You are on page 1of 4

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Salah satu cara yang cukup potensial untuk meningkatkan
devisa negara yaitu melalui sektor migas, oleh kerena itu dalam
mencari kemungkinan adanya minyak dan gas dilakukan penelitian
dari berbagai ilmu pengetahuan seperti penelitian geologi dan
seismic yang dapat memberikan indikasi adanya hydrocarbon di
bawah tanah. Akan tetapi sampai saat ini belum ada solusi nyata
selain melakukan penggalian lubang sumur dan melakukan operasi
pemboran.
Seperti yang telah diketahui bahwa minyak bumi ditemukan
pada berbagai kedalaman dengan berbagai tekanan dan temperatur.
Semakin dalam reservoir tersebut, semakin besar tekanan dan
temperaturnya. Perbedaan keadaan tekanan dan temperatur di
permukaan dan di reservoir serta terjadinya penurunan tekanan
reservoir

apabila

minyak

diproduksikan

akan

mempengaruhi

keadaan fasa dari minyak bumi tersebut, apakah minyak bumi
berupa gas , cair atau padat.
Minyak dan gas bumi merupakan contoh larutan multi
komponen yaitu merupakan campuran dari berbagai senyawa
Hidrocarbon, bahkan sering mengandung senyawa-senyawa non

1

CO2. 1. N2). dan sebagainya. Minyak Bumi a. Gas Bumi a. Mengetahui secara langsung aplikasi dari ilmu yang didapat diperguruan tinggi sehingga dapat meningkatkan minat . Gas alam terdiri atas 8 komponen atau lebih (C1 s/d C7. Gas Kering (Wet Gas) c. 1. H2S.2 Tema Tugas Akhir Tema yang diambil dalam penulisan proposal Tugas Akhir ini adalah ”Analisa ” adapun tempat dan pelaksanaannya ditentukan oleh pihak perusahaan.3 Tujuan Tugas Akhir Adapun tujuan yang bersifat khusus adalah sebagai berikut : 1. Gas kering (Dry Gas).2 Hidrocarbon seperti H2s. Gas Kondensat retrograt (Retrograde Condensat Gas) b. Hidrocarbon yang ditemukan di dalam reservoir dapat dibedakan berdasarkan diagram fasanya dan perbandingan antara fasa gas dan fasa air di permukaan dapat di klasifikasikan menjadi : 1. Minyak ringan (High Shrinkage Crude Oil 2. Minyak berat (Low Shrinkage Crude Oil) b. CO2.

2. Perusahaan dapat memanfaatkan tenaga mahasiswa yang tugas akhir dalam membantu menyelesaikan tugastugas untuk kebutuhan di unit-unit kerja yang relevan. 1. 3. 2. Sebagai sarana untuk membina network dan kerjasama dengan perusahaan di bidang perminyakan. Dapat mengenal dilingkungan kerja. secara dekat dan nyata kondisi . Tersusunnya kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan nyata dilapangan.3 mahasiswa untuk menjadi seseorang professional yang memahami fungsi dari pekerjaannya kelak.3 Manfaat Bagi Mahasiswa 1. 3. 3.4. Mengenal dunia kerja yang sesungguhnya. 1. 1.1 Manfaat Bagi Perusahaan 1.4. Mengetahui jenis-jenis peralatan yang digunakan dalam analisa.4 Manfaat 1. 2.2 Manfaat Bagi Akamigas 1. Sebagai sarana pemantapan keilmuan bagi mahasiswa dengan mempraktekkan di dunia kerja. sehingga dapat beradaptasi dengan cepat saat terjun kedunia industri. 2. Mengetahui dan memahami cara kerja di laboratorium.4. Menciptakan kerja sama yang saling menguntungkan dan bermanfaat antara perusahaan tempat kerja praktek dengan jurusan teknik perminyakan Akamigas Balongan. Perusahaan mendapatkan alternatif calon karyawan pada spesialisasi yang ada pada perusahaan tersebut.

5 Waktu dan Tempat Pelaksanaan Rencana Tugas Akhir yang akan diajukan oleh pemohon terhitung mulai tanggal 31 Maret sampai dengan tanggal 31 Mei 2014 yang bertempat di PPPTMG LEMIGAS.4 4. . Adapun waktu pelaksanaan yang lebih spesifik disesuaikan oleh pihak perusahaan. 1. Dapat mengaplikasikan keilmuan mengenai teknik perminyakan yang diperoleh dibangku kuliah dalam praktek dan kondisi kerja yang sebenarnya.