You are on page 1of 8

Tugas Akhir

BAB III
METODE PENELITIAN

3.1. DIAGRAM ALIR PENELITIAN

Mulai
1.Pengumpulan Data Desain
2.Pengumpulan Data Pembebanan.
3.Perhitungan Ketebalan Plat dan MAWP Head.
4.Perhitungan Ketebalan Plat dan MAWP Cone 1.
5.Perhitungan Ketebalan Plat dan MAWP Shell.
6.Perhitungan Ketebalan Plat dan MAWP Cone 2.
7.Perhitungan Ketebalan Plat dan MAWP Cone 3.
8. Perhitungan Momen Tangki Karena Paiload.
9.Perhitungan Kekuatan Las Head.
10.Perhitungan Kekuatan Las cone 1.
11.Perhitungan Kekuatan Las Shell.
12.Perhitungan Kekuatan Las Cone 2.
13.Perhitungan Kekuatan Las Cone 3.
14.Perhitungann Desain Nozzle M1, M2.
15.Perhitungan Noazzle N6, N7.

16.Pengujian Hidrostatik

Tidak memenuhi syarat
Kriteria

Memenuhi syarat
Kesimpulan dan Saran
sel
Gambar 3.1 Diagram alir Langkah-langkah Perencanaan Las Tangki Curah Lorry
Tipe Kerucut.

Universitas Mercu Buana

http://digilib.mercubuana.ac.id/

37

Bahan a) Material plat SA 36.ac. BAHAN & ALAT 3.Tugas Akhir 3. Data ini digunakan untuk mengetahui berapa safety factor yang terjadi di perencanaan las yang dibuat.2.1.mercubuana. Universitas Mercu Buana http://digilib.id/ 38 . b) Filler las yang digunakan tipe ER 70S. Tabel 3.1 Kekuatan Las Filler E 70s.2.

2. Alat-alat Peralatan pendukung yang diperlukan adalah sebagai berikut : a) Mesin potong plasma.2 Gerinda tangan.id/ 39 . e) Mesin Las GMAW Mesin ini di gunakan untuk menyambung atau mengelas antara potongan – potongan dari bagian tangki sehingga menjadi sebuah tangki utuh.mercubuana. Universitas Mercu Buana http://digilib. b) Mesin Bodem. Adalah semacam mesin tumbuk hidrolik yang fungsinya untuk membentuk plat lembaran menjadi wajan (head) tangki. cone. dan shell.ac. Untuk membentuk plat yang sudah dipotong menjadi cone dan shell dari tangki. d) Mesin gerinda tangan. Mesin ini di gunakan untuk membentuk atau memotong plat sesuai gambar desain tangki. Gambar 3. Digunakan untuk membuat alur las pada setiap sambungan antara head. c) Mesin roll.2.Tugas Akhir 3.

Alat ini berfungsi untuk merekam (mencatat) MAWP sewaktu dilakukan pengujian dengan hydrostatic test secara otomatis.3 MAWP desain tangki.ac. Universitas Mercu Buana http://digilib. g) Recorder. Gambar 3. f) Pompa air.3 Mesin las GMAW.4 Hydrostatic Test Recorder. Alat ini untuk menaikan tekanan airdi dalam tangki sampai tekanan 1.Tugas Akhir Gambar 3.id/ 40 .mercubuana.

id/ 41 . c) Memastikan atau meyakinkan tangki yang mau di tes sudah selesai dari pengerjaan pengelasan dan penggerindaan.1. e) Melakukan priliminary test dengan mengisi air dan menekan dengan pompa sampai tekanan 50 psig selama 1 jam dan di lakukan pemeriksaan ke semua sambungan dan apabila di ketemukan kebocoran pada tutup nozzle dan cacat pada lasan harus di perbaiki terlebih dahulu.3.3 MAWP selama2 jam dan di turunkan tekananya ke tekanan MAWP di tunggu Universitas Mercu Buana http://digilib.Tugas Akhir 3.dan apabila tekanan pada pressure gauge turun harus dilakukan pengetesan ulang. Test pressure chat. Drain valve. f) Melakukan hydrostatic test dengan tekanan MAWP selama 15 menit dan dinaikan tekananya sampai 1. h) Record test pressure chart di lihat atau di baca apabila selama proses pengetesan grafiknya menunjukan tekanan tidak turun dari 1.mercubuana. Vent valve. b) Peralatan hydrostatic test yang harus sudah terkalibrasi sbb: Pressure gauge.ac. Prosedur Uji Hidrostatik Dalam melakukan hydroststic test pada tangki curah harus mengacu pada prosedur sbb: a) Orang yang akan melakuka hydrostatic test harus sudah pernah mengikuti pelatihan dan sudah mempunyai sertifikat dari Migas. Temperatur gauge.3 MAWP selama 2 jam. PROSEDUR 3. g) Melakukan pemeriksaan ke setiap sambungan dan mengontrol pressure gauge memastikan tekananya tidak turun. Pressure Recorder. Pump. d) Memasang semua peralatan test dan menutup semua nozzle menggunakan blind dan plug dan di kencangkan.selama proses pengetesan berlangsung di lakukan pencatatan suhu lingkungan sekitar dan suhu air secara periodic setiap 15 menit.3.

mercubuana. i) Mengosongkan air dari dalam tangki melalui drain valve secara perlahan sampai air dalam tangki habis.Tugas Akhir selama 15 menit dinyatakan kekuatan sambungan las tersebut baik dan aman layak untuk di pergunakan. j) Petugas yang di berikan wewenang melakukan tes harus mencatat hasil selama pengetesan dan harus di approve customer dan Migas.ac.id/ 42 . Universitas Mercu Buana http://digilib.

ac.mercubuana.2 Tabel hasil pemeriksaan hydrostatic test Universitas Mercu Buana http://digilib.id/ 43 .Tugas Akhir 3.

mercubuana.ac.1 Grafik recorder Hasil Hydrostatic test. Universitas Mercu Buana http://digilib.id/ 44 .Tugas Akhir 3.