You are on page 1of 5

BAB III

FASILITAS DAN PERALATAN

A. FASILITAS
1. Sarana Fisik
Instalasi Radiologi Rumah Sakit Jiwa Daerah Provinsi Jambi
dilengkapi

dengan

fasilitas

sarana

dan

prasarana

untuk

terselenggaranya pelayanan radiologi yang aman, efektif, efisien
sesuai dengan peraturan yang berlaku, serta dimungkinkannya
petugas radiologi bekerja dengan nyaman dan aman. Letak Instalasi
Radiologi memenuhi persyaratan seperti :
a. Instalasi Radiologi mudah dicapai dari semua ruang perawatan,
sehingga pelayanan Radiologi dapat diselenggarakan dengan
baik untuk semua pasien.
b. Instalasi Radiologi mendapat penerangan yang cukup.
c. Semua kabel dan pipa berada dalam keadaan terbungkus atau
tertanam dalam lantai atau dinding.
d. Instalasi Radiologi mempunyai ventilasi udara yang cukup untuk
pertukaran udara yang masuk dan keluar.
e. Instalasi Radiologi dilengkapi dengan AC, aliran listrik dan air yang
tersedia dengan baik.
Ruangan yang ada di Instalasi Radiologi Rumah Sakit Jiwa
Daerah Provinsi Jambi antara lain :
a. Satu ruangan radiografi dengan stasionary x-ray Ruangan ini
berfungsi untuk melakukan tindakan radiologi rutin tanpa kontras
media.
b. Satu ruangan panel kontrol ruangan ini berfungsi untuk radiografer
mengexsposi pesawat x-ray.

13

Satu ruang istirahat petugas radiologi Ruang ini berfungsi untuk penyimpanan file-file radiologi. Satu ruangan USG Ruangan ini berfungsi untuk melakukan tindakan USG dan ruangan ini sekaligus ruang konsultasi dokter untuk mengekspertise hasil radiograf. i. d. j. Ruang ini juga dipakai untuk penyimpanan stock film dan cairan untuk automatik processing. Satu ruangan kamar gelap Ruangan ini berfungsi untuk memproses film yang sudah di ekspose.c. e. Dinding ruangan pemeriksaan radiologi yang setara dengan 30 cm Semua pintu kayu dilapisi dengan timah hitam setara dengan 2 mmPb. Satu ruangan ganti baju pasien ruangan ini berfungsi untuk pasien menganti baju dengan baju yang disediakan yang disesuaikan dengan standar pemeriksaan radiologi. Satu ruangan kamar mandi pasien. dan mengisinya kembali dalam sebuah kaset. g. Satu ruangan tunggu pasien ruangan ini berfungsi sebagai tempat pasien menunggu panggilan antrian pemeriksaan radiologi. Satu ruangan administrasi Ruangan ini berfungsi sebagai tempat pendaftaran dan penyerahan hasil rontgen kepada pasien. h. f. antara lain : a. Instalasi Radiologi Rumah Sakit Jiwa Daerah Propinsi Jambi dilengkapi dengan ruangan radiodiagnostik yang terproteksi dengan baik. Satu ruangan kamar mandi petugas radiologi. Mempunyai lampu merah ( lampu peringatan yang menandakan pemeriksaan dengan radiasi sedang berlangsung ) diatas pintu masuk ruang pemeriksaan 14 . serta ruangan ini untuk beristirahat petugas radiologi. b.

c. Ruangan pesawat x-ray a) Selimut pasien b) Bantal pasien c) Lead apron d) APAR b. Perlengkapan Ruangan a. Pintu ruang pemeriksaan dilengkapi dengan atribut atau poster tanda bahaya radiasi 2. Ruang administrasi 1) Komputer 2) Tempat foto rontgen 3) Kertas ekspertisi 15 . Ruangan Kamar gelap 1) Processing automatic 2) Safe light 3) Exhaust fan 4) Kaset 5) Film 6) Stock cairan automatic processing c. Ruang Istirahat petugas radiologi 1) File-file radiologi 2) Meja 3) Kursi 4) Lemari 5) Alat tulis 6) Kertas HVS 7) Marker d.

dan keluarga pasien serta staf rumah sakit yang lain ( non radiation worker ). Kaca Pb d.3. 1 (satu) buah Bucky table 2. ID ( numeric alphabetic ) 16 . Alat proteksi itu antara lain : a. Polaroid Camera d. Lampu merah tanda bahaya radiasi B. PERALATAN 1. Monitor c. TLD ( personal monitoring ) b. Apron c. 1 (satu) buah Bucky Stand b. Alat Proteksi Radiasi Instalasi Radiologi Rumah Sakit Jiwa Daerah Provinsi Jambi dilengkapi dengan alat proteksi radiasi untuk menjamin berjalannya program proteksi radiasi terhadap petugas radiasi ( radiation worker ). antara lain : a. USG USG Proxima Alat ini di dukung dengan komponen : a. Transducer b. pasien. X-RAY UNIT HITACHI Pesawat X-Ray Hitachi Pesawat ini didukung dengan beberapa unit utama.

C. DENAH RUANGAN PESAWAT X-RAY 17 .