MAKALAH

Sanitasi Pantai Klandasan Balikpapan

Disusun guna memenuhi tugas yang diberikan oleh dosen pengampu mata kuliah
Kesehatan Lingkungan Kelas D

Dosen Pengampu:
Rahayu Sri Pujiati, S.KM., M.Kes.
Anita Dewi Moelyaningrum, S.KM., M.Kes
Prehatin Trirahayu Ningrum, S.KM.,M.Kes

Disusun Oleh:
Fahriza Safira Wardani
NIM. 152110101143

FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT
UNIVERSITAS JEMBER
2016

Makalah yang berjudul Sanitasi Pantai Klandasan Balikpapan ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Kesehatan Lingkungan kelas D. Penulis mengucapkan terimasih atas semua bantuan yang telah diberikan. Terakhir penulis berharap. karena berkat limpahan rahmat dan hidayah-Nya maka makalah ini dapat diselesaikan dengan baik dan tepat pada waktunya. Jember. Untuk itu saran dan kritik yang membangun sangat diharapkan dalam penyempurnaan makalah ini. baik dari segi materi maupun penyajiannya. baik secara langsung maupun tidak langsung selama penyusunan makalah ini hingga selesai. Salam dan salawat semoga selalu tercurah kepada Rasulullah Muhammad SAW. semoga makalah ini dapat memberikan hal yang bermanfaat dan menambah wawasan bagi pembaca.KATA PENGANTAR Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT. 25 Oktober 2016 Penulis i . Penulis menyadari bahwa makalah masih jauh dari sempurna.

......................................................................................................... 3 BAB 3 PEMBAHASAN ................................ 12 DAFTAR PUSTAKA ................................... 10 3....................................................................1 Kesimpulan ............................................................................... 9 3.. 2 BAB 2 TOPIK ..................................................................................2 Saran ....... 11 4................................................. ii BAB 1 PENDAHULUAN ........................1 Latar Belakang ................................2 Rumusan Masalah ...................................................................................................................................................................... 13 ii .............................................................1 Permasalahan ...................................................................... 1 1.......................................................................... 10 BAB 4 KESIMPULAN DAN SARAN ......... 9 3....................................................................... 11 4..............................DAFTAR ISI KATA PENGANTAR ............................... 1 1................ 3 2............................................... i DAFTAR ISI ............3 Rekomendasi ....................................2 Pemecahan Masalah ..............................................................................................................................................................................1 Penyebab .........................................................

tempat ibadah. restoran. terminal. Jika minat pengunjung menurun untuk datang ke tempat wisata tersebut.BAB 1 PENDAHULUAN 1. Selain dampak positif. Apabila keindahan dari tempat wisata tersebut hilang maka pengunjung akan menjadi enggan untuk mengunjungi tempat wisata tersebut. Maraknya foto-foto indah tempat wisata yang disebarkan melalui media social. kolam renang. 1 . Salah satu tempat umum yang sering dikunjungi masyarakat adalah tempat wisata. pasar. semakin lama dapat menyebabkan penurunan jumlah pengunjung bahkan hingga tidak ada lagi pengunjung yang datang.1 Latar Belakang Sanitasi tempat umum merupakan suatu usaha penegahan penularan penyakit yang di tujukan pada pelayanan kebersihan/ kesehatan di tempat umum. membuat masyarakat lebih mudah untuk mengetahui letak dari suatu tempat wisata. bioskop. Peningkatan jumlah kunjungan wisata dapat membantu suatu daerah untuk meningkatkan derajat ekonomi warga yang tinggal di daerah tersebut. Hal tersebut dapat timbul apabila peningkatan jumlah kunjungan wisata tidak diimbangi dengan adanya sarana sanitasi yang memadahi. penginapan. supermarket. dan masih banyak tempat-tempat lainnya. tempat wisata. peningkatan jumlah kunjungan wisata juga dapat menimbulkan dampak negatif. Akibat kemudahan tersebut kini tempattempat wisata banyak di kunjungi masyarakat. Tempat-tempat yang termasuk dalam kategori tempat umum adalah hotel. Maka jika sanitasi tempat wisata tidak dijaga dapat menghilangkan unsur estetika dari tempat wisata tersebut. serta perilaku pengunjung yang tidak peduli terhadap kebersihan lingkungan maka dapat menyebabkan tempat wisata tersebut rusak dan tercemar sehingga tempat tersebut dapat menjadi sarang penyakit serta menghilangkan unsur estetika dari tempat tersebut.

Berkurangnya jumlah pengunjung atau bahkan tidak adanya lagi pengunjung yang datang ke tempat wisata maka dapat menurunkan tingkat ekonomi di daerah tempat wisata. Selain itu tepat wisata yang memiliki biaya operasional. 1. Apa yang menyebabkan menumpuknya sampah di Pesisir Pantai Klandasan? 2. dapat dirumuskan pertanyaan sebagai berikut : 1. Bagaimana cara mengatasi masalah menumpuknya sampah di Pesisir Pantai Klandasan? 2 .2 Rumusan Masalah Berdasarkan uraian dari latar belakang di atas. maka dapat menyebabkan kerugian. sedangkan jumlah pengujung berkurang. Karena warga yang awalnya penghasilannya bergantung pada pengunjung tempat wisata akan kehilangan sumber penghasilannya.

Warga maunya yang gampang-gampang. ajakan dia seolah angin lalu.CO. sampah kayu dan botol menumpuk di pinggir pantai.1 Permasalahan Alamak. siapa yang tak kenal dengan kawasan ini.” katanya. Warga tak menggubris dan kelakuan membuang sampah di laut terus saja terjadi.BAB 2 TOPIK 2. Tumpukan sampah menyebar bau tak sedap. “Ini menyangkut karakter. Suliansyah menjelaskan. 3 . tak mau repot. membuang sampah ke pantai masih menjadi kebiasaan warga khususnya warga yang tinggal di pesisir. Sayangnya. kawasan yang berada di jantung Balikpapan ini masih sangat jorok.” kata Lurah Klandasan Ulu Suliansyah kepada Balikpapan Pos (Kaltim Post Grup). Namun kata dia. “Saya sudah sering ingatkan warga untuk tidak buang sampah di pantai. Pantai Klandasan Masih Jorok! PROKAL. BALIKPAPAN — Pantai Klandasan. sehingga sulit mengubah kebiasaan tersebut.

kontribusi sampah itu juga datang dari daerah tetangga. Jika ketahuan warga membuangan sampah sembarangan. “Sampah-sampah besar juga menyangkut di situ (pantai).” sebutnya. ia membantah jika semua sampah itu berasal dari warganya. yang terbawa gelombang air laut. ada sampah kayu.Meski demikian. buah kelapa. maka dilakukan peneguran. yang jelas pengawasan terus kami lakukan. Kendati demikian. terus dilakukan. “Kami bisanya hanya memberi teguran. (tur/cha/kpnn) 4 . dan sebagainya.” pungkasnya. enggak mungkin sampah seperti itu dari warga pesisir Klandasan Ulu. Menurut dia. pengawasan katanya.

CO. Dikatakannya sampah yang sering berserakan di bibir pantai. Hal ini cukup memprihatinkan karena di wilayah ini berada di pusat kota yang berdekatan dengan kantor wali kota. BALIKPAPAN . Usulan ini. biasanya terbawa dari arus laut. terkadang bersih juga karena arus laut.” kata Munriyadi. Kamis (20/10) kemarin. biasanya setiap pekan pihaknya selalu menginstruksikan kepada warga untuk melakukan kerja bakti masal (KBM) termasuk membersihkan sampah di wilayah pesisir pantai . Namun saat ini agenda tersebut tertunda. “Kedepannya kami akan terus melakukan monitoring dan memberikan arahan kepada kelurahan masing-masing untuk terus memantau lingkungannya agar menjaga kebersihan.” pintanya. sejumlah warga juga mengusulkan kepada pemkot agar membentuk Unit Pengelola Teknis (UPT) Kebersihan Pantai.Pesisir Pantai Klandasan Dipenuhi Sampah Warga Usulkan Bentuk UPT Kebersihan Pantai PROKAL. Munriyadi. “Kedepannya kami akan langsung melakukan monitoring untuk segera membersihkan area pesisir pantai supaya tidak terlihat jorok. 5 . Sebelumnya. Bukan hanya itu. kami selalu melakukan KBM yang menjadi agenda kecamatan. Menurut Kasi Trantib dan Lingkungan Hidup Kecamatan Balikpapan Kota.” tutup Munriyadi.Wilayah pesisir pantai Klandasan kerap dipenuhi sampah yang diduga dibuang oleh warga. Makanya kedepannya akan membuat program baru yang lebih efisien dalam mengatasi sampahsampah yang berserakan. kepada Balikpapan Pos. Sebelum defisit anggaran. terkait dengan banyaknya sampah yang berserakan di sungai dan pantai di Kota Minyak. “Namun kami dari pihak kecamatan tetap akan mengimbau kepada warga yang berada dipesisir untuk tidak membuang sampah ke laut.

hingga saat ini bantaran sungai serta kawasan pesisir pantai Balikpapan sering dipenuhi sampah yang dibuang warga.” pungkasnya.” terang pria yang bekerja pada salah satu mal di kawasan Jalan Jenderal Sudirman ini. kawasan pemukiman atas air bisa berkurang dengan terbentuknya UPT ini. “Jadi UPT ini yang membuat program penyuluhan kepada warga yang tinggal dibantaran sungai dan kawasan pesisir pantai tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.(ham/vie) 6 . Menurutnya. Hal senada juga diungkapkan Ramdani warga Prapatan. Tetapi kebersihan sungai dan pantai kurang diperhatikan.“Saya melihat pemkot belum fokus dalam menangani kebersihan pantai dan sungai.” ujar Ramli warga RT 02 Telaga Sari. maka semakin jelas program kebersihan pantai dan sungai. Sekadar diketahui.” pungkasnya. “Selama ini pemkot hanya fokus menangani kebersihan lingkungan warga. Dengan adanya UPT kebersihan pantai dan sungai diharapkan sampah yang dibuang warga dikawasan sungai dan pesisir pantai di Kota Minyak bisa diminimalisir. ia menuturkan dengan adanya UPT ini maka program-program penyuluhan kepada warga yang tinggal di daerah aliran sungai (DAS) serta kawasan pesisir pantai akan maksimal. “Mudah-mudahan sampah-sampah yang ada di Sungai Klandasan. dengan adanya UPT ini.

co mencoba menyusuri bagian belakang pasar basah tersebut. dan sampah bekas buah semangka busuk. Saat itu Tribunkaltim. menciptakan aroma bau yang tidak sedap. Satu di antara warga yang ada di lokasi. sampah kertas. Namun disayangkan. pada Jumat (10/6/2016) sore. BALIKPAPAN . bisa juga 7 .Banyak Sampah Tercecer di Pesisir Pantai Pasar Klandasan TRIBUNKALTIM. Membuat mereka yang duduk bersantai di pinggir pantai serasa tidak nyaman. di belakang Pasar Klandasan Jalan Jenderal Sudirman Kota Balikpapan sudah ramai orang-orang dan para pedagang kaki lima. sampah kayu-kayu bekas pembungkus barang dagangan. rasa ingin segera menginggalkan tempat ini. Andi. terlihat ada ceceran sampah menghiasi pesisir pantai. Sisa buangan itu. Sampah-sampah itu di antaranya ada bekas plastik pembungkus sebuah produk. Bau sampah yang tertiup angin pantai begitu terasa sampai ke daratan. menuturkan. "Sampahnya datang dari pasar. Persis di bagian pinggir tanggul pantai. pasar yang membelakangi pantai Balikpapan ini dianggap tidak ramah lingkungan.CO.Mendekati waktu berbuka puasa Ramadhan. pada waktu lalu sempat dibersihkan namun setelah beberapa hari kemudian sampah-sampah muncul lagi. sampah botol plastik kemasan air minum.

co." tuturnya yang sehari-hari menjadi petugas parkir pasar. (*) 8 .sampah dari tempat lain. dibawa kesini. dibawa arus laut. sepanjang pinggir pantai di belakang Pasar Klandasan tidak ditemukan tong sampah yang berfungsi untuk wadah buangan sampah para pengunjung dan penghuni Pasar Klandasan. Pengamatan Tribunkaltim.

Padahal lokasi dari Pantai Klandasan sendiri berada di jantung Kota Balikpapan yang berdekatan dengan kantor Wali Kota Balikpapan.1 Penyebab Pantai Klandasan merupakan salah satu objek wisata yang masuk dalam daftar objek wisata yang wajib dikunjungi di Kota Balikpapan. sampah kertas. sampah botol plastik kemasan air minum. dan merasa ingin segera menginggalkan tempat ini. Sisa sampah tersebut dapat menimbulkan aroma bau yang tidak sedap. Masyarakat pada saaat ini lebih memilih yang praktis. 9 . Banyak sampah menumpuk di sepanjang Pantai Klandasan. Adanya pasar tersebut juga menjadi salah satu sumber terjadinya penumpukan sampah. Selain itu kurangnya sarana tempat pembuangan sampah juga menjadi salah satu penyebab dari masalah penumpukan sampah. mereka enggan mencari tempat sampah untuk membuang sampah.BAB 3 PEMBAHASAN 3. Penumpukan sampah tersebut disebabkan oleh kurang sadarnya masyarakat sekitar pantai untuk membuang sampah pada tempatnya. Membuat orang-orang yang duduk bersantai di pinggir pantai menjadi tidak nyaman. Bau sampah yang tertiup angin pantai dapat tercium oleh orangorang yang berada disekitar pantai. Pantai Namun kondisi dari Pantai Klandasan pada saat ini sangat memprihatinkan. sampah kayu dan botol menumpuk di pinggir pantai. dan sampah bekas buah semangka busuk. Hal ini disebabkan kurang sadarnya pedagang dan pembeli untuk membuang sampah pada tempatnya. Tumpukan sampah menyebar bau tak sedap. Di pinggiran Pantai Klandasan juga terdapat pasar yang diisi oleh pedagang-pedagang kaki lima. Tumpukan sampah tersebut terdiri dari bekas plastik pembungkus sebuah produk. mereka lebih memilih membuang sampah di tempat yang dapat mereka jangkau. sampah kayu-kayu bekas pembungkus barang dagangan.

agar warga sekitar sadar akan kebersihan pantai dan turut serta dalam menjaga kebersihan pantai.2 Pemecahan Masalah Usaha yang dilakukan untuk memecahkan masalah penumpukan sampah pemerintah Kota Balikpapan dalam hal ini yaitu tantrib dan lingkungan hidup telah melakukan upaya dengan melaksanakan kerja bakti masal (KBM). 3. Di kawasan sekitar pantai tidak disediakan tempat sampah untuk warga sekitar. Namun upaya tersebut masih belum efektif untuk menengani masalah penumpukan sampah. UPT Kebersihan Pantai dapat bertugas untuk menyediakan sarana sanitasi di sekitar pantai serta mengawasi kebersihan di sekitar pantai.3 Rekomendasi Sebagai upaya penanggulangan masalah penumpuka sampah dapat dilakukan dengan membentuk UPT Kebersihan Pantai. Selain itu UPT Kebersihan Pantai juga dapat mebentuk program-program penyuluhan mengenai sanitasi tempat umum kepada warga sekitar. KBM dilaksanakan setiap minggu dengan mengajak warga sekitar untuk ikut serta berpartisipasi. 10 . selain itu KBM juga tidak diimbangi dengan pengadaan sarana sanitasi yang layak. Hal tersebut disebabkan karena tidak teraturnya pemerintah dalam menyelenggarakan KBM.3.

Banyak sampah menumpuk di sepanjang Pantai Klandasan. Di pinggiran Pantai Klandasan juga terdapat pasar yang diisi oleh pedagang-pedagang kaki lima. Adanya pasar tersebut juga menjadi salah satu sumber terjadinya penumpukan sampah. Tumpukan sampah menyebar bau tak sedap. Penumpukan sampah tersebut disebabkan oleh kurang sadarnya masyarakat sekitar pantai untuk membuang sampah pada tempatnya. peningkatan jumlah kunjungan wisata juga dapat menimbulkan dampak negative yaitu menyebabkan tempat wisata tersebut rusak dan tercemar sehingga tempat tersebut dapat menjadi sarang penyakit serta menghilangkan unsur estetika dari tempat tersebut. 11 . sampah kayu dan botol menumpuk di pinggir pantai.1 Kesimpulan Sanitasi tempat umum merupakan suatu usaha penegahan penularan penyakit yang di tujukan pada pelayanan kebersihan/ kesehatan di tempat umum. Apabila keindahan dari tempat wisata tersebut hilang maka pengunjung akan menjadi enggan untuk mengunjungi tempat wisata tersebut sehingga menyebabkan penurunan jumlah pengunjung bahkan hingga tidak ada lagi pengunjung yang datang. Selain itu kurangnya sarana tempat pembuangan sampah juga menjadi salah satu penyebab dari masalah penumpukan sampah. Kondisi dari Pantai Klandasan pada saat ini sangat memprihatinkan. Salah satu tempat umum yang sering dikunjungi masyarakat adalah tempat wisata.BAB 4 KESIMPULAN DAN SARAN 4. Selain dampak positif. Peningkatan jumlah kunjungan wisata dapat membantu suatu daerah untuk meningkatkan derajat ekonomi warga yang tinggal di daerah tersebut. Berkurangnya jumlah pengunjung atau bahkan tidak adanya lagi pengunjung yang datang ke tempat wisata maka dapat menurunkan tingkat ekonomi di daerah tempat wisata.

2 Saran Diharapkan kepada pemerintah untuk menangani masalah penumpukan sampah dengan membentuk UPT Kebersihan Pantai. 12 .Usaha yang dilakukan untuk memecahkan masalah penumpukan sampah pemerintah Kota Balikpapan dalam hal ini yaitu tantrib dan lingkungan hidup telah melakukan upaya dengan melaksanakan kerja bakti masal (KBM). UPT Kebersihan Pantai dapat bertugas untuk menyediakan sarana sanitasi di sekitar pantai serta mengawasi kebersihan di sekitar pantai. Selain itu UPT Kebersihan Pantai juga dapat mebentuk program-program penyuluhan mengenai sanitasi tempat umum kepada warga sekitar. 4.

Pantai Klandasan Masih Jorok! (2015).).menlhk. (2016).tribunnews.go. dari Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim: http://ditjenppi.co/read/news/228319-alamak-pantai- klandasan-masih-jorok. 2015.id/_asset/_regulasi/Kepmenkes_8522008_Ttg_Strategi_Nasional_Sanitasi_Total_Berbasis_Masyarakat_(STB M). Dipetik Oktober 25.html Banyak Sampah Tercecer di Pesisir Pantai Pasar Klandasan. 2016. dari Prokal: http://kaltim.prokal.pdf Pesisir Pantai Klandasan Dipenuhi Sampah. dari http://hukum. (2010). & Budiman. Dipetik Oktober 25. Dipetik Oktober 25. 852/MENKES/SK/IX/2008. Dipetik September 27.com/2016/06/10/banyak-sampah-tercecer-dipesisir-pantai-pasar-klandasan Chandra.depkes.unsrat.bkhh.go. 11 Tahun 1962.DAFTAR PUSTAKA Alamak.html Siswanto. 2016. 2016.Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. dari JDIH-LIPI: jdih.thn.lipi.id/reddplus/images/resources/permen/permenL HKno32karhutla. UU 32 Tahun 2009 . Pengantar kesehatan Lingkungan.prokal. Ilmu Kesehatan Masyarakat dalam Konteks Kesehatan Lingkungan.php?page=peraturan&id=588 UU No. dari Tribun News: http://kaltim.go. 2016. Kepmenkes No. (2006).id/view/download. (2003). (2016). M.id/uu/uu_11_1962. Jakarta: EGC. Dipetik Oktober 25.co/read/news/199927-pesisir-pantaiklandasan-dipenuhi-sampah. Suyono. 2016. B. Jakarta: EGC. 32 Tahun 2016.thn. dari Kementrian Kesehatan RI: http://pppl.).ac. Dipetik Oktober 25. (2008). Dipetik Oktober 10. dari Prokal: http://balikpapan. Peraturan Menteri LHK No. (t.htm 13 . Jakarta: EGC. (t. (2016). 2016.pdf LHK. Kamus Populer Kesehatan Lingkungan. H.