You are on page 1of 4

Bab I Kerangka Tubuh Manusia

dan Fungsinya

Rangka memiliki fungsi yang sangat penting dalam tubuh kita, yaitu:
1. Penegak dan pemberi bentuk tubuh.
2. Melindungi bagian-bagian tubuh yang lunak seperti otak, paru-paru, dan
jantung.
3. Tempat melekatnya otot-otot dan jaringan.
4. Sebagai tempat pembentukan sel-sel darah.
5.Sebagai alat gerak pasif
B. Bagian-bagian Rangka
Secara garis besar, rangka manusia terbagi menjadi 3 bagian, antara lain :
1) Tulang-tulang rangka kepala
Tulang rangka kepala (tengkorak) berfungsi untuk melindungi organ penting yang ada
di bagian kepala, antara lain otak. Berikut gambarnya :

Sebagian besar pekerjaan dan kegiatan dilakukan oleh lengan dan tungkai. tulang-tulang telapak kaki. tulang kering. tulang telapak tangan. Hubungan Antartulang Antartulang dalam tubuh kita saling berhubungan. Tulang tungkai terdiri atas tulang paha. C. dan tulang jari-jari tangan. Tulang rangka anggota gerak Tulang rangka anggota gerak terdiri atas lengan (tangan) dan tungkai (kaki). tulang pergelangan tangan. juga berfungsi sebagai penopang anggota tubuh bagian atas.2) Tulang-tulang rangka badan Tulang rangka badan terdiri atas: a) Tulang leher Berfungsi untuk menopang kepala agar dapat berdiri tegak serta dapat menganggukan kepala. menoleh ke samping. seperti jantung dan paru-paru.Hubungan antartulang terbentuk apabila beberapa tulang bertemu pada ujung-ujungnya. Adapun paru-paru berfungsi untuk bernapas. Selain itu. tulang betis. d) Tulang panggul Tulang panggul berfungsi sebagai penyambung antara tubuh bagian atas dan tubuh bagian 3). tulang pergelangan kaki. b) Tulang dada dan tulang rusuk Tulang dada dan tulang rusuk berfungsi untuk melindungi organ-organ yang ada di bagian dada. kerongkongan dan pita suara. dan dapat diputar. dan tulang jari-jari kaki. Tulang lengan terdiri atas tulang pangkal lengan. c) Tulang punggung Tulang punggung berfungsi untuk melindungi sum-sum tulang belakang yang mengandung banyak sel-sel saraf dan terhubung langsung ke otak dan seluruh tubuh. Jantung berperan dalam memompa darah ke seluruh tubuh. tulang pengumpil. Hubungan antartulang ini disebut juga . tulang hasta. Selain itu juga berfungsi untuk melindungi tenggorokan karena terdapat saluran untuk bernafas. tulang tempurung lutut.

yaitu tulang belakang bengkok ke belakang. yaitu: 1. Lordosis. akan mengakibatkan kelainan pada pertumbuhan dan perkembangan tulang rangka. Fungsi Rangka Rangka memiliki fungsi yang sangat penting dalam tubuh kita. Sendi Pelana. dan Sendi Geser. Melindungi bagian-bagian tubuh yang lunak seperti otak. c. Pemeliharaan Rangka Tulang belakang yang ada pada tubuhmu mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Sebagai alat gerak pasif E. 2. Penegak dan pemberi bentuk tubuh. yaitu tulang belakang bengkok ke depan. . 3. Sebagai tempat pembentukan sel-sel darah.persendian. Sendi Putar. D. Sendi Peluru. 5. dan jantung. Contoh beberapa sendi yang terdapat pada tubuh manusia adalah Sendi Engsel. Tempat melekatnya otot-otot dan jaringan.  Cara memelihara kesehatan tulang : – Biasakanlah duduk tegak di atas kursi dengan punggung menyandar agar tulang-tulang punggung kita tidak bengkok. 4. Skoliosis. Apabila rangka tidak dipelihara. Kifosis. b. tulang belakang bengkok ke samping. paru-paru. a. Berikut ini adalah contoh kelainan pada tulang.

– Lakukanlah olahraga secara teratur untuk menguatkan tulang.– Bila harus membawa beban di salah satu bahu misalnya tas. . bawalah secara bergantian antara kiri dan kanan. – Biasakan memakan makanan bergizi yang banyak mengandung vitamin D dan minum susu.