You are on page 1of 5

PERSIAPAN PERJALANAN PARIWISATA

A.Pengertian Persiapan
Persiapan adalah suatu kegiatan yang akan dipersiapkan sebelum melakukan sebuah
kegiatantanpa persiapan,kegiatan tidak akan terlaksanakan dengan baik atau pun susah
untuk dilaksanakan.sebaliknya jika kita persiapan,maka kegiatan itu akan terlaksana
dengan baik.hasil dari persiapan adalah sebuah kegiatan yang memuaskan.

B. Makna Penting Persiapan Bagi Pariwisata
Bagi kebanyakan orang melakukan perjalanan wisata telah menjadi sesuatu hal yang
biasa dilakukan di sela-sela waktu luangnya. Perjalanan wisata bukan lagi menjadi
sesuatu hal mewah yang memiliki harga mahal untuk dilakukan. Bahkan sebagian orang
telah menjadikan perjalanan wisata atau traveling sebagai rutinitas yang biasa dilakukan
dengan tempo waktu tertentu.
Selain pentingnya memiliki referensi tempat tujuan perjalanan wisata yang akan
dikunjungi. Melakukan perencanaan perjalanan yang baik juga menjadi sesuatu hal yang
layak diprioritaskan, ketika kita hendak memulai sebuah perjalanan wisata. Dengan
melakukan perencanaan perjalanan yang baik, maka tujuan dari kegiatan perjalanan
wisata yang kita lakukan akan didapatkan secara maksimal.

Secara sederhana perjalanan dapat diartikan sebagai suatu aktivitas seseorang, yang
berpindah tempat dari suatu tempat ke tempat lain yang mempunyai tujuan atas
perpindahan tersebut. Sedangkan perjalanan wisata dapat diartikan sebagai kegiatan
perjalanan yang dilakukan oleh seseorang ke tempat yang berbeda dengan daerah
asalnya, untuk menikmati objek dan daya tarik wisata dalam waktu yang sementara.

Perencanaan itu sendiri merupakan langkah awal yang dilakukan oleh seseorang, sebagai
persiapan sebelum memulai sebuah kegiatan. Perencanaan perjalanan wisata dapat
dilakukan ketika tujuan dari kegiatan tersebut sudah dapat ditentukan, sehingga
seseorang bisa menyiapkan apa saja kebutuhan yang mungkin diperlukan dalam
kegiatan tersebut.

C.Berbagai Macam Persiapan Pariwisata
Sangat

Menyenangkan

apabila

perjalanan

wisata

sesuai

dengan

rencana

yang

diharapkan. Sebelum melakukan perjalanan wisata ada baiknya untuk mempersiapkan
berbagai keperluan perjalanan wisata kita. Selain mempersiapkan berbagai kebutuhan

selebihnya lebih baik disimpan saja.Budget Anggaran juga merupakan faktor penting utuk melakukan sebuah petualangan wisata. lebih disarankan menggunakan guide lokal sebagai menunjuk lokasi.PerlengkapanSederhana . biasanya di setiap kota ada penunjuk arah menuju tempat wisata. Pemilihan lokasi menjadi sangat penting untuk menghidari pemborosan waktu perjalanan. Kalau perlu mencari tau berapa tiket masuk saat ini. tiket masuk wisata. tempat yang hendak dikunjungi jaraknya terlalu jauh sehingga waktu hanya habis di perjalanan saja. ada beberapa hal juga yang perlu dipersiapkan agar tidak menjadi kendala selama berpetualang. Informasi ini terkait dengan apa yang hendak dilihat disana? Apakah pemandangan alam. Berikut ini beberapa persiapan yang perlu dilakukan untuk melakukan perjalanan wisata : 1. lakukan dengan deskripsi mana tempat yang akan dikunjungi pertama kali dan tempat-tempat selanjutnya.Lokasi Lokasi yang dimaksud adalah arah jalan. Bahan Bakar Minyak. 4.selama perjalanan wisata. makan. Ini lebih hemat dari pada menyewa guide tour. Perlu di perhatikan juga tersedianya uang cash (ATM) ditempat yang hendak di kunjungi. pembelian oleholeh dan pernak pernik wisata. Apabila ingin perjalanan beberapa hari. Misalnya. Namun bagaimana dengan tempat wisata yang belum dikelola pemerintah? Untuk tempat tersebut bisa melakukan pelacakan dengan menggunakan Google Maps dengan mesin browser atau smartphone sekarang. Menulis dan mencatat lokasi juga menjadikan faktor penting apabila seseorang belum pernah berada di daerah tersebut. dan lain-lain.Hitung dengan sederhana berapa kira-kira anggaran yang perlu disediakan untuk melakukan perjalanan wisata. 2. atau tempat bersejarah dan wisata budaya. Tempat yang jauh dari mesin ATM. hotel dan penginapan. Lebih baik disiapkan rute perjalanan dari pada berputar-putar dengan jalan yang sama. Untuk wisata budaya bisa mengakses web dinas pariwisata pemerintah atau informasi web dari koran lokal tentang kapan diadakan event tersebut. Melebihkan uang untuk perjalanan sangat di anjurkan. biaya makan dan minum. terlalu tidak efektif. Jangan sampai. tiket dan oleh-oleh.Informasi Tempat Wisata Informasi tempat wisata merupakan hal paling penting untuk ditelusuri lebih dalam apabila seseorang akan melakukan perjalanan wisata. minimal sudah paham berapa yang nanti dikeluarkan. Namun pada pertualang yang ekstrime. 3. Terlalu banyak membawa uang cash membuat perjalanan tidak nyaman karena hanya khawatir terhadap uang tersebut. jangan mempersiapkan paspasan. Tempat terdekat lebih menarik dari pada tempat yang jauh tapi habis di waktu. Cari tau bagaimana cara untuk menuju ke tempat tersebut. biaya kendaraan dan guide. usahakan membawa uang secukupnya untuk hanya berada disana.

Mengumpulkan informasi dapat dilakukan melalui Internet.Merencanakan lokasi tujuan Perjalanan Wisata. TV. 3. yaitu mulai dari berangkat. saat melakukan wisata dan . Misalnya perjalanan dipantai. selama perjalanan.Perlengkapan sederhana yang dimaksud adalah perlangkapan yang hanya sekadar dibutuhkan untuk bertahan hidup ketika melakukan perjalanan wisata. Mengumpulkan Informasi tujuan tempat wisata. Mencari (Reservasi) Penginapan dan Transportasi. Apabila membawa kamera atau handycamp. Rencana Persiapan Perjalanan Wisata Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan perjalanan wisata. Pengaturan Jadwal Perjalanan. akan lebih baik sebelum berangkat agar memesan tempat penginapan dan memesan tiket transportasi yang ingin digunakan (pesawat. cuaca. Biasanya informasi mengenai lokasi wisata. antara lain : 1. D. Perlengkapan ini disesuaikan dengan tempat dan lama yang hendak dilakukan. Berwisata akan menghabiskan waktu berhari-hari tetapi kalian tidak memiliki tempat penginapan pribadi. bawalah pakaian yang ringan dan tidak menyerap panas. Untuk perjalanan selama 3 hari bisa membawa pakaian yang cukup untuk selama 3 hari. Merupakan awal melakukan perjalanan wisata. radio atau media lain yang dapat menunjang tentang hal hal yang dibutuhkan selama melakukan perjalanan wisata. kereta api. dan fasilitas-fasilitas lainnya. bus. tidak usah membawa banyak pakaian hanya untuk dikatakan modis. transportasi yang dapat digunakan untuk menuju tempat tersebut. kalau hanya sekedar berpetualang bawalah yang prioritas. Bawa perlengkapan tersebut dengan menggunakan tas rangsel seperti layaknya backpacker atau koper apabila memang perjalanan wisata melebihi 2 hari. kapal laut. selain mempertimbangkan faktor keamanan tempattujuan wisata. 4.dll). 2. Mengatur jadwal perjalanan dengan cermat sangat memberikan manfaat dalam berwisata. Kecuali memang perjalanan tersebut didedikasikan untuk keilmuan dalam seni fotografi. Membawa perlengkapan yang terbatas namun berfungsi maksimal sangat disarankan untuk menghidari segala kemungkinan buruk yang terjadi.

paspor. kartu kredit. 5. Satu kegiatan yang paling di suka adalah hunting foto atau mengabadikan suatu atraksi dengan perekam digital. Seperti jika anda merencanakan untuk berkunjung ke perkampungan penganut ajaran samin yang ada di blora. dll. 8. Jangan lupa membawa visa. Tentunya tidak ingin melewatkan atraksi wisata di tempat yang dikunjungi. sekaligus dapat dijadikan sebagai penerjemah bahasa . adapter. Membawa serta dokumen penting saat melakukan perjalanan wisata. seperti : KTP. Mempersiapkan perlengkapan pribadi. dll.hingga pulang. sebaiknya mengatur waktu dengan cermat dengan tujuan agar semua tempat wisata yang ingin dikunjungi tak akan terlewatkan satupun. karena dapat menanyakan secara langsung tentang hal – hal yang ingin ketahui. Perlengkapan pribadi teramat sangat dibutuhkan untuk menunjang kenyamanan perjalanan wisata.bahasa lokal yang tidak dipahami. Pemandu Wisata. Membawa Dokumen Penting. SIM. dan NPWP agar mencegah pembayaran fiskal. Dan yang terlebih penting lagi kotak P3K yang berisi plester. nomor telepon darurat. bila mempunyai tujuan berwisata ke luar negeri. betadine dan obat-obat lain yang penting. Perekam Video. Menggunakan uang tunai bertujuan untuk memudahkan melakukan transaksi. kartu ATM. jika ingin mengunjungi beberapa tempat wisata di suatu daerah. audio dan foto. Misalnya. 7. contoh: pakaian. Membawa Uang Tunai. 6. 9. karena mesin ATM tidak banyak tersedia di tempat tujuan wisata pada saat melakukan transaksi. peralatan mandi atau make-up bagi para wanita. Jika berwisata ke suatu tempat yang baru. . akan lebih menyenangkan bila menggunakan jasa pemandu wisata lokal. perban.