You are on page 1of 10

5 Jenis Buah Baik Untuk Bayi

Ibarat sebuah paket, buah-buahan mengandung vitamin dan mineral yang nyaris
lengkap. Itu sebabnya, buah-buahan sebaiknya mulai dikenalkan sedini mungkin.
Yakni, selepas pemberian ASI eksklusif 6 bulan. Berikut 5 jenis buah yang baik
diberikan untuk bayi.
*PISANG
Untuk: bayi 6 bulan ke atas.
Kandungan gizi utama: kalium, fosfor, vitamin A, asam folat.
Ide penyajian:
1. Kupas kulit pisang, lalu keruk daging buahnya, sajikan langsung pada bayi.
2. Pure pisang:

Pure apel:  setelah dcuci bersih.Havermut Saus Jeruk *APEL Untuk: bayi 6 bulan ke atas. . Haluskan.  Masukkan ke dalam panci. fosfor. Kandungan gizi utama: kalium. serat. Berikan pada bayi. Ide penyajian: 1. vitamin c. Anda dapat menambahkan sereal. magnesium.Bubur Mangga Jeruk . 2. Resep lainnya: .Bubur Nagasari . kupas lalu peras dan saring airnya. lalu tambahkan air perasan jeruk beberapa sendok untuk memberi rasa segar serta memperlambat perubahan warna pisang. kalsium. asam folat. Cuci bersih buah jeruk. Kandungan gizi utama: kalium.Puding Almond Jeruk . Resep lainnya: . Vitamin A. Tuang ASI atau susu formula. tambahkan air hingga potongan apel terendam. lalu potong kecil-kecil. kupa skulit apel.  Masukkan ke dalam blender. 3. Dapat dijadikan pemanis yang menyegarkan dalam aneka pure buah.Bubur Roti Susu Pisang . Potong-potong daging buah pisang. vitamin C. kalsium. Angkat. Ide penyajian: 1.  Sajikan pada bayi. Rendam hingga lunak. vitamin A. Bila bayi sudah berumur 8 bulan.Bubur Beras Merah dan Pisang Keju .Bubur Jagung Pisang *JERUK Untuk: bayi 6 bulan ke atas.

dan kukus hingga lunak. Kandungan gizi: protein. 3. Saus tomat:  Cuci bersih lalu rebus tomat sampai empuk dalam panci dengan air secukupnya. Bila bayi sudah berumur 8 bulan. 2. kalisum. Ide penyajian: 1. serat. *TOMAT Untuk: bayi 8 bulan ke atas.Sereal Apel . Ide penyajian: 1. Pure pir dapat dicampur dengan pure apel. Anda dapat menambahkan sereal dan kayu manis sebagai varaisi dan tambahan rasa baru. fosfor. sehingga kulitny amudah dikupas. lalu kupas kulitnya. magnesium.Kukis Havermut Apel . lalu saring menjadi saus tomat.  Setelah dikupas. kalsium. natrium. Blender hingga lembut. Potong kecil-kecil daging buahnya.  Blender hingga halus. vitamin C. Pure pir:  Cuci bersih buah pir.Bubur Roti Isi Apel *PIR Untuk: bayi 6 bulan ke atas.Bubur Kuning Manis . Resep lainnya: . potong menjadi 4 bagian. Kandungan gizi: kalium. . bisa ditambahkan sereal agar pure ini menjadi padat. 2. vitamin A. Bagi bayi usia 8 bulan. Blender hingga halus. kalium. asam folat.  Untuk variasi rasa dapat ditambahkan air jeruk. fosfor.

terutama dalam mempertahankan daya tahan tubuhnya. Tidak saja kandungan nutrisi yang mencukupi kebutuhan harian melainkan rasa yang dihasilkan dari berbagai jenis buah yang mengandung rasa manis alami lebih mudah diterima oleh bayi anda. Jus dapat dijadikan menu untuk melengkapi kebutuhan gizi dan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh bayi anda. beberapa jenis buah tertentu dapat bermanfaat untuk kesehatan bayi anda. Saus tomat dapat disajikan bersamaan dengan pure kentang atau sayuran.2. Komponen utama dari jus buah adalah cairan yang berguna untuk mengimbangi makanan padat yang dikonsumsi .Bubur Maizena Tomat http://www. berapa porsi yang sesuai untuk bayi? Pertanyaan itu sering kali terlintas pada anda sebagai orang tua yang telah memberikan makanan pendamping asi pada bayi.co.ayahbunda. Namun. Resep lainnya: .Jus Tomat Jeruk . anda juga harus mengetahui pengaruh yang mungkin terjadi apabila bayi anda diberikan jus buah yang berlebihan sehingga menimbulkan pengaruh negatif pada kesehatan bayi anda.id/bayi-gizi-kesehatan/5-jenis-buah-baikuntuk-bayiKenali Aturan Pemberian Jus Buah untuk Bayi Bolehkah bayi diberikan jus buah dengan jenis buah yang berbeda setiap harinya.Bubur Pisang Saus Tomat . Manfaat jus tidak saja memberikan zat-zat gizi yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi anda.

dan flavonoid yang memberikan pengaruh positif terhadap kesehatan salah satunya dapat menurunkan resiko serangan jantung dan resiko kanker. vitamin C. salah satunya timbulnya karies pada gigi. kandungan yang terlalu banyak gula tambahan akan membuat masalah pada gigi bayi. akan meningkatkan pengaruh buruk. rasa asam pada buah yang dijadikan bahan pembuatan jus dapat memicu timbulnya masalah pencernaan yang serius salah satunya adalah diare. Kandungan vitamin C akan membantu dalam penyerapan zat besi dua kali lipat sehingga baik dalam mencegah anemia. Sebaiknya anda memberikan jus buah kepada bayi melalui cangkir minum dan tidak diberikan melalui botol sambil tiduran. Apalagi jika diberikan pada anak yang sedang memiliki masalah kesehatan. Berikut adalah beberapa aturan dalam pemberian jus buah untuk bayi : 1. sukrosa. hal ini dikarenakan pada rentan waktu tersebut bayi hanya memerlukan asi. Pemberian jus buah tidak diremendasikan pada bayi yang berusia 0-6 bulan. Lantas apa yang menimbulkan pengaruh negatif dari jus buah? Jus buah akan berpengaruh negatif apabila diberikan pada bayi dengan porsi yang tidak sesuai dengan usia bayi. hal yang harus anda ingat adalah apabila porsinya tidak sesuai dengan bayi anda. Jus buah juga memiliki komponen karbohidrat. Salah satu alasannya dikarenakan pada usia bayi tersebut sistem pencernannya belum matang. kalium. Sebaiknya anda memperhatikan kandungan gula yang terkandung di dalam jus buah. jika pada usia 6 bulan ke atas bayi sudah diberikan makanan padat. sehingga makanan padat tersebut mudah dicerna dan disaring oleh ginjal. . 2. Selain karbohidrat.oleh bayi. bayi dapat diberikan jus buah.dan sorbitol. termasuk di dalamnya terkandung fruktosa. Kandungan karbohidrat di dalam jus sangat bervariasi disesuaikan dengan jenis buah yang digunakan untuk membuat jus. di dalam jus terkandung vitamian A.

bayi anda sudah dapat mengembangankan gerakan-gerakan ringan. Selanjutnya.3. Sumber : Kenali Aturan Pemberian Jus Buah untuk Bayi . Pada usia 1-4 tahun sebaiknya diberikan 120-170 ml perhari. tidak nafsu untuk mengkonsumsi makanan pendamping lainnya. menyebabkan perut kembung dan nyeri pada bagian perut.com/kenali-aturan-pemberian-jus-buah-untukbayi#ixzz4Fo6u4M5n Menu Makanan Bayi Usia 7 Bulan Pada perkembangan usia 7 bulan. Hal yang tak kalah penting adalah pada usia 7 bulan bayi anda sudah mendapatkan MPASI. pertumbuhan yang semakin pesat diusia 7 bulan membuat anda berhati-hati agar perkembangan bayi anda tidak terganggu. pertimbangan dalam memberikan jus buah harus disesuaikan dengan usia bayi anda. Pemberian yang berlebihan justru akan memberikan dampak buruk pada kesehatan bayi anda. seperti menggerakan badan untuk meraih benda-benda yang didekatkan kepadanya. termasuk dengan menjauhkan benda-benda yang berbahaya di dekat bayi anda. Karbohidrat . sehingga bayi cenderung lebih menyukai jus buah yang manis dan segar.com http://bidanku. pada usia 7 bulan bayi membutuhkan nutrisi yang dapat memberikan pertumbuhan baik bagi bayi anda. Selain itu perubahan secara fisik ditandai dengan adanya pertumbuhan gigi (meskipun tidak menutup kemungkinan bayi anda tumbuh gigi pada usia lebih awal atau tertinggal).Bidanku. makanan bayi pendamping Asi yang tepat akan memberikan nutrisi yang dibutuhkan sesuai masa perkembangan bayi anda. Berikut Nutrisi yang dibutuhkan pada usia 7 bulan : 1. Pemberian jus buah yang cukup banyak akan menimbulkan beberapa masalah kesehatan seperti diare yang kronis. Nutrisi yang Dibutuhkan Usia Bayi 7 Bulan Pada usia bayi 7 bulan tidak jauh berbeda dengan nutrisi yang dibutuhkan pada usia sebelumnya.

langit-langitnya belum berkembang sempurna sehingga rasa asin belum dapat direspon oleh lidahnya. Penggunaan garam tidak disarankan karena kebutuhan garam sudah terpenuhi dari ASI. akan tetapi respon yang diberikan oleh bayi anda berbeda.A. Mineral Mineral yang dibutuhkan pada usia 7 bulan adalah zat besi untuk membangun hemoglobin di dalam tubuh. D. Anda dapat memberikan karbohidrat kompleks dalam bentuk bubur atau tim saring dengan porsi yang sesuai sehingga tidak mengakibatkan gangguan kesehatan. mungkin anda berpikir rasa dari menu yang anda berikan pada bayi anda terasa hambar. seperti vitamin D. obesitas. . 4.Selain diberikan ASI.K dan E. Vitamin Vitamin yang dibutuhkan bayi dapat terpenuhi dari sayuran dan buah-buahan. Vitamin yang didapatkan dari sayur dan buah adalah vitamin C. makanan pendamping adalah salah satu cara untuk mendapatkan karbohidrat sehingga menghasilkan energi. Lemak Sehat Kandungan lemak sehat yang terdapat pada ikan dan buah alpukat merupakan kebutuhan bagi bayi anda di usia 7 bulan. Hal ini karena anda sudah terbiasa dengan penggunaan garam sementara untuk bayi.K. ginjal dan pankreas.kromium adalah nutrisi yang membantu proses metabolisme insulin di dalam darah. dengan asupan lemak sehat sesuai porsi yang dibutuhkan bayi anda maka akan membantu dalam penyerapan vitamin. kalsium yang berperan dalam meningkatan pertumbuhan tulang dan gigi.E dan B . 3. B12 dan B6 yang berasal dari hati dan susu. Resep Menu Bagi Bayi Usia 7 Bulan Pada usia 7 bulan penambahan garam dan gula perlu dibatasi kalau bisa dihindari sehingga tidak memperberat kerja liver. Selain itu kandungan sumber hewani akan memberikan vitamin A. 2.

2. 20 gram beras putih 2. 25 gram tomat 6. 1 sdm tepung beras (disarankan beras merah) 2. . 50 gram buah alpukat matang yang dihaluskan Cara Membuat: 1. 50 gram labu kuning 5. 10 ml air minum 3. air secukupnya Cara Membuat : 1. setelah dingin anda dapat menghaluskan menggunakan blender atau saringan kawat. hati ayam dan tempe. 25 gram tempe 4. 25 gram hati ayam 3. Kemudian masukan labu kuning dan tomat hingga matang. 2. Menu Nasi Tim Saring Hati Ayam Bahan : 1. Gunakan api sedang. Bubur Buah Alpukat Bahan 1. Masukan tepung beras merah ke dalam air aduk hingga rata.1. aduk agar tidak menggumpal. Rebus dan aduk hingga menjadi bubur. Campurkan beras dengan air.

com/menu-makanan-bayi-usia-7-bulan#ixzz4Fo7ekhCe .2. Kemudiam masukan alpukat pepaya sejenak.com http://bidanku. Disajikan hangat-hangat. Sumber : Menu Makanan Bayi Usia 7 Bulan . kemudian adukaduk hingga asapnya hilang 3.Bidanku.