkk. Alat dan bahan : Slide power point. Sejarah Indonesia kelas X. Tes : tes tertulis b. 20 Menit H.2013. Penutup     Dengandibantu guru. 2013. penilaian kinerja 3.  pesertadidikmenceritakankembalikepadatemantemannyadalamdiskusidengan 3-5 kalimat/ceritasingkat  Setiappesertadidik yang tergabungdalamkelompokmencatat hasil diskusi Membangun Jejaring  Pesertadidikmenyusunlaporanhasildiskusidanmasing2 kelompokmempresentasikandidepankelasdankelompok lain menanggapi. Teori terjadinya bumi Peta Indonesia danDunia I. Langkah 2: Diskusi kelompok ahli : Anggota kelompok memisahkan diri sesuai dengan no yang didapat dan mendiskusikan kembali masalah yang telah dikerjakan di kelompok awal  Langkah ke 3: kelompok ahli kembali ke kelompok awal untuk membawa hasil diskusi di kelompok ahli dan menyampaikan kepada seluruh anggota kelompok awal Menalar  Setiap peserta didik diberikan kesempatan untuk menyampaikan pendapatnya dalam diskusi tersebut Mencoba  Pesertadidikmenelaahbukudanmencariinformasidari internet tentang jenis Flora dan Fauna di Indonesia .PetaDunia. 2. . Alat dan Sumber Belajar 1. Penilaian Proses dan hasil belajar 1. Bentuk : a. Non Tes : penilaian portofolio. pesertadidikmenyimpulkanmateri yang telah dibahas Pesertadidikmenyimpulkannilai2 ataumanfaatapa yang didapat dari pembelajaran yang telah selesai dibahas pada hari Memberi tugas kepada peserta didik untuk mengerjakan tugas mandiri di rumah sebagai refleksvidari materi yang telah dibahas Pembelajaran diakhiri dengan doa/salam penutup. Jakarta : Kemendikbud Internet( http/www.

zoon = hewan). Neozoicum. Konon proses yang terjadi pada 20-36 juta tahun yang silam itu menyebabkan sebagian anak benua di selatan terendam air laut. Pergerakan lempeng bumi inilah yang kemudian melahirkan Gunung Himalaya. FAIZAL LUBIS SKM. Pembabakan waktu pada zaman praaksara adalah : a. badak. 2. Azoicum (Yunani: a = tidak. Non tes 1.000 tahun. Berlangsung kira-kira50. MUSONNIF .000 tahun yang lalu 3. sehingga yang muncul di permukaan adalah gugusan-gugusan pulau (nusantara) yang merupakan mata rantai gunung berapi. Pada saat ini bumi baru terbentukdengan suhu yang relatif tinggi. keruing. b. Lembar pengamatan presentasi 3.000.000 tahun. Carilah Perbedaan Jenis Flora dan Fauna di kepulauan Indonesia bagian Barat danTimurberdasarkan ciri – cirinya ! Kunci Jawaban : 1. Palaezoicum. mamalia (menyusui). BagaimanakahPembabakkanWaktuZamanPraaksara 3. jenis burung berwarna: cenderawasih. nuri b. d. Wilayah Indonesia Timur Meliputi papua dan pulau pulau sekitar bercorak Australian Jenis flora : hutan tropis: Sagu dan nipah Fauna : Binatang menyusui bertubuh kecil( kangguru) . 27 Guru Mata Pelajaran Drs. harimau dan Orang utan b. yaitu zaman purba baru. Mesozoicum. kasuari. Pembuatan Laporan Mengesahkan: Oktober 2016 Kepala Sekolah MHD. Proses alam terbentuknya kepulauan Indonesia adalah : Sebuah teori geologi kuno menyebutkan. Bagaimanaproses alam terbentuknyaKepulauan Indonesia? 2. yaitu zaman purba tertua. Perbedaan jenis flora dan fauna antara Indonesia bagian barat dengan Indonesia bagian timur berdasarkan ciri – cirinya adalah : a. Wilayah Indonesia Barat Meliputi Sumatera. Lembar Pengamatan kerja kelompok 2. burung dan tumbuhanberbunga mulai ada. c. hewan amfibi.000. kamper. yaitu zaman purba tengah.1.000. proses terbentuknya daratan yang terjadi di Asia belahan selatan adalah akibat proses pergerakan anak benua India ke utara yang bertabrakan dengan lempeng bumi bagian utara. taluang dan mahoni Fauna: gajah. Waktunya lebih dari satu milyar tahun lalu. yang dimulai sejak 60. MPH Silaping. Pada masa ini sudahmeninggalkan fosil flora dan fauna. jawa dan Kalimantan bercorak asia ( Asiatis) Jenis hutan tropis: meranti. Yaitu zaman :sebelum adanya kehidupan. Lamanya kira-kira 140. Pada masa ini hewan.

Bumi terbentuk melalui proses yang panjang dan terus berkembang hingga terbentuk sekarang ini. Lembar penilaian Presentasi( Kelompok) No Kelompok Kejelasan jawaban Teknik penyamp aian Lampiran 2 Materi 1 Proses Terbentuknya Bumi.Bagian luar Bumi lambat laun mulai mendingin dan mengeras. - Lampiran 1. Awan raksasa tersebut akan membentuk bola-bola yang menarik butir-butir debu dan gas. 2.NIP. Proses pembentukan Bumi di atas hampir sama dengan pendapat Kant-Laplace yang mengemukakan bahwa Bumi ini mulai terbentuk selama bermiliar tahun yang lalu ketika dilepaskan dari matahari dalam bentuk gas pijar. Saat gravitasi Bumi semakin besar.Bumi bukanlah benda di jagat raya yang muncul dengan sendirinya dalam bentuk yang sempurna. . 4. Planet Bumi bermula dari awan raksasa yang selalu berputar di antariksa. gas dan debu tersebut akan termampat dan semakin lama semakin padat. yang lambat laun mendingin dan membentuk kerak batuan. serta bulan-bulan lain. 197905252 00604 1 031 NIP. Hal ini menyebabkan Bumi semakin panas dan menjadi bola berpijar. planetplanet. PenilaianDiskusiKelompok. Bagian tengah Bumi masih sangat panas. 3.( Individu) No NamaPesertadidik Bekerja sama Partisipa siaktif Saling menghargai Total score Menanggapi pertanyaan Jumlah Scor 1. Para ilmuwan berpendapat bahwa proses pembentukan Bumi sudah dimulai sejak bermiliar-miliar tahun yang lalu. Bola-bola debu dan gas inilah awal mula terbentuknya Bumi. 5. Tetapi Bumi belum dingin sama sekali.

Perkiraan kelahiran Bumi ini didasarkan atas penelaahan Paleontologi (ilmu yang mempelajari fosil-fosil sisa makhluk hidup purba di masa lampau) dan stratigrafi (ilmu yang mempelajari struktur lapisan-lapisan batuan pembentuk muka Bumi). tetapi tidak seorang pun yang sungguh . Pierre Simon Marquis de Laplace (1796). 3.Benda tersebut selanjutnya dinamakan Bulan (satelit alam). Dari sekian banyak pulau . planet-planet anggota tata surya masih merupakan bola pijar dengan suhu sangat tinggi.Terhampar garis pantai yang amat panjang. Selanjutnya.Bumi terbentuk sekitar 5 milyar tahun yang lalu. Teori Nebula Berdasarkan hipotesis nebula (teori kabut gas) yang dikembangkan oleh seorang ahli filsafat Jerman. hutan tropis yang senantiasa menghijau karena terguyur hujan sepanjang tahun dengan berbagai satwa cantik di dalamnya dan puncak-puncak vulkanik yang mengintip di berbagai penjuru. dan mendekati bentuk bola. Teori Big bang Teori Big Bang (ledakan hebat) menyatakan bahwa kira-kira 15 milyar tahun yang lalu. 1. Pada saat terlepas dari massa induknya. asteroid. massa padat yang mengecil ini meledak dengan ledakan yang hebat. komet. Oleh karena planet berotasi. di samping planet-planet lain. Immanuel Kant (1755) serta ahli astronomi Prancis. termasuk Bumi. Bumi terbentuk atau terlepas dari tubuh Matahari sekitar 4.Saat inilah diperkirakan awal terbentuknya alam semesta.Walaupun banyak teori atau pendapat dari para ilmuwan tentang proses pembentukan Bumi. Massa gas induk tersebut akhirnya menjadi Matahari.2/3 wilayah negara ini adalah lautan. Terbentunya kepulauan Indonesia Indonesia telah dikenal luas sebagai negara kepulauan terbesar di dunia. menjadi tantangan bagi dunia ilmu pengetahuan yang suatu saat bisa kamu pecahkan. berjajar di atasnya belasan ribu pulau yang sambung menyambung dari Sabang sampai Merauke. Proses perkembangan planet Bumi dari masa ke masa tidak dapat dipisahkan dengan sejarah terbentuknya tata surya. dan makhluk hidup muncul pertama di bumi sekitar 1 milyar tahun kemudian.5 miliar tahun yang lalu. Oleh karena massa gas itu berotasi dengan kecepatan yang makin lama semakin tinggi.Massa gas tersebut secara berangsur-angsur mendingin.sungguh mengetahui dengan pasti bagaimana dan kapan bumi terbentuk. Debu dan gas-gas hasil ledakan membentuk bintang-bintang generasi baru. mengecil. diperoleh gambaran bahwa sistem tata surya berasal dari massa gas (kabut gas) yang bercahaya dan berputar perlahan-lahan. Menurut hasil penelitian para ahli astronomi dan geologi. Hal ini dikarenakan Bumi merupakan salah satu anggota keluarga Matahari. ada bagian tubuhnya yang terlepas dan berotasi sambil beredar mengelilingi planet tersebut. 2. massa tersebut akhirnya menggelembung. ada bagian yang terlepas (terlempar) dan membentuk bola-bola pijar dengan ukuran berbeda satu sama lain. sedang kan bola-bola kecil yang terlepas dari massa induknya pada akhirnya mendingin menjadi planet. dan meteor. pada bagian khatulistiwanya (ekuator) mendapat gaya sentrifugal paling besar. semua materi di angkasa menyatu dan memadat (berkondensasi) membentuk satu bentukan yang mengecil. disebutkan bahwa jumlah pulau yang dimiliki Indonesia sekitar 17. Akhir dari bagian yang menggelembung tersebut.Dalam berbagai literatur keilmuan.500 pulau. Ya.

Pergerakan lempeng bumi inilah yang kemudian melahirkan Gunung Himalaya. divergen dan shear). serta parit samudera yang tak lain adalah Parit Jawa (Sunda). Kalimantan. terbentuknya kepulauan Indonesia dapat dijelaskan sebagai batas lempeng konvergen dimana terjadi tumbukan antara lempeng Indo-Australia dari selatan. Konon proses yang terjadi pada 20-36 juta tahun yang silam itu menyebabkan sebagian anak benua di selatan terendam air laut.Di dalamnya terdapat lebih dari 400 gunung berapi dan 130 di antaranya termasuk gunung berapi aktif. Lalu bagaimana menurut teori geologi modern?Menurut ilmu kebumian yang lazim saat ini. Sulawesi dan Papua. lempeng Pasifik dari timur dan lempeng Asia dari utara.Sebagian dari gunung berapi itu terletak di dasar laut dan tidak terlihat dari permukaan laut (bahkan Indonesia merupakan tempat pertemuan 2 rangkaian gunung . Bali dan Lombok. tsunami dan meningkatnya kenaikan magma ke permukaan bumi. Lempeng tektonik terus bergerak hingga suatu saat gerakannya mengalami gesekan atau benturan yang cukup keras. pembentukan kepualuan Indonesia terkait dengan teori tektonik lempeng. Filipina dan Pasifik). sehingga yang muncul di permukaan adalah gugusan-gugusan pulau (nusantara) yang merupakan mata rantai gunung berapi. proses terbentuknya daratan yang terjadi di Asia belahan selatan adalah akibat proses pergerakan anak benua India ke utara yang bertabrakan dengan lempeng bumi bagian utara. Lempeng-lempeng itu selalu bergerak 5-9 cm per tahun dan karena massa batuan yang bergerak besar maka energi yang dihasilkan besar pula. Pergerakan diawali dengan menunjamnya lempeng dasar samudera yang disebabkan oleh desakan lempeng benua yang lebih tebal dan keras dan di tempat inilah terbentuk palung laut (dasar laut yang dalam dan memanjang). Setelah dijelaskan panjang lebar tentang dasar keilmuannya. Demikian pula subduksi antara lempeng Indo-Australia dan lempeng Eurasia menyebabkan terbentuknya deretan gunung berapi yang tak lain adalah Bukit Barisan di Pulau Sumatera dan deretan gunung berapi di sepanjang pulau Jawa. yaitu: Jawa. pernahkah anda berpikir untuk mengetahui bagaimana proses pembentukannya? Mengapa kita bisa memiliki penampang alam yang sedemikian uniknya ini. selanjutnya mari kita masuk ke pembahasan inti.Teori tektonik lempeng (tectonic plate) adalah teori yang menjelaskan pergerakan di kulit bumi sehingga memunculkan bentuk permukaan bumi seperti yang sekarang kita diami. Hal tersebut berdampak bukan hanya pada banyaknya aktivitas vulkanis dan tektonis di Indonesia. Fenomena seperti inilah yang dapat menimbulkan gempa. Indonesia terdiri dari 5 pulau besar. Sumatera.itu. tapi juga tenaga besar yang terjadi pada fenomena-fenomena tersebut. Sebuah teori geologi kuno menyebutkan.Adanya pergerakan subduksi antara dua lempeng kemudian menyebabkan terbentuknya deretan gunung berapi dan parit samudera. Dampak dari pergerakan lempeng terhadap wilayah Indonesia membuat wilayah Indonesia rawan akan gempa bumi (namun juga kaya sumber daya mineral).Dari tiga tipe batas lempeng yang dikenal (konvergen. yang jarang dimiliki oleh banyak negara lain? Untuk itu kali ini saya akan mengajak anda belajar bersama tentang proses terbentuknya "Zamrud Khatulistiwa". Indo-Australia. Rangkaian pulau-pulau ini menjadi bagian utama dari kepulauan Nusantara. Padahal Indonesia terletak pada pertemuan empat lempeng besar dunia (Lempeng Eurasia.

sehingga terdapat puluhan patahan aktif yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia). Pada masa ini hewan. Materi 2 1.000 tahun. Jawa.000. 4. zoon = hewan).Teori tektonik lempeng menyebutkan bahwa dahulu seluruh daratan di muka bumi ini adalah satu daratan yang sangat luas bernama Pangea. 2. Neozoicum. b. Proses evolusi bumi dibagi menjadi beberapa periode sebagai berikut.Masing-masing ditandai oleh peristiwa alamyang menonjol. Berlangsung kira-kira50.000.Terjadinya evolusi bumi sampai adanya kehidupan memakan waktuyang sangat panjang. Pada saat ini bumi baru terbentukdengan suhu yang relatif tinggi.000 tahun. Bali.berapi aktif/Ring of Fire. hasil yang dapat dirasakan di permukaan bumi adalah adanya lava (cairan larutan magma pijar yang mengalir keluar dari dalam bumi). Mereka berasal dari endapan pecahan kerang. Indo-Australia. Lombok hingga kepulauan Nusa Tenggara : Pulau-pulau tersebut terbentuk karena adanya aktivitas vulkanisme di bawah permukaan bumi. Pada masa ini sudahmeninggalkan fosil flora dan fauna. Lama kelamaan lava tersebut memadat bertambah besar membentuk sebuah busur pulau. kemudian induk benua ini terpecah menjadi dua yaitu Godwana (di Utara) dan Laurasia (di Selatan). hewan amfibi.Seiring berjalannya waktu kedua lempeng besar tersebut terpecah-pecah kembali menjadi benua-benua seperti sekarang. Eurasia dan lempeng mikro lain di daerah tersebut c. Mesozoicum. yaitu zaman purba tengah. koral dan binatang laut lainnya.Semakin lama semakin besar dan akhirnya terbentuklah sebuah pulau baru. Pembabakan zaman dalam proses evolusi bumi Selanjutnya proses evolusi alam semesta itu memakan waktukosmologis yang sangat lama sampai beribu-ribu juta tahun.000 tahun yang lalu Zaman ini dapat dibagi lagi menjadi dua tahap (Tersier dan Quarter). Yaitu zaman :sebelum adanya kehidupan. Pulau-pulau kecil : Proses terbentuknya pulau-pulau ini lebih sederhana dibanding yang lain. 3. Palaezoicum. . Proses seperti ini dikenal sebagai Island Arc. yang dimulai sejak 60. Pulau Sulawesi : Pulau Sulawesi terbentuk akibat pertemuan lempeng Filipina. mamalia (menyusui). d. Pulau Papua dan Kalimantan : Keduanya terbentuk dari pecahan super benua pada awal terbentuknya permukaan bumi. Ilmu palaentologi membaginya dalam enam tahap waktu geologis.000. Pulau Sumatra. benua danmakhluk hidup yang paling sederhana. Lamanya kira-kira 140. zaman es mulai menyusut dan makhluk-makhluk tingkat tinggi dan manusia mulai hidup. yaitu zaman purba baru. seperti munculnya gunung-gunung. yaitu zaman purba tertua. Azoicum (Yunani: a = tidak. burung dan tumbuhanberbunga mulai ada. Lalu bagaimana proses pembentukan pulau-pulau utama ini? a. Waktunya lebih dari satu milyar tahun lalu.

relief iklim. kasuari. Banyak ditemukan di Pulau Sumatera. Sabana: Sabana adalah padang rumput yang diselingi pepohonan atau semak belukar . Jenis Flora Hutan hujan tropis : pohon kayu besi ( trembesi) pinus. Hutan Rawa: meliputi rawa rawa dengan jenis jenis tumbuhan beluntas. Kalimantan barat dan Kalimantan tengah c. Wilayah Indonesia tengah ( peralihan) Meliputi Pulau Sulawesi. banyak terdapat di Jawa tengah. Wilayah barat dan tengah dibatasi dengan garis Wallace dan Wilayah tengah dan timur dibatasi oleh garis weber : a. nuri c. dengan cirri hutan yang sangat lebat dengan berbagai macam tumbuhan. hutan ini mempunyai perbedaan kondisi tumbuhan sesuai dengan musim contohnya hutan jati. Sumatera Bagian Timur. jawa dan Kalimantan bercorak asia ( Asiatis) Jenis hutan tropis: meranti. kayu putih dan sabana . Kapok. Menurut ahli Flora dan Fauna ( Alfred Russel Wallace dan Max Wilhelm Carl Weber) Flora Fauna di Indonesia di golongkan menjadi 3 kelompok. Hutan Musim: hutan ini terdapat pada daerah yang bertemperatur tinggi. Kalimantan dan Sulawesi e. Perbedaan itu dipengaruhi oleh jenis tanah. kamper.Materi 3: A. pandan dan ketapang. Hutan Hujan Tropis: Karena Indonesia berada di katulistiwa dengan sinar matahari sepanjang tahun dan curah hujan tinggi maka sebagaian besar Hutan di Indonesia merupakan hutan tropis. Flora di Indonesia Flora di Indonesia tidak sama antar daerah. tengah dan Timur. Jawa timur dan Nusatenggara d. Yaitu kelompok Indonesia Barat. Wilayah Indonesia Barat Meliputi Sumatera. sepanjang pesisir pulau Kalimantan b. Hutan Bakau: Hutan bakau tumbuh di pantai yang landai dan berlumpur yang terkena pengaruh pasang surut. jenis burung berwarna: cenderawasih. Hutan ini banyak terdapat di sumatera. gerakan hewan dan rintangan alam. keruing. Fauna di Indonesia Perbedaan Flora Fauna di Indonesia dipengaruhi oleh keadaan alam. papua. badak. Hutan bakau terdapat di Papua. harimau dan Orang utan b.Flora di Indonesia sangat bervariasi. hutan ini berfungsi untuk melindungi abrasi pantai dan juga penampung banjir dari pedalaman daratan. Flora di Indonsesa dapat digolongkan menjadi 6 yaitu: a. banyak terdapat di jajaran kepulauan Nusa tenggara B. Wilayah Indonesia Timur Meliputi papua dan pulau pulau sekitar bercorak Australian Jenis flora : hutan tropis: Sagu dan nipah Fauna : Binatang menyusui bertubuh kecil( kangguru) . taluang dan mahoni Fauna: gajah. kepulauan Nusa tenggara dan Maluku.

komodo dan kerbau . tapir.Fauna : Anoa.