You are on page 1of 9

AKHLAK NABI MUHAMMAD SAW

A. Akhlak Nabi Muhammad SAW
Sejak kecil Nabi Muhammad SAW memperlihatkan keluhuran budi pekerti
yang agung, tutur bahasanya lemah lembut tapi jelas dan tegas, apabila diamanati
pekerjaan apapun maka ia lakukan pekerjaan tersebut dengan penuh tanggung
jawab. Ia tidak pernah pesta pora yang sering dilakukan remaja umumnya, semua
ucapan beliau sejalan dengan perbuatannya, beliau menganjurkan kepada umatnya
agar hidup sederhana, maka kesederhanaan itu pula beliau laksanakan dalam
kehidupannya.
Tentang kejujuran beliau tidak diragukan lagi bahkan kejujuran Nabi
Muhammad makin terkenal ketika Khadijah seorang saudagar terkaya di Makkah
mempercayakan pada beliau untuk memimpin kafilah dagangannya, dengan meraih
keuntungan yang besar.
Termasuk budi pekerti yang luhur beliau adalah menerima pakaian dan
makanan yang ada tidak menanyakan yang tidak ada, tidak mengharapkan
pemberian dari orang lain. Beliau suka memaafkan orang yang menyakiti hatinya
dan rendah hati apabila beliau berjalan melewati anak-anak maupun orang dewasa
seraya memberi salam.
Beliau

tidak

suka

seseorang

bangun

dari

tempat

duduknya

untuk

menyambutnya, baju robek bolong-bolong dijahit sendiri, memperbaiki sandalnya,
menyapu rumahnya, sikapnya yang ramah, mudah tersenyum, bersahaja dengan
salam serta jabat tangan dengan hormat pada setiap tamu ataupun para kerabatnya.
Apabila tidak menjumpai sahabatnya selama tiga hari selalu mencari kabar hingga
mengunjungi rumahnya, apabila berjalan tidak menoleh kanan kiri dan ketika
berbicara hanya seperlunya.
Kepribadiannya teguh, sabar dalam menjalankan kewajiban meskipun banyak
gangguan dan hambatan yang berat, beliau sangat takut luar biasa hanya kepada
Allah SWT. Termasuk akhlaknya adalah pemberani membela kebenaran sekalipun
nyawa taruhannya seperti pada waktu perang beliau berdiri paling depan dekat dari
musuh.

1

Al-Ahzab: 21 bahwa “pada diri Rasulullah SAW terdapat akhlak mulia”. sekaligus panutan bagi orang-orang yang menginginkan bertemu dengan Allah SWT. Allah berfirman “Apakah kamu mengakui dan menerima perjanjian-Ku terhadap yang demikian itu?" mereka menjawab: “Kami mengakui”. Bahkan dapat dikatakan bahwa indikator pengangkatan beliau menjadi nabi adalah keluhuran budi pekertinya. Al-Qalam : 4 dijelaskan yang artinya Dan sesungguhnya kamu benar-benar berbudi pekerti yang agung. Nabi Yahya a. Allah melalui firmannya dalam Al-Qur'an menegaskan bahwa para nabi telah diangkat janjinya untuk mempercayai dan sekaligus membelanya. Nabi Daud a. Al-Qur'an secara tegas bahwa Nabi Muhammad yang agung. Sebagian ulama menyimpulkan bahwa Nabi SAW telah meneladani sifat-sifat terpuji para nabi sebelumnya.s dikenal sebagai nabi yang sangat dermawan dan tekun dalam mendekatkan diri kepada Allah. ketiku Allah mengambil Perjanjian dari Para nabi : “Sungguh apa saja yang aku berikan kepadamu berupa kitab dan Hikmah kemudian datang kepadamu seorang Rasul yang membenarkan apa yang ada padamu. Nabi Zakaria a.S.s dikenal sebagai nabi yang gemar sekali bersyukur terhadap nikmat yang diberikan Allah.s dan Nabi Isa a. Artinya: Dan (ingatlah).s yang dikenal sebagai nabi yang gigih dan tabah dalam berdakwa.s. Allah berfirma: “Kalau begitu saksikanlah (hai Para Nabi) dan aku menjadi saksi (pula) bersama kamu”. Dan dalam Q. sebab akhlak atau budi pekerti Rasulullah SAW adalah merupakan rujukan dan acuan dari orang-orang yang mendambakan kebahagiaan hidup di dunia dan akherat. Allah SWT telah menyatakan dalam Q. Seperti Nabi Nuh a. Nabi Ibrahim a.S. Maka tidaklah berlebihan jika Allah mengistimewakan Nabi Muhammad dengan nabi yang lainnya.Dari uraian tentang budi pekerti Nabi Muhammad SAW tersebut kita sebagai ummatnya hendaklah kita mengambil intisari kehidupan yang pernah dialami oleh Rasulullah SAW yang kemudian diwujudkan dengan perbuatan keseharian.s adalah nabi yang selalu berusaha menghindari dan 2 . niscaya kamu akan sungguh-sungguh beriman kepadanya dan menolongnya” [209].

tumbuh-tumbuhan dan yang tidak bernyawa sekalipun. artinya: “Boleh jadi kamu (Muhammad) akan membinasakan dirimu. Malik) Beliau adalah manusia seperti manusia yang lain dalam hal naluri.s terkenal sebagai nabi yang memiliki ketegasan dan keberanian.” [ 1074] Maksudnya: penduduk Mekah Dan begitu luas rahmat dan kasih sayangnya. beliau adalah salah satu nabi yang mempunyai sifat sangat lemah lembut. akan tetapi beda dalam sifat-sifat keagungannya. Dan Nabi Muhammad meneladani semua keistimewaan nabi-nabi terdahulu. dalam Q. beliau sangat mensyukuri nikmat dan sabar luar biasa dalam menahan cobaan. sampai menyentuh manusia. sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu.s sebagai nabi yang sangat khusyuk ketika berdo'a. sehingga hampir-hampir saja ia mencelakakan diri demi mengharap dan mengajak manusia untuk beriman. akrena mereka [1074] tidak beriman. Aisyah menarik-narik dengan keras lalu ditegur nabi “Hendaklah kau berlaku lemah lembut": (H. Amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang-orang mukmin. Nabi Harun a.menyingkirkan jauh-jauh dari kesenangan dan kenikmatan duniawi demi mendekatkan dirinya kepada Allah SWT. karena mengalami kesulitan.S. Nabu Musa a. Sebelum bangsa Eropa membentuk organisasi pecinta binatang. kendarailah dan gunakanlah dengan baik" Seorang wanita terjerumus ke dalam neraka karena memberi minuman seekor anjing yang kehausan “Ketika melihat naik seekor unta. 3 . Nabi Muhammad SAW jauh sebelumnya sudah mengajarkan kecintaannya pada kita seperti dalam hadits beliau "Bertaqwalah kepada Allah dan perlakuanmu terhadap binatang-binatang.s sebaliknya.R. berat terasa olehnya penderitaanmu. Nabi Yusup a. Syu’ra: 3. tampan.” Begitu besar perhatinnya kepada umat manusia. Nabi Yunus a. binatang.s terkenal gagah. fungsi fisik dan kebutuhan biologis lainnya. karena beliau mendapatkan kedudukan yang istimewa dari bimbingan-bimbingan Allah SWT. Ada beberapa sifat Nabi Muhammad SAW yang sangat ditekankan dalam AlQur'an surat At Taubah : 128 yang artinya: “Sesungguhnya telah datang kepadamu seorang Rasul dari kaummu sendiri.

Beliau tidak memiliki dan menyimpan dendam dan permusuhan dengan siapapun sekalipun beliau pernah dianiaya. Tingkat untuk persaksian hanya diperoleh bagi mereka yang mengikuti dan menjalankan semua perintah Allah yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW menuju jalan yang lurus (Shirath Al-Mustaqim) Q. sebagai kawan yang setia. Bangsa yang semula gemar perang antar suku bahkan perang saudara. teman sejati orang-orang miskin. Kepribadian beliau dalam bergaul tidak memandang status sosial. Fungsi kenabian dari Nabi Muhammad adalah sebagai pembawa berita gembira dan pemberi peringatan yang bertujuan untuk penyebarluasan rahmat untuk alam semesta agar manusia tidak hanyut terlena pada kepentingan materialistis dan hedonisme (foya-foya) Fungsi yang lain adalah sebagai saksi. ini berarti bahwa Nabi Muhammad SAW akan menjadikan saksi hari kemudian terhadap umatmya dan umat-umat terdahulu. 4 . Dalam jangka waktu tidak lebih dari 23 tahun mampu membalikkan keadaan moral dan spiritual bangsa Arab. ekonomi seseorang. orang-orang lemah dan orang-orang yang tertindas. beliau seorang tegas. Apakah perbuatan itu sesuai dengan perintah dan larangan Allah atau tidak. amoral. Al Nisa:41 yang artinya "Maka Bagaimanakah (halnya orang kafir nanti) seseorang saksi (Rasul) dari tiaptiap umat dan Kami mendatangkan kamu (Muhammad) sebagai saksi atas mereka itu (sebagai umatmu [299])” [299] Seorang Nabi menjadi saksi atas perbuatan tiap-tiap umatnya. yang ada adalah hidup berdampingan secara harmonis. Ketika beliau sebagai pemimpin. jujur dan sebagai seorang kepala keluarga yang bertanggung jawab terhadap istri dan anak-anaknya.S. beliau adalah teman baik.Sifat yang agung itulah yang menjadikan beliau sebagai teladan yang dapat ditiru dan diamalkan oleh manusia yang lainnya sehingga diharapkan memiliki sifat yang terpuji. berwatak kejam dan kebobrokan moral lainnya berubah merjadi bangsa yang beradab dan bermoral. adil yang tetap berkepribadian yang luhur. Nabi Muhammad dikenal sebagai seorang yang memiliki kasih sayang tinggi. Beliau gemar membagikan dan berbagi suka cita. dan turut berduka cita apabila ada kawan yang berduka cita atau mengalami penderitaan. tidak ada lagi perang antar suku maupun perang saudara.

Kesederhaan hidup dan kasih sayang merupakan sifat yang melekat pada kepribadiannya. Apabila ia mengunjungi sahabat-sahabatnya iapun duduk di mana saja ada tempat yang kosong. maka dengan kata-kata yang baik. Dijawab "Sudi memberikan makan dan memberi salam kepada orang yang dikenal dan yang tidak kau kenal”. sikapnya yang adil.” Pernah pada suatu saat beliau mendatangi sahabat-sahabatnya yang sedang berkelompok. seperti orang-orang nasrani memuja anak Mariam. diajaknya bercakap-cakap. sebab dengan kata itu. kebaikannya mendapat balasan sepuluh kali lipat. tapi beliau menahannya dan bersabda: “Janganlah kamu berdiri seperti orang-orang asing yang mau saling diagungkan”. lakukanlah itu. Apabila sedang 5 . kepada para sahabat-sahabatnya beliau bersabda: “Janganlah aku dipuja. datang sambil menjaga badannya dengan berpegang pada sebatang tongkat. anak-anak mereka diajaknya bermain-main dan didudukkannya dipangkuan beliau. mengunjungi orang yang sedang sakit. sebutkan sajalh hamba Allah dan rasul-Nya. Kalaupun itu tidak ada. orang yang datang meminta maaf dengan serta merta beliau memaafkannya. keteguhan dan kesungguhannya dalam menjalankan amanat yang diberikan Allah SWT kepada dirinya merupakan pembawaan dan karakter seorang nabi.Keluhuran Nabi Muhammad seperti ketulusa hati. Para sahabat-sahabatnya menyambut dengan berdiri. Berlatar belakang keprihatinan dan penderitaan hidup menjadikan dirinya orang yang sangat sensitif pada belas kasih. beliau juga suka sekali membagi-bagikan makanan pada orang yang bertanya pada Nabi Muhammad SAW: “Perbuatan apakah yang baik dalam Islam?”. bergaul dengan mereka. Dipenuhinya undangan yang datang dari siapapun. Jika bertemu dengan sahabat dan orang yang tidak dikenal beliau yang memulai memberi salam dan yang lebih awal memulai mengeluarkan tangan untuk berjabat tangan dengan erat.” Demikian luhurnya dan sempurnanya akhlak nabi sehingga tidak mau beliau menampakkan diri dalam gaya orang yang berkuasa atau pemegang kekuasaan. ia bergurau dengan sahabat-sahabatnya. kepekaan yang tinggi. Aku adalah hamba Allah. Dalam khutbah pertama Nabi Muhammad yang diucapkannya di Madinah bahwa : Barang siapa yang dapat hanya dengan sebutir kurma.

Sifat tersebut yang membedakan dengan manusia yang lain pada umumnya dan sekaligus sebagai keistimewaan yang dimiliki para nabi dan rasul Allah SWT. B. Keluarganya mengalah sekalipun keluarganya sendiri dalam kekurangan. Nabi Muhammad SAW dibekali sifat fatonah. Atas dasar sifat-sifat yang agung dan menyeluruh itu. sifat pemurah dan penyayang. Beliau adalah manusia seperti manusia yang lain dalam naluri. maka sholatnya dipercepat dan menanyakan dengan santun tentang maksud kedatangannya.sholat kemudian datang tamu yang menunggu. beliau juga memperhatikan dan mengurus orang-orang yang lemah. menderita dan orang yang miskin. setelah itu nabi melanjutkan ibadahnya. dan tabligh. fungsi fisik dan kebutuhan lainnya. selalu menepati janji. msksudnya adalah bahwa dalam diri Nabi Muhammad SAW terdapat contoh-contoh (ucapan dan perbuatan) yang baik. Al-Qur’an mengakui dengan tegas pengangkatan Muhammad sebagai Nabi adalah karena keluhuran budi pekertinya.Sangat rendah hati. Allah SWT menjadikan beliau sebagai teladan yang baik sekaligus sebagai pembawa kabar gembira dan 6 . menjahit terampahnya (sandal) dan mengurus unta. binatang dan makhlukmakhluknya yang tidak bernyawa. menambal pakaian. AkhIak Nabi Muhammad SAW Sebagai Teladan Akhlak Nabi Muhammad SAW sebagai teladan atau uswatun khasanah. sidiq. Beliau tidak sungkan-sungkan ketika makan duduk bersama dengan pembantunya. Dalam hal rumah tangga beliau bersama-sama memikul beban keluarga seperti mencuci pakaian. amanah. tidak ada sesuatupun yang disimpannya untuk besok harinya. Nabi Muhammad SAW telah meneladani sifat-sifat terpuji dari para nabi sebelum beliau. memerah susu kambing. sampai-sampai ketika beliau wafat baju besinya masih tergadai ditangan orang Yahudi yang belum mampu dibayar. Baik hati beliau kepada setiap orang dengan selalu senyum. tetapi bukan pada keagungan sifat-sifat Nabi Muhammad SAW. Begitu luas rahmat dan kasih sayangnya sehingga menyentuh manusia. Untuk menjalankan perintah Allah SWT. Semua perilakunya merupakan sifat atau akhlak terpuji. Akhlak terpuji selalu mencerminkan dalam setiap langkah beliau antara lain tentang kejujurannya. tumbuh-tumbuhan.

Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal”. kecantikan. langkahnya sigap. Orang mukmin selalu menampakkan wajah yang cerah berseri. Kemarahan beliau tidak pernah ditumpahkan dalam bentuk kekesalan. Tatapan matanya menunjukan keteduhan dan kewibawaan serta memberikan ketegasan satunya kata dan perbuatan yang kemudian mendapat gelar Al Amin atau yang dapat dipercaya dari masyarakat Makkah. Akhlak yang mulia merupakan kesempurnaan iman seseorang. Nabi Muhammad SAW mengajarkan kepada kita bahwa kemuliaan manusia terletak pada ketaqwaannya kepada Allah SWT dan kemuliaan akhlaknya bukan diukur darilatar belakang keturunan. melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam". Keteladanan tersebut dapat dilakukan oleh setiap manusia. karena beliau telah memiliki segala sifat terpuji yang dapat dimiliki manusia. Namun semua itu dilakul beliau dengan penuh kesabaran dan dengan cara memberi teladan. seperti sabda Nabi Muhammad SAW: "Seorang mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling mulia akhlaknya". dan jernih dari ambisi-ambisi duniawi. Allah SWT berfirman dalam QS. Tarmidzi) "Janganlah engkau anggap rendah suatu kebaikan. seperti penampilan dalam keseharian beliau penuh kesederhaan. dan kekuatan tenaganya seperti firman Allah SWT dalam Q. sesungguhnya kami dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu bangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. senantiasa tersenyum bagaimanapun keadaannya. tajam dalam membelah persoalan-persoalan.S. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu di sisi Allah ialah taqwa diantara kamu. meskipun tersenyum kepada saudaramu" : (H. kekerasan akan tetapi dengan kasih sayang dan lapang dada serta toleransi yang dimiliki dapat menghindari sifat-sifat tercela. Al-Khujarat : 13 yang artinya : "Hai manusia. kekayaan. jabatan. air mukanya menunjukan kecerdasan dalam berfikir. bersahaja. Muslim). A1-Anbiya : 107 yang artinya: "Dan tiadalah kami mengutus kamu. Betapa beratnya tugas atau amanat Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW untuk membina manusia agar berakhlak mulia ketika kondisi akhlaknya sudah buruk. kegagahan.R. (H.R. Bertutur kata dengan baik sehingga orang 7 .pemberi peringatan. ketampanan.

ia keluarkan diberikan pada siapapun yang menginginkannya. sampai. (H. Mudah bergaul. tidak kasar juga tidak kotor. Sabda Nabi Muhammad SAW: "Seorang tidak menuduh. tidak menyakiti dan berlapang dada serta mudah memaafkan orang lain. memikirkan apa kata-katanya yang akan diucapkan dipilih yang baik sebagaimana ketika memilih buah-buahan pati yang lebih.sampai tempat tidurnya pun hanya terbuat dari kulit yang diisi serat. perha suatu hari ada seorang wanita memberikan sehelai pakaian yang memang sangat dibutuhkan beliau.merasa senang jika berkumpul dan bersahabat dengannya.S. A1-Baqarah : 57 8 . maka diberikan pakaian tersebut. Cara yang demikian tidak sesuai dengan ajaran agama. Rasulullah SAW bersabda : "Setiap hari dimana matahari terbit. melaknat. Begitupun dalam hal berpakaian sangat sedernaha. dan membuang duri dari jalan adalah sedekah". menolong seseorang mengangkat barangnya adalah sedekah. Dalam Q. makan tidak pernah kenyang bahkan sering sekali menahan lapar dan menutupinya dengan cara mengganjal dengan batu untuk menahan teriakan rongga perutnya. dan tidak mencela”. setiap langkah untuk melakukan sholat adalah sedekah. selalu menjaga harga dirinya. tidak berbuat otor. Tapi kemudian diminta seseorang yang juga memerlukan mengkafani mayat.R. Itu sebabnya sampai ada orang yang mengatakan : Dalam hal memberi. kalimat yang baik adalah sedekah. berubat adil diantara dua orang adalah sedekah. Tetapi sekali-kali ia tidak menolak untuk memakai pakaian berukuran mewah karena memang ada acara yang menghendaki. Beliau tidak ingin terikat dengan adanya kepemilikan harta beda didalam rumahnya. tidak berlebihan ketika bergurau. pembicaraannya lemah lembut. Sekalipun dalam hidup kesederhanaan dan cenderung menjauhi masalah duniawi bukan berarti hidup harus menyengsarakan diri. Ia tidak mau mendekati perkataan dan perbuatan yang rendah dan kotor. sehingga tidak membuat orang lain tersinggung dan sakit hati. Tirmidzi) Seorang mukmin juga selalu berbuat baik dan manfaat kepada orang lain. Nabi Muhammad SAW sudah tidak takut kekurangan. (Mutlafaq’alaih) Disinilah nabi besar kita Muhammad SAW sebagai teladan yang memiliki kemuliaan budi pekerti yang dengan kemuliaan membuatnya tidak berhitung-hitung lagi untuk berbuat kebajikan.

suatu keuatan yang tidak akan goyah dan lapuk oleh bujuk dan rayu berkilaunya kenikmatan duniawi berupa berlimpahnya harta benda. Al-Qashah : 77. dan Kami turunkan kepadamu "manna" dan “salwa”[53]. Akan tetapi Nabi Muhammad SAW ingin memberikan teladan yang sangat tinggi kepada umat manusia tentang kekuatan mental dalam menghadapi hidup ini. dan berbuat pula untuk akhiratmu seolah-olah kami akan mati besok". manna ialah: makanan manis sebagai madu. dan kekuasaan dalam genggamannya yang cenderung akan menguasai dirinya dalam kekangan cinta duniawi.S. dan tidaklah mereka Menganiaya kami. Salwa ialah burung sebangsa puyuh. 9 . [53] Salah satu nikmat Tuhan kepada mereka ialah: mereka selalu dinaungi awan di waktu mereka berjalan di panas terik padang pasir. akan tetapi merekalah yang Menganiaya diri mereka sendiri". Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan". makanlah dari makanan yang baik-baik yang telah Kami berikan kepadamu. yang artinya : "Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat. dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik. Dan dalam hadits nabi yang artinya: "Berbuatlah untuk duniamu seolah kamu akan hidup selama-lamanya. Kemudian dalam Q. kepadamu.Artinya: "Dan Kami naungi kamu dengan awan. dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi.