You are on page 1of 9

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Ilmu ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari perilaku manusia didalam
memenuhi kebutuhannya yang relatif tidak terbatas dengan sumber daya yang
terbatas dan masing-masing sumberdaya mempunyai alternatif penggunaannya. Ilmu
ekonomi merupakan salah satu bagian dalam kehidupan manusia. Tidak bisa
dipungkiri bahwa perilaku masyarakat di jaman sekarang adalah perilaku masyarakat
yang konsumtif terhadap barang apa saja. Maka dari itu dalam kehidupan ekonomi
produsen dan konsumen adalah suatu kesatuan yang sangat sulit untuk dipisahkan.
Konsumen berlomba-lomba untuk memperoleh penawaran yang setinggi-tingginya,
sedangkan produsen berusaha mendapatkan keuntungan yang besar sehingga di
sinilah muncul penentuan harga permintaan dan penawaran.
Permintaan dan Penawaran merupakan ilmu ekonomi yang saling terkait satu
sama lain antara pembeli dan penjual di pasar untuk membentuk harga dan kuantitas
dalam setiap transaksi perdagangan. Permintaan dan penawaran merupakan hal yang
sangat penting dalam pemahaman mengenai sistem pasar. Kegiatan permintaan dan
penawaran tidaklah dilakukan begitu saja melainkan adanya pedoman-pedoman
tertentu dalam menentukan besarnya permintaan maupun penawaran. Hal tersebut
dibahas dalam hukum permintaan dan penawaran.

Apa Faktor yang menyebabkan kurva permintaan dan penawaran bergeser? 3.Makalah ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana permintaan dan penawaran berinteraksi di dalam pasar. Bagaimana analisis permintaan dan penawaran dapat memprediksi suatu gagasan ditengah persaingan pasar? 1. Apa definisi dan fungsi Permintaan dan penawaran ? 2. apa saja fungsi dan faktor-faktor yang akan mempengaruhi permintaan dan penawaran.3 Tujuan 1. Agar mahasiswa dapat mengetahui harga pasar dalam permintaan dan penawaran 4. Agar mahasiswa dapat mengetahui factor-faktor yang menyebabkan kurva permintaan dan penawaran bergeser 3. Agar mahasiswa dapat mengetahui apa definisi dan fungsi permintaan dan penawaran 2. Bagaimana equilibrium changes menanggapi perubahan faktor penentu permintaan dan Penawaran? 5.2 Rumusan Masalah 1. Bagaimana pembentukan harga dalam pasar kompetitif? 4. 1. Agar mahasiswa dapat mengetahui equilibrium changes dalam menanggapi perubahan dari faktor permintaan dan penawaran .

5. Agar mahasiswa dapat mengetahui bahwa analisis prmintaan dan penawaran dapat memprediksi suatu gagasan ditengah persaingan pasar. .

Keseimbangan pasar akan tercapai apabila jumlah produk yang diminta sama dengan jumlah produk yang ditawarkan atau harga produk yang ditawarkan sama dengan harga produk yang diminta oleh pembeli. Sumbu horizontal menunjukkan total permintaan dan penawaran (Q) dinyatakan dalam unit per periode. Harga inilah yang diterima penjualan untuk jumlah penawaran tertentu dan yang akan dibayar pembeli untuk jumlah permintaan tertentu. Didalam grafik tersebut terdapat perpotongan antara kurva permintaan dengan kurva penawaran yang disebut dengan . Berikut ini gambar kurva dari keseimbangan pasar : Dalam gambar diatas dapat dijelaskan bahwa sumbu vertikal menunjukkan harga barang (p) yang diukur dalam rupiah per unit.1 Kesimbangan Pasar (Market Equilibrium) Keseimbangan pasar (market equilibrium) merupakan titik dimana jumlah permintaan sama dengan jumlah penawaran.BAB II PEMBAHASAN 2.

2. Bentuk kontrol harga yang paling umum digunakan adalah penetapan harga dasar (floor price) dan harga maksimum (ceiling price).1 Price Ceiling Price ceiling adalah kebijakan untuk mengontrol tingkat harga suatu barang agar tidak terlalu tinggi dan barang tersebut masih dapat terjangkau oleh masyarakat.1 10 + 4 = 9p + 5p Q =5 14 = 14 p p = 1 2. Apabila kita aplikasikan pada rumus maka akan terlihat sebagai berikut : Qd = Qs Q = 10 – 5P 10 – 5p = -4 + 9p Q = 10 – 5.2 Price Restrictions and Market Equilibrium Price Restrictions memiliki tujuan mengontrol harga untuk melindungi konsumen atau produsen.keseimbangan pasar. 2. .

3 Comparative Statics Analysis Sejauh ini kita dapat melihat bagaimana penawaran dan permintaan secara bersama-sama menentukan ekuilibrium pasar. Jika suatu peristiwa atau kejadian yang . 2.Price ceiling akan mengakibatkan shortage (kekurangan) karena kebijakan ini menentukan harga dibawah pasar sehingga akan meningkatkan permintaan. tetapi jumlah barang tidak dapat memenuhi tingkat permintaan itu.2 Price Floor Price floor adalah kebijakan menetapkan harga yang terendah yang bertujuan agar harga suatu barang tidak terlalu rendah. Price floor menyebabkan surplus (kelebihan) karena kebijakan ini menentukan harga diatas pasar sehingga produsen akan menjual lebih banyak barang tetapi permintaan akan turun karena harga lebih tinggi dari harga pasar.2. 2.

Pengeseran kurva permintaan ke kanan berarti adanya kenaikan jumlah barang yang diminta. sehingga harga barang akan mengalami penurunan. Perubahan kurva permintaan tersebut dapat diuraikan sebagai berikut. 2.3. 2. Jika penawaran tidak berubah. . Sebaliknya pergeseran kurva penawaran ke kiri berarti terjadi penurunan permintaan.2 Pergeseran Kurva Penawaran Pergeseran kurva penawaran kekanan berati terjadi kenaikan jumlah barang yang ditawarkan. maka harga akan mengalami penurunan.1 Pergeseran Kurva Permintaan Harga keseimbangan di pasar akan mengalami perubahan karena adanya faktor-faktor yang memengaruhi permintaan.menggeser salah satu kurva maka ekuilibrium pasar akan berubah. Analisis terhadap perubahan tersebut dinamakan comparative statics. maka akan mengakibatkan kenaikan harga dan kenaikan jumlah barang yang terjual atau terbeli.3. Jika permintaan tetap.

.3. Dengan demikian. maka harga akan mengalami kenaikan 2. Perhatikan pernyataan berikut : a. terjadi pergeseran kurva permintaan dan kurva penawaran dalam waktu yang bersamaan. Pergeseran tersebut tertentu akan mengubah posisi titik keseimbangan. Ketika permintaan meningkat dan penawaran meningkat maka harga tetap tetapi quantity akan meningkat.Sebaliknya pergeseran kurva penawaran kekiri berarti terjadi penurunan jumlah penawaran barang.3 Pergeseran Kurva Permintaan dan Penawaran Adakalanya perubahan faktor yang mempengaruhi permintaan bersamaan waktunya dengan perubahan faktor yang memengaruhi penawaran.

d. Ketika permintaan menurun dan penawaran meningkat maka harga akan turun dan quantity akan tetap. Ketika Permintaan turun dan penawaran juga turun maka harga akan tetap dan quantity akan turun. Ketika permintaan meningkat dan penawaran menurun maka harga akan meningkat dan quantity tetap c. .b.