You are on page 1of 12

Saling Rindu

Saling Rindu Wordpress
Skip to content

Home

Kuliah

Agama Islam

Games

Jual/Sewa

Cerita

About

Organisme Laut Dalam
September 15, 2015 / Eskasatri

17 Votes
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Penelitian akan perairan laut dalam hingga saat ini masih sangat sedikit. Ini
diakibatkan oleh kondisi di daerah laut dalam yang sangat ekstrim. Menurut para ahli yang
telah mencoba untuk mengungkap rahasia laut dalam, dikatakan bahwa lebih mudah meneliti
bagian luar angkasa yang hampa udara dibanding meneliti perairan laut dalam dengan
tekanan yang begitu tinggi. Dulu, sampel dari laut dalam diperoleh dengan alat berupa
jaring/pengeruk besar yang dioperasikan dari atas kapal oleh tali penghubung yang sangat
panjang (diperlukan tali dengan panjang 2-3 kali dari titik kedalaman yang akan diteliti) Kini
penelitian bisa dilaksanakan dengan ROV (Remotely Operated Vehicle) dan kapal selam.

2002).2 Kondisi Lingkungan Laut Dalam Cahaya pada lingkungan laut dalam umumnya redup – gelap gulita. setiap pertambahan kedalaman 10 meter. BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2. Sumber makanan organism laut dalam biasanya berasal dari hujan plankton atau partikel organik lain. mencakup zona batipelagis.3 Manfaat Manfaat membuat makalah ini adalah menambah pengetahuan kami dan setiap orang yang membaca makalah ini mengetahui jenis. Tekanan hidrostatis Meningkat secara konstan sebanyak 1 ATM (1 kg/cm2). karena dapat bertahan hidup dengan kadar oksigen yang sangat minim.2 Tujan Tujuan kelompok kami membuat makalah ini adalah untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh Tim Dosen Biologi Perairan.000 meter  Palung dengan kedalaman > 6. terletak di kedalaman > 3. bakteri berlemak yang mudah dicerna (rata-rata populasi bakteri 2mgC/m2). dan bahan organik terlarut. Organisme yang hidup di perairan ini merupakan organisme yang sangat hebat.022 meter  Ekosistem unik: Hydrothermal vents.Defenisi Laut dalam adalah Seluruh zona yang berada di bawah zona eufotik (zona bercahaya). Suhu Umumnya seragam. Sehingga dapat dikatakan bahwa tekanan hidrostatisk yang bekerja di laut dalam sangat ekstrim.1982). Salinitas Umumnya . dengan kisaran 1 – 3 oC (kecuali wilayah hydrothermal vents (>80oC) dan cold hydrocarbon seeps (<1 oC).000 meter (terdapat 22 palung di dunia)  Palung terdalam: Palung Mariana mencapai 11. Cold hydrocarbon seeps dan lapisan pemberai dalam 2. abisal dan hadal (Nontji.jenis organisme yang hidup di laut dalam serta proses adaptasinya. 1.1 Wilayah Laut Dalam  85% dari luas dan 90% dari volume seluruh permukaan bumi yang tertutupi air  75% dari wilayah laut. sehingga tidak ada proses fotosintesis sehingga sangat jarang ditemukan tumbuhan. 1. Keadaan lingkungan laut dalam sangat gelap dan dipastikan hampir tidak ada proses fotosintesis. Bagian dari lingkungan bahari yang terletak di bawah kedalaman yang dapat diterangi sinar matahari di laut terbuka dan lebih dalam dari paparan benua (>200m) (Nybakken. jatuhan bangkai hewan besar atau tumbuhan.

jatuhan bangkai hewan besar atau tumbuhan. Sumber oksigen utama: air permukaan laut di Antartika dan Arktik yang kaya Oksigen .5% s/d 7%). yaitu:  Sepon (porifera) . DO= 3. Sirkulasi air Sangat lamban (< 5 cm/detik).Hujan plankton atau partikel organik lain. dan bahan organik terlarut. substrat berbatu di daerah mid-ocean ridge. di perairan eufotik.4 Biota dan Adaptasi Laut Dalam Komposisi biota laut dalam beserta biomassanya didominasi detritus feeder. Palung Carioca (Venezuela). Tipe substrat di laut dalam terdiri atas substrat yang halus.3 Suplai Makanan Bergantung pada pakan yang diproduksi di tempat lain dan terangkut oleh proses hidrodinamis ke wilayah laut dalam. 2. pada daerah cold hydrocarbon seeps (hipersain = 40 permil). Palung Santa Barbara (USA). tergantung pada bentuk dan topografi dasar laut. bakteri berlemak yang mudah dicerna (rata-rata populasi bakteri 2mgC/m2). Air bersifat anoksik: Teluk Kau (Halmahera).seragam (35 ppm). Kadar Oksigen Cukup untuk menghidupi seluruh organisme di laut dalam (DO= 4% s/d 6%. 2. Sikulasi air dan ventilasi dalam palung sangat menentukan kadar oksigen di laut dalam.

5 Pembagian Daerah ( Zonasi ) di Laut Dalam Berdasarkan keadaan cahaya yang terdapat dalam laut. Ikan yang ditemukan umumnya berukkuran sangat kecil. Ikan wilayah ini berwarna hitam kelam. tetapi secara menyuluh meliputi warna-warna yang dapat dilihat oleh mata.000 meter) warna hewan umunya: abu-abu keperakan atau hitam (ikan). mulut besar. morfologi mulut. ungu kelam (ubur-ubur) dan merah (crustacea). gigi yang mendukung efektifitas penangkapan mangsa. Bioluminusens kemampuan memproduksi cahaya pada makhluk hidup. bahkan ada ang memiliki mata berbentuk pipa (ikan Argyropelecus) dan sebelah matanya lebih besar (cumi-cumi Histioteuthis). dari ungu sampai merah. secara vertikal laut dibagi menjadi 3 zona. Ukuran mata sangat kecil. Mata besar dan penglihatan senja (tingginya pigmen rodopsin dan kepadatan sel batang pada retina memberi kemampuan maksimum dalam melihat dan mendeteksi cahaya). Mesopelagis Penghuni mesopelagis (150-1. rahang. namun invertebrata yang hidup umumnya berukuran sangat besar. Dasar Perairan (Bentik) > 1. Pelagis Penghuni batipelagis dan abisal-pelagis.000 meter . Batas atas zona batipelagis di laut subtropis-dingin mulai dari 150 meter. Spektrum warna yang dihasilkan berbeda menurut spesies. Zonasi ini dapat memiliki rentang kadalaman yang berbeda menurut kondisi geografis laut yang bersangkutan : Batas bawah zona fotik di laut tropis s/d 200 meter. 2. 1. sedangkan invertebratanya seakan tidak berpigmen (putih cerah). 3. bahkan tidak bermata. Mekanisme produksi cahaya telah diketahui dari penelitian-penelitian terhadap hewan-hewan terstrial seperti kunang-kunang dan mekanisme yang sama digunakan oleh organism akuatik. biasanya dilengkapi oleh organ penghasil cahaya (fotofor). Teripang (Holothuroidea)  Bintang laut (Asteroidea)  Anemon laut (Anthozoa)  Karang (Anthozoa)  Polychaeta (Annelida)  Echiura dan Sipuncula  Kima (Molusca)  Crustacea 2.

000 meter Hewan wilayah ini umumnya tidak berwarna atau putih kotor (tidak berpigmen) didominasi oleh bakteri yang berukuran besar. Parameter fisika air umumnya seragam (suhu.Suhu sekitar vents 8-35oC. Cold hydrocarbon seeps (aliran hidrokarbon dingin) Ditemukan di daerah pinggiran benua. 2.000 – 3.000 meter Umumnya tidak berwarna atau putih kotor (tidak berpigmen)  Penghuni dasar ultra-abisal (hadal ) kedalaman > 6.000 meter Baru sedikit yang diketahui 2. Karbohidrat yang dihasilkan bakteri berfungsi bagi hewan agar dapat hidup di lingkungan yang ekstrim suhunya . Lapisan pemberai dalam (LPD) Merupakan pusat aneka jenis hewan meso/bati-pelagis yang terbentuk terutama oleh berbagai jenis ikan. Perkembangan LPD yang paling baik adalah di daerah yang produktivitasnya lapisan airnya tinggi. gas hidrogen sulfida.Kemosintesis yang dilakukan memanfaatkan H2S yang tersedia melimpah dari Vents dengan persamaan kimia: CO2 + 2H2S ® (CH2O) + H2O + 2S. Sumber makanan yang langka.Dicirikan dengan aliran es (metan terhidrasi). 4.Rentang suhu 5-100oC. 3. kecuali samudra Arktik (kutub utara). kadar O2) Tekanan hidrosatis yang terus meningkat dengan semakin bertambahnya kedalaman tidak ada tumbuhan yang hidup. Pada siang hari bisa terdapat dua sampai tiga LPD antara kedalaman 200700 meter. Pada malam hari lapisan bergerak ke permukaan dan menebal kemudian kembali ke perairan dalam pada pagi hari.Ekosistem hydrothermal vents memiliki produktivitas yang cukup tinggi oleh adanya aktivitas kemosintesis bakteri yang hidup bersimbiosis dengan cacing tabung Riftia pachyptila. dan minyak (rantai karbon kompleks) yang diserap dari sedimen pada lapisan kerak bumi. Komposisi berbeda menurut letak geografisnya. LPD telah ditemukan di seluruh samudra di dunia.  Penghuni dasar abisal 000 – 6.Pancaran asap hitam panas —> 250-400oC. Penghuni dasar batial 150/1. densitas.6 Ekoststem Laut Dalam 1.Menyediakan energi melimpah dan kelimpahan hewan yang sangat tinggi (cacing tabung dan kerang).Faktor lingkungan yang berbeda. sangat dingin (hampir membeku). crustacea.7 Adaptasi Organisme Laut Dalam . Biota: mikrobial dan hewan dengan mekanisme adaptasi tertentu yang bisa hidup. 2. Tempat pembuangan sampah akhir terbesar di dunia). Hydrothermal Vents (deep Oceanic hotsprings) Ditemukan di mid Ocean ridge (3000 meter) namun ada juga yang berada di laut dangkal. Paling sedikit diketahui dan diteliti (baru 1 % yang telah dieksplorasi dan dipelajari). salinitas. cumi-cumi dan sphonophora.

Sebaliknya invertebrata mesopelagik berwarna ungu atau merah cerah. Ubur-ubur mesopelagik misalnya sering kali berwarna ungu kelam. Dalam mulutnya terdapat gigi yang panjang dan melengkung ke arah tenggorokan. Tidak terdapat kontras warna seperti pada ikan-ikan epipelagik. Karena organism-organisme ini hidup dalam suasana gelap. Habitatnya di Samudra Arktik. organism yang berwarna hitam tidak akan kelihatan. Ikan Lophiiformes Klasifikasi Kerajaan Filum Kelas Ordo Sub ordo : Antennarioidei : : : : Animalia Chordata Actinopterygii Lophiiformes Lophiiformes (bahasa Inggris: Monkfish. Dengan demikian gigi-gigi ini menjamin bahwa apa yang tertangkap tidak akan keluar lagi dari mulut. Sedangkan di bagian hadal pelagik biasanya memiliki mata yang sangat kecil atau bahkan tidak bermata karena untuk hidup di lingkungan yang gelap gulita mata tidak diperlukan. 2. Ada organisme yang berwarna merah cerah karena merah adalah warna yang pertama diabsorpsi oleh air laut. Kebanyakan ikan laut dalam mempunyai mulut yang besar.Salah satu adaptasi yang dapat diamati dan yang juga dapat diamati pada hewanhewan mesopelagik ialah warna. relatif lebih besar dari pada ukuran tubuhnya. Ikan-ikan ini juga memiliki “penglihatan senja” yang peka karena adanya pigmen rodopsin dan tingginya kepadatan retina. Anglerfish) adalah ordo ikan bertulang sejati yang umumnya hidup di laut dalam. Ikan memperluas permukaan mata hanya salah satu adaptasi saja. Adapatasi lain yang dialami oleh organisme laut dalam adalah mata yang besar dan beberapa organ penghasil cahaya. Akan tetapi warna merah juga akan tampak hitam di laut dalam. Ikan-ikan mesopelagik khusunya cenderung berwarna bauabu keperakan atau hitam kelam. Goosefish.8 Organisme Laut Dalam 1. Samudra . sedang krustasea seperti copepod dan bermacam udang berwarna merah cerah.

Samudra Hindia. dan Laut Mediterania.Pasifik. Samudra Atlantik. yaitu Abraliopsis. Ikan dari ordo Lophiiformes terlihat mencolok dengan bagian kepala yang besar dan lebar. 2. Di bagian atas mulut terdapat antena yang bisa digerakgerakkan sebagai umpan untuk menarik perhatian mangsa. dan cekung. Dianggap bahwa mata yang besar “mengumpulkan’ cahaya remang-remang dari arah permukaan laut. dan tonjolan keluar dari kepala. sedangkan mata yang lebih kecil mengadakan respons terhadap cahaya yang dihasilkan fotofor-fotofor. Intensitas cahaya yang dihasilkan fotofor-fotofor cukup untuk mengimbangi intensitas cahaya yang datang dari permukaan laut.000 meter). wajah menghadap ke atas. berbentuk tabung . Lophiiformes sering juga naik ke permukaan laut untuk menyerang burung laut. biru. Telah pula ditunjukkan bahwa pada jenis cumi-cumi lain. sedangkan mata kiri dapat mencapai dua kali diameter mata kanan. Dengan demikian. bulat. Lophiiformes adalah ikan karnivora. mulutnya sedikit menghadap ke atas. timbul respons terhadap cahaya yang datangnya dari arah permukaan laut berupa dihasilkannya cahaya oleh fotofor-fotofor cumicumi ini. sedangkan mata yang besar mengarah vertical ke atas dan mata yang kecil mengarah ke bawah. kuning-hijau. Ikan dari ordo Lophiiformes ini menyelam hingga ke dasar laut dan agar bisa menyerang ikan lain. 3. Mereka tinggal di kedalaman sekitar 1500 ft (500-1. Histioteuthis Klasifikasi Kerajaan Filum Kelas Ordo Genus : Histioteuthidae : : : : Animalia Mollusca Chepalopoda Teuthida Histioteuthis adalah genus dari cumi-cumi dengan famly Histioteuthidae. Gurita . cumi-cumi ini tidak akan terlihat bila dipandang dari bawah karena intensitas cahaya yang dihasilkan fotoforfotofor mencegah terbentuknya bayangan-bayangan hitam. Pada saat di dalam air posisi cumi-cumi ialah lengan-lengannya mengarah ke bawah. mulutnya besar dan bergigi. Pada cumi-cumi laut dalam semua mata kanan berukuran normal.

Sebaliknya invertebrata mesopelagik berwarna ungu atau merah cerah. Contohnya adalah adaptasi yang dapat diamati dan yang juga dapat diamati pada hewanhewan mesopelagik ialah warna. dan tinta yang berfungsi untuk mempertahankan hidupnya. Gurita terdiri dari 289 spesies yang mencakup sepertiga dari total spesies kelas Cephalopoda.9 Metode Pengambilan Sampel Metode pengambilan sampel dari laut dalam dengan alat berupa jaring/pengeruk besar yang dioperasikan dari atas kapal oleh tali penghubung yang sangat panjang (diperlukan tali dengan panjang 2-3 kali dari titik kedalaman yang akan diteliti) Kini penelitian bisa dilaksanakan dengan ROV (Remotely Operated Vehicle) dan kapal selam. Gurita dalam bahasa Inggris disebut Octopus (Yunani: Ὀκτάπους. . BAB III KESIMPULAN Organisme yang hidup di laut dalam harus memiliki daya adaptasi yang tinggi. Ubur-ubur mesopelagik misalnya sering kali berwarna ungu kelam. 2. Dalam mulutnya terdapat gigi yang panjang dan melengkung ke arah tenggorokan. Dengan demikian gigi-gigi ini menjamin bahwa apa yang tertangkap tidak akan keluar lagi dari mulut. Ikan-ikan mesopelagik khusunya cenderung berwarna bauabu keperakan atau hitam kelam.Klasifikasi Kerajaan Filum Kelas Ordo Sub-ordo : Octopodiformes : : : : Animalia Mollusca Chepalopoda Octopod Gurita adalah hewan moluska dari kelas Cephalopoda (kaki hewan terletak di kepala). ordo Octopoda dengan terumbu karang di samudra sebagai habitat utama. Cumi merupakan salah satu organisme laut dalam yang memiliki karakteristik unik dibandingkan dengan organism laut dalam lainnya contohnya cumi-cumi memiliki 8 tangan dan 2 tentakel. Selain itu hewan-hewan laut dalam memiliki gigi-gigi yang besar. delapan kaki) yang sering hanya mengacu pada hewan dari genus Octopus.

Gumilang Rambang September 17. 2015 at 9:21 am numpang copas gan Like . Ini disebut dengan gigantisme abisal. Pingback: Biologi Laut | Saling Rindu 2. About these ads Share this:  Twitter  Facebook  Google  Related Organisme NektonIn "Biologi Laut" Makalah BentosIn "Biologi Laut" Zona IntertidalIn "Biologi Laut" Biologi Laut adaptasi laut dalambiota laut dalamekosistem laut dalamkondisi lingkungan laut dalammakalah organisme laut dalamorganisme laut dalamsumber makanan laut dalamwilayah laut dalamzonasi laut dalam Post navigation ← ESTUARI DAN RAWA ASIN Makalah Plankton → 2 thoughts on “Organisme Laut Dalam” 1.Cumi-cumi di laut dalam dapat mencapai ukuran yang sangat besar bahkan ada yang dapat mencapai panjang tubuh manusia dewasa. Seiring dengan meningkatnya kedalaman maka dapat mempengaruhi besar tubuh suatu organism.

Kediri o Purse Seine o Alat Tangkap Bubu o Kena Tilang Slip Merah o Kondisi Perairan Danau Maninjau dan Sungai Mahakam o Simbiotik o Mangrove o Terumbu Karang o Makalah Bentos o Organisme Nekton o Makalah Plankton o Organisme Laut Dalam o ESTUARI DAN RAWA ASIN . Pare.Reply Leave a Reply Search for: Archives Archives Categories Categories Daftar Artikel o Substitusi Tepung Roti Dengan Tepung Cangkang Udang Terhadap Tingkat Kesukaan Udang Tempura o Kampung Inggris.

indeks kematangan gonad. Fungsi. Fekunditas Ikan Nilem o Mereka yang Doanya Dikabulkan o Mereka Yang Tertolak Doanya o Waktu-Waktu Terkabulnya Doa o Faedah atau Manfaat Berdoa o Tatacara Berdoa atau Adab-adab Berdoa o Kumpulan Doa Harian o ISTINJA’ (Cebok) o Ilmu Islam o THOHAROH (BERSUCI). Besi. NAJIS o IBADAH o Laporan Praktikum Biologi Perikanan – Penentuan Umur Ikan Otolith o Laporan Praktikum Biologi Perikanan : Tingkat kematangan gonad. Zink . HADATS. Kalsium. fekunditas ikan mas o Laporan praktikum biologi perikanan : Pakan dan Cara Makan Ikan Nilem o Biologi Perikanan o Souvenir Towel Cake o Air dan Manfaat Air o Mineral.o Zona Subtidal o Zona Interstitial o Biologi Laut o Zona Intertidal o Seksualitas Ikan o Laporan Biologi Perikanan: Feeding Periodicity. Tingkat Kematangan Gonad. Indeks Kematangan Gonad.

Manfaat. Proses Pencernaan Karbohidrat o Lemak / Lipid.   Follow . Proses Penyerapan Protein o Apa itu Sel?? o Karbohidrat.com. Jenis. Faktor Mempengaruhi Kebutuhan Vitamin o Download Counter Strike Extreme V6 Full Version o Protein.6 My Facebook Eskasatri Oka Follow me on Twitter Blog at WordPress. Manfaat.o Vitamin. Proses Pencernaan Lemak o Enzim o Biokimia Perikanan o Download Game Counter Strike 1. Sifat. Fungsi. Fungsi Vitamin.