You are on page 1of 11

PENDIDIKAN KESEHATAN SELAMA KEHAMILAN

(Luekorea, Konstipasi, Imunisasi TT, Tablet Fe, Pemenuhan Gizi dan P4K)
Disusun Dalam Rangka Memenuhi Tugas Asuhan Kebidanan Kehamilan
Dosen Pengampu : Siti Ni’amah, S. ST, M. Kes

Disusun Oleh :
SAPTARINI WATI
MAEMUNA

AKADEMI KEBIDANAN BAKTI UTAMA PATI
TAHUN AJARAN 2016/2017

Sedangkan secara operasional pendidikan kesehatan adalah semua kegiatan untuk memberikan dan atau meningkatkan pengetahuan. C. Mengetahui tentang pengertian imunisasi TT selama kehamilan 4. B. Mengetahui tentang perngertian tablet tambah darah (Fe) selama kehamilan 5. kelompok atau masyarakat. Mengetahui tentang penyebab leukorea selama kehamilan 2. pengetahuan ibu hamil yaitu gizi dan P4K. Berbagai materi dalam pendidikan kesehatan selama kehamilan yaitu perubahan fisik berupa leukorea dan konstipasi. Leukorea 1. sikap dan praktek masyarakat dalam memelihara dan meningkatkan kesehatan mereka sendiri. psikologis dan peran.BAB I PENDAHULUAN A. Berdasarkan latar belakang diatas diharapkan tenaga kesehatan mampu/ menguasai materi pendidikan kesehatan sehingga pelayanan kesehatan pada ibu hamil dilakukan maksimal. tindakan kebidanan berupa pemberian imunisasi Tetanus Toxoid dan tablet FE. Tujuan Penulisan Tujuan penulisan makalah ini antara lain : 1. Latar Belakang Promosi kesehatan adalah upaya untuk mempengaruhi atau mengajak orang lain baik individu. Pengertian .agar melaksanakan prilaku hidup sehat. BAB II TINJAUAN PUSTAKA A. Mengetahui tentang gizi selama kehamilan 6. Mengetahui tentang P4K (program perencanaan persalinan dan pencegahan komplikasi). Mengetahui tentang penyebab konstipasi selama kehamilan 3. Pendidikan kesehatan selama kehamilan bertujuan untuk menyiapkan ibu hamil dalam menghadapi perubahan fisik. Rumusan Masalah Adapun rumusan masalah dalam makalah ini adalah “apa saja pendidikan kesehatan selama kehamilan?”.

infeksi trikomonas vaginalis. Lendir kelenjar bartholini dan skene. yang tidak berubah. Lendir servik. Pembagian Leukorea a. b. Leukorea (fluor albus) atau keputihan adalah pengeluaran cairan dari jalan lahir yang bukan darah. tidak mewarnai pakaian dalam dan tidak berbau. penyebab infeksi Trikomoniasis. rasa gatal sehingga membuat ketidaknyamanan. keganasan reproduksi ataupun adanya benda asing dalam jalan lahir. Terdiri dari cairan yang kadang-kadang berupa mucus yang mengantongi banyak epitel dengan leukosit yang jarang. Terdapat banyak leukosit. Ciri-cirinya adalah: berwarna putih dan menjadi kekuningan bila kontak dengan udara karena prosesokside. Sekresi vagina ini bersifat asam. tidak gatal. b. b.Beberapa pengertian leukorea atau keputihan adalah sebagai berikut: a. oleh karena perubahan peningkatan jumlah glikogen pada sel epitel vagina menjadi asam laktat oleh bakteri Doderleins. karena cairan yang keluar selalu membasahi bagian dalam dan terkadang menimbulkan iritasi. Kandidiasis dan Vaginosis bacterial. Secara alamiah wanita mengeluarkan cairan dari alat kelaminnya yang berasal dari : a. Leukorea atau keputihan yang terjadi pada wanita tidak menyebabkan kematian tetapi kesakitan. namun hal ini dapat menjadi media bagi pertumbuhan organisme penyebab vaginitis. 2. Penyebab Leukorrhea/ keputihan merupakan peningkatan sekresi vagina yang encer sampai kental akibat perubahan hormonal dan terjadi mulai pada trimester pertama kehamilan. 3. Transudat dinding vagina. perubahan konsistensi dan warna. menjelang dan sesudah menstruasi atau pengaruh hormone pada kehamilan. Ciri-ciri adalah: terjadi peningkatan volume (membasahi celana dalam). c. Leukorea merupakan gejala awal dari infeksi. terdapat bau yang khas. c. Leukorea atau keputihan adalah nama gejala yang diberikan pada cairan yang keluar dari saluran genetalia wanita. keganasan atau tumor jinak reproduksi. Leukorea fisiologis Leukorea fisiologis terjadi mendekati ovulasi (karena rangsangan seksual). Leukorea atau keputihan adalah sekret putih yang kental keluar dari vagina maupun rongga uterus (Kamus Kedokteran). Leukorea patologis Leukorea patologis terjadi karena infeksi vaginal. Meskipun hal ini berfungsi untuk melindungi ibu dan janin dari serangan kuman infeksi berbahaya. Produktivitas kelenjar pada cerviks dalam mensekresi dan meningkatkan jumlah . infeksi jamur candida albicans.

mucus/lendir menjadi lendir cerviks. hal ini menambah masalah pada wanita hamil. mempertahankan postur tubuh yang baik. B. akan mengalami keluhan ini saat hamil yang mungkin terjadi pada trimester kedua atau trimester ketiga. buah ini bersifat laksatif alami. Cara Mengatasi Untuk mengatasi hal tersebut. Mengkonsumsi makanan (buah dan sayur yang tinggi serat). Konstipasi dapat disebabkan oleh penurunan peristaltic saluran pencernaan oleh karena relaksasi otot halus pada usus besar sebagai akibat dari peningkatan hormone progesterone. 8. dapat meningkatkan sirkulasi pembuluh darah vena sehingga dapat mencegah kongesti/kemacetan pada usus besar. Konstipasi Wanita yang sebelumnya belum pernah mengalami keluhan konstipasi/sembelit. 5. 4. dll). Minum minuan yang hangat sesaat setelah bangun tidur. dan akan lebih baik dicampur madu. Salah satu efek samping utama dari mengkonsumsi tablet besi adalah konstipasi. ceri. Biasakan makan teratur. kemudian mengeringkan dengan handuk bersih atau tisyu. Ibu hamil tidak disarankan untuk menggunakan douche vagina atau spray vagina. 4. ibu hamil disarankan untuk meningkatkan perhatian pada kebersihan badan terutama pada area vagina dan meningkatkan frekuensi pergantian celana dalam yang berbahan katun dan mudah diserap. diantaranya : 1. Imunisasi TT 1. Pengertian Imunisasi Tetanus Toksoid adalah proses untuk membangun kekebalan sebagai upaya pencegahan terhadap infeksi tetanus. bukan karena kebutuhan. 3. 6. Dapat diberikan obat laksatif atau gliserin dengan izin petugas kesehatan. Latihan fisik/ olah raga ringan secara teratur. dapat menstimulasi peristaltic usus. 7. dari arah depan ke belakang. 2. 9. Membiasakan buang air besar secara teratur dan segera bab saat ada dorongan. Cukup istirahat. body mekanik yang baik. Tetanus neonatorum adalah penyakit tetanus . Ibu hamil juga disarankan untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya dengan banyak makan makanan yang banyak mengandung vitamin C terutama buah dan sayur. Mengkonsumsi buah atau jus prune/prem/plum (di dalamnya termasuk persik. hindari memakan makanan karena dorongan makan. dengan berjalan kaki setiap hari. Pengobatan secara alami sudah cukup untuk mengatasi keluhan ini. setiap selesai BAK dan BAB. Penekanan usus besar oleh karena pembesaran uterus juga berkontribusi pada penurunan motilitas saluran pencernaan sehingga menyebabkan konstipasi.\ C. Bersihkan vagina menggunakan sabun setiap mandi. Meningkatkan intake cairan minimal delapan gelas perhari. Tindakan yang dilakukan untuk mengatasi konstipasi ini akan lebih baik apabila digunakan secara bersamaan (kombinasi). pada periode ini juga berkontribusi pada terjadinya keputihan.

Tidak ada bahaya bagi janin apabila ibu hamil mendapatkan imunisasi TT (Saifuddin dkk. Secara alamiah zat besi diperoleh dari makanan. Melindungi ibu terhadap kemungkinan tetanus apabila terluka. masa perlindungan 10 tahun. kemerahan dan pembengkakan pada tempat suntikan (Depkes RI. TT 2. b. diberikan dengan dosis 0. TT 3. masa perlindungan 25 tahun. dosis pemberian 0.5 cc. 4.5 cc. Manfaat a. Jadwal Imunisasi TT sebaiknya diberikan sebelum kehamilan 8 bulan untuk mendapatkan imunisasi TT lengkap (BKKBN. yaitu kuman yang mengeluarkan toksin (racun) dan menyerang sistem saraf pusat (Saifuddin dkk. 2001). d. TT 5. 2000). Efek samping Biasanya hanya gejala-gejala ringan saja seperti nyeri. 2005). jarak pemberian 4 minggu setelah TT 1. dapat memberikan perlindungan selama 3 tahun. ini akan sembuh sendiri dan tidak diperlukan tindakan/pengobatan (Depkes RI.5 cc. TT 1. TT 1 dapat diberikan sejak di ketahui postif hamil dimana biasanya di berikan pada kunjungan pertama ibu hamil ke sarana kesehatan (Depkes RI. 2000). jarak pemberian 1 tahun setelah TT 4. jarak pemberian 1 tahun setelah TT 3. 2001). dosis pemberian 0. Tablet ini sangat diperlukan oleh ibu hamil. e. TT adalah antigen yang sangat aman dan juga aman untuk wanita hamil.yang terjadi pada neonatus (bayi berusia kurang 1 bulan) yang disebabkan oleh clostridium tetani. 2000). Melindungi bayi baru lahir dari tetanus neonatorum. Jadwal imunisasi tetanus toxoid adalah : a. Salah satu unsur penting dalam proses pembentukan sel darah merah adalah zat besi. masa perlindungan 5 tahun. Tablet FE 1. dosis pemberian 0. TT 4. 2. Efek samping tersebut berlangsung 12 hari. 2.5 cc. Pengertian Tablet Zat besi (Fe) adalah suatu tablet mineral yang sangat dibutuhkan untuk membentuk sel darah merah (hemoglobin). Manfaat Tablet Fe sangat penting bagi kesehatan ibu hamil. Sudah selayaknya seorang ibu hamil akan mendapatkan minimal 60 tablet Fe selama kehamilannya dan diberikan secara gratis. D.5 cc. jarak pemberian 6 bulan setelah TT 2. 3. c. Kekurangan zat besi dalam menu makanan sehari-hari dapat menimbulkan penyakit anemia gizi atau yang dikenal masyarakat sebagai penyakit kurang darah. b. diantaranya yaitu : . dosis pemberian 0.

penyimpanan. Namun. Kebutuhan nutrisi akan meningkat selama ibu hamil. Pengertian Gizi adalah suatu proses organisme menggunakan makanan yang dikonsumsi secara normal melalui proses digesti. d. Teh dan kopi dapat mengurangi didalam penyerapan zat besi dalam tubuh. Makanan yang beranekaragam yaitu makanan yang banyak mengandung unsur-unsur zat gizi yang diperlukan baik kualitas maupun kuantitasnya. biasanya kotoran (feses) akan berwarna hitam. Menu Makanan Seimbang Makanan dan gizi seimbang merupakan makan yang cukup mengandung karbohidrat dan lemak sebagai sumber zat tenaga. c. d. Apabila terjadi kekurangan atas kelengkapan saah satu zat gizi pada jenis makanan akan dilengkapi oleh zat gizi serupa dari makanan yang lain. Ketika seseorang akan mengkonsumsi zat besi. namun tidak smua kebutuhan nutrisi meningkat secara proposional. c. f. Cara Minum Penyerapan besi dapat maksimal apabila saat minum tablet atau sirup zat besi dengan memakai air minum yang sudah dimasak. pembuluh . Gizi 1. e. Daging merah Hati Sayuran hijau Biji-bijian Kacang-kacangan Mengkonsumsi cukup vitamin c juga penting. metabolisme dan pengeluaran zat-zat yang tidak digunakan untuk mempertahankan kehidupan. Dengan meminum tablet Fe maka tanda-tanda kurang darah akan menghilang. pembentukan plasenta. jika tidak menghilang berarti menderita anemia gizi besi jenis lain. Menu seimbang antara lain : a. Makan maakanan yang beranekaragam sangat bermanfaat bagi kesehatan terutama pada ibu hamil. transportasi. zat pembangun dan zat pengatur bagi ibu hamil serta janin yang ada dalam kandungannya. b. protein sebagai sumber zat pembangun. Sumber Makanan Untuk para ibu hamil perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi zat besi. Kalori Seorang wanita selama kehamilan memiliki kebutuhan energi yang meningkat. dimana vitamin c dapat membantu dalam penyerapan zat besi itu sendiri 4. absobsi. seperti: a. maka perlu untuk menghindari teh atau kopi. Mencegah terjadinya anemi defisiensi besi Mencegah terjadinya perdarahan pada saat persalinan Dapat meningkatkan asupan nutrisi bagi janin Anemi dan perdarahan dapat dicegah. maka kematian ibu pun dapat diturunkan 3. b. 2.a. sehingga makanan yang beranekaragam akan menjamin terpenuhinya kecukupan sumber zat tenaga. Setelah minum tablet atau sirup zat besi. serta vitamin dan mineral sebagai zat pengatur. E. Energi ini digunakan untuk pertumbuhan janin.

Protein Bahan makanan hewani merupakan sumber protein yang baik dalam hal jumlah maupun mutu. kacang – kacangan. Dalam satu hari asupan energi ibu hamil trimester ketiga dapat mencapai 2300 kkal/hari. susu. f. yaitu daging. d. umbi-umbian. Zat besi merupakan senyawa yang digunakan untuk memproduksi hemoglobin yang berfungsi untuk : 1) Mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh 2) Sintesis enzim yang terkait besi 3) Penggunaan oksigen untuk produksi energi sel. c. Energi/ kalori didapatkan dari lemak dan minyak. dan berbagai produk olahan susu seperti keju dan yoghurt. cairan amnion. udang. dan jaringan yang baru. dan zink. Selain itu kalsium juga digunakan untuk membantu pembuluh darah berkontrkasi dan berdilatasi. hati. protein nabati berasal dari nabati seperti tempe. e. dan biji-bijian. sayuran hijau. dan gula murni b. Makanan yang menjadi sumber kalsium diantaranya ikan teri. pendeknya usia kehamilan dan hemorrhage (pendarahan). Asam Folat Asam folat dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah dan sel darah putih dalam sum-sum tulang belakang dan untuk pendewasaannya. Protein dalam kehamilan berfungsi dalam pertambahan komponen dalam kehamilan yaitu plasenta. ikan. rahim. sumber karbohidrat seperti padi-padian. jeruk. Zat Besi Selama hamil. zat besi banyak dibutuhkan untuk mensuplai pertumbuhan janin dan plasenta serta meningkatkan jumlah sel darah merah ibu. zat besi. kalsium. Kekurangan asam folat berkaitan dengan tingginya insiden komplikasi kehamilan seperti aborsi spontan. seperti telur.darah. 2) Menghindari penghambat (inhibitor) absorpsi besi seperti teh dan kopi. prematur. daging. Makanan-makanan yang dapat meningkatkan absorpsi besi selama hamil diantaranya sebagai berikut : 1) Konsumsi makanan yang dapat meningkatkan absorpsi besi. Vitamin dan Mineral Bagi pertumbuhan janin yang baik dibutuhkan berbagai vitamin dan mineral seperti vitamin C. tahu. Menu Makanan Seimbang . sayuran hijau. Jenis makanan yang banyak mengandung asam folat antara lain ragi. unggas. daging. toxemia. kacang-kacangan. Kalsium Ibu hamil dan bayi membutuhkan kalsium untuk menunjang perrtumbuhan tulang dan gigi serta persendian janin. darah dan cairan ekstravaskuler. janin. sayur. serta kacang-kacangan. dan kerang untuk protein hewani. 3. Kekurangan kalsium selama hamil akan menyebabkan tekanan darah ibu menjadi meningkat. brokoli. dan buah yang kaya vitamin C. dan telur. asam folat.

Meningkatnya kemitraan bidan dan dukun e. Tertanganinya kejadian komplikasi secara dini f. Tujuan a. KB pasca salin dengan perannya masing-masing. Terdatanya status ibu hamil dan terpasangnya stiker P4K disetiap rumah ibu hamil yang memuat informasi tentang lokasi tempat tinggal ibu hamil. P4K (PROGRAM PERENCANAAN PERSALINAN DAN PENCEGAHAN KOMPLIKASI) 1. Menurunnya kejadian kesakitan dan kematian ibu serta bayi Komponen P4K dengan stiker . Adanya perencanaan persalinan c. termasuk perencanaan penggunaan KB pasca persalinan dengan menggunakan stiker sebagai media notifikasi sasaran dalam rangka meningkatkan cakupan dan mutu pelayanan 2. keluarga dan masyarakat dalam merencanakan persalinan yang aman dan persiapan menghadapi komplikasi bagi ibu hamil. pendamping persalinan.F. Meningkatnya peserta KB pasca salin g. Meningkatnya cakupan persalinan oleh tenaga kesehatan terampil d. h. transportasi yg akan digunakan serta pembiayaan. calon donor darah. 3. penolong persalinan. kesehatan bagi ibu dan bayi baru lahir. identitas ibu hamil. b. Manfaat a. hamil. Mempercepat berfungsinya desa siaga b. Terlaksananya pengambilan keputusan yang cepat dan tepat bila terjadi komplikasi selama. taksiran persalinan. bersalin maupun nifas. dalam perencanaan dan pencegahan komplikasi dengan stiker. d. Meningkatnya keterlibatan tokoh masyarakat baik formal maupun non formal. Meningkatkan cakupan pelayanan ANC sesuai standart c. klpk masyarakat. fasilitas tempat persalinan. Pengertian P4K dengan Stiker adalah merupakan suatu kegiatan yang di fasiliotasi oleh Bidan di desa dalam rangka peran aktif suami. dukun. Terpantaunya kesakitan dan kematian ibu dan bayi 4.

berbahan katun dan mudah diserap. termasuk perencanaan penggunaan KB pasca persalinan dengan menggunakan stiker sebagai media notifikasi . Pemenuhan gizi selama kehamilan yaitu makanan dan gizi seimbang yang merupakan makanan yang cukup mengandung karbohidrat dan lemak sebagai sumber zat tenaga. Donor darah d. protein sebagai sumber zat pembangun.Fasilitas aktif oleh bidan : a. cara mengatasinya adalah meningkatkan frekuensi pergantian celana dalam yang 2. serat. Konstipasi selama kehamilan dapat disebabkan oleh penurunan peristaltic saluran pencernaan oleh karena relaksasi otot halus pada usus besar sebagai akibat dari peningkatan hormone progesterone. Suami/ keluarga menemani ibu pada saat bersalin f. Dasolin/ tabulin c. PROGRAM PERENCANAAN PERSALINAN DAN PENCEGAHAN KOMPLIKASI (P4K) merupakan suatu kegiatan yang di fasiliotasi oleh Bidan di desa dalam rangka peran aktif suami. Pencatatan ibu hamil b. terhadap infeksi tetanus dan mencegah tetanus toxoid. Kunjungan nifas h. serta vitamin dan mineral sebagai zat pengatur. IMD g. tidak 90 tablet. Leukorea selama kehamilan merupakan peningkatan sekresi vagina yang encer sampai kental akibat perubahan hormonal dan terjadi mulai pada trimester pertama kehamilan. keluarga dan masyarakat dalam merencanakan persalinan yang aman dan persiapan menghadapi komplikasi bagi ibu hamil. 6. Kunjungan rumah BAB III PENUTUP A. Imunisasi TT merupakan upaya membangun kekebalan sebagai upaya pencegahan 4. cara menguranginya adalah meningkatkan asupan 3. Transport/ ambulan desa e. Kesimpulan 1. Tablet FE selama kehamilan merupakan adalah pemberian tablet mineral yang sangat dibutuhkan untuk membentuk sel darah merah (hemoglobin) selama kehamilan paling 5.

Cetakan Keempat. dan Sujiyatini.lusa.co. 2010. Ibu hamil Meningkatkan pengetahuan tentang kehamilan sehingga tumbuh kembang janin maksimal. 2012.id/ Susilawati. Imunisasi Tetnus toxoid Ibu hamil.W .co.id/2012/06/v-behaviorurldefaultvmlo. Gita. 2014. Available at : http://www. Tenaga Kesehatan Meningkatkan kemampuan dalam memenuhi kesiapan fisik dan psikis ibu hamil melalui pendidikan kesehatan sehingga ibu hamil akan dapat menyesuaikan diri selama kehamilan. B. 2009. Perawatan Ibu Hamil (Asuhan Ibu Hamil).html at : .id/2010/08/p4k-program-perencanaan-persalinan-dan. Available http://watisusilawati. Lusa. Surakarta : Poltekkes Surakarta Kusmiati.blogspot. Heni P. Available at : http://bidanlia.html Kostania. DAFTAR PUSTAKA Ahmad Lailia.blogspot.sasaran dalam rangka meningkatkan cakupan dan mutu pelayanan kesehatan bagi ibu dan bayi baru lahir. Yogyakarta : Fitramaya. 2015. Buku Modul Pembelajaran Asuhan Kebidanan Kehamilan. Gizi Seimbang Ibu Hamil. Yuni . P4K (PROGRAM PERENCANAAN PERSALINAN DAN PENCEGAHAN KOMPLIKASI). 2. Saran 1.web.