Cara Membuat Resep Tahu Telor Petis Surabaya

Khas Jawa Timur
October 17, 2015 0 Comment

Resepku.me – Siapa yang tidak kenal
dengan masakan khas Jawa Timur tahu
telor ini? Pastinya setiap orang tahu
dengan menu masakan yang nikmat
tersebut. Apalagi bagi mereka yang suka
dengan menu ini pastinya mereka akan
segera menyerbu dan tidak akan berbagi
untuk kelezatan rasanya. Tapi bagi anda
yang memang belum tahu sama sekali,
anda bisa coba resep tahu telor berikut
untuk mengetahui seperti apa cara
membuatnya dan bagaimana rasa dari
menu hidangannya. Tahu telur seringkali
dijadikan lauk pendamping saat berbuka
puasa. Umumnya tahu telur sering dijadikan sandingkan untuk ketupat atau lontong yang
kaya akan karbohidratnya. Untuk menghidangkan tahu telor anda tidaklah usah menunggu
saat momen puasa atau lebaran tiba, jika anda memiliki bahan seperti yang disebutkan
berikut, anda bisa langsung mencoba dan mempraktekkan resep khas asli yang enak
berikut.

Bahan membuat resep tahu telor khas
Jawa Timur asli:

Tahu putih 350 gram, cuci bersih kemudian potong dadu dengan ukuran 1cm

Telur ayam 7 butir

Tepung terigu 3 sendok makan

Air 75 ml

Bawang putih 4 siung, haluskan

Garam, secukupnya

Daun kucai 4 batang, iris dengan ukuran 1 cm

Tauge 200 gram, bersihkan lalu seduh dengan air panas sampai tauge layu

Mentimun 250 gram, bersihkan dan cincang kasar

Cara membuat saus sambalnya:

Minyak goreng 2 sendok makan

Bawang putih 4 siung, kupas dan iris tipis

Cabai rawit 7 buah, cuci dan iris halus
1

masak dengan api kecil sampai adonan matang. 2. masukan adonan tahu telor yang sudah jadi. 3. Campurkan bahan seperti telur ayam (kocok lepas). kecap dan garam secukupnya. Tahu telur siap dihidangkan. sisihkan. Aduk-aduk hingga semua bahan tercampur rata. Menu resep tahu telor surabaya di atas adalah resep yang sering dibuat oleh orang-orang Jawa Timur yang sudah terbiasa membuat hidangan tahu telur dengan citarasa yang khas. Cara membuat sambal. cabai. Ulangi kembali sisa adonan dengan cara yang sama. Setelah matang angkat dan haluskan. campurkan bawang putih. 4. Aduk-aduk hingga semua bahan tercampur dengan rata. anda wajib mencoba resep di atas kemudian menghidangkan nya saat keluarga atau rekan-rekan anda datang ke rumah. untuk membuktikan kenikmatan dna kelezatan rasanya. 9. kemudian tambahkan terigu yang sudah diencerkan dengan menggunakan air. 6. Siapkan mangkuk dengan ukuran kecil. bawang putih. siapkan wajan anti lengket dan panaskan dengan diolesi minyak secukupnya. Selamat mencoba. kemudian beri tauge. Jangan lupa taburi dengan daun kucai supaya lebih nikmat. tahu iris dan garam secukupnya. Lalu tumis bawang putih. Kemudian bagi adonan menjadi 5 atau 6 bagian. 5. 2 . Kemudian siapkan wadah dengan ukuran sedang. siapkan piring. Nah. angkat dan sisihkan. petih. Penyajian. siapkan wajan dan beri minyak secukupnya untuk menumis. Setelah matang. secukupnya Cara membuat resep tahu telor petis: 1. mentimun dan siraman sambal petis. Garam. 7. cabai rawit hingga setengah matang. Untuk membuat resep tahu telor yang enak khas Jawa Timur anda bisa siapkan semua bahan yang disebutkan dengan takaran ukuran yang pas. 8. Balik adonan dan masak kembali hingga adonan matang secara rata. secukupnya  Petis udang 3 sendok makan  Kecap manis. Tuangkan satu adonan dari tahu telur yang sudah dibuat diatas wajan.

anda bisa saja menghidangkannya bersama sepiring nasi putih. vitamin dan mineral tubuh tetap terpenuhi. Saat memilih bumbu petis. Jika anda alergi dengan udang. Di dalam resep tahu telur sudah terdapat sayur-sayuran (tauge dan mentimun) namun dalam jumlah yang kurang signifikan untuk memenuhi kebutuhan serat setelah seharian berpuasa. potong dadu 1cm  5 butir telur ayam  1 sdm tepung terigu  50 ml air  2 siung bawang putih. jika petis berwarna hitam legam biasanya terbuat dari udang yang sudah tidak segar lagi. Tahu telur pada umumnya disajikan dengan lontong atau ketupat sebagi sumber karbohidrat. pilihlah yang beraroma tidak tengik. cuci bersih. Petis yang bagus biasanya berwarna cokelat tua agak kemerahan.Resep Tahu Telur Hidangan khas Jawa Timur yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi bagi anda. anda bisa mengganti penggunaan petis udang dengan petis sapi. haluskan 3 . Biasanya anda bisa menemukan hidangan ini di warung tenda khas Lamongan atau Sidoarjo. Penggunaan petis dengan kualitas kurang bagus tentu akan membuat hidangan tahu telur anda terasa kurang lezat. Namun jika menyiapkan lontong dirasa cukup merepotkan di bulan puasa. Menyambut bulan puasa. kami menyajikan resep tahu telur sebagai lauk pendamping pada hidangan buka puasa anda. Resep Tahu Telur Print Waktu persiapan 20 minit Waktu memasak 40 minit Waktu total 1 jam Penulis: Titi Macam resep: Cemilan Cuisine: Indonesia Saran penyajian: 5 Bahan-bahan Bahan:  250 gr tahu putih. Untuk itu jika anda menghidangkan masakan ini. ada baiknya anda menyiapkan menu sayuran lainnya agar kebutuhan akan serat.

Siapkan wadah. Hidangkan tahu telur bersama tauge. Cara Resep Membuat Tahu Telur Sederhana Enak Thursday.    ½ sdt garam 3 batang daun kucai. bersihkan. Lakukan terus hingga adonan habis. 2. garam. mentimun. 4. iris tipis  5 cabai rawit. masak dengan api kecil hingga adonan matang di satu sisi. Campur rata. olesi dengan minyak. 2014 Resep membuat tahu telur . Aduk rata. Siapkan mangkuk kecil. Bagi adonan menjadi 5 bagian. Tuang satu bagian adonan tahu telur. Masukkan terigu yang sudah dilarutkan dengan air. bawang putih dan tahu iris. garam. sambal petis dan taburan daun kucai. Balik adonan dan masak kembali hingga adonan matang merata. haluskan. October 30. seduh air panas hingga layu 150 gr mentimun. langsung saja simak cara membuat tahu telor sederhana. cincang kasar Sambal:  1 sdm minyak goreng  2 siung bawang putih. masakan ini sangat enak dengan tambahan bumbu kacang yang mantab. Angkat sisihkan. Sambal: panaskan minyak di wajan. 4 . Panaskan wajan anti lengket. bawang putih. iris halus  1 sdt garam  2 sdm petis udang  10 sdm kecap manis Cara membuat 1. petis dan kecap. canpur cabai. tumis bawang putig dan cabai rawit hingga ½ matang. pecahkan telur ayam dan kocok lepas. 3. iris 1 cm 150 gr tauge.tahu telur masakan berbahan dasar tahu dan telur. Angkat.

 Bawang goreng.  Air secukupnya. 50 gram kacang tanah goreng. Untuk bumbu kacang:   3 siung bawang putih. sesuai selera Bahan pelengkap:   Kerupuk. Cara membuat tahu telur: 5 . 2 butir telur ayam. 150 gram tahu putih. kocok sampai mengembang. sesuai selera.  Lontong/nasi. 3. Garam secukupnya. Kecap manis. jangan encer encer pokok bumbunya. 2.  Irisan seledri. potong kotak kecil/dadu.  Cabai secukupnya.TAHU TELUR Bahan bahan: 1.  Tauge/kecambah. digoreng.  Kecap secukupnya.

bawang goreng. kecambah. kecap dan siram dengan bumbu kacang. 4. selanjutnya tambahkan irisan seledri. Tahu telur siap disajikan. 3. Demikian cara resep membuat tahu telur enak sederhana. baca juga resep cara membuat tahu brontak dan cara membuat bakwan tahu. Haluskan bumbu kacang yang sudah saya tulis diatas. Panaskan minyak goreng didalam teflon dan masukkan adonan tahu telur dan masak hingga matang. 2. Cara menyajikan: Siapkan piring dan tambahkan lontong/nasi (sesuai selera) dan tambahkan tahu telur tadi. Pertama masukkan irisan tahu kedalam kocokan telur yang diberi garam sedikit. dan bolak balik sampai rata. 6 . Selamat mencoba dan terimakasih.1.