You are on page 1of 62

MATARAM

,
SENIN, 24 OKTOBER 2016

Siti Nurul Hijah, ST. MT. (Nunung)
Alamat : Jl. AK. Munsyi gg Kroton 1/3 Punia Mataram
Jabatan : Dosen Fak. Teknik Univ. Islam Al-Azhar Mataram
Email : nurulhijah@yahoo.com
Hp. 08123768966

PEMBEKALAN UJI KOMPETENSI

Pelaksana Lapangan

Pekerjaan Saluran Irigasi
Presented by
Siti Nurul Hijah
JTS-UNIZAR
nurulhijah@yahoo.com

a.
b.
c.
d.

Persyaratan dasar
Minimal pendidikan Lulusan Diploma 1 sesuai
bidangnya dengan pengalaman
lapangan/pemagangan/ pelatihan minimum 3 tahun.
Lulusan SMK sesuai bidangnya dengan pengalaman
lapangan/pemagangan/ pelatihan minimum 4 tahun
Lulusan D1/SLTA tidak sesuai bidangnya dengan
pengalaman lapangan/pemagangan/pelatihan
minimum 5 tahun
Lulusan SLTP dengan pengalaman lapangan/
pemagangan/ pelatihan minimum 6 tahun

nurulhijah@yahoo.com

memberikan data-data lapangan yang penting . mengawasi pelaksanaan metoda tersebut agar berjalan sesuai prosedur nurulhijah@yahoo. 3. mempelajari dengan cermat dan teliti metoda pelaksanaan setiap item pekerjaan.com . Tugas Pelaksana lapangan : 1. untuk pedoman pelaksanaan pekerjaan di lapangan 4. mengetahui maksud dan tujuan pembuatan metoda pelaksanaan. 2.

spesifikasi. dan mempelajari lingkungan untuk pekerjaan Bangunan Irigasi 2. Menganalisis/menguasai gambar desain. metode kerja. spesifikasi.com . mingguan 6.Kompetensi Kerja Pelaksana Bangunan Irigasi terdiri atas : 1. Melaksanakan pekerjaan bangunan irigasi sesuai gambar desain. rencana mutu. schedule. Membuat laporan kemajuan pekerjaan harian. Melaksanakan pekerjaan persiapan pelaksanaan 4. Membuat program kerja mingguan berdasarkan program proyek 3. Melakukan pemantauan dan evaluasi hasil pekerjaan nurulhijah@yahoo. metode dan schedule 5.

Menganalisis gambar desain dan spesifikasi teknis saluran irigasi b. melakukan pemeriksaan dan memproses berita acara kemajuan fisik pekerjaan sub kontraktor/mandor g. Mengadakan bimbingan teknis pada mitra kerja e. Membuat laporan mingguan.Kompetensi Kerja Pelaksana Irigasi terdiri atas : a. Melaksanakan persiapan lapangan sesuai lingkup pekerjaan d. spesifikasi teknis. Membuat program kerja mingguan berdasarkan rencana kerja induk c. Melakukan koordinasi kegiatan pelaksanaan dengan mitra usaha di lapangan nurulhijah@yahoo. Melaksanakan pekerjaan saluran irigasi sesuai dengan shop drawing.com . metode kerja dan K3 f.

com . Data hasil penyelidikan Tanah. Identifikasi Jenis Bahan pada Quary Pelaksana lapangan dapat mempelajari pengetahuan dan karakteristik bahan sebagai berikut : a) Bahan galian dan timbunan saluran irigasi. c) Bahan untuk pekerjaan jalan dan jembatan. Jalan Kerja. 3. Analisis gambar desain. b) Bahan untuk pekerjaan bangunan irigasi. peta situasi. 2. nurulhijah@yahoo. Analisis Gambar Desain dan Lingkup Pekerjaan yang Berhubungan dengan Quary¸ Bahan. Survey Kondisi Tanah dan Kondisi Lapangan Kerja. Kondisi Tanah dan Kondisi Lapangan : 1.I.

Metode Pelaksanaan merupakan cerminan dari profesionalitas dari tim pelaksana proyek. yaitu manajer proyek dan perusahaan yang bersangkutan tahapan pelaksanaan pekerjaan yang logis dan teknis sesuai kondisi lapangan dan tersedia sumber daya air serta merupakan alternative terbak guna memperoleh cara pelaksanaan yang efektif dan efisien.com . nurulhijah@yahoo.

Uraian pelaksanaan pekerjaan. Dokumen lainnya sebagai penjelasan dan pendukung perhitungan dan kelengkapan yang diperlukan nurulhijah@yahoo. d.com . bangunan fasilitas dan lain-lain)  Lokasi pekerjaan  Jarak angkut  Komposisi alat (singkat/produktivitas alatnya) b. Sket atau gambar bantu penjelasan pelaksanaan pekerjaan. c. Perhitungan kebutuhan material dan jadwal kebutuhan material g. Perhitungan kebutuhan tenaga kerja dan jadwal kebutuhan tenaga kerja (tukang dan pekerja) f.Dokumen metode pelaksanaan pekerjaan terdiri dari: a. Perhitungan kebutuhan peralatan konstruksi dan jadwal kebutuhan peralatan konstruksi dan jadwal kebutuhan peralatan e. Project plan  Denah fasilitas proyek(jalan kerja.

Memenuhi syarat teknis  Dokumen metode pelaksanaan pekerjaan lengkap dan jelas memenuhi informasi yang dibutuhkan Bisa dilaksanakan dan efektif Aman untuk dilaksanakan : Terhadap bangunan yang akan dibangun Terhadap para pekerja yang melaksanakan pekerjaan yang bersangkutan Terhadap bangunan lainnya Terhadap lingkungan sekitarnya Memenuhi standar yang ditetapkan atau disetujui tenaga teknik yang berkompeten pada proyek tersebut nurulhijah@yahoo.Metode pelaksanaanpekerjaan yang baik : a.com .

Metode pelaksanaanpekerjaan yang baik : b. Merupakan alternatif terbaik dari beberapa alternatif yang telah diperhitungkan dan dipertimbangkan tebs .taniaednab@yahoo. Memenuhi pertimbangan non teknis lainya d.com . Memenuhi syarat ekonomis  Biaya murah  wajar dan efisien c.

Method Site plan Kebutuhan alat /produktifitas Kebutuhan tenaga kerja Kebutuhan material Urutan tahapan pekerjaan Skets penjelasan pelaksanaan nurulhijah@yahoo.com Analisa harga satuan Unit price :  Ekonomis  Wajar  Efisien .

com . Memperkecil pengaruh air terhadap tanah tanah tersebut Kepadatan yang diperoleh tergantung pada : a.Pemadatan Tanah :: Tanah yang digunakan untuk pembuatan tanggul. Menaikkan kekuatannya b. Tingkat usaha pemadatan b. bendungan tanah atau dasar jalan harus dipadatkan untuk : a. Memperkecil Compressibility dan daya rembesan air c. Kadar air nurulhijah@yahoo.

f. c. b. e..com . Syarat-syarat yang utama : Kekuatan Kekerasan Mudah dikerjakan Ketahanan Warna dan butiran Porositas dan texture Kemudahan pengambilan Mudah dicapai nurulhijah@yahoo..??? a. d. h.Batuan untuk Bangunan.. g.

kerikil & air nurulhijah@yahoo.??? Tersusun : Semen...Beton.com .... pasir..

.

tidak boleh mengandung bahan-bahan organis terlalu banyak. Semen 2. Agregat halus (pasir) dengan ukuran maks 5 mm . Baja Tulangan . 3. kecuali dengan petunjuk-petunjuk dari lembaga pemeriksaan bahanbahan yang diakui.Pekerjaan Beton Bahan-bahan konstruksi beton : 1. Tidak boleh mengandung Lumpur lebih dari 1% (ditentukan terhadap berat kering) 4. Pasir laut tidak boleh dipakai sebagai agregat halus untuk semua mutu beton. Agregat kasar (kerikil ). Air 5. Agregat halus tidak boleh mengandung Lumpur lebih dari 5%.

gempa bumi atau mesin-mesin yang berjalan cepat) nurulhijah@yahoo. Memiliki daya dukung yang besar akibat kuat tekan beton dan kuat tarik baja. Tahan terhadap getaran misalnya ledakan.Keuntungan beton bertulang : 1. Tahan terhadap temperatur tinggi (kebakaran) 3. 2.com .

com . • Pada papan-papan atap dapat terjadi kondensasi yang mengganggu. • Bersifat memantulkan bunyi dengan baik dan bunyi diteruskan melalui tulangan-tulangan.kerugian Beton bertulang : • Tidak tepat untuk bangunan sementara. menuang dan merapatkan spesi beton dsb-nya nurulhijah@yahoo. • Warnanya kurang menyenangkan • Berat volume beton besar (2400 kg/m3) • Kekatan beton tidak hanya tergantung pada unsur-unsurnya dan perbandingannya yang tepat. tetapi lebih tergantung pada cara pelaksanaan seperti mencampur.

Sebelum dipakai sebagai bahan tambahan membuat beton.com . pasir harus diselidiki tentang :     Ada atau tidak adanya campuran dan kotoran Cukup kerasnya bahan pasir Berapa prosen air yang terkandung Analisa saringan pasir nurulhijah@yahoo.

Yang harus dipahami benar dari jadwal kerja : 1. Jadwal kerja merupakan salah satu bentuk rencana yang diperlukan Pelaksana Lapangan untuk memudahkan mengendalikan waktu. Berapa waktu yang ditentukan ? nurulhijah@yahoo. Pekerjaan apa yang harus dikerjakan ? 2. Membuat program kerja mingguan berdasarkan rencana kerja induk 1. membuat jadwal merupakan kemampuan yang harus dimiliki Pelaksana Lapangan. Berapa volume atau banyaknya ? 3.com .2. Karena itu. Jadwal kerja adalah daftar atau tabel yang memuat waktu dan kegiatan atau pekerjaan.

Jadwal kerja harus dibuat tertulis agar :
1. Semua kegiatan, urutan dan waktu menjadi jelas.
2. Orang lain dan Pelaksana Lapangan sendiri dapat
mengecek apakah pelaksanaannya sudah sesuai
dengan jadwal kerja.
3. Bila ada keterlambatan jadwal, dibuat revisi jadwal,
agar pekerjaan kembali berjalan sesuai rencana.
Program Bimbingan Teknis :
1. Jadwal Bimbingan Teknis : Pelaksana Lapangan
memberikan bimbingan teknis pada waktu rapat dengan
sub kontraktor/mandor dengan topik pekerjaan yang akan
dikerjakan sebelum pekerjaan dimulai.
1.

Materi Bimbingan Teknis.
Materi pokok untuk bimbingan teknis antara lain adalah
spec, gambar kerja, metode kerja, schedule, persyaratan
administrasi, prosedur K3 L serta Instruksi Kerja.
nurulhijah@yahoo.com

Faktor yang mempengaruhi produktivitas
tenaga kerja atau alat, dalam menyelesaikan
suatu pekerjaan ada beberapa hal :




Kondisi pekerjaan dan lingkungan
Keterampilan tenaga kerja/ kapasitas alat.
Motivasi tenaga kerja/ operator
Cara kerja (metode)
Manajemen (SDM dan alat) :

nurulhijah@yahoo.com

7. Koordinasi dalam pekerjaan seorang pelaksana
lapangan memerlukan team work yang baik dan
koordinasi yang efektif dan efisien meliputi :
1. Rapat dengan sub kontraktor/mandor
2. Rapat dengan tim pelaksana proyek
3. Rapat dengan pihak luar (Pemerintah Daerah,
penduduk setempat).

Materi rapat koordinasi di proyek :
1. Evaluasi atas tindak lanjut hasil rapat sebelumnya.
2. Menemukan masalah dan pemecahannya
3. Masukan penyusunan pelaporan pelaksanaan
selanjutnya,
4. Penyampaian informasi baik vertikal maupun
horizontal.
5. Evaluasi BMW (Biaya, Mutu, Waktu)
nurulhijah@yahoo.com

Pekerjaan irigasi secara umum a. Karena lokasi yang sangat luas. Pekerjaan pokok :pembuatan saluran irigasi (saluran induk.com . saluran sekunder saluran sub sekunder dan bangunan pengatur air) b. kemungkinan terjadi masalah sosial sangat besar nurulhijah@yahoo. pekerjaan timbunan tanah atau kombinasi keduanya yaitu pekerjaan cut and fill d. Pekerjaan dominan adalah pekerjaan tanah. berupa pekerjaan galian tanah. Pekerjaan akan padat peralatan berat dan sangat tergantung pada cuaca (musim hujan/musim kemarau) e. Lokasi pekerjaan sangat luas (panjang mencapai puluhan kilometer) c.

nurulhijah@yahoo.com .

Kerusakan Saluran Irigasi .

Request Pekerjaan.Instruksi Kerja.docx 2. Bahan.  Pelaksana mengajukan izin/request untuk memulai pekerjaan. Penyiapan Tempat Kerja.. 1.com ... Pengajuan Permohonan Izin Memulai Pekerjaan  Dimulai dari meneliti kesiapan lapangan dan sumber daya..?????. Alat dan Sarana Pekerjaan nurulhijah@yahoo.

Pelindung pendengaran..?????.Pelindung pernafasan (masker). 3...Instruksi Kerja. Penyiapan Pelaksanaan Prosedur K3L yaitu :  Kewajiban untuk memakai pelindung badan (Baju kerja. Pelindung kaki. . Pelindung tangan. Pelindung mata.. Pelindung kepala. Tali pengaman & Sabuk keselamatan (Safety Belt).

 Pencegahan bahaya kebakaran dengan Menyediakan alat pemadam kebakaran dan ditempatkan di area yang mudah terjangkau. serta melengkapi alarm atau tanda peringatan bahaya ...Instruksi Kerja..?????.. tidak diperkenankan dipindahpindah.

Tidak adanya pengawas K3L sehingga pekerja cenderung mengabaikan pemakaian peralatan keselamatan 4. 1.Kasus ???. Para pekerja cenderung meremehkan pemakaian alat pelindung keselamatan oleh karena pekerja berfikiran bahwa peralatan keselamatan menghambat kebebasan bergerak dalam bekerja.. sehingga pekerja kurang memahami pentingya pemakaian peralatan keselamatan dalam pelaksanaan pekerjaan nurulhijah@yahoo. 2. Kontraktor jarang menyediakan peralatan K3L dengan alasan peralatan yang mahal dan alasan lainnya (Biaya pengadaan peralatan K3L tidak tertera dalam RAB).com . Kurangnya sosialisasi pentingnya pemakaian peralatan keselamatan. 3..

?????. Pemeriksaan Lapangan Bersama Direksi dan Konsultan Pengawas dimulai dengan pemeriksaan elevasi.. perlengkapan K3L. serta sarana dan prasarana pekerjaan. Selanjutnya pemeriksaan pemeriksaan kesiapan tenaga kerja.. Laporan Hasil Pemeriksaan Lapangan . ukuran dan posisi bangunan. 5. bahan. 4...Instruksi Kerja. peralatan.

Waktu (skedule mingguan/bulanan) dan Fungsi 4. Pelaporan Hasil Pekerjaan Saluran Irigasi nurulhijah@yahoo. Instruksi Kerja Sebagai Pedoman Pelaksanaan di Lapangan 3.com . Spesifikasi teknis dan Gambar kerja 2. Mutu (spec teknik dan koordinasi dengan bagian lab).Mengatur pelaksanaan pekerjaan di lapangan 1. Pelaksanaan Pekerjaan Saluran Irigasi Sesuai Target Biaya (sesuai anggaran yang ditetapkan).

com . Aspek Keselamatan kerja Aspek Lingkungan Aspek Administrasi Aspek Ekonomis Aspek Sosial dan Budaya nurulhijah@yahoo. 3. 2. 4. 5.Aspek-aspek yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan pekerjaan 1.

nurulhijah@yahoo. tepat biaya.com . dan tepat mutu sering tidak dapat tercapai..Kasus ???.. Sehingga target tepat waktu. pembuatan Shoop Drawing. Mereka beranggapan bahwa pelaksana hanya sekedar mengawasi pelaksanaan pekerjaan. penyusunan program kerja dilapangan. pembuatan re-schedulle dll. Kenyataan di lapangan banyak terjadi pelaksana tidak mengerti akan tugas dan tanggung jawab sebagai pelaksana. Mereka kurang memahami administrasi proyek dilapangan.

Presented by Nunung JTS-UNIZAR nuurulhijah@yahoo..Ayooo...com . Mengikuti pedoman pelaksanaan pekerjaan di lapangan..

nuurulhijah@yahoo.com .

com .I. gudang dan sebagainya  Mendatangkan personil-personil  Mobilisasi peralatan terkait dan personil penyedia jasa dapat dilakukan secara bertahap sesuai dengan kebutuhan 2. akar-akaran dan lain-lain pada daerah tertentu ditempat pekerjaan. Semua hasil pembongkaran tersebut dibuang ketempat yang telah ditunjuk oleh Direksi Pekerjaan nurulhijah@yahoo. Pembersihan lapangan sebelum pekerjaan di mulai dari semua tumbuhan. rumah. Pekerjaan Persiapan : Pekerjaan saluran meliputi : Pekerjaan persiapan meliputi : 1. termasuk pohon-pohon. Mobilisasi meliputi pekerjaan :  Mendatangkan peralatan-peralatan terkait yang diperlukan dalam pelaksanaan pekerjaan  Mempersiapkan fasilitas kantor.

3.  Pekerjaan yang akan dilaksanakan harus sesuai dengan gambar kerja (Sub Drawing) dan petunjuk dari direksi pekerjaan.  Pengukuran menggunakan alat ukur waterpass atau theodolith.  Pekerjaan yang telah selesai dikerjakan akan diukur kembali untuk mencek hasil pekerjaan.com . dimana hasil pengukuran ini nantinya dipakai sebagai Asbuilt Drawing (MC-100) nurulhijah@yahoo.  Lokasi yang telah diukur dipasang patok-patok untuk menentukan elevasi.  Hasil pengukuran tersebut dijadikan sebagai pedoman untuk pelaksanaan pekerjaan yang dibuatkan ke dalam Mutual Chek Nol (MC-0). Pekerjaan Pengukuran :  Pekerjaan awal yang akan dilaksanakan sebelum dimulainya pekerjaan.

Dokumentasi diambil pada kondisi :  sebelum pekerjaan dimulai (0%)  Pekerjaan yang sedang dilaksanakan (50%)  Pekerjaan yang selesai dilaksanakan (100%)  Pengambilan foto dilakukan pada posisi yang sama sehingga dapat menghasilkan dokumentasi yang menggambarkan proses pelaksanaan pekerjaan dari awal sampai selesai 5. Demobilisasi dilakukan setelah semua item pekerjaan dilapangan sudah selesai dilakukan yang dibuktikan dengan Penyerahan Pertama Pekerjaan (PHO) nurulhijah@yahoo. Dewatering/Pengeringan dilakukan apabila :  Lokasi pekerjaan masih terdapat genangan air sehingga tidak mengganggu pelaksanaan pekerjaan dan selalu dalam keadaan kering 6.com .4.

com .nurulhijah@yahoo.

Penggalian dimulai dari muka tanah dengan harus mengambil lebar yang cukup sesuai gambar atau ditentukan lain oleh Direksin.Tanah galian dari saluran-saluran irigasi di buang di luar saluran atau tanggul yang ditentukan oleh direksi. Luasnya penggalian harus sekecil mungkin untuk pekerjaan bangunan. Tanah galian dari saluran-saluran irigasi di buang di luar saluran atau tanggul yang ditentukan oleh direksi. 2.com . Pekerjaan Galian Tanah Biasa (Tenaga Manusia) Galian tanah Biasa digali dengan tenaga manusia.II. nurulhijah@yahoo. Pekerjaan Galian Tanah Biasa (Alat) Galian tanah Biasa digali dengan menggunakan Excavator atau perlatan lain. Pekerjaan Tanah : 1.

com .Pekerjaan Galian : Galian Tanah (Tanah Lunak & keras) Bekas galian : Timbunan saluran irigasi dan jalan inspeksi nurulhijah@yahoo.

com . Timbunan Tanah dari Hasil Galian  Material Timbunan berasal dari hasil galian tanah  Timbunan Tanah dilaksanakan sesuai dengan garis rencana dan tingkatan yang tertera dalam gambar rencana.3.  Timbunan dilaksanakan lapis demi lapis sehingga kepadatannya dapat semaksimal mungkin  Pemadatan timbunan tanah menggunakan Vibrator Roller secara merata diseluruh areal timbunan 4. Timbunan Tanah dari Borrow Area (> 5 Km)  Material Timbunan berasal dari lokasi borrow area dengan kualitas dan jenis tanah tertentu  Timbunan Tanah dilaksanakan sesuai dengan garis rencana dan tingkatan yang tertera dalam gambar rencana.  Timbunan dilaksanakan lapis demi lapis sehingga kepadatannya dapat semaksimal mungkin  Pemadatan timbunan tanah menggunakan Stamper secara merata diseluruh areal timbunan nurulhijah@yahoo.

 Timbunan dilaksanakan lapis demi lapis sehingga kepadatannya dapat semaksimal mungkin  Pemadatan timbunan tanah menggunakan Vibrator Roller secara merata diseluruh areal timbunan Pekerjaan Pasangan Pekerjaan Pasangan. Timbunan Kembali  Material Timbunan berasal dari hasil galian tanah dan timbunan tanah dari luar  Timbunan Tanah dilaksanakan sesuai dengan garis rencana dan tingkatan yang tertera dalam gambar rencana.pptx nurulhijah@yahoo.5.com .

Juga harus dibersihkan dari genangan air atau tanah yang terlalu basah. Sebelum menimbun tanah. Selected material untuk timbunan dari quarry yang telah disetujui.Pekerjaan Timbunan 1. tumbuh-tumbuhan dan material lain. permukaan tanah harus dipadatkan dan dikasarkan dengan menggunakan bulldozer tebs-taniaednab@yahoo.com . Setting out lokasi saluran irigasi dan lokasi Borrow area yang telah disetujui oleh surveyor dan konsultan supervisi 2. Permukaan tanah yang akan ditimbun harus dikupas dulu dan dibersihkan dari kotoran. mulai digali dengan menggunakan excavator dan ditransport ke site menggunakan dumptruck dengan jumlah yang cukup dengan jarak angkut yang disetujui bersama dengan konsultan (sekitar 1-25 km). 4. 3.

finishing slope timbunan atau trimming dilakukan dengan exacavator. Jumlah lintasan compactor diputuskan sebelumnya pada pelaksanaan trial embankment 8. Lapisan timbunan harus dipadatkan dengan vibro roller atau sheep foot roller untuk mencapai kepadatan yang direncanakan 7.Pekerjaan Timbunan 5. Material tanah yang dihampar dengan ketebalan + 20-30 cm lapis demi lapis dengan menggunakan dozer 6.com . tebs-taniaednab@yahoo. Setelah top elevasi dari timbunan tercapai.

karena bahan-bahan ini terdapat disekitar lokasi pekerjaan. Bendungan : Pasangan batu kali/gunung Konstruksi Beton Kebanyakan konstruksi bendung dibuat dari pasangan batu kali / gunung. Pekerjaan konstruksi beton jarang dipakai karena umumnya lebih mahal. a. batu bata dan beton.Bahan pekerjaan bangunan irigasi Konstruksi bangunan irigasi umumnya adalah pasangan batu kali. jauh lebih mahal dari konstruksi pasangan batu. nurulhijah@yahoo.com .

b.com . karena bangunan ini tidak terlalu besar. batu bata dan beton. Talang : beton atau baja nurulhijah@yahoo. Bangunan Bagi/Sadap : Pasangan batu kali/gunung atau pasangan batu bata. persegi terbuat dari pasangan batu dan plat penutup dari beton bertulang d. c. Sipon : Pasangan batu/beton e. dibanding dengan bendung. Gorong-gorong : Bulat terbuat dari beton.Bahan pekerjaan bangunan irigasi Konstruksi bangunan irigasi umumnya adalah pasangan batu kali.

com .nurulhijah@yahoo.

com .75 cm) nurulhijah@yahoo.Material Material batu kali/belah yang keras. yaitu : Tebal minimum = 15 cm Lebar minimum = 1. bermutu baik dan tidak cacat dan tidak retak dan memenuhi persyaratan PUBI 1970-1982.5 x lebar (33.5 cm) Panjang minimum = 1.5 x tebal (22.

com .nurulhijah@yahoo.

kliping berita nurulhijah@yahoo.com .

Pasangan Batu Kali .

Pasang batu kali sesuai dengan benang yang ada. Siapkan mortar sesuai dengan campuran yang disyaratkan 6. Selesaikan pasangan tersebut sesuai dengan bentuk dan dimensi yang telah ditentukan nurulhijah@yahoo. Pelaksana dan tukang harus mendapat gambar yang telah disahkan 2. Pasang benang dengan kuat dan kencang 5. Persiapan lokasi yang akan dipasang 3. antara batu kali yang satu dengan yang lain harus penuh terisi mortar 7.Instruksi Kerja (IK) untuk pasangan batu : 1. Pasang profil atau bowplang sesuai dengan dimensi dan bentuk yang telah ditentukan 4.com .

nurulhijah@yahoo. Bekisting disiapkan sesuai tebal lining dan dipasang diantara segmen lining sampai dengan kaki lining. Pekerjaan tanah diselesaikan lebih dahulu 3. dilakukan dewatering terlebih dahulu 2. bekisting dapat dilepas . Batching Plant digunakan untuk lokasi yang bisa dijangkau truk mixer dan beton mixer digunakan ditempat yang sempit. control joint dan construction joint dan joint sealant untuk memudahkan pengecoran beton. Posisi yang tepat dari bekisting pada expansion joint.Metode Konstruksi beton lining saluran 1. 5. Setelah adukan beton mengering..com . 6. Ditempat yang ada airnya. Setting out dilokasi lining 4.

Rangka pintu dan daun pintu sudah tersedia telah cat dan digalvanis 2. Pasang rangka pintu pada lokasi/posisi yang telah ditentukan 4.com .Pekerjaan Pintu Instruksi Kerja (IK) untuk pasangan pintu air : 1. Cek/ukur rangka pintu dan daun pintu apakah sesuai dengan gambar kerja 3. Setel rangka pintu dengan baik pada posisi horizontal dan vertical dengan menggunakan waterpass dan unting-unting dan cek kedudukan elevasi dasar rangka pintu terhadap lantai atas dan bawah saluran nurulhijah@yahoo.

Pasang daun pintu air dengan obeng dan periksa kemudahan putaran pintu air 9.com . Finishing dan pengecatan nurulhijah@yahoo. Setelah beton cukup kuat. Cor penguat rangka pintu dan cek kembali posisi rangka pintu air dengan unting-unting dan water pass 6. pasang karet-karet pintu penyekat air 8.Pekerjaan Pintu Instruksi Kerja (IK) untuk pasangan pintu air : 5. Bersihkan rangka pintu dari kotoran-kotoran 7.

sehingga pada saat pelaksanaan struktur beton.Kasus 1. Bahkan sering terjadi campuran yang telah ditetapkan sesuai mix design dirubah secara sepihak dengan mengesampingkan kaidah-kaidah teknik dan faktor keamanan struktur. 2. mix design yang telah dibuat cenderung diabaikan. Pelaksana cenderung lebih menerima arahan atasannya langsung dan kurang bahkan mengabaikan arahan teknis dari konsultan pengawas maupun direksi. nurulhijah@yahoo. Masih banyaknya pelaksana yang tidak memahami pentingnya mix design yang telah ditetapkan.com . Sehingga pada saat pemeriksaan banyak terjadi temuan oleh karena ketidak sesuaian mutu pekerjaan.

com . balai irigasi.Kasus 3. Adanya item pekerjaan yang sebenarnya tidak mungkin pekerjaan tersebut dilakukan secara manual oleh karena ketikmampuan menyewa/menyediakan alat berat. sehingga hasil pekerjaan tidak maksimal dan cenderung ditolak/dibongkar oleh pengawas/direksi yang ada dilapangan.mp4 nurulhijah@yahoo.

com .Contoh nurulhijah@yahoo.

Terima Kasih Tampiasih Matur Suksme Thank You Matur Nuwun WASSALAMUALAIKUM WARRAHMATULLAHI WABARAKATUH .