You are on page 1of 42

PENGARAHAN TUGAS

AKHIR
(SKRIPSI DAN
MAGANG)

1

Program Ekstensi - Akuntansi
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Indonesia
GASAL 2016 2017

TANGGAL PENTING
MENGENAI PROPOSAL TUGAS AKHIR

Pengarahan Tugas Akhir:
 Depok Salemba: Sabtu, 25 Juni 2016
Pengumpulan Proposal
 Hardcopy ke Sekretariat: Rabu, 13 Juli 2016
 Salemba: Ibu Laras
 Depok: Pak Zaimin

Review Proposal oleh Tim Dosen: 14 - 29 Juli 2016

Periode Perbaikan bagi yang Layak dan Tidak Layak: 21 Juli – 8 Agustus 2016

Penentuan Dosen Pembimbing: 8 – 15 Agustus 2016*

Batas Akhir Registrasi Online: 15 Agustus 2016*

2

TENTANG SKRIPSI

Pengertian Skripsi
Skripsi merupakan hasil penelitian yang dilakukan menurut kaidah
metodik mengenai suatu problema manajemen sesuai dengan konsentrasi
mahasiswa. Penulisan skripsi harus memenuhi pedoman yang berlaku
secara umum untuk dapat dinyatakan sebagai suatu karya ilmiah.

Jumlah Penulis
Skripsi ditulis hanya oleh 1 (satu) orang mahasiswa, tanpa menutup
kemungkinan melakukan studi bersama terhadap obyek penelitian yang
sama

Batas Waktu Penulisan
Pengambilan skripsi hanya boleh dilakukan oleh mahasiswa yang telah
menyelesaikan (lulus) matakuliah minimal 51 SKS

3

ALUR PROSES PENDAFTARAN TUGAS AKHIR
1.

2.

3.
4.

5.
6.
7.

Sebelum membuat proposal, mahasiswa harus mencek ke perpustakaan
terkait topik atau judul yang mirip dengan skripsi tersebut dengan membuat
tabel penelitian/skripsi yang mirip.
Dalam menyusun proposal, mahasiswa yang berminat mengikuti payung
penelitian dosen dapat menghubungi dosen ybs (akan dijelaskan pada bagian
lain)
Draft proposal dicek Turnitin
Proposal hardcopy dikumpulkan kepada sekretariat lokasi masing-masing.
Salemba kepada Ibu Laras dan Depok kepada Pak Zaimin. Pada sampul
depan proposal ini, mahasiswa diwajibkan menuliskan data diri yakni NPM,
Nama Lengkap, No Telp/HP, Email dan IPK terakhir, untuk memudahkan
koordinasi informasi suatu saat bila dibutuhkan. Apabila mahasiswa
mengikuti paying penelitian dosen mohon dicantukan kode di pojok kanan
atas.
Proposal hardcopy dilampirkan dengan form permohonan dosen pembimbing
yang sudah diisi mengenai data mahasiswa dan proposalnya.
Proposal direview oleh tim dosen untuk menilai kelayakan proposal skripsi.
Bagi proposal yang layak, maka staf akademik akan menunjuk dosen
pembimbing yang sesuai. Mahasiswa tidak diperkenankan untuk memilih
sendiri.

4

Kemiripan tugas akhir diperbolehkan/ditoleransi bila setiap komponen kurang dari 4%. 5 . Kemiripan tugas akhir dapat diperbolehkan/ditoleransi bila secara keseluruhan kurang dari 30%.ALUR PROSES PENGECEKAN ANTI PLAGIARISM (APLIKASI WEB BASED TURNITIN)       Penggunaan Aplikasi Anti Plagiarisme Web Based Turnitin untuk Tugas Akhir ini ditujukan untuk mahasiswa S1 Reguler dan Ekstensi yang mengambil Mata kuliah Tugas Akhir (Skripsi. atau Studi Mandiri) Mahasiwa diminta untuk melakukan similarity check pada proposalnya dengan cara memberikan proposalnya pada perpustakaan untuk di cek seberapa persen kemiripan dengan skripsi dan sources di luar Hal ini untuk menghindari adanya kemiripan proposal tugas akhir. Magang. Karya akhir yang memiliki similarity tinggi (>30%) akan dievaluasi dan TIDAK diperbolehkan mengikuti sidang karya akhir.

Bagi mahasiswa yang proposalnya layak. 4. 3.ALUR PROSES PEMBIMBINGAN SKRIPSI 1. Bagi mahasiswa yang proposalnya layak harus mendaftarkan diri untuk skripsi pada saat 6 registrasi online di SIAK-NG . 6. form persetujuan dikembalikan bersama dengan proposal lalu diserahkan kepada sekretariat untuk membuat surat penunjukan dosen pembimbing Sekretariat akan membuat Map Pembimbingan yang berisi:  1 lembar Surat Penunjukan Dosen Pembimbing  1 lembar Tabel Penandantangan oleh Dosen Pembimbing selama Periode Bimbingan (minimal 8 tandatangan)  1 lembar Catatan Konsultasi Setiap Kali Bimbingan (difotokopi oleh mahasiswa minimal 8 kali) Kepada mahasiswa yang sudah memperoleh dosen pembimbing. agar proses pembimbingan skripsi dapat segera dimulai. 2. sekretariat akan memproses Map Pembimbingan tersebut kurang lebih beberapa hari kerja. 7. Mahasiswa memperoleh tanda tangan calon pembimbing skripsi yang ditunjuk oleh prodi Setelah disetujui/ditanda tangan oleh calon pembimbing. segera mengambil form penunjukan dosen pembimbing (yang sudah diisi nama calon dosen pembimbing oleh staf akademik dan ditanda tangan kaprodi serta proposal versi terakhir). Mahasiswa diharapkan segera mengambil Map Pembimbingan tersebut dan menyampaikan ke dosen pembimbing. 5.

PENGARAHAN TOPIK SKRIPSI 7 Program Ekstensi .Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia .

TOPIK PENULISAN Untuk Program Akuntansi: Harus berkaitan dengan subyek akuntansi  Akuntansi Keuangan dan Pasar Modal  Akuntansi Manajemen  Auditing dan Internal Auditing  Corporate Governance & CSR  Perpajakan  Sistem Informasi Akuntansi  Akuntansi Sektor Publik  Akuntansi Syariah  Pendidikan Akuntansi .

TOPIK RISET EMPIRIS – KUANTITATIF YANG TIDAK DIREKOMENDASIKAN Untuk Akuntansi. misalnya : • • • • • Analisis faktor-faktor fundamental terhadap return saham Dividend policy – analisis faktor fundamental Corporate Governance yang pengukurannya sangat sederhana Event study – peristiwa rutin Analisis profitabilitas perbankan dan perbankan syariah .

misal membahas tentang LAKIP) Perhitungan terkait costing dan persediaan secara sederhana (contoh: ABC. Direct Costing. EOQ.TOPIK STUDI KASUS  Tidak      direkomendasikan: (Akuntansi) Analisis pengendalian internal (SIA atau SIM) untuk jenis usaha yang umum. dll) . misal manufaktur/dagang Analisis potensi pajak di daerah tertentu Balance scorecard dengan pengukuran yang sangat sederhana Analisis kinerja dengan perangkat yang sudah berlaku di suatu institusi (termasuk sektor publik.

.ISAK 8 di PLN 11 .STUDI KASUS .Profil Perusahaan yang Terkait Objek yang dianalisis atau direview.Analisis Biaya dan Manfaat keputusan lease atau beli di divisi pengadaan PT XYZ .Mahasiswa wajib memastikan ketersediaan data untuk studi kasus dapat diperoleh secara resmi Contoh : .

TOPIK PAYUNG RISET DOSEN 12 .

 13 .  Mahasiswa dapat melakukan kolaborasi dengan dosen dengan membuat skripsi dengan topik yang berkaitan dengan payung penelitian dosen  Mahasiswa akan diminta untuk menyatakan dalam lembar originalitas bahwa skripsinya tersebut merupakan bagian dari payung penelitian dosen.APA ITU PAYUNG PENELITIAN? Payung Penelitian merupakan topik riset terintegrasi yang dilakukan oleh dosen.

risk disclosure. 69 tentang aset agrikultur Pengaruh kepemilikan asing terhadap kinerja perusahaan asuransi 14 . Carbon disclosure) – Cross country analysis Value relevance of Management Discussion and Analysis (MDA) IFRS Adoption and cross border acquisition      Penerapan awal (dini) PSAK revisi di laporan keuangan interim Relevansi nilai penghasilan komprehensif lain Persepsi perbankan terhadap adopsi IFRS 9 di Indonesia Relevansi nilai atau dampak revisi PSAK No.AKUNTANSI KEUANGAN Ratna Wardhani Aria Farahmita (Kode: AK-RWA) (Kode: AK-AFM)    The signaling of corporate disclosure (voluntary disclosure.

AKUNTANSI KEUANGAN Dwi Martani Fitriany (Kode: AK-DWM) (Kode: AK-FIT)   Implikasi revaluasi aset tetap pada perusahaan listed di pasar modal Implikasi perubahan PSAK 24 di laporan keuangan tahun 2015  Dampak Penerapan IFRS (International Financial Reporting Standard) terhadap Kualitas Pelaporan Keuangan dan Likuiditas Pasar: Analisis pada Substantive dan Pseudo Adoption 15 .

AKUNTANSI KEUANGAN Sylvia Veronica Vera Diyanti Kode: (AK-SV) Kode: (AK-VD)    Karakteristik perusahaan dan trade off antara Manajemen laba akrual dan Manajemen laba riil  Ultimate ownership Tanggung jawab sosial perusahaan dan trade off antara Manajemen laba akrual dan Manajemen laba riil Kualitas Pelaporan Keuangan dari perspektif auditor 16 .

tax evasion) 17 .PAJAK Dwi Martani Ratna Wardhani (Kode: TX-DWM) (Kode: TX-RWA)  Pengaruh agresivitas pajak dan laporan keuangan terhadap persistensi laba   Cross Border Acquisition and Tax Behavior (tax avoidance. tax aggressiveness. tax evasion) Financial derivatives and Tax Behavior (tax avoidance. tax aggressiveness.

Pp No.20 Th 2015 Analisis Komprehensif atas Regulasi Rotasi Kantor Akuntan Publik dan Pengaruhnya terhadap Konsentrasi Pasar Audit dan Kualitas Audit Di Indonesia 18 .AUDIT Fitriany (Kode: AU-FIT)   Market Power & Persaingan Pasar Audit Di Indonesia: Studi Atas Kmk No 423 Th 2002. Pmk Nomor 17 Th 2008.

TATA KELOLA DAN MANAJEMEN RISIKO Ratna Wardhani Aria Farahmita (Kode: CG-RWA) (Kode: CG-AFM)    The effect of fit between corporate governance and Culture in Asia Value relevance of Enterprise Risk Management (ERM) and corporate governance   CG di perusahaan asuransi (Implementasi POJK No. 2 tentang GCG di perusahaan asuransi) Manajemen Risiko (ERM) di perusahaan asuransi The effect of audit committee. internal audit and external audit on the quality of financial report 19 .

TATA KELOLA DAN MANAJEMEN RISIKO Rafika Yuniasih Elok Tresnaningsih (Kode: CG-RFY) (Kode: CG-ELT   Disclosures of internal control deficiencies  Financial reporting quality  Ownership structure Effectiveness of internal audit function in private or public sector Chaerul Djakman (Kode: CG-CDJ)   Dampak strategi perikatan CSR (formal dan informal) antara perusahaan dan pemangku kepentingan Sejarah perkembangan penerapan CSR yg terkait dengan strategi perusahaan  Analisis dan desain standar CSR untuk SME  Pengungkapan program social dan lingkungan pada PEMDA  Persepsi mahasiswa terhadap laporan CSR 20 .

SEKTOR PUBLIK Desi Adhariani (Kode: SP-DSA)   Penerapan BSC/performance measurement di sektor publik Dwi Martani (Kode: SP-DWM)  Budgetary slack di sektor publik Analisis penerapan SAP berbasis akrual pada laporan keuangan 2015 pada Pemda / Kementerian Lembaga Dyah Setyaningrum Ratna Wardhani (Kode: SP-DSN) (Kode: SP-RWA)  Good Public Governance Vera Diyanti (Kode: SP-VD)  Pengaruh GPG terhadap fraud  The effect and determinants of Good Public Governance in Local Government (Provinsi/ Kabupaten/ Kota) 21 .

LAINNYA Siti Nurwahyuningsih Aria Farahmita (Kode: OT-SNW) (Kode: OT-AFM)  XBRL  Motivasi Bank untuk mendanai green portfolio Desi Adhariani Gede H Wasistha (Kode: OT-DSA) (Kode: OT-GHW) Pengajaran etika  Evaluasi active learning  Behavioral Finance  Capital Structure  Portfolio management  22 .

Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia .PENGARAHAN PANDUAN PENULISAN PROPOSAL SKRIPSI/MAGANG 23 Program Ekstensi .

ISI PROPOSAL SKRIPSI   Usulan Proposal Skripsi yang diajukan untuk direview harus memuat uraian ringkas dan lampiran yang terdiri dari :  Latar belakang/Motivasi penelitian  Riset terdahulu/teori singkat  Rumusan masalah riset/pertanyaan penelitian  Tujuan riset  Ruang lingkup riset  Manfaat riset LAMPIRAN: Rencana Jadwal Penulisan Skripsi/Magang Surat Pernyataan yang ditandatangani Mahasiswa ybs. bahwa skripsi yang akan ditulis belum pernah ditulis sebelumnya oleh orang lain  Melampirkan daftar skripsi yang berhubungan dengan skripsi yang akan ditulis yang di perpustakaan FEUI  Melampirkan satu artikel riset yang menjadi acuan utama (jika replikasi riset empiris)  Khusus studi kasus melampirkan profil singkat perusahaan yang akan menjadi obyek penelitian   .

JADWAL PENULISAN SKRIPSI Bulan Uraian Kegiatan 1 2 Telaah Literatur X X Rancangan Kuesioner X Pengambilan Data (primer dan X 3 4 X X 5 6 X X sekunder) Pengolahan Data Analisa Hasil Penyusunan Laporan Analisis X X X .

Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia .PENGARAHAN KETENTUAN UMUM REFERENSI SKRIPSI 26 Program Ekstensi .

Bila tidak bisa.KETENTUAN UMUM Artikel riset empiris yang menjadi acuan utama > tahun 2011  Diutamakan jurnal internasional (untuk jurnal dalam negeri > tahun 2014)  Untuk replikasi. dll ) sebisa mungkin dari penulis utama atau awalnya. harus dari jurnal terbaru dari luar negeri > tahun 2014  Berhati-hati jika menggunakan acuan jurnal dalam negeri atau skripsi atau thesis  Referensi (baik jurnal. buku. penulis awalnya harus jelas disebutkan  Pastikan ketersediaan data  .

go.PENTING UNTUK MAHASISWA DALAM PENULISAN SKRIPSI  Pedoman Penulisan Skripsi: bisa didownload di Panduan pembimbingan tugas akhir mengkuti ketentuan SK Rektor No.ui.ui.fe.id)  link Online Database (http://lib.ui.php?page_id=29) .ac.ac.dikti.lib.id/site/) Skripsi Digital : Dapat melihat skripsi/tesis/disertasi dari seluruh fakultas dari http://lib. panduan ini tersedia di website ui: http://www.ui.id/ .ac.id) link Jurnal online (http://www.ui.ac.ac.id/viewpage.id/download/files/Pedoman-TA-UI%20-SK-   Rektor-2008.php/administrasi-danlayanan/jurnal-online) .pdf Akses Jurnal Online: .Jurnal Online DIKTI (http://e-journal.fe. 628/SK/R/UI/2008.Website Perpustakaan UI (ww.id/index.Website FEUI (www.ac.

JURNAL ONLINE DARI WEBSITE FEUI .

JURNAL ONLINE DARI WEBSITE PERPUSTAKAAN UI .

JURNAL ONLINE DARI WEBSITE ONLINE JURNAL DIKTI .

with full Text Intranet : http://search. Medical. PROQUEST ( Business.ebscohost. Literary Reference Center. Dentistry.com  Internet http://infotrac.proquest. Business Source Complete. Psychology.proquest. Nursing.com/itweb . MEDLINE.com/pqdauto (tanpa password) : http://search. Academic Research Library) Intranet : www.galegroup.com (new flatform)  Academic Source Premier and Research Databases. Nursing.

acs.sciencedirect.springerlink.aip.mpx  Akses dibatasi hanya untuk 10 user sekali akses dalam waktu yang bersamaan. Akses melalui intranet kampus (JUITA) JSTOR : http://www.org American Physical Society : http://publish.jstor.com/home/main.org Oxford Journal : .org American Journal On-line : http://www.org/ American Chemical Society (ACS) : http://pubs.aps.com/ Akses melalui intranet kampus (JUITA) Springerlink http://www. ScienceDirect Business collection and Economics Engineering http://www.

 AnnualReviews : covers analytic reviews in 33 focused disciplines within the Biomedical. http://www.ac.lib. Physical.ui.org (akses melalui intranet kampus) ASME (American Society of Mechanical Engineers) http://www.org/journals Akses melalui intranet kampus (JUITA) Info lengkap kunjungi www. and Social Sciences.asme.annualreviews.id klik menu 'Basis Data .

itu berarti artikel tersebut tidak termasuk dalam paket langganan UI. akses ke semua online journal di atas hanya dapat dilakukan melalui intarnet (JUITA = Jaringan UI Terpadu)  Kecuali Proquest. Data' Penting dicatat : Kecuali Proquest. jika Anda mengakses sebuah jurnal dan menemukan artikel yang dibutuhkan namun tidak dapat diunduh(diminta username atau nomor kartu kredit). . EBSCO dan INFOTRAC. tidak semua content yang ada di online journal tersebut termasuk dalam paket langganan UI. Artinya.

MILIS. Informasi ini khusus untuk sivitas akademika UI.)  .  DILARANG KERAS MEMPUBLIKASIKAN USERNAME DAN PASSWORD DI BLOG. DLL.Cara mengenali content yang dilanggan UI adalah jika kotak kecil sebelum judul artikel berwarna hijau. SERTA DI JARINGAN SOSIAL (FACEBOOK. TWITTER.

JOP. Science Direct. RSC. . JSTOR. and Ebsco.Untuk mencari informasi ke beberapa databases sekaligus tanpa harus masuk ke setiap database dapat digunakan federated search http://ui.deepwebaccess. Akses hanya dapat dilakukan dari dalam kampus UI Depok dan Salemba. IEEE.com/ui/ Databases yang dicakup Proquest.

KETENTUAN UMUM REFERENSI SKRIPSI Jurnal  JSTOR  Proquest  Science Direct  Scopus  http:// journal.ac.ac.id  http://eprints.lib.id 38 .ac.ui.ui.id  http://ovis.ui.ac.ui.id  http:// repository.

harus menyampaikan company profile perusahaan tersebut  Perusahaan yang dipilih bukan tempat kerja saat ini .PROGRAM MAGANG  Mengajukan surat kepada Program Studi tentang rencana magang dan topik yang diminati  Pengajuan tempat magang selain KAP Big 4 dan perusahaan besar/listed.

.Kriteria Perusahaan Magang (Akuntansi) a. Lebih disukai memiliki website. Perusahaan memiliki divisi atau bagian khusus keuangan dan atau akuntansi c. Memiliki karyawan minimal lebih 50 orang b.

total minimum 8 kali dan harus dibuktikan dengan form bimbingan) Dosen pembimbing sulit ditemui  segera lapor ke sekretariat atau staf akademik . sehingga ketika proposal disetujui. mahasiswa tidak mampu menulis topik tersebut Tidak segera menemui dosen pembimbing Tidak segera memberikan revisi proposal yang ditolak atau diminta untuk direvisi Tidak segera mengambil surat penunjukan dosen pembimbing Tidak memenuhi proses bimbingan yang cukup dengan pembimbing (minimal 1 bulan sekali.KENDALA YANG MUNGKIN DITEMUI       Proposal ditulis tanpa pemahaman yang cukup.

Q&A Thank You and Good luck on your study .