You are on page 1of 6

1.

Judul : Kampanye Membangun Hubungan dengan Perbedaan Pendapat
2. Latar Belakang
Dalam kajian komunikasi antar personal, ada yang dinamakan dengan intimate
relationship. Contoh dari intimate relationship ini adalah orang yang berpacaran atau
menjalin hubungan khusus dengan lawan jenis. Dalam proses hubungan tersebut,
pastinya tidak hanya hal-hal baik saja yang muncul namun hak-hak yang buruk atau hal
yang tidak diinginkan pasti juga akan muncul. Penyebab hal yang tidak diinginkan ini
misalnya adalah perbedaan pendapat atau pandangan yang dialami oleh pasangan, sikap
pasangan yang tidak bisa diterima oleh pasangannya, gaya hidup atau lifestyle yang
berbeda, dan masih banyak penyebab lainnya yang bisa membuat berakhirnya suatu
hubungan.

perbedaan pendapat ini yang menyadarkan pasangan tersebut bahwa mereka masih saling membutuhkan dan akhirnya kembali merajut hubungan seperti sedia kala. - melainkan sebaliknya. kita dapat melihat bahwa perbedaan pendapat tidak hanya menimbulkan konflik.com/hubungan/6-faktor-penyebab-putus-hubungan) Namun dalam kenyataannya banyak juga pasangan yang setelah putus kembali merajut hubungannya lagi karena berbagai alasan.com/putus-cinta/balikan-dengan-mantan) Dalam contoh kasus diatas. perbedaan pendapat bisa menjadi suatu yang membuat seseorang dan orang lain untuk saling melengkapi. Tujuan . Banyak survey yang membuktikan bahwa perbedaan pendapat jadi salah satu factor dominan dalam berakhirnya suatu hubungan. 3. namun juga dapat menimbulkan kebersamaan antar manusia. (sumber: http://kelascinta.(sumber: http://neepow. . Tujuan afektif : dalam kampanye ini adalah untuk memberikan kesadaran terhadap masyarakat jika perbedaan pendapat bukan merupakan suatu hal yang buruk jika kita bisa menyikapinya dengan bijak dan saling toleransi. dengan cara toleransi. Perbedaan pendapat bisa menjadi perdamaian apabila seseorang atau masyarakat memiliki sikap toleransi untuk menerima pendapat yang beda dari pendapatnya sendiri. Dalam suatu hubungan. Namun disisi lain.Tujuan kognitif : memberikan pengetahuan kepada masyarakat khususnya sasaran kampanye ini bahwa perbedaan pendapat bukan merupakan suatu akar konflik.

Masyarakat harus menghilangkan mindset jika perbedaan pendapat merupakan penyebab suatu konflik. 5. Dimana dalam paradigm tersebut dijelaskan bahwa pemikiran fungsionalisme berangkat dari sosiologi kemapanan (sosiologi keteraturan). Pesan/informasi/tindakan yang dilakukan Tindakan yang dilakukan adalah kampanye dengan pesan “Bangun Hubungan Dengan Perbedaan. b. dan positivistik. Hubungan paradigm fungsionalisme dengan kampanye ini terletak pada tujuannya. Rasionalitas lebih diutamakan dalam menjelaskan peristiwa atau realitas sosial.- Tujuan behavior : mengubah mindset dan perilaku masyarakat khususnya sasaran kegiatan agar tidak menyikapi perbedaan pendapat dengan konflik. keterpaduan sosial. kesepakatan. Sasaran kegiatan Sasaran kegiatan kampanye ini adalah masyarakat dari berbagai kalangan karena kampanye ini bertujuan untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya toleransi dalam menyikapi perbedaan pendapat agar hal tersebut bisa menjadi sisi positif bagi seseorang. karena pada dasarnya jika kita bisa menyikapinya dengan bijak maka perbedaan pendapat bisa mengkonstruksi hubungan seseorang dengan orang lain. dan hal-hal nyata (empirik). salah satunya dengan cara toleransi maka perbedaan bisa menjadi persatuan. Yang artinya perbedaan untuk persatuan. stabilitas sosial. diharapkan masyarakat atau sasaran kampanye dapat mengingat tujuan dari kampanye ini dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Sasaran utama yang akan mendominasi adalah pelajar. pemuasan kebutuhan. namun disikapi dengan toleransi maka akan menimbulkan mindset bahwa perbedaan adalah sesuatu yang baik. c. 6. Pendekatan yang Digunakan Paradigma yang digunakan dalam kampanye ini adalah paradigm fungsionalisme. 4. mahasiswa dan pekerja. persatuan dapat diciptakan dengan adanya toleransi. Fungsionalis cenderung realis dalam pendekatan. Fungsionalisme berorientasi . kesetiakawanan. ketertiban sosial.” Pesan tersebut akan didukung oleh konten kampanye yang menjelaskan berbagai informasi. Solusi atas permasalahan Setiap orang harus mempunyai sikap toleransi sebagai penyeimbang adanya perbedaan pendapat dengan orang lain. Dengan menggunakan tagline ini. Gagasan yang Disebarluaskan a. Tagline Tagline yang digunakan dalam kampanye ini adalah #DiversityForEmbraces.

Path. Masyarakat harus melihat sisi positif dari sebuah perbedaan. Konten-konten yang akan di upload : 8. dan di tempat yang lainnya. Hal tersebut juga bisa memecahkan masalah dalam hal perbedaan pendapat. 7. dan pekerja yang kegiatan sehari-harinya tidak terlepas dari gadget. dan lain sebagainya. Evaluasi (Indikator Keberhasilan) . Dan juga melalui penyedia layanan chat messenger seperti Official Account di Line. mahasiswa. melainkan sebaliknya. dan berorientasi pada pemecahan masalah.Sasaran mendapatkan pengetahuan bahwa perbedaan pendapat bukan merupakan suatu - akar konflik. artinya berupaya melahirkan pengetahuan yang dapat diterapkan. Strategi komunikasi ini dipakai karena sasaran utama kegiatan kampanye ini pelajar. kampanye ini akan dilakukan melalui sosialisasi langsung ke target sasaran dengan mengadakan seminar. Sasaran sadar jika perbedaan pendapat bukan merupakan suatu hal yang buruk jika kita bisa menyikapinya dengan bijak dan saling toleransi.pragmatis. Strategi Komunikasi Strategi komunikasi yang digunakan adalah kampanye melalui sosial media yang berbasis internet. Selain melalui sosial media dan media poster. . maksudnya jika masyarakat bisa memiliki sikap toleransi dalam perbedaan pendapat maka suatu masalah atau konflik tidak akan terjadi. Kampanye ini akan dilakukan melalui poster yang akan ditempel di maddingmading sekolah. Jadi. misalnya pembuatan poster kampanye untuk di upload di Instagram. kampus.

- Mindset dan perilaku sasaran berubah dengan tidak menyikapi perbedaan pendapat dengan konflik. . namun disikapi dengan toleransi maka akan menimbulkan mindset bahwa perbedaan adalah sesuatu yang baik.

TUGAS ULANGAN TENGAH SEMESTER KOMUNIKASI UNTUK PERUBAHAN SOSIAL TOLERANSI MENYIKAPI PERBEDAAN PENDAPAT “Kampanye Jauhi Rokok. Cerahkan Masa Depanmu” MUHAMMAD LUTHFI RAZAN 14030113140101 / KELAS 09 JUSURAN ILMU KOMUNIKASI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO 2016 .