TATA CARA PENILAIAN ANGKA KREDIT

JABATAN FUNGSIONAL ADMINKES

Petunjuk Praktis ini disajikan pada Pelatihan Jabatan Fungsional Administrator
Kesehatan (Adminkes) Di Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Provinsi
Bengkulu yang diselenggarakan Tanggal 13 April 2012

Oleh :
Darman Suandy

Kerja Sama antar :
Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK)
Ciloto Dengan Dinas Kesehatan Provinsi
Bengkulu
KATA PENGANTAR

sehingga dapat memahami bagaimana cara Penilaian Angka Kredit oleh Tim Penilai maka pejabat fungsional dapat mengajukan Angka Kredit yang diperoleh lengkap dengan bukti-bukti fisiknya. Penulis yakin bahwa Petunjuk Praktis ini jauh dari sempurna namun niat saya ingin membantu rekan-rekan sesame pejabat fungsional maka kami mengharapkan kritik dan saran demi kebaikkan kita bersama. Bengkulu. Tata Cara Penilaian Angka Kredit Jabatan Fungsional Adminkes ini diharapkan dapat membantu para pejabat fungsional pada umumnya dan pejabat Fungsional Adminkes pada Khususnya dalam penyusunan Daftar Usul Penetapan Angka Kredit (DUPAK) dimana sekarang ini masih terasa kurang. Oktober 2011 Penulis DAFTAR ISI .Puji Syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT berkat rahmat-Nya telah tersusun Tata Cara Penilaian Angka Kredit Jabatan Fungsional Adminkes sebagai Petunjuk Praktis Bagi Pejabat Fungsional pada umumnya dan jabatan Fungsional Adminkes pada khususnya.

Pejabat yang berwenang menetapkan angka kredit………………… 3 Lampiran-lampiran .JUDUL……………………………………………………… ………… i KATA PENGANTAR……………………………………………… … ii DAFTAR ISI…………………………………………………………. Siapakah yang Dinilai……………………………………………… 1 2. 3 TATA CARA PENGAJUAN .Prosedur Pengajuan…………………………………………………. 1 DOKUMEN USULAN Kelengkapan……………………………………………… …………… 2 ... 1 PENILAIAN 1. 3 . Syarat yang Harus Dinilai…………………………………………. .Pejabat yang berwenang mengajukan……………………………… 3 .Sahnya Dokumen………………………………………………… …. iii DASAR HUKUM…………………………………………………….

Pegawai Negeri Sipil yang akan diangkat dalam jabatan fungsional c. mereka tersebut di atas yang akan mengalami penilaian angka kredit untuk dapat dinilai harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan. Syarat-syarat yang harus dipenuhi pejabat jabatan fungsional a. Pegawai Negeri Sipil penuh untuk tingkat terampil sekurang-kurangnya berpangkat / golongan II/b dan berijazah. 2. 5. b. PP Nomor 16 tahun 1994 Keputusan Presiden RI Nomor 87 tahun 1999 Peraturan Presiden RI Nomor 54 tahun 2007 KEPMENPAN Nomor : 42/KEP/M. 2.DASAR HUKUM 1. Pangkat / golongan terakhir sudah berusia sekurang-kurangnya dua tahun. DP3 dua tahun terakhir mempunyai nilai setiap unsur minimal baik 4. 2. Tidak menduduki jabatan struktural atau yang melaksanakan tugas bukan tugas fungsional / tidak mengalami pembebasan sementara. 3. Angka kredit yang sudah terkumpul sudah berjumlah cukup sebagaimana yang diperlukan bahkan lebih kalau sudah melebihi. Pejabat jabatan fungsional yang harus naik pangkat 1. 4. Siapakah Yang Dinilai Yang akan mengalami penilaian angka kredit dalam jabatan fungsional ialah : a.PAN/12/2007 SKB Nomor : 251/Menkes-Kesos/SKB/III/2001 dan Nomor : 168 tahun 2001 PENILAIAN 1. . 3. Pejabat / Pegawai Negeri Sipil yang pernah dibebaskan sementara dan diangkat kembali dalam jabatan fungsional. sekurang-kurangnya DII dan untuk tingkat ahli sekurang-kurangnya berpangkat/golongan III/a dan berijazah S1. Pejabat fungsional yang akan naik pangkat b. Syarat Pengangkatan dalam jabatan fungsional 1.

Bagi jabatan fungsional keterampilan sudah mencukupi angka kredit 32 (80%) yang berasal dari unsur utama dan 8 angka kredit (20%) unsur penunjang 4. terdiri dari : a.2. Laporan bulan ini diloah dari kegiatan Laporan Kegiatan Harian (laporan harian ini tidak perlu dilampirkan). Angka kredit yang erkumpul sudah mencukupi jumlah yang ditetapkan. Surat Pernyataan menduduki jabatan e. tugas belajar lebih dari 6 bulan. DP3 dua tahun terakhir dan masing-masing unsur bernilai sekurang-kurangnya baik (nilai sekurang-kurangnya 76) c. Mempunyai DP3 yang nilai setiap unsur sekurang-kurangnya baik. b. yang terdiri dari : . Daftar Usulan Pengetapan Angka Kredit (DUPAK) adalah dokumen pokok yang ditandatangani oleh Kepala Kantor (minimal Pejabat Eselon) b. 3. yaitu a.Laporan kegiatan bulanan melaksanakan tugas apabila ada angka kredit yang diperoleh dari pelaksanaan kegiatan ini. Surat Keputusan Pengangkatan dalam jabatan fungsional atau Surat Penetapan Angka Kredit yang terakhir yang yang sudah pernah diberi PAK d. Surat Pernyataan Melaksanakan Kegiatan Pengembangan Profesi apabila ada - angka angka kredit yang diperoleh dari melaksanakan kegiatan ini Surat Pernyataan Melakasanakan Kegiatan Penunjang apabila ada angka kredit - yang diperoleh dari melaksanakan kegiatan penunjang ini Bukti mengikuti Pendidikan formal atau Diklat Kedinasan apabila ada angka kredit yang diperoleh dari kegiatan mengikuti pendidikan dan latihan yang ada . Bukti-bukti sah pencapaian dan perolehan angka kredit dan pelaksanaan tugas. DOKUMEN USULAN 1. Surat Keputusan Kenaikkan pangkat terakhir f. sesuai dengan jenjang jabatan fungsional ditetapkan. Tidak menduduk jabatan struktural dan atau sedang mengalami hukuman disiplin. Laporan Kegiatan Bulanan Laporan Kegiatan Harian ditandatangani oleh Ketua - Kelompok/Kepala Unit atau atasan langsung. Kelengkapan Dokumen usulan penetapan angka kredit yang diajukan. Surat Pengantar pengajuan usul yang ditandatangani oleh Pejabat berwenang mengajukan usulan g. Bagi jabatan fungsional ahli sudah memiliki sekurang-kurangnya 80% angka kredit yang berasal dari unsur utama (Pendidikan Pelayanan Pengembangan) dan 20 angka kredit berasal dari unsur penunjang 20%.

Prosedur pengajuan Daftar Usulan Penetapan Angka Kredit (DUPAK) dapat dibedakan : a. Bagi Pejabat Fungsional Asisten Madya (Gol. II/b) sampai dengan fungsional Muda (Gol. b. 2. III/d). slide. juga disahkan oleh Kepala Kantor d. Lampiran Surat Keputusan dan sebagainya. DUPAK ditandatangani oleh Kepala Kantor sekurang-kurangnya Pejabat Eselon III b.IV/e). Lampiran seperti Laporan Bulanan Surat Pernyataan melakukan kegiatan disahkan oleh Ketua Kelompok / Kepala Unit atau Kepala Kantor c. disahkan oleh Kepala Kantor TATA CARA PENGAJUAN 1. Lampiran seperti bukti-bukti prestasi hasil pekerjaan seperti karya tulis dan sebagainya. Bukti pendukung pada kegiatan tertentu unsur utama lainnya adalah :  Surat tugas melaksankan tugs di luar unit kerja. index dan sebagainya  Contoh brosur. - diploma dan STPL serta sertifikat.kaitannya dengan jabatan fungsional yang dilampirkan adalah photocopy yang disahkan oleh Kepala Kantor dimana fungsional berada dari ijazah. Bagi Pejabat Fungsional Madya (Gol. dan sebagainya Bukti Pendukung dari Kegiatan unsur Penunjang yang dilaksanakan antara lain :  Surat Keterangan atau jadwal pengajaran untuk kegiatan mengajar dan  melatih Sertifikat atau surat keterangan peran serta dalam seminar dan pertemuan sejenis  Copy kartu anggota organisasi profesi  Contoh majalah atau surat keterangan anggota redaksi majalah  Copy tanda jasa atau penghargaan  Surat Keputusan/Surat Keterangan terlibat dalam penilaian fungsional. Sahnya Dokumen Perlu diperhatikan agar seluruh dokumen dalam berkas usulan harus ada pengesahan dari pejabat yang berkepentingan a. pamphlet. apabila prestasi yang dicapai dalam tugas dianggap melebihi porsi tugas dan kondisi intern unit - kerjanya  Copy laporan survey bahan  Contoh bibiliografi. IV/a) sampai dengan utama (Gol. . Jabatan Fungsional Muda yang akan mengalami kenaikkan pangkat fungsional Madya termasuk dalam kategori ini.

2.Menteri untuk semua Departemen. Pejabat yang berwenang mengajukan Usul Penetapan Angka Kredit di atas. Ketua. Kecuali Depdikbud . c. b.Pimpinan Lembaga Pemerintah Non Departemen . Bagi Pejabat fungsional Golongan IV/a sampai dengan IV/e. Pejabat yang berwenang mengajukan Pejabat yang berwenang mengajukan usul Penetapan Angka Kredit adalah : a.Rektor. Badan dan Kepala Balai/Kantor bagi fungsional tingkat Madya.Gubernur / Kepala Daerah Tingkat I . Sekretaris Dinas. Pejabat yang berwenang menetapkan angka kredit Pejabat yang berwenang menetapkan angka kredit adalah : a. kepada Menteri. Kepala Bagian Kepegawaian atau serendah-rendahnya pejabat eselon III yang membidangi fungsional tertentu di Propinsi bagi fungsional tingkat Pelaksana sampai dengan Penyelia dan untuk keahlian dri tingkat Pertama sampai dengan Madya di lingkungan masing-masing. semua usulan penetapan angka kredit bagi fungsional Golongan IV/a sampai dengan IV/e disampaikan oleh pejabat yang berwenang mengajukan. Kepala Dinas atau serendah-rendahnya pejabat eselon II yang membidangi/Pembina fungsional tingkat Pertama dan Pratama. d. 3.Kepala Pusat Pembinaan fungsional yang bersangkutan . Kepala Bagian Kepegawaian atau pejabat eselon III yang membidangi kepegawaian bagi fungsional tingkat Pelaksana sampai dengan Penyelia dan tingkat Pelaksana sampai dengan Penyelia dan Tingkat Pertama sampai dengan Muda. mengajukan berkas Usulan Penetapan Angka Kredit berupa Surat Pengantar kepada Pejabat yang berwenang menetapkan angka kredit.Kepala Kantor Wilayah Depdikbud .Jaksa Agung dan Pimpinan Kesekretariatan Lembaga Tertinggi Negara . b. adalah Menteri. . Bagi pejabat fungsional Golongan II/b sampai dengan III/d adalah : . Direktur di Perguruan Tinggi.

SURAT TUGAS Yang bertanda tangan dibawah ini : Nama : NIP : Pangkat / Golongan Ruang : Jabatan Unit Kerja : : Menugaskan Kepada : Nama : NIP : Pangkat / Golongan Ruang : .

) . 4. 1. 2.Jabatan : Unit Kerja : Untuk melaksanakan kegiatan : A. 4. 3. 3. c.s/d……………… Kepala Dinas/ Biro/ Badan/ Kantor. 4. 2. B. 5. 5. Demikian Surat Tugas ini dibuat dan berlaku sejak tanggal……………………. (………………………………. 1. 3. 1. 5. 2.

LAPORAN KEGIATAN HARIAN ( Jumlah Prestasi Kerja Harian) BULAN : NAMA NI P JABATAN GOLONGAN/RUANG N O 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 Kegiatan Pengkajian Lanjutan pada individu Melaksanakan analisis data utk merumuskan diagnose pd individu : : : : Satuan Hasil 1 2 3 Laporan Stp diagnosa 4 5 6 7 8 9 2 3 10 11 12 13 14 15 TANGGAL 16 17 18 19 2 1 1 JML 20 21 2 1 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 2 1 8 1 8 KET .

23 24 25 Ds t LAPORAN KEGIATAN BULANAN TAHUN : NAMA NI P JABATAN GOLONGAN/RUANG N O 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 Kegiatan Pengkajia n Keperawa tan pada individu : : : : Satua n Hasil JANUA RI Lapora n 3 FEBRUA RI MARE T 3 APR IL M EI JU NI BULAN JU AGUST LI US JML SEPTEMB ER 3 OKTOB ER NOPEMB ER KET DESEMB ER 3 12 0.007 .

22 23 24 25 26 27 28 29 .

20 Atasan Langsung.sebagai berikut : NO 1 2 3 4 5 Dst Uraia n Kegia tan 2 Tang gal Satua n Hasil Jumla h Jumla h AK Keterang an/ bukti fisik 3 4 5 6 7 Demikianlah pernyataan ini dibuat untuk dapat dipergunkan sebagaimana mestinya. …………………….SURAT PERNYATAAN MELAKUKAN KEGIATAN PELAYANAN ADMINISTRASI KESEHATAN Yang bertanda tangan di bawah ini : Nama : NIP : Pangkat/Golongan Ruang/TMT : Jabatan : Unit Kerja : Menyatakan bahwa : Nama : NIP : Pangkat/Golongan Ruang/TMT : Jabatan : Unit Kerja : Telah melakukan kegiatan…………………………………………. (……………………) NIP. .

Asli surat pernyataan ini disampaikan kepada Kantor Perbendaharaan dan Kas Negara/Kas Daerah………………………………….. yang mengakibatkan kerugian terhadap negara.) sebulan.. Demikianlah surat pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya dengan mengingat sumpah jabatan/Pegawai Negeri Sipil. maka saya bersedia menanggung kerugian tesebut..Tahun…………. bahwa : Nama : NIP : Pangkat/Golongan Ruang/TMT : Jabatan : Unit Kerja : Telah nyata melaksanakan tugas kembali dalam jabatan tersebut terhitung mulai tanggal………… dan berdasarkan keputusan Presiden Nomor…………..sebesarn Rp…………. (…………. Pejabat yang membuat pernyataan (…………………………………) . …………………………………………………. Sdr…………berhak menerima tunjangan jabatan……………. terhitung mulai tanggal……………………. Apabila dikemudian hari isi surat pernyataan ini ternyata tidak benar.SURAT PERNYATAAN MELAKSANAKAN TUGAS NOMOR : Yang bertanda tangan di bawah ini : Nama : NIP : Pangkat/Golongan Ruang/TMT : Jabatan : Unit Kerja : Dengan ini menyatakan sesungguhnya..

berhak menerima tunjangan jabatan…………. Asli surat pernyataan ini disampaikan kepada Kantor Perbendaharaan dan Kas Negara/Kas Daerah…………………………………....Tahun…………Sdr……………. Apabila dikemudian hari isi surat pernyataan ini ternyata tidak benar.dan pada tanggal………………. maka saya bersedia menanggung kerugian tesebut.sebesar Rp……..) sebulan.diangkat dalam…………………. masih menduduki jabatan tersebut.. terhitung mulai tanggal………………… Demikianlah surat pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya dengan mengingat sumpah jabatan/Pegawai Negeri Sipil..Nomor……………tanggal……………….. ………………………………………. bahwa : Nama : NIP : Pangkat/Golongan Ruang/TMT : Jabatan : Unit Kerja : Berdasarkan Surat Keputusan ……………. Pejabat yang membuat pernyataan (…………………………………) . Berdasarkan Keputusan Presiden Nomor………….(…………. yang mengakibatkan kerugian terhadap negara.SURAT PERNYATAAN MASIH MENDUDUKI JABATAN NOMOR : Yang bertanda tangan di bawah ini : Nama : NIP : Pangkat/Golongan Ruang/TMT : Jabatan : Unit Kerja : Dengan ini menyatakan sesungguhnya.