You are on page 1of 5

LAPORAN PRAKTIKUM LAB K3

PENGENALAN ALAT

Disusun oleh :
Nama

: Diandra Arisnawati

NIM

: J410130073

Semester/shift : 6/A

PROGRAM STUDI KESEHATAN MASYARAKAT
FAKULTAS ILMU KESEHATAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
2016
A. TUJUAN
1. Mahasiswa mampu mengetahui macam-macam alat yang digunakan untuk
praktek laboratorium k3.
2. Mahasiswa mampu mengetahui nama, fungsi dan cara kerja alat yang digunakan
untuk praktikum.

Cara kerjanya dengan Untuk mengukur mendekatkan sound level tingkat kebisingan di meter pada sumber bunyi tempat kerja.3. Alat diletakkan di Fungsi Untuk mengukur faal bagian pinggang atau tubuh (ukuran-ukuran pinggul kemudain fisik) yang digunakan disesuaikan dengan dalam antrophometri. PEMBAHASAN No 1. Nama & Gambar a. Cara Kerjanya dengan Digunakan untuk merentangkan tegak lurus mengukur tingkat pada titik potong/titik pencahayaan di perhitungan cahaya yang tempat kerja ditentukan dengan jarak kurang lebih satu meter dari Light Meter permukaan lantai . diatas kepala. b. memposisikan tubuh posisi tegak dengan kepala menghadap ke depan lalu dikur tepat Antrophometer 2. atau alat yang menimbulkan bunyi atau sumber kebisingan. Mahasiswa mampu menggunakan alat praktikum dengan baik dan benar. B. Sound Level Meter 3. Cara Kerja a. lebar tubuh dengan menggeser salah satu b. pengaitnya kemudian diketahui berapa ukuran fisik tubuh tersebut.

selama 10 menit agar Thermal Environment Monitor 6. sebanyak tiga kali.4. Kemudian dilakukan selama 3menit 5. putar tombol kerja/kelembaban di on pada bagian belakang tempat kerja baik dengan membuka tutupnya. kemudian dibasahi dengan aquades. setelah itu tarik nafas secara maksimal dan menghembuskannya dengan cepat. . Thermometer dibasahi Untuk mengukur dengan aquades iklim secukupnya. Lalu catat hasil yang didapat pada Spirometri layar monitor. didalam maupun Biarkan alat tersebut diluar ruangan. sensor dapat stabil dengan lingkungan sebelum hasilnya diperoleh. kemudian fungsi paru-paru. Cara kerjanya dengan Untuk mengukur dibuka thermometer kering tingkat kelembaban di dan basah dari kotak skala tempat kerja. letakkan pipa didepan mulut dan hembuskan nafas pelan. Cara Kerjanya dengan Digunakan untuk menyalakan monitor pada mengukur kapasitas spirometer. lalu diayunkan dengan diputar seperti Sling Hygrometer baling-baling.

Kemudian catat hasil yang didapat setelah tes tersebut. kerja. Untuk mengukur dengan menekan tombol besarnya getaran di power on/off.7. tempelkan sensor ke sumber getaran dan catat angka yang muncul pada layar. Lalu tempat kerja. Lalu tekan tombol kadar debu di tempat start pada dust meter. kemudian saat melakukan Audiometer tes penguji maupun responden harus menekan tombol apabila mendengar suara. Reaction Timer Pertama menekan tombol Alat untuk mengukur on/off untuk respon tenaga kerja menghidupkan lalu pilih terhadap rangsang rangsangan suara atau yang diberikan dan cahaya yang untuk mengukur tingkat mengujikan pada tenaga kelelahan kerja. kerja. Pasang headphone dengan 8. Mencatat hasil dalam lembar data pemeriksaan Hidupkan vibration meter 9. posisi warna merah untuk telinga kanan dan biru untuk telinga kiri. Vibration Meter 10. Pertama timbang kertas Untuk mengukur filter. setelah itu udara yang mengandung partikel debu dihisap mengalir melalui kertas filter dengan .

Sound Level Meter. Thermal Environment Monitor. fungsi alat dan cara kerja alat yang digunakan untuk praktikum agar dapat memudahkan mahasiswa saat melakukan praktikum nantinya. Spirometri. Menimbang kertas filter sesudah melakukan uji dan mencatat flowrate serta waktu lamanya. Dust Meter. Sling Hygrometer. Light Meter. DAFTAR PUSTAKA . Reaction Timer. KESIMPULAN Pengenalan alat laboratorium k3 merupakan hal yang penting dan utama bagi setiap mahasiswa. C. Mahasiswa harus mampu mengetahui nama alat. Vibration Meter. Audiometer. Berbagai macam alat yang digunakan untuk praktek kesehatan dan keselamatan kerja antara lain : Antrophometer.Dust Meter menggunakan dust meter. Cara dan teknik penggunaan alat-alat tersebut harus sesuai dengan kegunaan dan fungsinya masing-masing.