You are on page 1of 11

SOAL-SOAL DAN JAWABAN SISTEM PENGISIAN

1. Supriadi
a. Berapa jumlah tegangan arus yang dihasilkan alternator?
Jawab:
Tegangan yang dihasilkan alternator adalah 13-14 volt.
b. Dampak pada alternator bila tegangan lebih dan kurang?
Jawab:
Dampak bila teganganyang dihasilkan rendah pada alternator adalah daya yang dihasilkan
kurang, sehingga pekerjaan sistem pengisian tidak berjalan dengan sempurna. Sedangkan bila
tegangan yang dihasilkan terlalu tinggi maka akan terjadinya kerusakan pada baterai
terutama.
2. Mabel Xander N.
Apa yang dilakukan untuk mengecek regulator rectifier pada massa body agar tidak terjadi
masalah?
Jawab:
Cara pertama lihat lampu headlamp raja, jika headlamp saja tidak terang, bisa jadi salah satu
penyebabnya kiprok anda sudah kurang bekerja maksimal ato lemot. Anda bisa mengakalinya
dengan melepas batasan arus di kiprok (kabel putih=charging ACCU) tetapi bohlam
headlamp standar harus diganti dengan yang lebih besar watt-nya agar tetap kuat pada arus
besar pada saat putaran mesin tinggi. Anda juga bisa memasang saklar di stang ato
memodifikasi fungsi saklar standar King di stang anda agar mudah untuk memutus & dan
menyabung (on/off) fungsi charging ACCU yang sangat banyak memakan arus, sehingga
fungsi instrument, klakson, sign dll tetap bisa bekerja. Kalo anda butuh untuk menggunakan
lampu sign ato klakson tinggal swicth chargingnya dihidupkan setelah itu bisa dimatikan
tergantung kebutuhan anda. Soalnya bisa pusing kalo diberhentikan polisi lalu instrument
seperti lampu sign, taillamp, klakson kita gak nyala.
3. Yudi Krisdianto
Apa fungsi dari regulator rectifier selain penyearah arus?
Jawab:
Fungsi lain dari rectifier adalah sebagai pengubah arus AC menjadi arus DC. Diode
digunakan karena baterai yang digunakan sebagai penampung tegangan hanya bisa diisi
kembali (charge) dengan arus yang sejenis yaitu arus DC, sedangkan lilitan stator justru
menghasilkan arus AC. Sifat semikonduktor yang unik mampu merubah arus AC menjadi
arus DC sehingga alternator mampu mengisi kembali tegangan baterai.
4. Janrico O.S
Mengapa diode mengubah arus AC ke DC dan bagaimana caranya?
Jawab:
Alasan mengapa diode mengubah arus AC ke DC adalah ‘penyearah’ dibuat dari diode,
dimana diode digunakan untuk mengubah arus bolak-balik (AC) menjadi arus searah (DC).
Caranya adalah dengan menggunakan prinsip penyearah setengah gelombang (half-wave
rectifier) dan penyearah gelombang penuh (full-wave rectifier).
5. Fatur R.
Apa bahan utama dari brush?

Maka pada sirkuit sesudah dan sebelum lampu pengisian teganganya sama. Akibatnya lampu change akan menyala. Cara kerja mesin dari kecepatan rendah ke kecepatan sedang.massa body. Akibatnya pada coil voltage regulator timbul kemagnetan yang dapat mempengaruhi posisi dari titik kontak (point) PL0.terminal F altenator .magnet coil dari voltage relay . Pada waktu yang sama tegangan yang dikeluarkan beraksi pada voltage regulator.titik kontak P2 . Dalam hal ini PL0 akan tertarik dari PL! sehingga pada kecepatan serdang PL0 akan mengambang (seperti terlihat dalam gambar di atas).massa body. tegangan/ voltage dibangkitkan dalam stator coil. membuat hhubungan dengan titik kontak P2.terminal N regulator . c) Arus yang ke field (field current) . Arus ke lampu charge Terminal (+) bateray .kunci kontak (IG switch) . 6. tergantung pada keadaan tititk control PL0. B. Sehingga arus tidak mengalir ke lampu dan akhirnya lampu mati.Jawab: Bahan utama dari brush adalah karbon. b. Sudah mesin hidup dan rotor berputar.maagnet coil dari voltage regulator . Akibatnya rotor terangsang dan timbul kemagneten yang seharusnya arus ini disebut arus medan (field corrent).terminal E regulator . Catatan: Bila gerakan P0 dari voltage relay. Arus medan (field corrent) yang ke rotor dikontrol dan disesuaikan dengan tegangan yang dikeluarkan terminal B yang beraksi pada voltage regulator.terminla E regulator .massa bodi.poin PL0 . Akibatnya pada magnet coil dari voltage relayakan terjadi kemagnetan dan dapat menarik titik P0 dari P1 dan selanjutnya P0 akan bersatu dengan P2 dengan demikian lampu pengisian jadi mati. Cara kerja pada saat kunci kontak ON dan mesin mati Bila KK diputar pada posisi ON. Secara keseluruhan mengalirnya arus listrik sebagai berikut: a.titik kontak P0 . arus dari battry akan mengalir ke rotor dan merangsang rotor coil.terminal F regulator .titik kontak P0 . Untuk jelasnya aliran arus pada masing-masing pristiwa sebagai berikut: a) Tegangan neutral Terminal N alternator .titik kontak P1 .terminal IG regulator .fusibel link . Pada waktu yaang sama. Arus yang ke field coil Terminal (+) battrey .brush . b) Tegangan yang keluar (output voltage) Terminal B alternator . Deminkian salah satu arus medan akan lewat menembus arus tidak menembus R.terminal B regulator .kunci kontak IG (IG sekring) .slip ring rotor coil brush terminal E alternator massa body.poin PL1 .terminal ER regulator .sekring .lampu CHG terminal L regulator . Lorentius Cara kerja masing-masing komponen sistem pengisian dari baterai sampai ke baterai lagi! Jawab: A.karena itu lampu change jadi mati.fusibel link . arus battry juga mengalir ke lampu pengisian (CHG) dan akibaatnya lampu jaadi menyala (ON). dan tegangan neutral dipergunakan untuk voltage relay.

massa body. C.Terminal B altenator .batray dan beban . Di alam medan magnet tersebut terdapat kumpran yang mudah berputar pada porosnya.point P0 . Ø Sedangkan kalau kemagnetan pada voltage regulator lemah dan PL 0 tidak tertarik dari PL1 maka arus yang ke rotor coil akan tetap melalui point PL 1 poin PL0. sebab tegangan neutral terpelihara dalam sisa flux dari rotor. Tapi kalau PL0nempel PL2 maka arus mengalir ke massa.terminal E alternator .terminal E regulator.battray . Bila arus resistor mengalir terminal F regulator rotor coil massa. sehingga yang ke rotor coil tidak ada. d) Output corrent Terminal B alternator .poin P2 . gerakan titik kontak PL0 dari voltage regulator kadangkadang membuat hubungan dengan kontak PL2. Akibatnya arus yang ke rotor ada. voltage yang dihasilkan oleh kumparan stator naik.massa. Voltage neutral (tegangan netral) Terminal N alternator .IG switch .IG switch .terminal E alternator . II.teminal IG regulator . Catatan: Bika gerakan titik kontak PL0 pada pada regulator berhubungan dengan titik kontak PL2. Out put voltage Terminal B alternator .fuse .fuse .kutub magnet yang berlawanan saling dihadapkan sehingga diantara kedua kutub magnet tersebut dihasilkan medan magnet. Dengan kata lain. Output current Terminal B alternator . Dalam hal ini jumlah arus / tegangan Yng masuk rotor coil bias melalui 2 saluran.terminal F alternator .point P2 .terminal E regulator .ground . point P0 dari voltange relay tidak akan terpisah dari point P2.terminal IG regulator . Arus ini juga sering disebut neutral voltage. Cara kerja mesin dari kecepatan sedang ke kecepatan tinggi Bila putarn mesin bertambah.rotor coil .atau . Proses AC-DC pada stator! Jawab: Pada generator listri AC ini terdapat 2 buah stator. Kutub . field current yang ke rotor akan mengalir terputus-putus (intermittenly). Ø Bila kemagnetan di voltage regulator besar dan mampu menarik PL 0 dari PL1.poin PL1 . Akibatnya arus akan kecil dan kemagnetan yang ditimbulkan rotor coilpun kecil (berkurang). III.terminal F alternator . maka arus yang ke rotor coil akan melalui resistor. Dengan gaya tarik yang lebih kuat. . Bagaimanapun juga.poin PL0 resistor R . field current akan dibatasi. Aliran arusnya adlah sebagai berikut: I.terminal N regulator . 7.rotor coil .resistor . Firly a.massa body. IV. Tidak ada arus ke field current Terminal B alternator .magnet coil dari voltage relay . Akibatnya arus tidak melalui resistor dan arus yang masuk ke rotor coil akan normal kembali.terminal B regulator . Dan gaya tarik dari kemagnetankumparan voltageregulator menjadi lebih kuat.massa body.terminal F regulator .teminal F regulator .magnet coil dari N regulator .poin PL0 .massa.

Ada dua kemungkinan altenatornya rusak atau akinya yang rusak.balik dengan bentuk seperti gelombang. Kalau mesin hidup dan besoknya start mesin tidak mau hidup. sepulnya biasanya terdiri dari dua bagian. kiproknya pun hanya meregulasi 1 jalur. b. sepul pengisian dan sepul lampu. sementara itu di motor dengan sistem DC lampu depan motor bisa menyala stabil tanpa terang-redup karena arusnya diambil dari aki. jumlah lilitan kawat. di motor dengan sistem AC. Setelah dipancing mau hidup tetapi setelah hidup lama tetap tidak bisa dipakai start. Uzli Ciri-ciri pengisian baik selain dilihat dari lampu CHG? Jawab: Aki soak dan banjir.Karena kumparan selalu berputar. maka jumlah gaya magnet yang masuk ke dalam kumparan juga selalu berubah . Aan Desi a. biasanya komponen sepulnya merupakan 1 bagian utuh. dan luas penampang kumparan. rpm B pengapiannya B derajat. Caranya aki di cas diluar dan pakai untuk menghidupkan mesin.ubah. Untuk CDI sistem hibrid. biasanya untuk rpm rendah mengandalkan arus dari aki (konstan. Yang membedakan hanya pada generator listrik DC ini menggunakan sebuah cincin belah atau yang biasa disebut dengan komutator di bagian outputnya. maupun hybrid antara keduanya. terutama lampu depan. Selain itu. yang semua kumparannya digunakan untuk sistem pengisian. Untuk CDI full DC (biasa disebut DC-CDI) biasanya dirancang untuk mengejar efisiensi konsumsi bensin terbaik karen pangapiannya konstan. Untuk motor yg menggunakan sistem AC. Sifat dari arus listrik yang dihasilkan oleh generator listrik AC ini berjenis bolak . serta frekuensi gelombangnya sama dengan frekuensi putaran kumparan. yaitu jalur pengisian saja. dst. Untuk motor yg menggunakan sistem DC. tandanya akinya perlu ganti. sementara kiproknya juga terbagi atas 2 jalur. 9. Cara kerja generator listrik DC mirip dengan cara kerja generator listri AC. untuk yg sistemnya full AC biasanya lebih bagus di putaran tingginya karena tegangan yg diterima dan dihasilkan CDI juga semakin besar seiring semakin tingginya putaran mesin. amplitudonya bergantung pada kuat medan magnet. makin tinggi putaran mesin maka arus yg dihasilkan sepul makin besar dan lampu pun makin terang. Komutator ini memungkinkan arus listrik induksi yang dialirkan ke rangkaian listrik berupa arus listri DC meskipun kumparan yang berada di dalamnya menghasilkan arus listrik AC. pengaturannya diatur dari komponen yg memiliki memori yg menyimpan data dan set aturan diantaranya untuk rpm A pengapiannya A derajat. Setelah dipakai beberapa kali start tidak kuat. lampu motor akan redup-terang tergantung putaran mesin. sistem . ada juga komponen pengapian yang menggunakan sistem full-AC. Pastikan dulu aki baik. 8. Perbedaan AC dan DC pada sistem pengisian? Jawab: Perbedaan sistem AC dan sistem DC ada di komponen dan cara kerja sepul dan kiproknya. Mengapa ujung kabel kumparan dijadikan satu? Jawab: Tujuannya adalah sebagai penyearah arus AC yang bekerja dengan maksimal. Perbedaan komponen dan cara kerja sepul dan kiprok pada sistem AC dan DC menyebabkan perbedaan di cara kerja lampu. jalur pengisian dan jalur lampu. sistem full-DC.

Berkurangnya aliran listrik ke rotor coil menyebabkan kemagnetan rotor berkurang dan listrik yang dihasilkan altenator menurun.5 Volt DC . Jika arus mengalir ke rotor coil berkurang. tapi saat mesin memasuki rpm tinggi CDI akan dipasok arus dari sepul (variabel. stator tidak dapat membangkitkan gaya gerak listrik sehingga tegangan alternator turun dan hubungan titik kontak P2 terputus.14. Rudini a. titik kontak yang bergerak akan berhubungan dengan P1.Perangkat pada mobil . tegangan yang dibangkitkan oleh stator coil akan naik memperkuat gaya tarik pada regulator coil sehingga menghubungkan titik kontak berhubungan dengan P2. b. jika alternator berputar dengan rpm tinggi. stator tidak ada arus yang mengalir ke rotor coil . Perbedaan laju arus pada alternator ke regulator pada tegangan tinggi? Jawab: Regulator mengatur pengaliran arus ke rotor coil dengan menarik dan membebaskan titik kontak sesuai dengan tegangan yang diberikan ke regulator coil. karena cepat aus. maka tegangan yang dibangkitkan pada stator coil berkurang dan mengakibatkan gaya tarik pada kumparan menurun sehingga lengan titik kontak akan kembali berhubungan dengan P1.Mengemudi dengan jarak pendek .Usia aki b. Pada saat titik kontak menjauhi P1 arus yang ke rotor coil melalui resistor R dan intensitasnya menurun. 11. sebagai berikut:   Posisikan Multimeter dalam mode DC Volt dan hidupkan mesin mobil anda Periksa tegangan/voltase baterai dengan cara tempelkan Lead merah di pull baterai (+) dan Lead hitam di pull baterai (-)  Multimeter anda akan menampilkan salah satu dari dua hasil berikut:  Normal 13.DC) untuk mengejar efisiensi. Pada saat alternator berputar dengan rpm rendah dan tegangan stator coil lebih rendah dari tegangan baterai. tegangan pada stator coil naik melebihi tegangan baterai. sistem AC) untuk mengejar performa maksimal. 10. apa penyebabnya? Jawab: Sikat merupakan bagian yang sering menjadi penyebab gangguan pada altenator. Sikat yang sudah pendek dapat menyebabkan aliran listrik ke rotor coil berkurang. akibat tekanan pegas yang melemah. Akibatnya arus yang melalui resistor akan mengalir ke P2 dan tidak ke rotor coil. Cara mengetes altenator? Jawab: .Korosi atau karat .Suhu yang ekstrim . Bila alternator berputar dengan kecepatan yang lebih tinggi. tegangan ini dialirkan ke regulator coil sehingga oleh kekuatan tarikan yang lebih besar maka P1 akan terputus. Pada saat tidak ada arus yang mengalir ke rotor coil. Sekali lagi tegangan alternator akan naik dan lengan kontak akan tertarik. Apa penyebab baterai mati? Jawab: . sehingga arus dari baterai akan mengalir ke rotor coil melalui P.Cara pengujian alternator bag 1. Reni Yolanda Alternator tidak menghasilkan arus. dalam hal ini.5 .

Pada prinsipnya .5 Volt DC. kabel (sirkuit) dilindungi link fusibel inline (sekering tabung) dalam model lama dan fuse plastik (sekering tancep) dimodel baru. a.5 kebawah saat mesin hidup  Langkah berikutnya akan menyebabkan muatan listrik pada Alternator dan selanjutnya akan mengkonfirmasi bahwa pengisian itu baik atau tidak. Penyebabnya bisa karena undercharge atau overcharge. Fuse ini terletak dikomparasi mesin dan biasanya terletak di solenoid motor starter (coba dilihat pada buku manual kendaraan anda untuk memastikan posisi letak fuse). Berapa arus dan tegangan per putaran pada alternator? Jawab: Jumlah arus dan tegangan yang dihasilkan alternator per putaran adalah sekitar 35 sampai 40 ampere. nyalakan lampu depan. hidupkan semua aksesories yang berhubungan dengan listrik baik didalam mobil maupun diluar mobil  Saat anda menghidupkan semua aksesories. perhatikan pembacaan tegangan pada multimeter. Jika sekering putus maka alternator tidak akan mengisi baterai. Ini yang akan terjadi.14. apa komponen yang rusak? Jawab: Lampu indikator accu yang menyala terus saat mesin hidup adalah tanda terjadi masalah pada sistem pengisian. anda akan mendapatkan salah satu dari dua hasil berikut:  Multimeter akan menunjukkan 13. b. a. nyalakan A/C atau heater yang tinggi. posisikan multimeter pada modus tahanan (ohm)  Tempelkan Lead hitam pada multimeter ke kabel alternator yang berdiameter besar  Dan tempelkan Lead merah ke positif baterai  Test ini akan menghasilkan salah satu dari hasil berikut :  Jika sekering putus maka multimeter akan menunjukan angka 0  Jika sekering masih bagus/tidak putus. Wisnu H. Atau 12. Itu berarti Alternator dalam kondisi bagus dan normal  Multimeter akan menunjukkan 12.5 . - Pengujian alternator bag. multimeter akan menunjukkan tahanan sebesar 5 ohm atau kurang 12. Yoleu A. 2 Coba lihat kabel besar yang menempel pada alternator yang dipasang dengan baut adalah salah satu yang memberikan muatan alternator untuk mengisi baterai dan sisanya ke kendaraan. Medan arus magnet yang dirubah? Jawab: arus diubah dari AC menjadi DC 13. Tes ini juga dikenal sebagai Test continuity. tinggalkan kabel positif yang menempel pada pull baterai positif  Setelah melepas kabel negatif. dengan tes tahanan (ohm) yang sederhana. Test ini akan membantu anda untuk menentukan apakah fuse terbakar/putus atau tidak. hidupkan whiper kaca depan. Anda harus menghidupkan setiap aksesories di dalam kendaraan.5 Volt DC dan tegangan ini akan menurun jika anda menyalakan lebih banyak lagi aksesories mobil. Jika lampu indicator hidup terus. ini yang anda harus lakukan:  Lepas kabel negatif baterai dari pull baterai (-).

Hal ini dilakukan untuk menjaga suhu aki tidak panas. jika sudah berada pada level bawah maka harus segera ditambah air murni (air aki yang kemasan botol biru) sampai batas UPPER LEVEL yaitu batas paling atas untuk posisi pengisian air.5 Amper selama sekitar 10 jam. Ada dua jenis aki MF menurut bahan elektrolitnya. Untuk sistim pengisian dengan cara cepat.2 volt. sementara bahasa sehari hari disebut aki sir (zout zuur). juga tidak ada saluran nafas yang terdapat pada chasingnya. jadi kondisi air aki harus selalu dijaga jangan sampai permukaan air berada dibawah tanda LOWER LEVEL. Pasokan listrik dari alternator tidak boleh di bawah atau di atas angka tersebut. Air aki dapat berkurang dikarenakan oleh pemakaian yang ekstra berat seperti saat starter atau saat pengisian (charging) ditambah suhu dari sekitar mesin yang tinggi. maka disebut undercharge. Aki Kering Aki kering atau yang lebih tepatnya adalah aki MF ( aki bebas perawatan ) terlihat dengan bentuk fisiknya berwarna gelap/hitam. jika suhu aki panas akan berakibat rusaknya aki karena terjadi pengeringan elektrolit dengan cepat atau bila panas sangat berlebihan aki dapat meledak karena aki jenis ini tidak mempunyai saluran pernapasan. Maka pada aki MF pada kemasan biasanya tertulis petunjuk arus pengisian yang dianjurkan. Ciri pengisian pada baterai kering dan basah dengan benar! Jawab: Aki Basah Aki basah dapat dilihat dari bentuk fisiknya yang dapat terlihat deretan tutup untuk mengisi air pada bagian atasnya. Hal yang berbeda dengan aki basah yang tidak tertulis petunjuk arus pengisiannya. Sebaliknya. yaitu jika membeli aki baru ada yang perlu mengisi terlebih dahulu cairan elektrolitnya sebelum dipakai. Energi listrik yang dihasilkan alternator ini harus sesuai dengan beban listrik yang dipakai. hal ini wajar mengingat teknologi yang digunakannyapun berbeda serta kemudahan dalam penggunaannya. Hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan aki MF ini yaitu cara charging atau cara pengisian aki dimana arus pengisian yang baik adalah sepersepuluh dari kapasitas aki. Bisa juga dilakukan pengisian dengan cara cepat misalnya ingin sekitar 5 jam saja berarti arus pengisian sebesar 1 Amper. b. dan ada pula yang benar benar kita tidak melakukan apa apa jadi tinggal dipasang saja pada kendaraan. pengisian ini dilakukan hanya sekali saja saat aki baru dibeli. charger harus dapat berhenti mengisi secara otomatis apabila kondisi aki telah penuh. Pada aki MF yang kedua biasanya elektrolitnya berupa gel untuk menghindari dari penguapan cairan. Ya karena memang aki basah memerlukan perawatan lebih dibanding aki MF (aki kering). . jika lebih dari 15. Mobil umumnya mempunyai tegangan standar alternator 13 volt hingga 15. Kondisi air yang kurang dapat menyebabkan aki tidak bekerja secara optimal dan bila di biarkan lama kelamaan aki menjadi rusak. Aki MF mempunyai harga yang lebih tinggi dibanding aki basah. Pemeriksaan berkala untuk menjaga permukaan air mutlak dilakukan misalnya sebulan sekali untuk memeriksa tinggi level air. kondisi ini membuat suhu aki meningkat dan air aki akan menguap. Dengan aki jenis MF ini kita terbebas dari ritual pemeriksaan kondisi permukaan air. Contohnya Aki dengan kapasitas 5Ah (5 Amper per jam) arus pengisiannya adalah 0. ada juga saluran pernafasan guna membuang uap air dan chasingnya yang transparan berguna untuk melihat permukaan elektrolit yang ada dalam aki yang berisi asam sulfat atau bahasa kimianya H2SO4. paling paling entah 3 atau 4 bulan sekali kita cek serta dibersihkan dari kotoran yang menempel pada terminal positip dan negatip dari aki tersebut supaya kontak penyambungan bekerja optimal. Jika pasokan listrik di bawah angka standar.pasokan dan kebutuhan listrik harus setara.2 volt disebut overcharge. pada bagian atasnya bersih tanpa terlihat deretan tutup pengisi air aki.

15. M. Saat penghantar diputar maka penghantar tersebut akan memotong medan magnet sehingga menghasilkan induksi elektromagnetik. Hal ini menyebabkan penurunan kecepatan . Budi S. Aibatnya rotor terangsang dan timbul kemagnetan yang selanjutnya arus ini disebut araus medan (field current). pada posisi (1) arah arus menuju sikat “A”. Hendri I. Rino S. 17. Perubahan tersebut dapat digambarkan dalam fungsi gelombang sinus. Arus yang ke field coil Terminal(+)baterai→fusible link→kunci kontak (IG switch)→sekering→terminal IG regulator→point PL→point PL→terminal F regulator→terminal F alternator→brush→slip ring→rotor coiil→slip ring→brush→terminal E alternator→massa→bodi. Sikat “A” merupakan sikat positip dan sikat “B” adalah sikat negatip. pada komutator menempel sikat.14. 2 sistem pengisian dan cara kerjanya! Jawab: Sistempengisian dengan arusyang ke field coil dan arus lampu ke charge: a. namun pada posisi (2) arah arus berubah menuju sikat “B”. mengurangi biaya reparasi dan memperpanjang usia motor. di ujung penghantar dipasang komutator. Menghubungkan terminal positif baterai dengan terminal 30 motor starter (biasanya baut terminal 30 lebih panjang dibanding dengan baut terminal C) c. Wulan Jelaskan sistem alur listrik dari alternator! Jawab: Bila pada generator DC sebuah penghantar dibentuk “U”. Ketika terminal 30 dihubungkan dengan terminal 50 maka pada plunyer akan terlempar dilanjutkan dengan berputar. b. Bagaimana cara melakukan pengujian tanpa beban di terminal B? Jawab: a. 16. Arah arus yang dihasilkan akan berubah-ubah. Hubungan singkat pada belitan menyebabkan penurunan jumlah belitan ekuivalen pada motor. Giagnosis pada stator! Jawab: Deteksi dini hubung singkat pada belitan saat motor beroperasi akan mencegah kerusakan berikutnya pada belitan yang saling berdekatan. Akibatnya lampu charge akan menyala. maka pada generator AC (altenator) kedua ujung penghantar dihubungkan ke slip ring dan jenis sikat sudah tidak jelas karena berubah ubah sesuai posisi penghantar. menghubungan terminal negatif baterai dengan body motor starter b. inti stator. Arus ke lampu charge Terminal (+) baterai→fusibler link→sakjelar kunci kontak IG (IG switch) sekering→lampu CHG→terminal L regulator→titik kontak P→titik kontak P→terminal E regulator→massa bodi. Oleh karena itu deteksi kerusakan motor induksi mendapat perhatian lebih beberapa tahun belakangan. Sebagai gantinya kunci kontak maka hubungkan terminal 30 dengan terminal d.

L dan S. IC Regulator berada di dalam frame.S dan L. Apabila penggunaan jumlah listrik lebih besar dari alternator akan menyebabkan? Jawab: Penggunaan jumlah arus listrik yang lebih besar dari alternator dapat menyebabkan umur alternator menjadi pendek. akan menyebabkan kerusakan pada belitan yang berdekatan bahkan menyebabkan motor gagal beroperasi. 5. 3. Adapun baterai ikut rusak. IC regulator merupakan Monolitic Intergrated Circuit (MIC).E. Pemasangan lampu indicator memerlukan relay. IG . 4.dan peningkatan panas pada inti karena penambahan rugi-rugi I2R. 3. Alternator dengan IC Regulator Tipe A Alternator tipe B Ciri-ciri alternator tipe 1. IC Regulator berada di dalam frame. 19. Peningkatan panas membuat suhu belitan stator meningkat sehingga berakibat pada penurunan perkiraan umur isolasi belitan. Alternator tipe M Alternator tipe A Ciri-ciri alternator tipe A: 1. Pemasangan lampu indicator tidak lagi memerlukan relay. Terminal yang berhubungan IC dengan alternator adalah terminal F. 4. Konctruksi lebih kompak. 2. Alternator tipe B 3. IC regulator menggunakan 2 buah transitor. 4. Trisnu Jenis alternator berdasarkan konstruksi dan jenis sistemnya serta pemakaiannya di mana? Jawab: 1. Terminal yang berhubungan IC dengan alternator adalah terminal F. penggantian sikat lebih mudah.S dan L. 5. Aji P. 2.E. 3. Terminal yang berhubungan IC dengan alternator adalah terminal F. Alternator tipe A 2. 18. 6. IG . 6. dan semakin memperpendek umur isolasi belitan. Alternator dengan IC Regulator Tipe B Alternator tipe M ciri-ciri alternator tipe M: Alternator mempunyai 4 terminal keluar yaitu terminal B. Selanjutnya.E. 1. L dan S. Alternator mempunyai 4 terminal keluar yaitu terminal B.S dan L. Pemasangan lampu indicator memerlukan relay. IG dan L. IC Regulator menempel diluar. Alternator mempunyai 3 terminal keluar yaitu terminal B. 5. B: . Sudah jarang digunakan. 2. Kegagalan isolasi pada belitan stator akan mengakibatkan tambahan hubung singkat pada belitan tambahan kenaikan temperature. IC regulator terdiri dari rangkaian A ditambah dengan rangkaian deteksi tegangan (S).

Apa alasan alternator digunakan pada sistem pengisian? Jawab: Alternator (arus AC) merupakan salah satu komponen mesin yang mengubah energi mekanik dari mesin menjadi energi listrik. . Berapa kuat arus (ampere) yang harus dialiri bergantung juga dari kapasitas yang dimiliki baterai tersebut. baterai 6 V dialiri tegangan 6 V DC. Bagian mana dari regulator yang bekerja? Jawab: Optocoupler merupakan komponen yang berfungsi untuk mengatur feedback yang masuk ke STR / Transistor / IC power pada bagian power supply. yaitu: 1. Baterai yang menerima arus adalah baterai yang sedang disetrum/dicas alias sedang diisi dengan cara dialirkan listrik DC. Tri S. 21. substitusi dimungkinkan terjadi namun perlu diperhatikan karakteristik dari peralatan yang menggunakannya dan sistem yang ada.20. Arus bolak-balik ini diubah menjadi arus searah oleh diode. proses penerimaan arus ini berlawanan dengan proses pengeluaran arus. Tegangan yang dialiri biasanya sama dengan tegangan total yang dimiliki baterai. Jadi. Konsekuensinya. Yasrico A. Akibatnya berat jenis cairan elektrolit bertambah menjadi sekitar 1. Jawab: fungsi alternator untuk menghasilkan energi listrik dari putaran mesin. Hal ini bisa ditemukan di bengkel aki dimana ada beberapa baterai yang duhubungkan secara seri dan semuanya disetrum sekaligus. artinya baterai 12 V dialiri tegangan 12 V DC. Didapat dari mana 12 pada kumpara 3 lilitan? Jawab: Jarak antar ujung-ujung permulaan kumparan-kumparan fasa = 2/3 x 180=120 derajat listrik b. Oksigen (O) dalam air (H2O) terlepas karena bereaksi/bersenyawa/bergabung dengan timah (Pb) pada pelat positif dan secara perlahan-lahan kembali menjadi oksida timah colat (PbO2). Cara kerja baterai kering dan basah dan komponennya! Jawab: Aki kering maupun basah memiliki prinsip kerja yang sama termasuk pengisian arusnya. a. Mirwanto a. Asam (SO4) yang menempel pada kedua pelat (pelat positif maupun negatif) terlepas dan bergabung dengan hidrogen (H) pada air (H2O) di dalam cairan elektrolit dan kembali terbentuk menjadi asam sulfat (H2SO4) sebagai cairan elektrolit. dan dua baterai 12 V yang dihubungkan secara seri dialiri tegangan 24 V DC (baterai yang duhubungkan seri total tegangannya adalah jumlah dari masing-maing tegangan baterai: Voltase1 + Voltase2 = Voltasetotal). 22.2. dimana kutup positif battery dihubungkan dengan arus listrik positif dan kutub negatif dihubungkan dengan arus listrik negatif.285 (pada baterai yang terisi penuh). Energi mekanik dari mesin diterima melalui sebuah pulley yang memutarkan rotor dan membangkitkan arus bolak-balik pada stator. Alternator berfungsi menghasilkan arus listrik untuk mengisi baterai dan juga untuk memberikan arus bagi keperluan lain dalam kendaraan bermotor. b. Jelaskan kegunaan alternator tester.