You are on page 1of 6

BAB I

PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Indonesia adalah Negara yang menganut paham demokrasi, tetapi sering kali terjadi
penyalah gunaan demokrasi itu sendiri, banyaknya penyimpangan-penyimpangan yang
dilakukan. Bahkan penyimpangan tersebut dilakukan oleh pihak-pihak yang seharusnya
menjadi sosok teladan bagi kalangan masyarakat umum, khususnya bagi para pemuda
penerus bangsa. Sosok para pemimpin negri ini seringkali melakukan hal-hal seperti itu,
sudah bukan rahasia lagi jika praktek “Money Politic” banyak terjadi dikalangan para pejabat
dan calon pejabat, mulai dari grativikasi, suap, KKN, dll. Praktek Money Politic biasanya
seringkali dilakukan pada saat PEMILU baik Pilpres, Pilkada sampai Pemilihan Kades.
Contohnya saja saat diadakannya kampanye terbuka, banyak sekali praktek-praktek Money
politic dengan tujuan mencari suara atau dukungan yang banyak dari masyarakat.
Money politic di Indonesia ini seakan menjadi salah satu syarat wajib yang harus
dilakukan oleh setiap para calon pejabat baik pusat maupun daerah, sehingga menjadi budaya
jika ingin menjadi pejabat dan ingin terpilih dengan memiliki suara terbanyak harus
mengeluarkan modal yang sangat banyak, hal ini seringkali menjadikan uang adalah nomor
satu dibandingkan kemampuan dan kompetensi yang harus dimiliki setiap pemimpin yang
ideal, dengan adanya praktek seperti ini seringkali hanya orang-orang yang bermodal
besarlah yang bisa menjadi pemenang padahal dia tidak berkompeten sama sekali, sebaliknya
jika ada seseorang yang memiliki kemampuan tetapi karena dia tidak memiliki modal yang
banyak dia tidak terpilih sama sekali.
Namun masalahnya bukan saja itu, masyarakat yang semakin pintar dan tidak ingin
dibodohi lagi menjadi semakin cerdik dalam menanggapi masalah money politic tersbut,
ketika seorang calon pejabat memberikan uang dan sejenisnya dengan dalih agar dipilih,
masyarakat menerimanya dan pada kenyataannya masyarakat tersebut tetap memilih pilihan
calon pemimpinnya sesuai hati nurani mereka.
1.2 Identifikasi Masalah
Identifikasi masalah kali ini adalah bagaimana respon masyarakat terhadap Money
Politc yang kerap terjadi di Negara Indonesia pada saat Pemilu dimana masyarakat menjadi
subject dan sekaligus object sebagai pelaksana dari Demokrasi yang seharusnya terjadi
dengan baik, berdasarkan asas Pemilu jujur dan adil.

1. Apakah dampak Money Politic itu sendiri? 5.4 Tujuan dan Manfaat Tujuan Penulis Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk memenuhi Tugas mata kuliah Universitas Gunadarma. .5 Kajian Teoritis 1.3 Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang di atas. 1. Bagaimana cara melawan Money Politic ? 1.Sehingga Masyarakat dapat bersikap bijaksana terhadap para pelaku money politic yang sangat menyimpang dan merupakan tindakan yang tercela. dapat dirumuskan bahwa makalah ini mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut: 1. Bagaimana masyarakat menghadapi Money Politic? 4. penulis juga memiliki tujuan lain yaitu agar makalah ini menjadi referensi khususnya bagi mahasiwa dan umumnya bagi masyarakat. Alasan mengapa Money Politic dilakukan? 3. Bahwa penyelenggaraan pemilihan umum yang berkualitas diperlukan sebagai sarana untuk mewujudkan kedaulatan rakyat dalam pemerintahan negara yang demokratis berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 15 tahun 2011 tentang penyelenggara Pemilihan umum: a. hal ini akan berdampak buruk bagi kelangsungan dan kestabilan sistem pemerintahan di Indonesia. Apa yang dimaksud Money Politic? 2. agar kita bisa lebih bijaksana dalam menjalankan Demokrasi di Indonesia.

tindak lanjut secara hukum pun jadi kabur. agar dapat terpilih dan menduduki posisi jabatan yang diinginkan. Menurut pakar hukum Tata Negara Universitas Indonesia.BAB II PEMBAHASAN A. oleh karena itu praktek . dan berbagai cara tanpa memperhatikan baik buruknya suatu dampak yang akan dirasakan. Money politic dapat dilakukan oleh Individu atau kelompok baik partai atau independent dengan memiliki berbagai maksud dan tujuan. Ada yang mengartikan money politic sebagai tindakan jual beli suara pada sebuah proses politik dan kekuasaan. Yusril Ihza Mahendra. definisi money politic sangat jelas. yakni penyuapan. Tapi kalau penyambung adalah figur anonim (merahasiakan diri) sehingga kasusnya sulit dilacak. sebagaimana yang dikutip oleh Indra Ismawan kalau kasus money politic bisa di buktikan. B. karena telah masuk dalam sebuah partai politik tertentu. alas an mereka melakukan hal seperti itu terkadang hanya tuntutan. Yusril mengatakan. yakni mempengaruhi massa pemilu dengan imbalan materi. Pengertian Money Politic Money politic dalam Bahasa Indonesia adalah suap. Suap dalam bahasa arab adalah rishwah atau rushwah. pelakunya dapat dijerat dengan pasal tindak pidana biasa. sehingga mau tidak mau para individu atau kelompok ini melakukan hal seperti itu. dilakukan dengan sadar dan terencana dengan baik. Seperti yang telah dikutip diatas dan menurut pendapat para ahli bahwa Money Politic adalah salah satu tindakan penyuapan berupa uang atau barang yang ditukar dengan posisi atau jabatan yang bertujuan untuk memperoleh suara dari para pemilih yaitu masyarakat yang mengikuti Pemilu . Masyarakat yang menjadi objeknya akan diberikan uang atau barang sebagai sogokan agar masyarakat tersebut diharapkan dapat memilih (vote) dalam pemilu.yang yang berasal dari kata al-risywah yang artinya sebuah tali yang menyambungkan sesuatu ke air. Secara umum money politic biasa diartikan sebagai upaya untuk mempengaruhi perilaku orang dengan menggunakan imbalan tertentu. tujuannya banyak mungkin salah satunya adalah nama baik dan elektabilitas partainya sendiri. Alasan melakukan Money Politic Para elite politik yang memp unyai tujuan dan maksud tertentu agar perolehan suaranya banyak dan dapat menempati posisi suatu jabatan yang diinginkan akan melakukan berbagai hal. arti suap dalam buku kamus besar Bahasa Indonesia adalah uang sogok.

Money Politic atau yang lebih dikenal masyarakat sebagai serangan fajar. sebagai salah satu cara yang cukup efektif dalam mendapatkan banyak suara dalam pemilu.. karena bisa jadi itu hanya jebakan dalam bermain politic. terlebih lagi tidak ada hukuman yang tegas terhadap pelanggaran ini.000. rata-rata masyarakat menjadikannya sebagai mata pencaharian dadakan pada saat musim kampanye. karena beberapa kali Pemilu diselenggarakan ketika seseorang calon pejabat berkampanye dengan janji-janji manisnya dan setelah itu terpilih. Masyarakat yang sering tergoda hanya dengan uang yang rata-rata diberikan sekitar Rp50. karena rata-rata para calon kandidat tersebut ingin menarik simpati masyarakat agar masyarakat tersebut menjadi simpatisannya dalam kampanye. bukan saja hokum yang lemah.Rp100. oleh karena itumasyarakat kini lebih cerdik dengan hanya menerima sogokan lalumereka berpura-pura seolah mereka mendukungnya. berhubungan dengan materi sebagai sogokan ataugratifikasi yang merupakan salah satu pelanggaran yang harus ditangani secara serius. oleh karena itu diharapkan masyarakat harus sangat bijaksana dalam menyikapi money politic tersebut. ternyata mereka semua tidak bisa membuktikan perkataan mereka tersebut. mereka hanya menerima uang atau barang sebagai balas jasa yang diberikan karena telah menjadi pendukung partai politiknya tersebut. karena h ukum itu sendiri bisa dibeli denganuang.money politic masih menjadi kegemaaran bagi para tokoh politik di negri ini. menghindari sesuatu yang buruk lebih baik dibandingkan mendekati bahkan menikmatinya. masyarakat harus lebih pintar dan lebih .bahkan lebih. untuk itu masyarakat harus memiliki prinsip hidup penuh kejujuran dan dengan itu Demokrasi yang bersih akan tercipta. Cara Masyarakat Menghadapi Money Politic Bagaimana cara masyarakat menghadapi praktek Money Politic? Tentu masyarakat harus menyikapinya dengan sangat bi jaksana karena hal ini sangat sensitive. padahal pada kenyataannya masyarakat kini menjadi lebih pintar. C. menjadi begitu biasa ketika semua hal yang seharusnya dilakukan dengan kejujuran. Uang atau materi merupakan hal yang penting. Dalam musim kampanye banyak sekali masyarakat yang men jadi simpatisan bayaran. banyak cara ketika kita ditawarkan sesuatu yang dirasa menyimpang alangkah baiknya kita tidak menerima hal itu. namun faktanya masyarakat tersebut tetap memilih calonnya sesuai dengan hati nurani mereka masing-masing.000. tetapi hal tersebut bisa saja menjadi belati untuk kita sendiri. seolah telah terpatri karena uang seseorang bisa melakukan hal apapun sekalipun itu tidak mungkin terjadi. bak Jamur di musim hujan. maraknya praktek Money Politic ini seakan menjadi s uatuhal yang biasa dan umum dilakukan oleh siapapun.

sepertinya memang karena uang seseorang bisa melakukan apa saja sesuai yang ia kehendaki. sesuai dengan cara pengorbanan mereka pada awal memperolehnya. bukan tidak mungkin generasi mendatang akan melakukan hal yang sama. Biasanya uang yang mereka peruntukan untuk kampanya sangatlah banyak dan cukup membutuhkan pengorbanan luar biasa. Melawan Money Politic Gerakan melawan Money Politic. dan dampak yang ditimbulkan. Jika seseorang melakukan tindak penyimpangan pada awal biasanya mereka akan melakukan hal yang sama. jika menemukan hal seperti itu sebaiknya dilaporkan kepada pihak yang berwenang. bagi sebagian orang hal seperti itu merupakan hal yang biasa. agar si . Menjadi masyarakat yang pintar dan menolak keras terhadap aksi Money politic. bukan tidak mungkin mereka akan menjalankan kewajiban dan wewenangnya dengan tidak baik pula. E. Dampak Money Politic Banyak sekali dampak atau pengaruh yang dirasakan ketika suatu hal negative dilakukan. lihatlah kemampuan dan kompetensi dari si calon kandidat terseb ut karena sanagatlah penting bagi kelangsungan bangsa dan negara Indonesia ini agar bisa lebih baik. hal yang paling inti adalah ketika ketidak jujuran berjalan dan diketahui oleh halayak ramai dan tidak ada sama sekali penindak lanjutan seperti sanksi dan hukum yang ditegakan. D. dan biasanya mereka akan mengganti uang yang mereka korbankan dengan cara-cara yang salah pada saat mereka telah menduduki suatu jabatannya. begitupun tentang bagaimana praktek money politic berjalan. selain pilihan yang tepat ses uai dengan hati nurani. Bukan rahasia umum lagi tentunya. dengan kata lain jika seseorang pemimpin mendapatkan kekuasaannya dengan cara-cara yang tidak baik. padahal mereka mengetahui hal itu salah dan menyimpang. dampak yang dirasakan bukan saja jangka pendek namun jangka panjang. Dampak yang buruk bagi generasi penerus bangsa. jika pemimpinnya saja memberikan contoh tidak baik.bisa berfikir realistis. masyarakat h arus bisa menentukan pilihan yang tepat sesuai hati nurani. jangan mudah percaya akan perkataan yang manis. suatu kecurangan yang dilakukan seseorang dengan disengaja dan dengan kesadaran merupakan termasuk tindakan yang salah dan menyimpang. Memberikan hukuman yang tegas dan layak sebanding dengan tindakan. merupakan salah satu cara untuk mengurangi tindak penyimpangan pada saat kampanya bahkan pemilu.

badan. dengan itu Indonesia akan jauh lebih baik dibandingkan harus berlomba-lomba dengan uang yang banyak hanya demi posisi atau jabatan. KESIMPULAN Praktik Money Politic merupakan tindakan yang salah dan tentunya menyimpang. jadilah pemimpin yang bijaksana dan jujur dan memberikan contoh teladan yang baik bagi bangsa dan Negara. . memberikan efek jera dan sanksi social. SARAN Seperti yang kita ketahui bahwa Money Politic adalah tindakan yang salah dan tentunya menyimpang. sebaiknya untuk para calon pejabat tidak hanya mengandalkan uang saja tetapi kemampuan dan kompetensi yang mereka miliki agar masyarakat percaya dan memilihnya untuk menjadi pemimpinnya tanpa harus banyak berkorban secara materi. lembaga atau parpol dengan berbagai tujuan.pelaku jera. lembaga atau parpol tertentu. salah satunya adalah ingin mendapatkan simpatisan atau pendukung yang banyak untuk memvote menambah suara di Pemilu. agar mereka mendapatkan posisi suatu jabata yang diinginkannya. oleh karea itu diharapkan masyarakat tidak ikut serta bahkan ikut menikmati uang atau barang haram yang diberikan oleh seseorang. B. membuat si pelaku malu dan merasa bersalah karena melakukan hal memalukan seperti itu BAB III PENUTUP A. badan. Money politic merupakan sogokan atau suap yang diberikan seseorang.