You are on page 1of 8

TUGAS MATA KULIAH ANTIMONOPOLI

DAN
PERSAINGAN USAHA TIDAK SEHAT
Nama : Retno Wahyuni
NIM

: 14/376208/PHK/08624

1. Pengertian Barang Substitusi
Subsituton Goods (barang pengganti) adalah barang yang dapat menggantikan atau
digantikan oleh barang lain apabila barang penggantinya sulit diperoleh atau harganya
meningkat. Sebagai contoh kopi dan teh. Kopi dan teh adalah barang yang dapat saling
menggantikan fungsinya. Seseorang yang suka meminum teh dapat menerima minuman
kopi apabila teh tidak ada. Sebaliknya seorang peminum kopi tidak akan menolak
meminum teh apabila kopi tidak ada. Harga kopi dapat mempengaruhi permintaan
terhadap teh dan harga teh dapat mempengaruhi terhadap permintaan kopi. Jika harga
kopi turun maka jumlah permintaan teh akan berkurang. Sebaliknya, apabila harga kopi
naik maka permintaan terhadap teh akan meningkat.1
Sesuatu barang dinamakan barang pengganti kepada barang lain apabila ia dapat
menggantikan fungsi barang lain tersebut. Harga barang pengganti dapat mempengaruhi
permintaan barang yang dapat digantikannya. Sekiranya harga barang pengganti
bertambah murah maka barang yang digantikannya akan mengalami pengurangan dalam
permintaan.2
Apabila kedua barang memiliki fungsi yang sama dan dapat saling menggantikan,
maka barang tersebut dikategorikan sebagai barang substitusi. Hubungan antara kedua
barang tersebut bersifat negatif, yaitu: apabila konsumsi barang yang satu meningkat,
maka konsumsi barang lain akan menurun karena sifatnya yang saling menggantikan.
Konsumen mengganti konsumsi barang yang satu dengan barang yang lain karena
berbagai alasan, seperti karena harga yang naik atau kelangkaan barang tersebut. Contoh
barang substitusi adalah minyak tanah dan gas elpiji. Karena harga gas elpiji semakin
meningkat, maka konsumen beralih mengonsumsi minyak tanah.

1 https://chibechan.wordpress.com/2012/10/12/barang-substitusi/ diakses pada Kamis, 10 Nopember
2016 pukul 20.41
2 Ibid.

Barang Substitusi adalah salah satu klasifikasi barang berdasarkan hubungannya dengan barang lain.blogspot.wordpress. Karakteristik Barang Subsitusi Pasal 1 Angka 10 UU No 5/1999 tidak memberikan penjelasan dan tidak ada petunjuk khusus mengenai barang yang sama atau sejenis serta barang substitusi. Contohnya. tetapi konsumen tidak merasakan kepuasan yang sama antara mengonsumsi daging sapi dengan mengonsumsi daging ayam.com/2012/10/15/teori-ekonomi-1/ diakses pada Kamis. maka barang tersebut dikategorikan sebagai substitusi dekat. b. Substitusi jauh Apabila dua barang dapat saling menggantikan hanya dalam kondisi terpaksa saja. Contohnya. konsumsi nasi dengan sagu. 10 Nopember 2016 pukul 20. Konsumen tidak akan menggantikan konsumsi barang tersebut dengan barang lain dalam kondisi normal. Pengertian barang substitusi itu sendiri adalah barang yang dipilih sebagai alternative lain dari barang yang sedang mengalami gejolak perubahan tertentu. Contohnya. tetapi memberikan perbedaan kepuasan bagi konsumen. maka kedua barang tersebut dikategorikan sebagai substitusi jauh.41 4 http://ayuardhita. c. 10 Nopember 2016 pukul 20. gula pasir. Substitusi sempurna Dua barang dikatakan memiliki substitusi sempurna apabila penggunaan barang tersebut dapat digantikan satu sama lainnya tanpa mengurangi kepuasan konsumen dalam menggunakannya.co.3 Barang substitusi dapat dibedakan menjadi tiga kelompok berdasarkan derajat penggantiannya. apakah suatu barang dengan barang yang lain dapat dinyatakan sama atau 3 https://asteriaelanda. gula lokal atau gula impor. yaitu:4 a. Konsumen tidak dapat merasakan perbedaan dalam hal kepuasan dari mengonsumsi gula pasir tersebut.html diakses pada Kamis. Konsumen tidak mempermasalahkan mengenai asal gula pasir tersebut. 2.41 . gula yang diproduksi di Jawa atau luar Jawa. Substitusi dekat Apabila kedua barang dapat saling menggantikan. Untuk dapat menentukan. Walaupun sagu dapat menggantikan fungsi nasi. konsumsi terhadap daging sapi dan daging ayam. Konsumen memperoleh manfaat terpenuhinya kebutuhan protein hewani. tetapi sebagian besar masyarakat Indonesia tidak akan mengonsumsi sagu apabila masih terdapat nasi.id/2012/10/teori-ekonomi-1-barang-substitusi.

Jika konsumen biasanya mengkonsumsi suatu produk tertentu dan konsumen kehabisan barang produk tersebut. Ini disebut juga konsep kebutuhan konsumen. Bentuk lahiriah dan sifat barang tersebut Bentuk dan sifat fisik suatu barang merupakan petunjuk pertama dalam mengidentifikasi apakah suatu produk satu pasar atau satu produk secara obyektif. jika mempunyai fungsi yang sama bagi konsumen. Jika hargabarangtersebut sama atau tidak memilikselisih yang jauh satu sama lain sebagaicontohbarangtersebutmemiliki selisih Rp. Asas Asas Ekonomi Modern. c. konsumen tersebut secara otomatis mau beralih kepada produk yang lain tersebut? Jika iya maka produk tersebut menjadi pengganti suatu produk bagi konsumen terhadap produk yang biasa dikonsumsinya. Oleh karena itu. Fleksibilitas barang tersebut bagi konsumen Suatu produk dapat dikatakan sebagai barang yang sama atau pengganti bagi produk yang lain adalah fleksibilitas kebutuhan barang tersebut bagi konsumen. Fungsi Barang tersebut Apakah suatu barang atau produk dengan barang atau produk yang lain (berbeda) tersebut mempunyai fungsi yang sama bagi konsumen. Harga Harga barang tersebut. maka dapatdisimpulkanbsebagaisatu pasar bersangkutan.5000.100. maka apakah jika konsumen pada saat membutuhkan produk yang biasa dibutuhkan tersebut tidak ada dipasar. b. Albert Meyer.maka dapat dikatakan sebagai satu barang yang sama atau sebagai barang pengganti. Bandung: ALUMNI .dapat dinyatakan menjadi substitusi terhadap barang tertentu. jadi apakah konsumen bersedia beralih otomatis membeli susu kedelai sebagai penggantinya dan apakah kebutuhan konsumen akan susu sapi dapat terpenuhi dengan susu kedelai. d. Namun jika harganya jauhberbeda sebagaicontohmemilikiselisih Rp. Sebagai contoh. dan unsur yang paling penting dalam menentukan apakah suatu produk dengan produk yang lain dinyatakan sama atau dapat sebagai barang pengganti adalah harga. 1972. maka tidak dapat dikatakan sebagai satu barang yang sama atau sebagai barang pengganti. perlu dilihat dari 4 aspek yaitu sebagai berikut ini:5 a. apakah suatu barang tertentu sama dengan barang yang lain atau sejenis atau dapat disebut 5Winardi. Dikatakan obyektif karena produk yang berbeda tersebut dilihat secara fisik apakah bentuk dan sifat barang tersebut sama atau tidak. apakah susu kedelai dapat menjadi barang subsitusi terhadap susu sapi.

3) Pendapatan RT dan pendapatan rata-rata masyarakat.41 8https://id. karena konsumen akan menambah barang yang harganya turun.scribd. dimana perubahaannya dibatasi pada pergerakan sepanjang kurva indiferen mula-mula (penghasilan rill dianggap tetap). 10 Nopember 2016 pukul 20. karena konsumen membeli suatu produk untuk kebutuhannya yang signifikan dalam penilaian konsumen sangat penting karena konsumen membeli suatu produk untuk kebutuhannya. 7) Ramalan keadaan di masa datang. Dengan kata lain.id/2010/09/pengantar-teori-ekonomi-mikro. Harga dan permintaan bahwa makin rendah harga suatu barang maka makin banyak permintaan terhadap barang tersebut.com/doc/193385258/KONSEP-TENTANG-PENAWARAN-DAN-PERMINTAANpdf diakses pada Kamis.blogspot. 4) Corak distribusi pendapatan dalam masyarakat. 6) Jumlah penduduk. Disatu sisi penurunan harga juga akan menyebabkan pendapatn riil konsumen meningkat sehingga akan menambah konsumsi berbagai barang (efek pendapatan).sebagai barang substitusi biasanya dapat dilihat dari aspek kebutuhan konsumen yang diselidiki kasus perkasus.id/2015/05/jelaskan-efek-substitusi-dan-efek. Dalam hal ini aspek penilaian konsumen sangat penting. dan akan mengurangi konsumsi barang yang lain (efek pengganti). Teori Permintaan dan Kurva Permintaan Teori permintaan menjelaskan bahwa bila terjadi penurunan harga akan menambah permintaan.41 . 10 Nopember 2016 pukul 20.co. Sebaliknya makin tinggi harga suatu barang maka makin sedikit permintaan terhadap barang tersebut.41 7http://ekonomikro.8Hukum permintaan adalah semakin rendah tingkat harga suatu barang akan semakin banyak barang tersebut yang diminta dan 6 http://lusianasumpada.6 Beberapa Penentu Permintaan: 1) Harga barang 2) Harga barang lain yang berkaitan erat dengan barang tersebut.html diakses pada Kamis.html diakses pada Kamis.co. efek substitusi adalah terjadinya perubahan jumlah barang yang diminta sebagai akibat perubahan harga. 5) Cita rasa masyarakat.7Kaitannya dengan Barang substitusi dan Teori Permintaan adalah keinginan yang disertai dengan kesediaan serta kemampuan untuk membeli barang yang bersangkutan atau sejumlah barang yang dibeli atau diminta pada suatu harga dalam waktu tertentu. 3. 10 Nopember 2016 pukul 20.blogspot.

2005. Sehingga para pengusaha atau pembuat tempe sementara berhenti untuk tidak memproduksi tempe. sedangkan dari sudut ilmu ekonomi permintaan mempunyai arti apabila didukung oleh daya beli konsumen yang disebut dengan permintaan efektif. Faktor-faktor tersebut adalah harga barang itu sendiri.9 Dari segi ilmu ekonomi pengertian permintaan sedikit berbeda dengan pengertian yang digunakan sehari-hari. Namun. dibutuhkan. Tulisan ini hanya akan melihat hubungan beberapa faktor yang mempengaruhi permintaan. harga barang itu sendiri. harga barang lain atau barang pengganti. Hukum tersebut setara dengan. Mikroekonomi Intermediate(Terj).sebaliknya.10 Dalam analisis ekonomi diasumsikan bahwa permintaan suatu barang sangat dipengaruhi oleh harga dari barang itu sendiri (ceteris paribus). antara lain. Hal ini terjadi karena mereka ingin mendapatkan suatu kepuasan berupa keuntungan yang sebanyak-banyaknya. 9 Sadono Sukirno. jika harga mulai menaik (tinggi) konsumen tidak lagi mementingkan suatu barang tersebut dengan barang yang lebih murah. serta terbatas pada permintaan efektif. 2002. yaitu jumlah absolut barang yang b. Permintaan yang bersifat potensial. Semakin tinggi tingkat harga suatu barang akan semakin sedikit permintaan barang tersebut (ceteris paribus). Jika permintaan hanya didasarkan atas kebutuhan saja dikatakan sebagai permintaan absolut. Rajagrafindo Persada 10 Walter Nicholson. permintaan diartikan secara absolut yaitu menunjukkan jumlah barang yang dibutuhkan. Permintaan pada dasarnnya mempunyai dua pengertian: a. dalam kurun waktu tertentu permintaan terhadap kacang kedelai menurun dikarenakan harga yang semakin meningkat. dan pendapatan masyarakat. penawaran sedikit bila harga turun (hukum penawaran). Jakarta: Erlangga . yaitu jumlah barang yang dibutuhkan konsumen dan didukung oleh kekuatan daya beli. Jakarta: PT. bila harga naik maka penawaran naik. Jika terjadi suatu permintaan yang tak terhingga atau melebihi batas maka hal ini akan menjadikan suatu kondisi berupa kelangkaan barang (kebutuhan/keinginan seseorang atau masyarakat lebih besar daripada tersedianya barang dan jasa tersebut). Permintaan seseorang atau masyarakat terhadap suatu barang ditentukan oleh banyak faktor. Pengantar Teori Ekonomi Mikro. harga barang lain yang mempunyai kaitan erat dengan barang tersebut. Hukum permintaan tersebut memberikan gambaran bahwa konsumen (pembeli) akan berlaku semakin konsumtif terhadap barang maka barang tersebut makin banyak diminta. Menurut pengertian sehari-hari. Bayu Mahendra. Permintaan yang bersifat efektif. Misalnya.

sebagian barang dan jasa merupakan produk yang terdiferensiasi. Faktor penting adalah apakah jumlah konsumen yang pindah tersebut cukup besar untuk mencegah hipotetikal monopolis menetapkan harga di atas level kompetitif. harga barang lain. Mungkin terdapat rantai substitusi di antara produk tersebut. Substitusi tidak harus terhadap produk yang identik sama untuk dimasukkan ke dalam pasar yang sama. cita rasa masyarakat dan jumlah penduduk maka dapat dikatakan bahwa permintaan terhadap suatu barang dipengaruhi oleh banyak variabel. tidak perlu seluruh konsumen atau mayoritas dari konsumen untuk berpindah untuk mensubstitusi produk untuk dapat menyatakan suatu barang bersubstitusi dan berada pada pasar relevan yang sama. . Substitusi dari sisi permintaan (demand-side substitution). Faktanya jika peningkatan harga sebesar 10% akan membawa setidaknya 10-20% konsumen berpindah ke barang substitusi maka keuntungan dari peningkatan harga akan hilang dan tidak menguntungkan bagi perusahaan untuk melakukan peningkatan harga. Oleh sebab itu harga dari produk ini tidak perlu sama. dan lain sebagainya. yaitu pengaruh harga substitusi terhadap barang tersebut. Jika dalam kurva permintaan di atas kita hanya dapat menggambarkan hubungan antara harga dan jumlah barang yang diminta (dalam suatu kurva).pendapatan masyarakat. maka dalam fungsi permintaan kita dapat menggambarkan hubungan antara harga dengan beberapa variabel yang dapat mempengaruhi jumlah barang yang diminta. tanpa menimbulkan biaya untuk membatasi perilaku pemasok produk yang bersangkutan. Sebagai tambahan. Lebih lanjut. Contohnya jika dua produk digunakan untuk tujuan yang sama tetapi satu produk dengan spesifikasi yang berbeda. suatu produk tidak perlu menjadi substitusi langsung untuk dapat dimasukkan ke dalam pasar yang sama. jumlah penduduk. Analisa ini terfokus terhadap substitusi yang ada untuk pembeli dan apakah terdapat pelanggan yang akan berpindah pada saat terjadi peningkatan harga. Perilaku yang biasa disebut dengan marginal consumers yang cenderung akan berpindah akan membuat harga kompetitif bukan hanya untuk diri mereka sendiri tetapi juga untuk 11 Ibid. disebabkan harga barang substitusi lebih mahal dari barang pokok. mungkin dengan kualitas yang lebih tinggi keduanya masih berada pada pasar yang sama selama konsumen lebih memilih produk tersebut karena rasio harga-kualitas yang lebih tinggi. seperti pendapatan konsumen. Hubungan barang substitusi. Dimana jika terjadi kenaikan harga barang pokok maka permintaan terhadap barang substitusi akan naik.11 Fungsi permintaan pada dasarnya menunjukkan hubungan secara matematis antara harga dan jumlah barang yang diminta.

sejalan dengan penurunan harga gas akan membuat sejumlah investasi yang signifikan pada peralatan baru. Jelas bahwa semakin kuat kejadian bahwa konsumen akan berpindah.konsumen yang lain yang tidak dapat berpindah. Jakarta: PT.scribd.41 .html diakses pada Kamis. Bayu Mahendra. Walter. dengan asumsi bahwa pemasok tidak bisa melakukan diskriminasi harga terhadap kelompok konsumen.com/doc/193385258/KONSEP-TENTANG-PENAWARAN-DANPERMINTAAN-pdf diakses pada Kamis.blogspot. akan semakin kecil kemungkinan bahwa suatu produk atau sekumpulan produk berada pada pasarnya sendiri. Pengantar Teori Ekonomi Mikro. Biaya perpindahan bagaimanapun juga akan sangat penting bagi konsumen. 10 Nopember 2016 pukul 20.co. Rajagrafindo Persada INTERNET https://id. Dalam keberadaan biaya perpindahan mungkin terdapat jarak yang cukup jauh antara substitusi permintaan jangka pendek dan jangka panjang. Mikroekonomi Intermediate(Terj). Jakarta: Erlangga Sukirno. 2002.id/2015/05/jelaskan-efek-substitusi-dan-efek. DAFTAR PUSTAKA BUKU Nicholson. 10 Nopember 2016 pukul 20. Contohnya perpindahan dari pemanas listrik ke pemanas gas.41 http://lusianasumpada. 2005. Sadono.

Albert Meyer.http://ekonomikro.41 https://chibechan.id/2012/10/teori-ekonomi-1-barang-substitusi.id/2010/09/pengantar-teori-ekonomi-mikro.html diakses pada Kamis. Asas Asas Ekonomi Modern.co. Bandung: ALUMNI https://asteriaelanda.com/2012/10/15/teori-ekonomi-1/ diakses pada Kamis.com/2012/10/12/barang-substitusi/ diakses pada Kamis.wordpress.co. 10 Nopember 2016 pukul 20.41 Winardi.html diakses pada Kamis. 10 Nopember 2016 pukul 20.41 . 10 Nopember 2016 pukul 20. 1972. 10 Nopember 2016 pukul 20.blogspot.wordpress.41 http://ayuardhita.blogspot.