You are on page 1of 9

BAB 1

PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Indonesia merupakan negara demokrasi, oleh karena itu selalu diadakan Pemilu
untuk memilih wakil-wakil rakyat atau memilih pimpinan eksekutif yang dilakukan
secara periodik, yaitu lima tahun sekali. Namun tidak serta merta Pemilu yang
dilakukan selama lima tahun sekali tersebut dapat bebas dari tindakan-tindakan yang
melanggar undang-undang atau kecurangan. Salah saru kecurangan yang sering
dilakukan oleh peserta pemilu adalah Politik Uang atau Money Politic. Tindak
kecurangan ini selalu ada dalam setiap pemilu, dan lebih parah lagi tindakan ini
justru dilakukan oleh orang-orang yang seharusnya menjadi tauladan bagi generasi
muda. Hal ini terlihat bahwa meskipun Indonesia termasuk negara yang menganut
demokrasi, tapi disini masih sering terdapat penyalahgunaan terhadap demokrasi itu
sendiri. Hal ini dibuktikan bahwa seringnya terjadi money politik dalam berbagai
pemilu, mulai dari pemilihan kepala desa hingga pemilihan presiden. Cara dari
pelanggaran ini bermacam-macam, ada yang memberikan uang secara langsung
melaui tim sukses, ada yang dijanjikan dana jika nanti terpilih, bahkan ada yang
melakukan money politik dengan atas nama memberikan sumbangan. Melihat fakta
yang ada bahwa money politic memang sering dilakukan pada setiap pemilu, hal ini
menunjukkan bahwa seakan-akan money politic menjadi syarat bagi peserta pemilu
untuk mencoba memenangkan pemilu yang berlangsung. Hal ini sangat memberikan
dampak yang berbahaya bagi masyarakat maupun negara.
Dalam masa sekarang praktik money politik sepertinya memang menjadi budaya
pada saat pemilu, hal ini biasanya dilakukan oleh peserta pemilu yang memiliki
modal banyak. Dengan modal yang banyak tersebut, mereka berharap money politic
dapat

meningkatkan suara

mereka

dalam pemilu hingga

mereka

dapat

memenangkan pemilu. Sedangkan bagi peserta pemilu yang memiliki modal rendah
maka sulit untuk memperoleh suara yang cukup untuk memenangkan pemilu.
Dalam menanggapi money politik, ada berbagai macam tanggapan dari masyarakat.
Ada yang langsung menerima uang dari tim sukses peserta pemilu, namun ada juga
masyarakat yang lebih cerdas dengan menolak uang pemberian dari tim sukses.
Pada dasarnya, masyarakat yang cerdas tidak akan tertipu oleh uang yang diberikan

Selain itu money politik juga bertentangan dengan sila keempat dimana rakyat seharusnya dapat menyalurkan kedaulatannya melalui pemilu. Apakah dampak Money Politic itu sendiri? 1.3 Tujuan dan Manfaat Tujuan Penulis Tujuan penulis menulis makalah ini adalah untuk memenuhi Tugas mata kuliah Institut Teknologi Sepuluh Nopember. BAB 2 . Alasan mengapa Money Politic dilakukan? 3. Hal ini bertentangan dengan butir-butir yang ada dalam sila pertama mengenai ketaatan terhadap Tuhan. Dalam kaitnnya dengan dasar negara kita yaitu Pancasila. jelas sekali money politic merupakan tindakan yang curang guna mencapai suatu tujuan. namun karena money politik maka hak rakyat untuk memilih orang-orang yang benar menjadi sirna. Masyarakat yang cerdas telah mampu berfikir jangka panjang dalam mengawal demokrasi.2 Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang di atas. Apa yang dimaksud Money Politic? 2. praktik money politik ini sangant menyimpang. penulis juga memiliki tujuan lain yaitu agar makalah ini menjadi referensi khususnya bagi mahasiwa dan umumnya bagi masyarakat. Bagaimana masyarakat menghadapi Money Politic? 5. 1.oleh tim sukses tersebut. Bagaimana hubungan antara kaidah Pancasila dengan money politik? 4. agar kita bisa lebih bijaksana dalam menjalankan Demokrasi di Indonesia dan dapat mengurangi serta mencegah praktek money politic. dapat dirumuskan bahwa makalah ini mempunyai rumusan masalah seperti berikut: 1. mereka berfikir bahwa peserta yang pada praktiknya melakukan money politik kelak terpilih menjadi pejabat dan memengangkan pemilu justru akan melakukan tindakan yang merugikan negara untuk mengganti modal mereka yang hilang selama masa kampanye tersebut.

agar dapat terpilih dan menduduki posisi jabatan yang diinginkan. definisi money politic sangat jelas. Menurut pakar hukum Tata Negara Universitas Indonesia. yakni mempengaruhi massa pemilu dengan imbalan materi. membagibagikan jam tangan dengan merek-merek calon. Seperti yang telah dikutip diatas dan menurut pendapat para ahli bahwa Money Politic adalah salah satu tindakan penyuapan berupa uang atau barang yang ditukar dengan posisi atau jabatan yang bertujuan untuk memperoleh suara dari para pemilih yaitu masyarakat yang mengikuti Pemilu . kiai. Ada yang mengartikan money politic sebagai tindakan jual beli suara pada sebuah proses politik dan kekuasaan.Pembahasan 2. pengobatan massal. dilakukan dengan sadar dan terencana dengan baik. memberikan door prize atau hadiah yang diundi ketika kampanye berjalan. mengatakan bahwa TII melakukan berbagai macam pencarian data di 53 kabupaten di sekitar 20 provinsi. arti suap dalam KBBI adalah uang sogok. Money politic dapat dilakukan oleh Individu atau kelompok baik partai atau independent dengan memiliki berbagai maksud dan tujuan. pembagian sembako. pembagian makanan.1 Pengertian Money Politic Money politic dalam Bahasa Indonesia adalah suap. menjanjikan bantuan atau memberi bantuan kepada kelompok tertentu seperti tokoh masyarakat. Selain itu lembaga survei Indonesia Indicator (I2) menganalisa pemberitaan pelanggaran Pemilihan "Bentuk pelanggaran Pemilu terbanyak yang . Anung Karyadi. dijanjikan oleh tim sukses dalam bentuk bantuan uang transpor bagi yang mengikuti kampanye. 2. Semua calon presiden pada intinya melakukan praktek-praktek politik uang. Ada yang langsung membagi-bagikan uang. Secara umum money politic biasa diartikan sebagai upaya untuk mempengaruhi perilaku orang dengan menggunakan imbalan tertentu. Yusril Ihza Mahendra. Direktur Advokasi Transparansi Internasional Indonesia (TII). hingga pemberian beasiswa.2 Contoh Kasus Money Politic Contoh kasus yang nyata adalah tindak money politic yang dilakukan pada saat kampanye Pemilihan Presiden 2014. dan juga pondok pesantren.

pasti terdapat suatu desakan dari sesama anggota partai lainnya yang memaksa seseorang atau kelompok melakukan money politic. namun faktanya masyarakat tersebut . pemilihan ulang (12 persen). hanya dengan uang atau barang yang diberikan yang tidak seberapa nilainya. elektabilitas partainya sendiri dan masih banyak lagi. penggelembungan suara (18 persen). Tetapi masyarakat saat ini sudah mulai pintar. Rustika mengungkapkan I2 menelusuri terdapat 14. mereka hanya menerima uang atau barang tersebut lalu mereka berpura-pura seolah mereka mendukungnya. maka praktek money politic menjadi kegemaaran dan kebiasaan buruk bagi para tokoh politik di negeri ini untuk mendapatkan suara. Karena terlalu banyak masyarakat yang mengharapkan uang atau pemberian ini. alasan lain terjadinya money politic adalah karena adanya sebuah tuntutan dari sesama anggota partai. pelanggaran kode etik dan penghitungan ulang (9 persen)." ujar Rustika. Karena berada dalam partai politik tertentu. oleh karena tingkat keberhasilan yang tinggi dari money politic itu." kata Direktur Komunikasi I2 Rustika Herlambang melalui keterangan tertulis.556 pemberitaan terkait pengamanan pemilu legislatif selama dua bulan terakhir. Masyarakat yang menjadi objek akan diberikan uang atau barang sebagai sogokan agar masyarakat tersebut diharapkan memilih para pelaku money politic dalam pemilu.318 atau 23 persen yang memuat pemberitaan tentang pelanggaran pemilu. dan hal itu bertujuan untuk memperoleh nama baik. Pada saat musim kampanye. Rustika menyebutkan media online yang memberitakan pelanggaran pemilu berkaitan dengan politik uang sekitar 52 persen. 2.3 Alasan Melakukan Money Politic Para calon legislatif yang mempunyai tujuan untuk menempati posisi suatu jabatan yang diinginkan akan melakukan berbagai hal dan cara seperti money politic tanpa memperhatikan dampak yang akan terjadi.disorot media massa yakni politik uang sebanyak 52 persen. "Terdapat sebanyak 3. masyarakat menjadi mudah tergoda terhadap uang sogokan. hal ini mengakibatkan para calon legislative tersebut memanfaatkan kesempatan ini untuk melakukan money politic. Peneliti I2 menganalisa pemberitaan terhadap 292 media online nasional dan daerah sejak 16 Maret hingga 7 Mei 2014 terkait berita soal pelanggaran Pemilu 2014.

hal itu didasarkan pada Pancasila sila ke empat yang berbunyi “Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan”. Maksudnya masyarakat harus berani menolak pada kegiatan yang buruk seperti money politic. karena tindakan ini pada dasarnya menghilangkan hak pilih rakyat.tetap memilih calonnya sesuai dengan hati nurani mereka masing-masing. Masyarakat juga diharapkan untuk menjadi lebih sensitive. Selain itu money politic juga melanggar Pancasila sila pertama. Dalam hal ini money politic tentu saja sangat bertentangan dengan sila ke empat. karena money politic merupakan sebuah pelanggaran. Hal ini diakibatkan banyaknya calon legislative pada saat kampanye memberikan janji – janji manis yang pada akhirnya tidak diwujudkan. Hal ini diibaratkan dengan uang kita dapat mendapatkan semua yang kita inginkan. Ketika kita merasakan sesuatu yang menyimpang pada saat kampanye segera kita melaporkan pada pihak yang berwajib. dalam hal ini orang yang melakukan tindak money politic sama saja melakukan tindak kecurangan yang berarti melanggar norma agama yakni kejujuran. Tapi tentu saja itu bukan jaminan karena hukum kita saat sangatlah lemah dan dapat dibeli dengan uang. 2. hal ini membuat masyarakat menjadi tidak mengetahui atau tidak sadar bila telah menerima sogokan atau uang suap. Tindakan money politic dapat mencederai demokrasi itu sendiri karena mencederai hak rakyat dalam menyalurkan partisipasinya dalam melaksanakan kedaulatan rakyat melalui pemilu. Tindakan money politic ini secara tidak langsung akan mempengaruhi masyarakat dalam menentukan pilihannya sehingga rakyat secara tidak langsung mengabaikan hak pilih mereka. .5 Cara Masyarakat Menghadapi Money Politic Cara masyarakat untuk menghadapi money politic dengan lebih bijaksana dan lebih pintar dalam mengambil keputusan. 2.4 Hubungan Kaidah Pancasila dengan Money Politic Indonesia adalah negara yang menganut demokrasi Pancasila. Selain itu money politik jika dilihat dari hak asasi manusia sangat bertentangan. Sehingga yang terjadi adalah para pengemban kedaulatan rakyat adalah orangorang yang pada dasarnya bukan pilihan dari rakyat. karena money politic ini merupakan sebuah sogokan dan memiliki banyak bentuk.

Masyarakat menjadi lupa akan pentingnya nilai-nilai demokrasi dalam pemilu.6 Dampak Money Politic Money politic pada dasarnya memiliki berbagai dampak yang akibatnya dirasakan oleh peserta pemilu atau calon pejabat dan masyarakat itu sendiri. namun pada akhirnya dia justru kalah dalam pemilu. calon kepala daerah tersebut terlanjur mengeluarkan modal yang begitu besar hingga melakukan hutang demi memenangkan pemilu. Sedangkan dampak yang mengarah pada masyarakat adalah ketergantungan masyarakat terhadap uang yang diberikan calon tersebut. 2. yaitu dampak ketika mereka tidak memenangkan pemilu dan dampak ketika mereka menang. Akhirnya hal ini justru menyeret pada tindak korupsi oleh peserta pemilu yang telah berhasil menduduki jabatannya. dan hal ini justru merugikan negara. Mereka berfikir bahwa selama masa kampanye mereka telah mengeluarkan modal yang banyak sehingga setelah berhasil duduk pada kursi jabatannya. Dampak lain apabila calon pejabat tersebut berhasil memenangkan pemilu dan melenggang duduk pada kursi jabatannya adalah kemungkinan terjadi penyalahgunaan jabatan. Karena para remaja ini sering menjadi incaran para pelaku money politic.Dan diharapkan sering dilakukannya sosialisasi terhadap penjelasan tentang money politic beserta cara mencegahnya kepada masyarakat terutama para remaja yang akan mengikuti pemilu untuk pertama kali. Hal ini sudah pernah terjadi pada calon kepala daerah di sebuah kabupaten di Jawa Timur. . mereka mungkin saja dapat dilanda stress yang berat dan bahkan menjadi gila. Untuk dampak kepada peserta pemilu. Yang pertama dampak apabila seseorang peserta pemilu dalam hal ini calon pejabat yang melakukan tindak money politic apabila pada akhirnya mereka tidak terpilih adalah. mereka berfikir ada istilah “balik modal” untuk mengganti modal yang mereka keluarkan selama kampanye. dalam hal ini dapat dibagi menjadi dua. Masyarakat akhirnya lebih melihat berapa uang yang diberikan kepada mereka daripada visi dan misi yang dimiliki oleh calon tersebut.

1 Kesimpulan .BAB 3 PENUTUP 3.

sebaiknya untuk para calon legislative tidak mengandalkan uang yang mereka miliki tetapi mengandalkan kompetnsi yang dimilikinya dan menepati janji yang mereka berikan saat kampanye agar dapat membuat masyarakat percaya bahwa yang mereka pilih merupakan pemimpin yang tepat. [Online]. Karena hal ini mengakibatkan hal yang baik seperti tidak adanya kerugian materi dan terjadinya demokrasi yang sehat. A. Dalam menyikapi hal ini tentunya masyarakat harus lebih cerdas dan bijaksana. Money Politik di Indonesia. Dan untuk para pemimpin jadilah pemimpin yang bijaksana. . 2010. agar masyarakat tidak menjadi ketergantungan dengan uang tersebut. Karena pada dasarnya masyarakat adalah pemegang kedaulatan rakyat pada negara ini. [Online]. jujur. karena banyak caloncalon yang melakukan tindak kecurangan ini demi memperoleh kursi jabatan.blogspot.html (19 April 2016) Sanjaya. Tersedia:http://njimetamorphose. dengan itu Indonesia akan jauh lebih baik. W. Dalam hal ini money politic memang harus dihindari. Dalam hal ini masyarakat tidak boleh lupa apa dan bagaimana peran mereka dalam pelaksanaan pemilu. 2010. DAFTAR PUSTAKA Pratono. Namun tindakan ini sering ditemukan pada kampanye menjelang pemilu.Praktik money politic pada dasarnya adalah tindakan yang menyimpang dari Pancasila.menepati janji dan menjadi contoh teladan yang baik bagi bangsa dan Negara. Money Politic dalam demokrasi.2 Saran Money Politic merupakan yang melanggar hukum. Masyarakat harus menghindari dari menerima uang sogokan tersebut. 3. karena hal itu membawa dampak yang sangat berbahaya bagi masyarakat dan negara. jangan sampai peran tersebut hilang dengan terpengaruhnya masyarakat oleh money politic tersebut. Pada saat ini money politic seakan-akan menjadi budaya menjelang pemilu. dan yang menjadi sasaran adalah rakyat kecil.com/2010/03/money-politik-diindonesia.

blogspot.html (19 April 2016) .Tersedia:http://adisanjaya24.com/2010/06/money-politic-dalamdemokrasi-suatu.