You are on page 1of 16

ULANGAN SEMESTER GANJIL

TAHUN PELAJARAN 2009/2010

LEMBAR SOAL

Mata Pelajaran
Kelas
Hari / Tanggal
Waktu

: Ekonomi
: X
:
: (90 menit)

,

Desember 2009

Petunjuk Umum
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.

Tulis nomor dan nama anda pada lembar jawaban
Periksalah dan baca soal-soal dengan teliti sebelum anda menjawab
Dahulukan menjawab soal-soal yang dianggap mudah
Kerjakan pada lembar jawaban yang disediakan
Bentuk soal pilihan ganda
Periksalah pekerjaan anda sebelum diserahkan kepada pengawas ruang
Manfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya

1. Inti masalah ekonomi adalah....
A.
Kebutuhan manusia yang dapatmdipenuhi dengan kerja
B.

Kebutuhan manusia dan keterbatasan alat pemuasnya

C.

Kebutuhan manusia dan uang sebagai alat pemuasnya

D.

Kebutuhan manusia barang atau jasa sebagai alat pemuasnya

E.

Kebutuhan manusia dalam mencapai kepuasan hidu

Jas hujan akan berguna pada waktu musim hujan. Bentuk E. Kebutuhan hidup selalu bertambah Berdasarkan pernyataan tersebut. 1. Masalah ekonomi E..3 dan 5 E..2. Kelangkaan C.. Perhatikan tabel berikut. Hak milik 3. Meningkatkan kesejahteraan material 4.. Waktu C. 3. dan kebutuhan disebut ... 2.4 dan 5 5. 2. Pelayanan B. Contoh tersebut sesuai dengan kegunaan .. . A.3 dan 4 D.. Meningkatkan produksi 3. A.. A. Pembagian pendapatan yang merata 5. alasan ekonomi yang dapat meningkatkan kemakmuran adalah . Kesenjangan antara harapan.2 dan 3 B. Kebutuhan 4. 1. 1. Memenuhi kebutuhan hidup 2. Tempat D. Inti masalah ekonomi D.3 dan 4 C. kenyataan. Perhatikan pernyataan berikut. Keinginan B.

A3.3 dan 5 3. dan C1 E.3 dan 5 2. Pertambangan .3 dan 4 1. dan C3 6. E. yaitu . B2.No 1 2 3 A B Makanan Pakaian Piano Video Parabola Sepatu Sepeda Meja C Perumahan Termasuk kebutuhan sekunder yaitu : A.. B3... B2. A2. 1.2 dan 3 1. Perkebunan B. dan C3 D. C.. Perhatikan pernyataan berikut 1) jumlah tenaga ahlikurang 2) sumber daya alam melimpah 3) penguasaan ilmu dan tehnologi rendah 4) kebutuhan manusia terbatas 5) Jumlah modal terbatas Faktor-faktor yang menyebabkan kelangkaan barang pemuas kebutuhan. A. Berikut ini termasuk sumber daya alam yang dapat diperbaruhi. kecuali .4 dan 5 7. A1. D. dan C1 C.. B2.. A2. Pertanian C. A. Peternakan D. B. Perikanan E. B1 dan C1 B. A1.

Berikut yang bukan merupakan alasan suatu negara menggunakan salah satu sistem ekonomi.. Analisis tersebut berhubungan dengan masalah ekonomi .8 Analisis segmen pasar diperlukan produsen dalam mengatasi suatu masalah ekonomi. A. Apa yang harus diproduksI 10. yaitu . yaitu . A.. Bagaimana cara memproduksi B. Tidak ada kebebasan berusaha secara individu 11. How B. What 9 Survai pasar sangat diperlukan guna membantu produsen terutama dalam mengatasi satu masalah ekonomi. Dimana diproduksi D.. For whom C.. Adanya persaingan bebas antara pengusaha C. Where D. Untuk siapa di produksi C... Salah satu ciri-ciri sistem ekonomi komando yaitu . Who E. Siapa yang memproduksi E. Produsen memproduksi apabila dibutuhkan E.... Pemerintah secara politik mengawasi dan membantu kegiatan ekonomi D. Faktor-faktor produksi dikuasai oleh pemerintah B. A.

Alat produksi dikuasai oleh negara... Kehidupan ekonomi pasar mementingkan diri sendiri sedang ekonomi campuran hidup bergotong royong B.. Hal itu merupakan ciri-ciri sistem ekonomi . A. sedang ekonomi campuran alat produksi dimiliki individu C. Lembaga sosial D. pancasila 13.. A. Tradisional D. Lembaga ekonomi B. Penguasaan tehnik produksi ekonomi pasar sudah modern sedangkan ekonomi liberal dengan alat sederhana . Campuran C... sedangkan ekonomi campuran mencari laba sebesar-besarnya D. Rakyat ikut disertakan secara aktif didalam perekonomian .. Komando B.. Ekonomi pasar bertujuan memenuhi kebutuhan minimum.. Ekonomi pasar diatur oleh mekanisme pasar sedang ekonomi campuran diatur oleh negara dan swasta E. Lembaga pendidikan C. Pasar E.Perbedaan sistem ekonomi pasar dengan sistem ekonomi campuran yaitu . Lembaga ide-ide 12. Lembaga hukum E.. A.

Bagaimana memakai alat pemuas yang ada agar berhasil guna 17. Usaha manusia meningkatkan manfaat barang 15. A. tenaga kerja 2. Peristiwa-peristiwa dalam masyarakat C. Economic cost E. mesin 3. Bagaimana menggunakan sumber daya produksi agar mendapat hasil maksimal D. Bidang industri menambah gedung. Social cost 16.. Bagaimana mengolah suatu badan usaha agar mendapat keuntungan E. A. Contoh perluasan produksi 1. disebut .. Tujuan manusia mempelajari ilmu ekonomi ialah mengetahui .Masalah pokok manusia dalam memenuhi kebutuhan adalah …... A.. Intensif . Usaha manusia memenuhi kebutuhan D.. Usaha manusia menciptakan barang E.. Bagaimana membelanjakan pendapatan yang terbatas B.. Bidang pertanian menambah lahan. Usaha manusia mencari kemakmuran B.. Pengorbanan yang harus diambil manusia sebagai akibat dari sebuah pilihan yang ia putuskan dan bukannya pilihan lainnya. Variabel cost C. Opportunity cost D. Bidang Jasa angkutan menambah kendaraan Contoh tersebut adalah perluasan produksi secara . Barang apa yang akan akan diproduksi dan berapa jumlahnya C. Fixed cost B.14. A.

Ekstensif Insentif Produktif Konsumtif 18. menggunakan sarana produksi D... menyediakan faktor produksi C. utilitas batas B. tenaga kerjas dan modal E. Gossen II 20.. memproduksi barang dan jasa B.Dalam melakukan proses produksi. melakukan pembelian barang modal E. E.. A. melakukan kegiatan eksport import 21.Kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh rumah tangga konsumen adalah .. Pemenuhan kebutuhan yang dilakukan secara terus-menerus. .. Berikut ini termasuk faktor produksi asli adalah . Hal ini merupakan inti dari hukum .. Adanya sumber-sumber pemuas kebutuhan yang terbatas D. Adanya sumber-sumber yang tak terbatas B. Timbulnya barang-barang ekonomi disebabkan oleh…. Adanya persediaan barang yang serba mewah 19.. nilai kepuasannya semakin lama semakinturun. Adanya faktor produksi alam. Gossen I E. A. D. nilai subyektif D. Tidak ada kebutuhan yang mantap C. A. nilai obyektif C. C. rumah tangga perusahaan memerlukan sejumlah faktor produksi .B..

modal dan skill C. A.. . modal dan tenaga kerja E. A. Pembeli submarginal E. adalah pengertian dari . Penawaran C. Berikut ini bukan kegiatan yang dilakukan oleh rumah tangga produsen. A. alam dan skill D. Konsumsi 25..Apabila harga turun.A. Penjual submarginal C. membeli faktor produksi E. adalah ….. Seorang pedagang menjual dagangannya dibawah harga pasar hal ini termasuk golongan . menerima upah dan bunga modal 23. Permintaan B.. Pembeli super marginal 24. Produksi E. membayar pajak D. dan sebaliknya apabila harga naik ... menjual barang dan jasa C.. maka jumlah permintaan akan naik/bertambah. Sejumlah barang dan jasa yang diinginkan untuk dibeli atau dimiliki pada berbagai tingkat harga yang berlaku di pasar dan waktu tertentu.. maka jumlah permintaan akan turun/berkurang.. alam dan modal B. Penjual super marginal D. alam dan tenaga kerja 22. Distribusi D. Penjual marginal B. memproduksi barang dan jasa B. yaitu .

hukum dagang 26. 3.. Selera 4). 1.3 dan 4 D..2 dan 4 C. Permintaan marginal B. hukum penawaran C. Permintaan absolut E.A. hukum Gossen I D. Harga barng 2). Tehnologi 5). Pembeli super marginal 27. kurve akan bergeser ke atas D. Keinginan seseorang untuk membeli barang yang tidak disertai dengan daya beli disebut ….Dibawah ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat permintaan dan penawaran barang. Jika harga naik.2 dan 3 B.3 dan 5 28.4 dan 5 E .. A. hukum Gossen II E. kurve akan bergeser ke kanan C. hukum permintaan B. 1. A. maka . Tingkat pendapatan Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat permintaan adalah …. maka jumlah permintaan akan berkurang. Permintaan submarginal C. kurva akan bergeser ke kiri. 1. A. kurve akan bergeser kebawah . B. 2. Pergeseran Kurva Permintaan perubahan harga mengakibatkan perubahan permintaan. Penawaran potensial D. Biaya produksi 3). 1).

( 7 .. 15 ) D. 16 ) E..Bentuk Persamaan Qd = 25 . fungsi penawaran Qs = . ( 8 . Jika diketahui fungsi permintaan Qd = 20 – P. 00 per .5P Bentuk kurvenya adalah . 13 ) B.8 + 3P maka harga keseimbangannya adalah A. D B E C 30. A.E. 17 ) 31. 14 ) C. ( 7 . ( 9 . Jika fungsi permintaan adalah Qd = 250 – 0. ( 9 . sedang harga barang adalah Rp 150. kurve tetap tidak bergeser 29.5 P.

..00 E. 175 unit E. Elastisitas harga permintaan B.. Tingkat kepekaan jumlah barang yang diminta karena perubahan harga maka disebut . Jika jumlah barang yang diminta 450. Koefisien elastis 34. 150 unit D. A.. In Elastis sempurna E. A. Rp 260. Elastisitas harga penawaran C.00 C. sepasang sepatu dihargai. Harga ditentukan oleh permintaan dan penawaran . A. Elastis uniter D.. Rp 220.00 33.. pembeli dan penjual relatif banyak 2). Beberapa ciri pasar. Fungsi permintaan sepatu dilambangkan oleh Qd = 890 – 2P.00 B. Barang yang diperdagangkan bermacam-macam 3).. Rp 225. 250 unit 32. Rp 230.00 D... Rp 280.unit. 100 unit C. jumlah barang yang diminta adalah . 75 unit B. Pembeli dan penjual bebas keluar masuk pasar 4). diantaranya: 1) .

Jika disuatu pasar terdapat banyak penjual dan pembeli untuk barang-barang tertentu. 3..5 E. persaingan tidak sempurna C. Pada saat harga barang X Rp 250. 0. 4 dan 5 E. 0. 1. Mobilitas barang terbatas Yang termasuk ciri-ciri pasar persaingan sempurna.monopoli B. E.. pasar tersebut dinamakan pasar ….. 4 dan 5 35. yaitu ….5). A. persaingan sempurna E.4 D. 2. harga naik menjadi Rp 350. maka koefisien elastisitasnya adalah . A. persaingan monopolistik D. 2.00 permintaan 20 unit. E=1 C. 0. 1. E<1 D. Koefisien elastisitasnya adalah .. A.. E=0 B.. 2 dan 3 B.3 C. oligopoli 36..2 B. A.00 permintaan 25 unit. 3 dan 4 C. 3 dan 4 D. Prosentase perubahan harga lebih kecil dari pada prosentase perubahan permintaan. 0. E>1 E .6 37. 0.

Qs = 4P .00 460. 1.5 C. Rp 450. Qs = 6P . 875 kg C.500.000. Jika diketahui fungsi penawaran Qs = 0.8 40. A. A.00 270 425 425. Qs = 3 P – 4 B.00 380 380 375.000.. Rp 400.00 B.000.5 P – 250 dan harga barang Rp 1.00 320 360 400.000.000.38. 500 kg B.000.00 E. 250 Berdasarkan data tersebut harga keseimbangan terletak pada harga . Harga Rp 2.6 D.7 E.00 per kg jumlah barang yang ditawarkan adalah.Fungsi penawaranya adalah A.000 kg ..00 D.000.00 C. Rp 375. Rp 350. Rp 425.00 39...000. Qs = 5P ..000. Berikut disajikan tabel jumlah sepeda yang diminta dan jumlah sepeda yang ditawarkan Harga ( Rp) Qd ( unit ) Qs ( unit ) 450.00 penawaran 2unit harga Rp 3.00 450 260 350.000.. Qs = 5P .00 penawaran 5 unit.

D. A 29. C 33. 1. B 12. Qd = 25 – 5p Jika Q = 0 Maka 0 = 25 – 5 p 5P = 25 P=5 Qd = 25 – 5p Jika p = 0 Maka Qd = 25 – 5( 0 ) Qd = 25 – 0 Qd = 25 30. A 35.kg E. D 2. C 14. D 8. E 32.250. E 21. C 16. B 18. D 39. E 17. A 4. B 22.E 20. D 13. D 6. C 25. A 10.kg Kunci jawaban : 1. Fungsi permintaan Qd = 20 – p Fungsi penawaran Qs = -8 + 3p Jawab : Rumus Keseimbangan Qd = Qs 20 – p = -8 + 3p -4 p = -28 . E 31. A 3. A 34. 1. C 9. 5. B 27. E 15. D 29. E 19. D 23.500. A 26. C 24. B 30. Diket. D 28. E 7. A 40. A. Diket. D 36. A 38. E 37. B 11.

Fungsi permintaan Qd = 250 – 0.00 25 Rp 350.00 Rumus Koefisien Elastisitas Q E = --------. Qd = 890 – 2p Jika Q = 450 Maka : 450 = 890-2p 2p = 890-450 2p = 440 P = 220 36. 32.X P 20 – 25 P --Q 250 .P=7 Masukkan salah satu persamaan diatas Qd = 20 – p Qd = 20 – 7 Qd = 13 31.5 ( 150 ) = 250 – 75 = 175. Diket. Diket . Harga barang X Permintaan( Unit ) Harga 20 RP 250.5p Jika Harga ( P) = Rp 150.00 Maka Qd = 250 – 0.

6 250 X -----20 25 X -2 .X ----250-350 20 = -5 -----100 = 1 -20 = 25 --40 = 0.E= --------.