You are on page 1of 5

KASUS MALPRAKTEK

Tubuh Menghitam Setelah Minum Obat

indosiar.com, Blitar - Diduga akibat malpraktek dokter Blitar,
seorang gadis asal Blitar , Jawa Timur terpaksa dirujuk ke
Rumah Sakit Dokter Saiful Anwar Malang, Jawa Timur. Seluruh
tubuhnya berubah menghitam setelah meminum obat dari
dokter tempat dia berobat di asalnya.
Beginilah kondisi Nita Nur Halimah (21), warga Desa Talun,
Blitar, Jawa Timur setelah meminum obat yang diberikan oleh
salah satu dokter ditempat asalnya. Kulit wajah, tangan hingga
sekujur tubuhnya berubah menjadi hitam.
Menurut Marsini, ibu korban, awalnya Nita hanya menderita
luka ngilu dibagian persendian tubuhnya saat diperiksakan ke
dokter. Nita mendapatkan resep obat tanpa bungkus, namun
setelah meminumnya suhu tubuhnya semakin panas. Mulut
dan kulit wajahnya berubah kehitaman hingga merebak
kesekujur tubuhnya. Pihak keluarga menganggap kondisi ini
disebabkan oleh kesalahan dokter Andi yang memberikan resep
obat tersebut.
Penanganan medis yang dilakukan untuk saat ini adalah
memberikan penambahan nutrisi serta elektrolit untuk
memperbaiki jaringan yang rusak dan memberikan antibiotik
untuk membersihkan luka pasien dari bakteri.
Hingga Senin (02/03) kemarin, Nita ditangani oleh 11 tim
dokter spesialis bedah kulit. Indikasi sementara Nita menderita
Steven Jhonson Sindrom atau alergi pada reaksi obat akibat
rendahnya ketahanan tubuh pasien. (Nurochman/Sup)

Korban Meninggal Usai Operasi Caesar
indosiar.com, Surabaya - Dugaan kasus malpraktek kembali
terjadi, korbannya hampir sama namanya dengan Prita
Mulyasari yakni Pramita Wulansari. Wanita ini meninggal dunia

Karena kondisinya terus memburuk. ibu dari Pramita. Sementara itu saat dikonfirmasi wartawan. yang meninggal dunia setelah menjalani operasi caesar di Rumah Sakit Medical Service. Pramita juga disarankan meminum jamu asal Cina untuk memulihkan tenaga. Namun kondisinya malah memburuk dan Pramita sempat buang air besar bercampur darah. Menurut cerita Lita. Anak yang dilahirkan Pramita kini sudah berumur satu bulan dan diberi nama Kevin.” Dalam hal ini. Surabaya.tidak lama setelah menjalani operasi caesar di Rumah Sakit Surabaya Medical Service. Dua minggu kemudian Pramita kembali ke Rumah Sakit Surabaya Medical Service untuk melakukan chek up. Korban mengalami infeksi pada saluran urin dan kemudian menjalar ke otak. sebelumnya Pramita melakukan operasi persalinan disalah satu praktek bidan di Jalan Nginden. (Didik Wahyudi/Sup) Analisis Kasus : Dalam kasus di atas. karena infeksi sudah menjalar ke otak dan Pramita akhirnya meninggal dunia. pihak keluarga meminta dirujuk ke Rumah Sakit Dr Soetomo Surabaya. Lita. Operasi berjalan mulus yang ditangani oleh dr Antono. Saat dikonfirmasi. pada kalimat “Seluruh tubuhnya berubah menghitam setelah meminum obat dari dokter tempat dia berobat di asalnya. Pertama. Dr Antono menyarankan Pramita dioperasi karena dideteksi saluran kencingnya bocor dan Pramita kembali menjalani operasi. pihak Rumah Sakit Surabaya Medical Service belum memberikan jawaban terkait dugaan malpraktek ini. dipanggil pihak Rumah Sakit Medical Service di Jalan Kapuas Surabaya terkait laporannya pada salah satu media tentang anaknya Pramita Wulansari (22). dokter sudah melanggar Kode Etik . pihak Rumah Sakit Surabaya Medical Service tidak mau memberi komentar mengenai dugaan malpraktek ini. Pramita sempat dua hari dirawat di Rumah Sakit Dr Soetomo namun dinyatakan terlambat. Si bayi terpaksa dirawat oleh ayahnya dan kedua mertuanya. Melihat kondisi Pramita semakin memburuk. terdapat 2 pelanggaran yang terjadi yaitu. Pramita lalu dirujuk ke Rumah Sakit Surabaya Medical Service untuk dilakukan operasi caesar.

Malpraktek adalah praktek kedokteran yang salah atau tidak sesuai dengan standar profesi atau standar prosedur operasional. “Setiap dokter harus senantiasa berhati hati dalam mengumumkan dan menerapkan setiap penemuan tehnik atau pengobatan baru yang belum diuji kebenarannya dan hal hal yang dapat menimbulkan keresahan masyarakat. pada kalimat “Wanita ini meninggal dunia tidak lama setelah menjalani operasi caesar di Rumah Sakit Surabaya Medical Service. dalam setiap praktek medisnya.” Kedua. seorang dokter sudah melanggar Kode Etik Kedokteran Indonesia tentang Kewajiban Umum Pasal7a yaitu. “Seorang dokter harus. Korban mengalami infeksi pada saluran urin dan kemudian menjalar ke otak”. Namun yang terjadi pada kasus di atas adalah Malpraktek. memberikan pelayanan medis yang kompeten dengan kebebasan teknis dan moral sepenuhnya.Kedokteran Indonesia tentangKewajiban Umum pasal 6 yaitu. disertai rasa kasih sayang ( compassion ) dan penghormatan atas martabat manusia. . Kejadian diatas merupakan tindakan yang tidak etis.” Opini Penulis : Menurut saya menyimpulkan dikarenakan setelah kasus profesi di membaca kasus atas adalah seorang dokter di atas dapat kasus“tidak etis” adalah menolong seseorang dengan kemampuan yang dimilikinya. Untuk malpraktek dokter dapat dikenai hukum kriminal dan hukum sipil. Dalam hal tersebut.

Ironisnya.rumah sakit.dokter harus memberuka perawatan dengan berhati-hati dan penuh perhatian sesuai dengan standar pelayanan medic.seorang pasien menjadi korban percobaan karena kecerobohan seorang dokter.keterampilannya.mengerahkan ikhtiar dan segenap kemampuannya.dan berhasil guna. Dari perjanjian ini dokter harus usahanya berusaha denga segala . Situasi Etika : pelayanan yang .berdaya guna. Makna dari perjanjian ini adalah bahwa dokter harus mengambil alternatif untuk menunjuk dokter dan atau sarana kesehatan lainnya manakala ia merasa tidak mampu untuk melanjutkan upaya pengobatan dan perawatan pasien tersebut. Tindakan ini dapat dituntut sesuai hukum yang berlaku di Indonesia. Tidak seharusnya dan sepantasnya seorang dokter melakukan hal malpraktek dikarenakan seorang dokter melakukan sumpah profesi kedokteran.sebab penyimpangan dari standar berarti pelanggaran perjanjian.dan sarana kesehatan lainnya sehingga tercapai bermutu.System pelayan kesehatan melalui rumah sakit adalah tatanan daripada tingkat pelayanan rumah sakit yang disusun menurut pola rujukan timbal antara masyarakat. kebanyakan korban malpraktek adalah kaum kecil yang tidak mempunyai uang untuk pengobatan dirinya sendiri.ilmu pengetahuannya untuk menyembuhkan pasien.puskesmas.

Hal tersebut bertentangan dengan kode etik Kedokteran Indonesia. Mengapa Kasus Ini Dapat Dikatakan Ada Dalam Situasi Keetikaanya ? Karena kasus diatas terdapat permaslahan malpraktek dokter di salah satu rumah sakit di daerah Blitar & Surabaya yang melanggar Kode Etik Kedokteran Indonesia. .Situasi etika yang terjadi pada kasus di atas adalah Wanita ini meninggal dunia tidak lama setelah menjalani operasi caesar di Rumah Sakit Surabaya Medical Service karena di duga malpraktek.