You are on page 1of 26

 9 WEEKS BASIC ‐ THE ART OF INVESTMENT AND TRADING Week 01 ‐ Part 03 

 

Buy/Long Put
Put option memberikan hak kepada pemegang option untuk menjual saham pada harga yang
telah disepakati untuk jangka waktu yang telah ditentukan.

$30
$25 
BUYER 

SELLER

Premi = $1
$15

Stock
Return

Options

40%

900%

Risk

-5

-1

Cost

$2,500

$100

1x

25x

Leverage

Penjelasan dari ilustrasi diatas:
Mr. A membeli mobil baru seharga $25, dan seperti kebiasaan orang yang beli mobil baru, dia
mengasuransikan mobilnya ke perusahaan asuransi B. Namun dengan membeli asuransi maka A
harus membayar premi asuransi. Misalkan perjanjian asuransi mobil sebagai berikut: A
mengasuransikan mobil senilai harga belinya $25 untuk setahun kedepan, premi asuransi yang
harus dibayar adalah $1.
A memiliki HAK JUAL sedangkan perusahaan asuransi B memiliki KEWAJIBAN BELI bila
sewaktu-waktu A mengklaim asuransinya.
Ada dua skenario:
Sigma Σ Capital Group | © 2007, basicinvestor‐club.com 

 9 WEEKS BASIC ‐ THE ART OF INVESTMENT AND TRADING Week 01 ‐ Part 03 
 

1. Terjadi kecelakaan cukup parah yang menyebabkan harga jual dari mobil tersebut turun
ke $15, terjadi penurunan nilai sebesar $10 dari harga belinya. A bersyukur sekali karena
dia telah mengasuransikan mobilnya, dan memang benar perusahaan asuransi B
mengganti kerugian akibat kerusakan tersebut, karena pada dasarnya asuransi B
mempunyai kewajiban membeli mobil tersebut di harga yang telah disetujui sebelumnya
($25). Bayangkan apabila A mengasuransikan mobil barunya, kerugian karena kerusakan
tersebut harus ditanggung oleh A sendiri.
2. Di negara tempat A tinggal terjadi inflasi secara besar-besaran sehingga harga mobil naik
menjadi $30. Karena asuransi hanya memberikan perlindungan pada nilai yang menurun
saja maka kenaikan ini tidak akan berdampak apa-apa, kemungkinan terburuk yang
mungkin terjadi adalah bila selama jangka waktu asuransi tidak terjadi apa-apa maka
premi asuransi yang dibayarkan akan dianggap hangus. Jadi kerugian maksimal adalah
sebesar premi asuransi yang dibayarkan ($1).

LIMITED PROFIT, LIMITED RISK

Kapan digunakan?
Strategi ini digunakan ketika kita mengharapkan terjadi kejatuhan harga. Strategi ini
menawarkan potensi keuntungan terbatas, sebatas penurunan harga underlying asset. Risiko
sebesar premi options yang dibayarkan.

Keuntungan dari implementasi strategi
Dengan menggunakan modal yang lebih kecil Anda bisa mendapatkan keuntungan yang sama
besar ketika harga turun, yang pada akhirnya akan meningkatkan persentase keuntungan
investasi Anda.

Contoh transaksi buy put:
Misalkan Intel Corp saat ini di harga $26.62 dan strike price put 27 untuk expiry date 3 bulan
kedepan yaitu bulan Oktober seharga $2.00
Sigma Σ Capital Group | © 2007, basicinvestor‐club.com 

com  3  . Cara menghitung BEP: strike price put ($27) dikurangi dengan premi put yg dibayarkan ($2).00 x 100 = $200) Maximum Risk: $200 (2. basicinvestor‐club. Untuk keluar dari strategi long put kita memiliki pilihan yang sama seperti long call (biarkan expire.00 = $25) Margin: None Sigma Σ Capital Group | © 2007.00 INTC @ 26. Put Risk Graph ‐‐ Intel  LONG PUT EXAMPLE Long 1 OCT INTC 27 Put @ 2. hal ini menunjukkan keuntungan bertambah ketika harga saham turun.00 x 100 = $200) Maximum Profit: Terbatas. Artinya transaksi ini akan mulai untung ketika eBay turun melebihi $25. karena maksimal saham turun hingga menjadi nol Breakeven: $25 ($27 – $2. 9 WEEKS BASIC ‐ THE ART OF INVESTMENT AND TRADING Week 01 ‐ Part 03    Grafik risk-reward untuk transaksi long put dari kanan kearah kiri atas. Risiko dari strategi long put ini terbatas pada jumlah premi put yang dibayarkan ditambah komisi. offset position). exercise options. Untuk contoh ini BEP adalah $25 ($27 $2 = $25).62 Net Debit: $2 or $200 ($2.

com  4  . basicinvestor‐club.put premium Margin = None Sigma Σ Capital Group | © 2007. 9 WEEKS BASIC ‐ THE ART OF INVESTMENT AND TRADING Week 01 ‐ Part 03    LONG PUT STRATEGY REVIEW Strategy = Buy a put option Market Opportunity = Cari pasar yang sedang bearish dimana diharapkan akan turun melampaui BEP Maximum Risk = Terbatas sebesar premi put yang dibayarkan Maximum Profit = Terbatas hingga saham turun menjadi nol Breakeven = Put strike price .

com  5  . 9 WEEKS BASIC ‐ THE ART OF INVESTMENT AND TRADING Week 01 ‐ Part 03    Step by step cara input order Buy Put di virtual trade Options Express Isi symbol perusahaan yang ingin anda beli option Lalu pilih Find Chain Akan muncul window baru Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika hendak membeli option (di kotak merah) 1. Strike Price : pilih yang paling mendekati harga stock sekarang Sigma Σ Capital Group | © 2007. basicinvestor‐club. Expiration Months : pilih yang cukup panjang 2. Harga stock yang sedang berjalan 3.

00 Pada bagian Option Symbol akan otomatis diisi oleh software Action pilih Buy To Open Quantity isi 1 (1 kontrak option mewakili 100 lembar saham) Sigma Σ Capital Group | © 2007. basicinvestor‐club. berarti anda akan memilih nilai option 1.com  6  . 9 WEEKS BASIC ‐ THE ART OF INVESTMENT AND TRADING Week 01 ‐ Part 03    4.43 pada kolom Puts pada baris strike price 8. Bila anda ingin membeli put maka pilih Ask pada kolom Puts pada strike yang paling mendekati harga stock Pada simulasi dibawah ini.

 basicinvestor‐club.com  7  . pada Price pilih Limit dan isi dengan nilai yang lebih rendah daripada harga yang ada di pasar Duration Good Until Cancelled Advanced Orders pilih One Triggers Other : Option Preview Order Masuk ke 2nd order Sigma Σ Capital Group | © 2007. 9 WEEKS BASIC ‐ THE ART OF INVESTMENT AND TRADING Week 01 ‐ Part 03    Beli dengan menawar.

 9 WEEKS BASIC ‐ THE ART OF INVESTMENT AND TRADING Week 01 ‐ Part 03    Pastikan Option Symbol sama persis dengan Primary Order Action pilih Sell To Close (1st order: Buy To Open. 2nd order: Sell To Close) Quantity isi 1 Di bagian Price pilih Stop Limit (Stop Loss dan Limit Profit) Di bagian Limit isi dengan nilai yang lebih tinggi dari harga tawaran anda di 1st order Di bagian Stop isi dengan nilai yang lebih rendah dari harga tawaran anda di 1st order Pilih Preview Order Sigma Σ Capital Group | © 2007. basicinvestor‐club.com  8  .

 basicinvestor‐club. pilih Place Order Sigma Σ Capital Group | © 2007.com  9  . 9 WEEKS BASIC ‐ THE ART OF INVESTMENT AND TRADING Week 01 ‐ Part 03    Setelah anda pilih Preview Order akan muncul window One Triggers Other Order Preview Bila telah yakin order benar.

com  10  . basicinvestor‐club. pilih Check Order Status Sigma Σ Capital Group | © 2007. 9 WEEKS BASIC ‐ THE ART OF INVESTMENT AND TRADING Week 01 ‐ Part 03    Untuk melihat order yang telah anda input.

 basicinvestor‐club. 9 WEEKS BASIC ‐ THE ART OF INVESTMENT AND TRADING Week 01 ‐ Part 03    Yang di dalam kotak merah adalah order yang baru saja anda input Sigma Σ Capital Group | © 2007.com  11  .

namun jika dihitung secara persentase maka akan jauh lebih besar persentase keuntungan dengan menggunakan options. basicinvestor‐club. jelas modal yang digunakan untuk investasi menjadi jauh lebih kecil. Leverage lebih besar Berhubungan langsung dengan cost investment yang lebih kecil. Risk lebih kecil 4. maka kerugian maksimal yang mungkin terjadi adalah apabila harga underlying asset tersebut turun menjadi nol. dengan modal $25 kita dapat melakukan 25 kali kontrak options seharga $1. Namun bila kita beli options. Risk lebih kecil Bila kita beli underlying asset. maksimum kerugian yang mungkin terjadi hanyalah sebatas premi options yang dibayarkan. tingkat leverage yang kita dapatkan adalah 25x. investor hanya membayar $1 untuk mengendalikan asset seharga $25.com  12  . Leverage lebih besar Cost lebih kecil Dengan menggunakan options. Dengan demikian dengan menggunakan options investor mendapatkan leverage 1:25 Sigma Σ Capital Group | © 2007. 9 WEEKS BASIC ‐ THE ART OF INVESTMENT AND TRADING Week 01 ‐ Part 03    STOCK vs OPTIONS Dari contoh baik buy call maupun buy put dapat kita simpulkan beberapa kelebihan options apabila dibandingkan dengan saham: 1. Bila kita kembali ke perumpamaan mengenai buy call dimana buy options call disamakan dengan membeli kontrak DP. Kembali kepada perumpamaan buy call. Cost lebih kecil 2. Return lebih besar 3. sedangkan jika beli underlying asset atau saham yang seharga $25 maka kita hanya mungkin beli 1 kontrak saham. maka leverage yang kita dapatkan juga lebih besar. Return lebih besar Walaupun secara nominal keuntungan dari options lebih kecil daripada bila kita beli underlying asset.

Buy stock 2. 9 WEEKS BASIC ‐ THE ART OF INVESTMENT AND TRADING Week 01 ‐ Part 03    Setelah kita mengetahui dasar options. Protective Put Risk Graph  Sigma Σ Capital Group | © 2007. dan buy put berfungsi sebagai asuransi apabila terjadi penurunan harga pada saham yang kita beli. Buy put Dalam strategi protective put ini. Maksudnya adalah supaya perlindungan buy put lebih bagus. tahukah Anda bahwa kita dapat mengasuransikan saham yang kita miliki? Jika rumah atau mobil saja kita asuransikan. Sama seperti ketika kita membeli asuransi untuk rumah atau mobil kita. dimana didalamnya terdapat kombinasi buy stock dan buy put.com  13  . basicinvestor‐club. Jadi mesti dilihat dahulu apakah antara harga stock dan strike price buy put berdekatan atau tidak. Strategi ini dinamakan protective put. demikian juga fungsi buy put dalam konteks ini. usahakan buy stock ketika harga stock berada di dekat strike price. maka dari itu berikut ini akan kita akan lihat penggunaan options sebagai salah satu bentuk asuransi dalam investasi di pasar modal. Kondisi paling ideal terjadi apabila harga stock tepat berada di strike price. Dengan demikian maka perlindungan yang diberikan dari asuransi (buy put) akan sempurna. mengapa saham yang menjadi paper asset tidak kita asuransikan? Nah. Buy stock disini adalah investasi jangka panjang kita. PROTECTIVE PUT 1.

dan ia ingin melindungi unrealized profit tersebut. tetapi merasa kuatir dengan risiko yang mungkin terjadi sehingga menginginkan perlindungan terhadap sahamnya.2 + $2.770  Harga saham + premi put ‐ strike put  $35.2 Buy 1 Maret 2007 PUT strike 35 @ 2. strategi ini bisa juga digunakan ketika seseorang bahkan belum membeli saham.com  14  .5 = $37. supaya perlindungan yang diberikan lebih baik). Karena dia memiliki hak untuk menjual pada tingkat harga yang telah disetujui sebelumnya (maka dari itu disarankan strike price = harga saham.2 pada Februari 2007 Buy 100 saham XYZ di $35. Dalam kondisi seperti ini biasanya investor tersebut telah mempunyai unrealized profit.7  Total = $270  Unlimited  Harga saham + premi put  $35. basicinvestor‐club. Contoh protective put: Harga saham XYZ di $35.5 = $37.2 + $2. 9 WEEKS BASIC ‐ THE ART OF INVESTMENT AND TRADING Week 01 ‐ Part 03    Kapan digunakan? Strategi ini bisa digunakan dalam 2 kondisi: pertama adalah ketika seseorang telah membeli saham sebelumnya. Keuntungan dari implementasi strategi Dengan menerapkan protective put maka investor dihindarkan dari risiko penurunan harga saham. Dengan demikian ia bisa buy put untuk menjaga risiko penurunan harga saham. Untuk kondisi yang kedua ini bisa disamakan dengan ilustrasi beli asuransi bersamaan dengan beli mobil.5 Net Debit        Maximum Risk        Maximum Reward  BEP     Harga saham + premi put  $35.2 + $2.5 ‐ $35 = $2. Kondisi kedua.7  Sigma Σ Capital Group | © 2007.7  Total = $3. sehingga implementasi dari protective put ini dilakukan sekaligus (buy stock + buy put).

 9 WEEKS BASIC ‐ THE ART OF INVESTMENT AND TRADING Week 01 ‐ Part 03    Step by step input order Protective Put di virtual trade Options Express Isi Stock Symbol dengan stock yang diinginkan Action pilih Buy Quantity isi 100 Bila ingin beli dengan menawar. di Price pilih Limit Duration Good Until Cancelled Advanced Orders pilih One Triggers Other (OTO) : Option Lalu Preview Order Sigma Σ Capital Group | © 2007.com  15  . basicinvestor‐club.

 basicinvestor‐club. 9 WEEKS BASIC ‐ THE ART OF INVESTMENT AND TRADING Week 01 ‐ Part 03    Sigma Σ Capital Group | © 2007.com  16  .

com  17  . 9 WEEKS BASIC ‐ THE ART OF INVESTMENT AND TRADING Week 01 ‐ Part 03    Masuk 2nd order Isi symbol perusahaan yang ingin anda beli put option Lalu pilih Find Chain Sigma Σ Capital Group | © 2007. basicinvestor‐club.

Harga stock yang sedang berjalan 3. basicinvestor‐club.00 Sigma Σ Capital Group | © 2007. Bila anda ingin membeli put maka pilih Ask pada kolom Puts pada strike yang paling mendekati harga stock Pada simulasi dibawah ini. Strike Price : pilih yang paling mendekati harga stock sekarang 4. Expiration Months : pilih yang cukup panjang 2. berarti anda akan memilih nilai option 2. 9 WEEKS BASIC ‐ THE ART OF INVESTMENT AND TRADING Week 01 ‐ Part 03    Akan muncul window baru Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika hendak membeli option (di kotak merah) 1.7 pada kolom Puts pada baris strike price 35.com  18  .

 basicinvestor‐club. 9 WEEKS BASIC ‐ THE ART OF INVESTMENT AND TRADING Week 01 ‐ Part 03    Sigma Σ Capital Group | © 2007.com  19  .

 9 WEEKS BASIC ‐ THE ART OF INVESTMENT AND TRADING Week 01 ‐ Part 03    Pada bagian Option Symbol akan otomatis diisi oleh software Action pilih Buy To Open Quantity isi 1 (1 kontrak option mewakili 100 lembar saham) Beli pada harga pasar.com  20  . pada Price pilih Market Preview Order Sigma Σ Capital Group | © 2007. basicinvestor‐club.

 basicinvestor‐club.com  21  . pilih Place Order Sigma Σ Capital Group | © 2007. 9 WEEKS BASIC ‐ THE ART OF INVESTMENT AND TRADING Week 01 ‐ Part 03    Setelah anda pilih Preview Order akan muncul window One Triggers Other Order Preview Bila telah yakin order benar.

 basicinvestor‐club.com  22  . 9 WEEKS BASIC ‐ THE ART OF INVESTMENT AND TRADING Week 01 ‐ Part 03    Untuk melihat order yang telah anda input. pilih Check Order Status Sigma Σ Capital Group | © 2007.

 basicinvestor‐club. 9 WEEKS BASIC ‐ THE ART OF INVESTMENT AND TRADING Week 01 ‐ Part 03    Yang di dalam kotak merah adalah order yang baru saja anda input Sigma Σ Capital Group | © 2007.com  23  .

Put options untung +$5 BEP  4.2 ii. Put options untung +$5 Rugi $0. Put options rugi -$2. 1. 9 WEEKS BASIC ‐ THE ART OF INVESTMENT AND TRADING Week 01 ‐ Part 03    Sekarang kita buat scenario lebih lanjut: Anggap tiap bulan kita mengasuransikan saham kita dengan buy/long put.5 (premi) BEP  3.5 i. premi dianggap konstan sebesar $2. Bulan 3 harga XYZ turun ke $27.5 i.5 ii. Bulan 1 harga XYZ turun ke $30 i.5.2  2.5  Sigma Σ Capital Group | © 2007. kita telah beli saham dan put options. Saham rugi -$5 ii. Bulan 2 harga XYZ naik ke $32. Saham rugi -$5. Saham untung +$10 Laba $7. Saham untung +$2.2. Bulan 4 harga XYZ naik ke $37. Saham XYZ di $35.5 i.com  24  . basicinvestor‐club.

masih banyak strategi-strategi lainnya yang sangat luar biasa. Bulan 4 harga XYZ naik ke $37. anda pasti akan lebih mudah memahami segala hal baru dari panduan langsung trainer atau Sigma Σ Capital Group | © 2007. Put options untung +$5 BEP  TOTAL = Laba= $7. basicinvestor‐club. yang akan menjadi dasar bagi materi-materi yang berikutnya.5 Saham rugi -$5 4. Pastikan anda hadir pada workshop dan training full day. 9 WEEKS BASIC ‐ THE ART OF INVESTMENT AND TRADING Week 01 ‐ Part 03    ii. Bahkan ketika Anda sedang merugi di saham.5 Saham untung +$2. Put options rugi -$2. Bulan 3 harga XYZ turun ke $27.3  Bandingkan bila kita tidak melindungi saham kita dengan put options: 1.2 2.5 5. Bulan 1 harga XYZ turun ke $30 Saham rugi -$5. mana yang Anda pilih? Beli saham saja atau menggunakan strategi Protective Put? Ini baru satu jenis strategi yang menggabungkan antara saham dan options.5 Saham rugi -$5 TOTAL = Rugi ‐$2.5 i. Kuasailah materi minggu ini. Saham rugi -$5 ii. Bulan 5 harga XYZ turun ke $32. bisa diperbaiki dengan menggunakan options.7  Dengan demikian. Bulan 5 harga XYZ turun ke $32. Bacalah kembali secara perlahan-lahan.5 3. Bulan 2 harga XYZ naik ke $32. dan masih banyak lagi kegunaan options yang lainnya.5 Saham untung +$10 5.com  25  .

 basicinvestor‐club. Sampai jumpa minggu depan!     Sigma Σ Capital Group | © 2007. Tapi pelajarilah dahulu materi minggu ini berulang-ulang untuk memberikan dasar yang kuat untuk pemahaman strategi yang advance. yaitu bagaimana mendaptkan passive income dari saham anda.com  26  . Bagaimana mendapatkan saham-saham gratis. Minggu depan kita akan mulai masuk ke topic yang lebih hebat. Bagaimana me”rental”kan saham anda seperti pada property. 9 WEEKS BASIC ‐ THE ART OF INVESTMENT AND TRADING Week 01 ‐ Part 03    mentor.