You are on page 1of 9

PROPOSAL

IN HOUSE TRAINING
“ CODE BLUE “

CODE BLUE
RUMAH SAKIT CAKRA HUSADA KLATEN
2016

baik tenaga medis (dokter dan perawat) dan tenaga non medis. Henti jantung apabila tidak ditangani dengan cepat akan menyebabkan terjadinya kematian. kejadian ini dapat menimpa pasien. . Direktur RS Cakra Husada Di Klaten Dengan hormat Suatu kejadian henti jantung dapat terjadi di mana dan kapan saja di rumah sakit.No : Hal : Proposal IHT Code Blue Lampiran : 1 ( satu ) Berkas Proposal Kepada Yth. . Sistem ini melibatkan sumber daya manusia yang terlatih. Pertolongan pertama harus dapat dilakukan oleh seluruh komponen rumah sakit. Diperlukan suatu sistem atau strategi pencegahan kejadian henti jantung di rumah sakit dan aktivasi emergency yang efektif sehingga bantuan hidup dasar dan lanjut dilakukan dengan optimal. Oleh sebab itu kami sebagai Tim PP mengajukan proposal untuk pelatihan CODE BLUE untuk petugas medis Rumah Sakit Cakra Husada Klaten. obat-obatan yang lengkap dengan standar operasional prosedur yang baku. peralatan. yang disebut dengan code blue system.maupun petugas rumah sakit sendiri.keluarga pasien.

dana dan waktu pelaksanaan. kami mengucapkan terima kasih.Hal yang menyangkut dengan rangkaian kegiatan. Rina Hastuti M. Sujatmika. 30 September 2016 Mengetahui Ketua tim IHT Code Blue Ketua POKJA PP dr. AMK . kami sampaikan dalam proposal berikut ( terlampir). Klaten . Demikian proposal ini kami buat dan atas kebijaksanaannya.

PROPOSAL IN HOUSE TRAINING “ CODE BLUE “ CODE BLUE RUMAH SAKIT CAKRA HUSADA KLATEN 2016 .

bermutu. Pengguna pelayanan kesehatan berhak memperoleh keamanan dan keselamatan dirinya selama dalam perawatan di rumah sakit. Oleh karena itu rumah sakit perlu menyusun program untuk memperbaiki proses pelayanan terhadap Penguna pelayanan kesehatan. tidak diskriminatif dan efektif dengan mengutamakan kepentingan pasien sesuai dengan standar pelayanan rumah sakit sesuai dengan Undang-undang tentang Rumah Sakit UU RI No. Mengingat issue keselamatan pasien sudah menjadi issue global dan tuntutan masyarakat. maka Keselamatan Pasien Rumah Sakit menjadi prioritas yang perlu dilakukan semua rumah sakit. Dengan meningkatnya keselamatan pasien dan pengunjung diharapkan dapat mengurangi terjadinya suatu kejadian yang tidak diharapkan sehingga kepercayaan masyarakat terhadap mutu rumah sakit makin meningkat. agar kejadian tidak diharapkan dapat dicegah melalui rencana pelayanan yang komprehensif. LATAR BELAKANG Rumah sakit sebagai instansi pelayanan kesehatan yang berhubungan langsung dengan Pengguna pelayanan kesehatan harus mengutamakan pelayanan kesehatan yang aman.PROPOSAL IN HOUSE TRAINING “ CODE BLUE “ Kegawatan Daruratan Jantung I. Program dengan diadakannya system CODE BLUE diharapkan karyawan Rumah Sakit Cakra Husada dapat mengenal atau mengerti tentang system CODE BLUE di Rumah Sakit Cakra Husada Klaten sehingga dapat mengimplementasikannya dalam pelayanan terhadap pasien dan pengguna pelayanan kesehatan. . 44 tahun 2009 .

Permenkes no 16 tahun 2010 tentang keselamatan pasien. DASAR KEGIATAN 1. NAMA KEGIATAN A. Workshop Kegiatan ini disebut IN HOUSE TRAINING “ CODE BLUE KEGAWAT DARURATAN JANTUNG “ B. Peserta Kegiatan ini akan di ikuti oleh karyawan Rumah Sakit Cakra Husada Medis.undang RI No. 2. C. 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit. Pelaksanaan Kegiatan ini akan dilaksanakan pada : Hari/ tanggal : Sabtu . Undang. MAKSUD DAN TUJUAN 1.Suradji tironegoro yang sudah bersertifikasi D. Perawatan paska henti jantung yang optimal. Memastikan tindakan bantuan hidup dasar dan lanjut dilakukan secara cepat dan efektif pada korban henti jantung. 8 Oktober 2016 Waktu : 07. Nara Sumber Kegiatan ini akan di sampaikan oleh Tim CODE BLUE dari RS. 3. IV. 2. Rumah Sakit melakukan usaha – usaha pencegahan kejadian henti jantung di rumah sakit.30.selesai Tempat : AULA RS Cakra Husada Klaten Jenis Kegiatan : Seminar dan pelatihan .II. yaitu Dengan jumlah Peserta medis 75 orang. III.

= Rp 425. Semoga Tuhan senantiasa memberikan kesehatan dan rahmat-Nya kepada kita semua untuk dapat menjalankan kewajiban kita dalam memberikan pelayanan kesehatan. PENUTUP Demikian proposal ini kami ajukan sebagai upaya untuk memperbaiki proses pelayanan yang terstandar dan berkualitas terhadap pasien dan pengunjung agar kejadian tidak diharapkan dapat di cegah. .000. RENCANA BIAYA Adapun anggaran biaya kami sampaikan sebagai berikut : 1.- VI.000. Kertas Sertifikat @ 6000 x 75 Snack @ 5000 x 85 Makan siang @ 15.275. 4.000 x 85 Administrasi trainer = Rp 450. 2. 3.= Rp 6000. serta kami memohon perlindungan-Nya agar kegiatan ini dapat berjalan baik dan lancar.000. Dengan meningkatnya keselamatan pasien dan pengunjung diharapkan kepercayaan masyarakat terhadap mutu Rumah Sakit Cakra Husada Klaten semakin meningkat.150.- Total anggaran = Rp 8.000.= Rp 1.000.V .

SE . Sujatmika.Klaten . Rina Hastuti M.AMD Menyetujui Direktur Utama dr . SDM Edi Wiratma. Netty Herawati. 30 September 2016 Ketua Tim IHT CODE BLUE Ketua POKJA PP dr.Budi Santoso Sp An Kabag. AMK Mengetahui Koordinator Tim CODE BLUE Dr. Sp.OG Direktur Umum. Adm dan Keu Made Sumiarta.

10 10 Penutupan 15.00-12. Pre tes 08.15 Panitia CODE .00 Panitia CODE BLUE 2 Pembukaan 08.20-08.OG 3.15 Heruwanto Skep 2.LAMPIRAN : Jadwal kegiatan sebagai berikut : NO MATERI WAKTU PEMATERI 1.45-08.30-09.00 -15.30 Dr Budi SpA 5 Materi CODE BLUE Trainer CODE BLUE Review ACLS CPR AHA 2015 6 Pengorganisasian CODE BLUE 7 ISOMA Trainer 12.30 Panitia CODE BLUE 4.40 PANITIA BLUE 8 Demo dan Simulasi taem CODE 13.00-08.20 Dr netty Sp. Pengenalan CODE BLUE 08. Registrasi 07.00 Trainer BLUE primer danSekunder 9 Post tes 15.15-08.00-15. Sambutan 08.