You are on page 1of 5

Peninggalan Sejarah Bercorak Hindu-Buddha

Agama Buddha mulai masuk ke Indonesia sekitar abad ke -2 masehi. Kemudian, pengaruh
Hindur menyusul masuk ke kawasan Nusantara pada awal abad ke -5 masehi. Agama HinduBuddha dibawa ke Nusantara oleh pedagang dan pendeta dari India dan Tiongkok melalui
jalur darat dan laut.
Agama Hindu mulai dikenal pada masa Kerajaan Kutai yang berdiri pada abad ke -4 masehi.
Kerajaan Kutai merupakan kerajaan Hindu tertua di Nusantara. Adapun peninggalanpeninggalan Hindu-Buddha yang ditemukan di Indonesia, yaitu sebagai berikut.
1. Candi
Candi berasal dari kata "candikagraha", artinya rumah candika. Candika adalah nama salah
satu dewi, yaitu Dewi Durga atau dewi kematian. Candi merupakan bangunan yang dibuat
untuk menghormati arwah penguasa atau raja yang telah meninggal.
Candi yang bercorak Hindu memiliki tiga bagian, yaitu sebagai berikut.

Kaki candi, merupakan simbol dunia bawah atau Bhurloka

Tubuh candi, merupakan simbol dunia antara, yaitu Bhurloka dan Swarloka atau
Bhuwarloka

Kepala candi, merupakan simbol dunia atas atau Swarloka

Berikut adalah beberapa candi peninggalan kerajaan yang bercorak Hindu dan Buddha.

Candi Prambanan Candi Prambanan dikenal juga dengan sebutan Candi Lorojonggrang. .Candi Muara Takus Candi Muara Takus terletak di Kabupater Kampar Provinsi Riau.1. 5. Candi ini dibangun abad ke -8 Masehi pada masa kerajaan Mataram. Candi ini dibangun pada 1039 masehi. Candi Prambanan terletak di kecamatan Prambanan Kabupaten Klaten Provinsi Jawa Tengah. 6. Candi bercorak Buddha ini terletak di sebelah timur Candi Borobudur. Candi ini digunakan sebagai tempat pemujaan penganut agama Hindu Mahayana 3.Candi Portibi Candi Portibi merupakan peninggalan Kerajaan Panai yang bercorak Hindu. Di dalam Candi Prambanan terdapat tiga arca.Candi Panataran Candi Panataran ditemukan di daerah Blitar yang dibangun pada masa Kerajaan MajaPahit pada tahun 1350 Masehi.Candi Mendut Candi Mendut didirikan oleg raja India pada tahun 824 masehi. sebagai berikut. Candi Prambanan merupakan bangunan suci bagi umat Hindu Siwa. Arca Siwa Mahaguru. Provinsi Sumatera Utara. Gunung Tua.Candi Borobudur Candi Borobudur terletak di Muntilan Jawa Tengah. Candi Portibi terletak Padang Balok. yaitu Arca Siwa Mahadewa. 4. 2. Candi Prambanan memiliki tiga bangunan utama yaitu. Candi ini dibangun pada tahun 824 Masehi oleh Samaratungga dari Dinasti Syailendra. Candi ini dibangun pada masa Kerajaan Sriwijaya abad ke -9 Masehi. dan Arca Siwa Ganesha. Candi Borobudur terdiri atas 10 tingkat yang melambangkan makna bahwa kesempurnaan hidum akan di capai setelah mencapai 10 tingkatan.

Prasasti Prasasti merupakan peninggalan sejarah yaitu berbentuk batu tertulis.  Prasasti peninggalan Kerajaan Kutai disebut Yupa. sebelah barat Palembang. ditemukan di aliran Sungai Mahakam Kalimantan Timur. Kebon Kopi.  Prasasti peninggalan Kerajaan Kediri adalah Prasasti Padlegan. Jaring. Prasasti yang mengungkapkan tentang Kerajaan Sriwijaya ditulis dalam uruf Pallawa dan bahasa Melayu kuno. Yupa enerangkan bahwa Raja Mulawarman ialah raja yang mulia dan terkemuka. Candi Siwa  Candi Brahma  Candi Wisnu 2. Di Kalimantan Timur ditemukan tujuh buah Yupa. Yupa merupakan tugu bertulis yang dibuat sebagai peringatan upacara kurban. . Prasasti peninggalan kerajaan Hindu-Buddha.  Prasasti peninggalan Kerajaan Tarumanegara (Kerajaan Hindu yang terletak di Provinsi Jawa Barat). Yupa di tulis dalam huruf Pallawa dan bahasa Sansekerta. Isinya menceritakan tentang penguasa atau raja pada masa pemerintahannya. Yupa biasa digunakan di tempat yang mengikat hewan yang akan dijadikan kurban. Kerajaan ini terletak di Provinsi Jawa Timur. dan Muara Cianten yang ditemukan di Banten dan prasasti Tugu yang di temukan di Jakarta. Pasir Awi. 2) Prasasti Talang Tuo (684 M) ditemukan di daerah Talang Tuo. yaitu: 1) Prasasti Kedukan Bukit (605 M) ditemukan di tepi Sungai Tatang dekat Palembang. adalah Prasasti Ciaruteun. Weleri. yang telah memberi sedekah 20 ekor sapi kepada para Brahmana di tanah Suci Waprakeswara. antara lain sebagai berikut.  Prasasti Mulawarman merupakan peninggalan kerajaan Kutai pada tahun 400 masehi yang terletak di Provinsi Kalimantan Timur dan ditulis dengan huruf Pallawa dan Sansekerta. Pasir Jambu. dan Pala yang ditemukan di halaman Candi Prambanan.

tidak diketahui nama pengarangnya. ditemukan dekat Sungai Menduk di Pulau Bangka. 5) Prasasti Karang Berahi (tidak berangka tahun). Karya sastra ini berisi sindiran perang saudara antara jayabaya dengan jayasabha. Jayabaya adalah raja terkenal dari Kerajaan Singhasari yang memeintah antara tahun 1130-1150. 3. Kitab Smaradhana merupakan karya sastra yang ditulis olegh Mpu Dharmaja yang dipersembahkan untuk Raja Kameswara. Jambi Hulu. d. c. Kitab Jangka Jayabaya berisi ramalan masa depan Indonesia. 4) Kuntjarakarna.3) Prasasti Telaga Batu (tidak berangka tahun). Kerajaan ini memiliki beberapa karya sastra. . Kitab Bharatayudha ditulis oleh Mpu Panuluh dan Mpu Sedah. Di dalam kitab ini termuat istilah Pancasila. Salah satu contoh kerajaan yang bercorak Hindu adalah kerajaan Kediri. 4) Prasasti Kota Kapur (686 M). Kitab Jangka Jayabaya (Ramalan Jayabaya). 6) Prasasti Palah Pasemah ditemukan di tepi Sungai Pisang Lampung Selatan. ditemukan di tepi sungai Merangin. Kitab atau Karya Sastra Di Indonesia banyak ditemukan kitab maupun karya sastra yang merupakan peninggalan dari kerajaan-kerajaan yang bercorak Hindu dan Buddha. Isinya ajaran agama yang di dalamnya termuat istilah"Bhinneka Tunggal Ika" yang menyatakan bahwa ajaran Hindu dan Buddha meskipun berbeda tetapi mempunyai asas yang sama. yaitu sebagai berikut. 2) Sutasoma ditulis oleh Mpu Tantular. Karya sastra yang ditulis pada masa Majapahit (Majapahit merupakan kerajaan bercorak Hindu). b. a. Hariwangsa dan Gatotkacasraya ditulis Mpu Panuluh dan Mpu Sedah. ditemukan dekat Palembang. 3) Arjuna Wiwaha karangan Mpu Tantular. antara lain sebagai berikut. 1) Negarakertagama ditulis oleh Mpu Prapanca menceritakan tentang Kerajaan Singhasari dan Majapahit. 5) Kitab Carita Parahyangan merupakan kitab yang ditulis pada masa Kerajaan Galuh.

c. Arca ditemukan di Sempaga (Sulawesi Selatan). b. Kalimantan Timur).blogspot. Bukit Siguntang (Sumatra Selatan). Nyepi merupakan perayaan tahun baru Saka. antara lain sebagai berikut. Upacara Ngaben (Bercorak Hindu). a. Budaya dan Adat Istiadat Budaya dan adat istiadat peninggalan masa Hindu-Buddha yang masih dilaksanakan sampai sekarang. Syiwaratri merupakan perayaan peleburan dosa. Upacara Galungan merupakan perayaan kemenangan. Kuningan merupakan perayaan memohon perlindungan dan penerangan agar bahagia lahir dan batin. d.id/2015/03/peninggalan-sejarah-bercorak-hindu.4. Kota Bangun (Kutai. Referensi : http://future404-azbunz.html . merupakan upacara pembakaran mayat di Bali. Waisak merupakan perayaan agama Buddha. Arca Arca merupakan patung perwujudan raja yang digambarkan sebagai dewa. 5. Arca yang ditemukan di Jember (Jawa Timur). f. g. e.co. Arca ini mempunyai bentuk yang sama dengan arca yang dibuat di Amerawati (India). Saraswati merupakan perayaan memuja Sang Hyang Widi.